Tujuan Pembelajaran PJOK Kelas 8 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Tujuan Pembelajaran Pada Mata Pelajaran PJOK Kelas 8 SMP Seemster 1 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia pada postingan
kali ini admin akan membahas tentang urutan tujuan pembelajaran yang hendak di
capai dalam melakukan pembelajaran di mata pelajaran Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka.
Sebagai informasi bahwa materi yang akan dipelajari pada
mata pelajaran PJOK di Kelas 8 semester 1 meliputi 4 unit pelajaran diantaranya
yaitu sebagai berikut :
- Unit 1 Permainan Invasi (Permainan Bola Basket)
- Unit 2 Permainan Net (Permainan Bola Voli)
- Unit 3 Permainan Lapangan (Lompat Jauh)
- Unit 4 Permainan Lapangan (Beladiri Pencak Silat)
Lantas apa saja yang akan menjadi tujuan pembelajaran di
setiap unit pelajaran tersebut ?
Di artikel ini admin kherysuryawan telah menyiapkan
ringkasan lengkap seputar Tujuan pembelajaran yang hendak di capai di setiap
unit pada pembelajaran PJOK di Kelas 8 semester 1 kurikulum merdeka.
Baiklah di bawah ini sajian lengkap Tujuan Pembelajaran disetiap unit pembelajaran pada mata pelajaran PJOK Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka :
Tujuan Pembelajaran Unit 1 : Permainan Invasi (Permainan
Bola Basket)
Pada akhir fase ini peserta didik diharapkan mampu :
1. Mempraktikkan
aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan
olahraga (mengoper, menangkap, menggiring, dan menembak bola permainan bola
basket) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.
2. Menganalisis
aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan
olahraga (mengoper, menangkap, menggiring, dan menembak bola permainan bola
basket) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.
3. Memahami
dan memprediksi konsekuensi dari emosi dan pengekspresiannya dan menyusun
langkah-langkah untuk mengelola emosinya dalam pelaksanaan belajar dan
berinteraksi dengan orang lain.
4. Mengembangkan
nilai-nilai gerak: nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kesehatan, nilai-nilai
aktivitas jasmani untuk kegembiraan dan tantangan, dan nilai-nilai aktivitas
jasmani untuk ekspresi diri dan interaksi sosial.
Tujuan Pembelajaran Unit 2 : Permainan Net (Permainan
Bola Voli)
Pada akhir fase ini peserta didik diharapkan mampu :
1. Mempraktikkan
aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan
olahraga (passing dan servis permainan bola voli) sesuai potensi dan
kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.
2. Menganalisis
aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan
olahraga (passing dan servis permainan bola voli) sesuai potensi dan
kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.
3. Memahami
dan memprediksi konsekuensi dari emosi dan pengekspresiannya dan menyusun
langkah-langkah untuk mengelola emosinya dalam pelaksanaan belajar dan
berinteraksi dengan orang lain.
4. Mengembangkan
nilai-nilai gerak: nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kesehatan, nilai-nilai
aktivitas jasmani untuk kegembiraan dan tantangan, dan nilai-nilai aktivitas
jasmani untuk ekspresi diri dan interaksi sosial.
Tujuan Pembelajaran Unit 3 : Permainan Lapangan (Lompat
Jauh)
Pada akhir fase ini peserta didik diharapkan mampu :
1. Mempraktikkan
aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan
olahraga (lompat jauh) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh
peserta didik.
2. Menganalisis
aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan
olahraga (lompat jauh) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh
peserta didik.
3. Memahami
dan memprediksi konsekuensi dari emosi dan pengekspresiannya dan menyusun
langkah-langkah untuk mengelola emosinya dalam pelaksanaan belajar dan
berinteraksi dengan orang lain.
4. Mengembangkan
nilai-nilai gerak: nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kesehatan, nilai-nilai
aktivitas jasmani untuk kegembiraan dan tantangan, serta nilai-nilai aktivitas
jasmani untuk ekspresi diri dan interaksi sosial.
Tujuan Pembelajaran Unit 4 : Permainan Lapangan (Beladiri
Pencak Silat)
Pada akhir fase ini peserta didik diharapkan mampu :
1. Mempraktikkan
aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan
olahraga beladiri pencak silat sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki
oleh peserta didik.
2. Menganalisis
aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan
olahraga beladiri pencak silat sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki
oleh peserta didik.
3. Memahami
dan memprediksi konsekuensi dari emosi dan pengekspresiannya dan menyusun
langkah-langkah untuk mengelola emosinya dalam pelaksanaan belajar dan
berinteraksi dengan orang lain.
4. Mengembangkan
nilai-nilai gerak: nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kesehatan, nilai-nilai
aktivitas jasmani untuk kegembiraan dan tantangan, dan nilai-nilai aktivitas
jasmani untuk ekspresi diri dan interaksi sosial.
Demikianlah informasi mengenai Tujuan pembelajaran yang hendak di capai oleh peserta didik dalam melakukan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi sahabat pendidikan yang membutuhkannya.