Soal & Jawaban Sumatif PAI Kelas 7 Bab 1 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Sumatif Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 7 SMP Bab 1 Kurikulum Merdeka.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, selamat
berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan
memberikan kumpulan soal-soal yang berhubungan dengan mata pelajaran PAI di
kelas 7 SMP khususnya materi yang ada di Bab 1 yang berjudul “Al-Qur’an dan
Sunah sebagai Pedoman Hidup”.
Seluruh soal yang akan di sajikan disini telah dilengkapi
dengan kunci jawabannya sehingga akan sangat mudah untuk menjadi referensi
dalam belajar sebagai persiapan bagi siswa dalam menghadapi ujian/ulangan akhir
semester. Adapun jenis soal yang akan disajikan disini yaitu soal dalam bentuk
pilihan ganda dan juga soal uraian/essay.
Sebagai informasi bahwa materi yang akan dipelajari pada
mata pelajaran PAI kelas 7 di Bab 1 “Al-Qur’an dan Sunah sebagai Pedoman Hidup”
diantaranya yaitu sebagai berikut :
1. Q.S.
an-Nisā’/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 6
2. Memahami
Isi Kandungan Q.S. an-Nisā’/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64
3. Posisi
Hadis terhadap Al-Qur’an
4. Perilaku
semangat untuk mendalami Al-Qur’an dan Hadis sesuai dengan Q.S. an-Nisā’/4: 59
dan Q.S. an-Naḥl/16: 64
5. Hafalan
Q.S. an-Nisā’/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64
Baiklah di bawah ini sajian soal sumatif PAI kelas 7
Materi bab 1 yang telah di lengkapi dengan kunci jawabannya.
SOAL PILIHAN GANDA
I. Pilih jawaban yang benar dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D.
1. Bagi umat Islam, Al-Qur’an merupakan pedoman hidup.
Al-Qur’an merupakan pesan Ilahi untuk manusia dalam mencapai kebaikan
hidup. Al-Qur’an berfungsi untuk:
A. Petunjuk dan penjelas bagi sesuatu yang harus
diketahui, juga pembeda antara kebenaran dan kebatilan
B. Menerangkan serta menguatkan hukum-hukum yang terdapat
dalam Hadis
C. Sebagai Bayān dan muhaqqiq (penjelas dan penguat)
D. Memberikan
penguatan pada kehidupan sehari-hari
KUNCI JAWABAN : A
2. Lanjutan bacaan ayat dibawah ini adalah....
KUNCI JAWABAN : C
3. Arti kalimat yang digaris bawahi adalah ….
A. Dan hari
kemudian
B. Di kemudian
hari
C. Akhir zaman
D. Hari akhir
KUNCI JAWABAN : A
4. Arti dari penggalan ayat dibawah ini adalah ………
A. Dan menjadi
petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman
B. Dan Kami tidak
menurunkan kepadamu Al-Kitab
C. Kepada mereka
apa yang mereka perselisihan
D. Melainkan agar
kamu dapat menjelaskan
KUNCI JAWABAN : A
5. Kata yang artinya “taatilah Allah” yang tertulis di
dalam Q.S. an-Nisā’/4: 59 adalah terjemahan dari kata….
KUNCI JAWABAN : A
6. Perhatikan ayat berikut!
Pada ayat tersebut terdapat hukum bacaan Alif Lām
Syamsiyyah sebanyak ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
KUNCI JAWABAN : C
7. Tabel berikut menyajikan contoh hukum bacaan Alif Lām
qamariyyah dan Alif Lām syamsiyah yang sering kita jumpai dalan Al-Qur’an.
Contoh Hukum Bacaan Alif Lām qamariyyah dan Alif Lām
syamsiyah Yang merupakan contoh hukum bacaan
Alif Lām qamariyyah....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
KUNCI JAWABAN : B
8. Pernyataan berikut merupakan contoh implementasi dari
perilaku taat dalam kehidupan sehari-hari
1) Disiplin dan
selalu menaati tata tertib sekolah.
2) Selalu taat
kepada Allah Swt., rasul dan pemimpin.
3) Senang
mengikuti kompetensi yang diadakan oleh sekolah-sekolah lain.
4) Berlomba-lomba
untuk mewujudkan kebersihan dan keindahan di se kolah.
5) Belajar dan
berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencapai ci ta-citanya.
Yang merupakan implementasi perilaku terpuji dalam
kehidupan sehari hari terkait dengan Q.S. an-Nisā’/4: 59 ditunjukkan pada
nomor….
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 3) dan 4)
D. 4) dan 5)
KUNCI JAWABAN : A
9. Ketika kalian menemukan permasalahan atau perselisihan
pendapat, masing-masing menganggap dirinya paling benar atas pendapatnya, maka
sikap kalian yang benar….
A. Tidak perlu
diselesaikan karena keduanya ingin menang
B. Membela salah
satu dari mereka yang dianggap benar
C. Berusaha
mencari titik temu dari perbedaan tersebut
D. Melaporkan
kepada pihak yang berwajib
KUNCI JAWABAN : C
10. Ulil amri
adalah pemimpin, siapapun pemimpinnya harus kita taati selama tidak
memerintahkan untuk berbuat maksiat. Yang tidak termasuk ulil amri sesuai makna
Q.S. an-Nisā’/4: 59 adalah….
A. Ketua kelas
B. Kepala desa
C. Wali kota/
bupati
D. Paguyuban
KUNCI JAWABAN : D
SOAL ESAY
II. Jawablah
pertanyaan berikut ini!
1. Kita diperintahkan untuk untuk patuh dan taat kepada
Allah Swt. Taat kepada Allah Swt. adalah mengikuti ajaran Al-Qur’an, sedangkan
taat kepada Rasulullah saw. dengan mengamalkan sunahnya, begitu pula menaati
ulil amri. Tuliskan dalil naqli yang menjelaskan kewajiban kita untuk taat
kepada Allah Swt., rasul dan ulil amri!
KUNCI JAWABAN :
2. Mengapa sebagai seorang muslim yang baik, harus
menaati ulil amri selama kebijakan mereka tidak bertentangan dengan Al-Qur’an
dan Hadis?
KUNCI JAWABAN :
Mentaati pimpinan menjadi kewajiban orang yang beriman.
Ketaatan tersebut bermanfaat yang besar untuk umat yang sesuai dengan ajaran
Islam.
3. Alif lam Qamariyyah merupakan Alif lam yang berhadapan
dengan salah satu huruf Alif Lām Qamariyyah. Tuliskan hukum bacaan Alif Lām
Qamariyyah yang ada pada Q.S. an-Naḥl/16: 64 ! Berikan alasannya!
KUNCI JAWABAN :
4. Buatlah peta konsep tentang perbedaan sunah, Hadis, aṡar,
dan khabar!
KUNCI JAWABAN :
Hasil karya peserta didik (peta konsep)
5. Jelaskan fungsi Hadis terhadap Al-Qur’an!
KUNCI JAWABAN :
Fungsi hadis terhadap Al-Qur’an adalah menetapkan dan
memperkuat apa yang telah diterangkan di dalam Al-Qur’an, menafsirkan terhadap
ayat-ayat yang masih mutlak dan memberikan pengkhususan terhadap ayat-ayat yang
masih umum, memberikan kepastian hukum Islam yang tidak ada di Al Qur’an dan
memba talkan ketentuan yang datang kemudian yang terdahulu, sebab ketentuan
yang baru dianggap lebih cocok dengan lingkungannya dan lebih luas.
Demikianlah informasi mengenai Soal dan Kunci Jawaban Sumatif
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 7 SMP Bab 1 dengan judul materi “Al-Qur’an
dan Sunah sebagai Pedoman Hidup” pada pembelajaran Kurikulum Merdeka. Semoga informasi
ini bermanfaat bagi siswa dalam belajar dan berlatih untuk persiapan menghadapi
ujian akhir semester.