Tujuan Pembelajaran PJOK Kelas 8 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Tujuan Pembelajaran Pada Mata Pelajaran PJOK Kelas 8 SMP Seemster 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia pada postingan kali ini admin akan membahas tentang urutan tujuan pembelajaran yang hendak di capai dalam melakukan pembelajaran di mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka.

 


Sebagai informasi bahwa materi yang akan dipelajari pada mata pelajaran PJOK di Kelas 8 semester 1 meliputi 4 unit pelajaran diantaranya yaitu sebagai berikut :

  •  Unit 1 Permainan Invasi (Permainan Bola Basket) 
  •  Unit 2 Permainan Net (Permainan Bola Voli) 
  •  Unit 3 Permainan Lapangan (Lompat Jauh)
  •  Unit 4 Permainan Lapangan (Beladiri Pencak Silat)

 

Lantas apa saja yang akan menjadi tujuan pembelajaran di setiap unit pelajaran tersebut ?

Di artikel ini admin kherysuryawan telah menyiapkan ringkasan lengkap seputar Tujuan pembelajaran yang hendak di capai di setiap unit pada pembelajaran PJOK di Kelas 8 semester 1 kurikulum merdeka.

 

Baiklah di bawah ini sajian lengkap Tujuan Pembelajaran disetiap unit pembelajaran pada mata pelajaran PJOK Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka :

 

Tujuan Pembelajaran Unit 1 : Permainan Invasi (Permainan Bola Basket)

Pada akhir fase ini peserta didik diharapkan mampu :

1.     Mempraktikkan aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan olahraga (mengoper, menangkap, menggiring, dan menembak bola permainan bola basket) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.

2.     Menganalisis aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan olahraga (mengoper, menangkap, menggiring, dan menembak bola permainan bola basket) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.

3.     Memahami dan memprediksi konsekuensi dari emosi dan pengekspresiannya dan menyusun langkah-langkah untuk mengelola emosinya dalam pelaksanaan belajar dan berinteraksi dengan orang lain.

4.     Mengembangkan nilai-nilai gerak: nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kesehatan, nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kegembiraan dan tantangan, dan nilai-nilai aktivitas jasmani untuk ekspresi diri dan interaksi sosial.

 

Tujuan Pembelajaran Unit 2 : Permainan Net (Permainan Bola Voli)

Pada akhir fase ini peserta didik diharapkan mampu :

1.     Mempraktikkan aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan olahraga (passing dan servis permainan bola voli) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.

2.     Menganalisis aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan olahraga (passing dan servis permainan bola voli) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.

3.     Memahami dan memprediksi konsekuensi dari emosi dan pengekspresiannya dan menyusun langkah-langkah untuk mengelola emosinya dalam pelaksanaan belajar dan berinteraksi dengan orang lain.

4.     Mengembangkan nilai-nilai gerak: nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kesehatan, nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kegembiraan dan tantangan, dan nilai-nilai aktivitas jasmani untuk ekspresi diri dan interaksi sosial.

 

Tujuan Pembelajaran Unit 3 : Permainan Lapangan (Lompat Jauh)

Pada akhir fase ini peserta didik diharapkan mampu :

1.     Mempraktikkan aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan olahraga (lompat jauh) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.

2.     Menganalisis aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan olahraga (lompat jauh) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.

3.     Memahami dan memprediksi konsekuensi dari emosi dan pengekspresiannya dan menyusun langkah-langkah untuk mengelola emosinya dalam pelaksanaan belajar dan berinteraksi dengan orang lain.

4.     Mengembangkan nilai-nilai gerak: nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kesehatan, nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kegembiraan dan tantangan, serta nilai-nilai aktivitas jasmani untuk ekspresi diri dan interaksi sosial.

 

Tujuan Pembelajaran Unit 4 : Permainan Lapangan (Beladiri Pencak Silat)

Pada akhir fase ini peserta didik diharapkan mampu :

1.     Mempraktikkan aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan olahraga beladiri pencak silat sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.

2.     Menganalisis aktivitas keterampilan variasi gerak spesifik dan fungsional permainan dan olahraga beladiri pencak silat sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.

3.     Memahami dan memprediksi konsekuensi dari emosi dan pengekspresiannya dan menyusun langkah-langkah untuk mengelola emosinya dalam pelaksanaan belajar dan berinteraksi dengan orang lain.

4.     Mengembangkan nilai-nilai gerak: nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kesehatan, nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kegembiraan dan tantangan, dan nilai-nilai aktivitas jasmani untuk ekspresi diri dan interaksi sosial.

 

LIHAT JUGA :

👉👉 Tujuan Pembelajaran PJOK Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka - (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai Tujuan pembelajaran yang hendak di capai oleh peserta didik dalam melakukan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi sahabat pendidikan yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel