Soal Sumatif PAI Kelas 11 Bab 10 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Bab 10 Soal Pilihan Ganda dan Soal Uraian Halaman 323, 324, 325 Kurikulum Merdeka. Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada postingan kali ini admin akan memberikan informasi terkait kumpulan soal pengetahuan yang terdapat pada buku siswa PAI kelas 11 kurikulum merdeka halaman 323, 324, 325.

 


Seperti diketahui bahwa pada buku siswa PAI kelas 11 kurikulum merdeka yang mana jika siswa telah menyelesaikan materi di setiap Bab maka di akhir Bab akan ada soal evaluasi yang wajib untuk di jawab sebagai latihan untuk mendapatkan penilaian pengetahuan. Olehnya itu disini admin telah menyiapkan kumpulan soal sumatif untuk penilaian pengetahuan yang terdapat pada buku siswa PAI kelas 11 Bab 10 kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa materi yang akan di pelajari di mata pelajaran PAI kelas 11 Bab 10 yaitu berjudul “Peradaban Islam pada Masa Modern”. Soal yang di sajikan pada latihan soal PAI kelas 11 Bab 10 ini terdiri atas soal pilihan ganda dan juga soal uraian/essay.

 

Untuk memudahkan para siswa dalam mempelajari soal latihan tersebut maka disini admin juga telah menyiapkan lengkap dengan kunci jawabannya, sehingga akan sangat membantu para siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar dan berlatih. Soal-soal ini juga akan menjadi referensi dalam persiapan menghadapi ulangan/ujian sumatif akhir semester.

 

Baiklah di bawah ini sajian kumpulan soal latihan plus lengkap dengan kunci jawabannya materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 SMA Bab 10 Kurikulum Merdeka :

 

A. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan menyilang (X) pada a atau b atau c atau d atau e.

1. Ajaran Islam bukan hanya mementingkan soal akhirat, tetapi juga soal dunia. Umat Islam juga harus memperhatikan kehidupan dunia. Pemikiran ini dikemukakan oleh ….

A. Jamaludin al-Afghani

B. Muhammad Rasyid Ridha

C. Muhammad Abduh

D. Sultan Mahmud II

E. Rifa’ah Baidawi R. al-Tahtawi

KUNCI JAWABAN : A

 

2. Perhatikan tokoh di bawah ini!

1) Muhammad Ali Pasya

2) Muhammad Abduh

3) Rifa’ah Baidawi Rafi’at at-Tahtawi

4) KH. Ahmad Dahlan

5) KH. Hasyim Asy’ari

6) Muhammad Iqbal

Dari tokoh Islam pada masa modern yang berkiprah di Mesir adalah ….

A. 1), 2), dan 3)

B. 2), 3), dan 4)

C. 3), 4, dan 5)

D. 4), 5), dan 6)

E. 5), 6), dan 1)

KUNCI JAWABAN : A

 

3. Menurut Harun Nasution, membagi sejarah Islam ke dalam tiga periode besar. Di antaranya masa tahun 1800 sampai sekarang. Pada masa itu oleh Harun Nasution disebut dengan ….

A. masa klasik

B. masa pertengahan

C. masa transisi  

D. masa modern

E. masa kejayaan

KUNCI JAWABAN : D

 

4. Pintu ijtihad masih terbuka lebar bagi umat Islam. Ijtihad merupakan dasar penting dalam menafsirkan kembali ajaran Islam. Pemikiran tersebut dikemukakan oleh….

A. Jamaludin al-Afghani dan Sayyid Ahmad Khan

B. Muhammad Rasyid Ridha dan Jamaludin al-Afghani

C. Muhammad Abduh dan Muhammad Iqbal

D. Sultan Mahmud II dan Namik Kemal

E. Rifa’ah Baidawi dan Muhammad Ali Pasya

KUNCI JAWABAN : C

 

5. Tokoh pembaharu pada abad ke-18 yang mendirikan sekolah Maktebi Ma’aarif dan Maktebi Ulum’i edibiyet dan sekolah kedokteran, militer, dan teknik adalah…

A. Jamaludin al-Afghani

B. Muhammad Rasyid Ridha

C. Muhammad Abduh

D. Sultan Mahmud II

E. Rifa’ah Baidawi

KUNCI JAWABAN : D

 

6. Perhatikan kitab di bawah ini

1) Al-Qadha wa al-Qadar

2) Risalah tauhid

3) Syarh Nahjil Balaghah

4) Ishlahu al-Mahakim al-Syar’iyyah

5) Adab al-Alim wa al-Muta’allim

Dari kitab di atas yang merupakan karya Muhammad Abduh adalah ….

A. 1), 2), dan 3)

B. 2), 3), dan 4)

C. 3), 4, dan 5)

D. 4), 5), dan 1)

E. 5), 1), dan 2)

KUNCI JAWABAN : B

 

7. Di bawah ini adalah tokoh pembaharu yang dikenal dengan bapak pendiri Negara Pakistan adalah ….

A. Jamaludin al-Afghani

B. Muhammad Rasyid Ridha

C. Muhammad Abduh

D. Sultan Mahmud II

E. Muhammad Iqbal

KUNCI JAWABAN : E

 

8. Di bawah ini adalah pokok-pokok pikiran KH. Ahmad Dahlan adalah kecuali ….

A. fondasi dalam pemerintahan dalam Islam mempunyai tujuan memberi persamaan bagi setiap muslim, melayani kepentingan dengan cara perundingan, dan menjaga keadilan

B. model pendidikan memadukan dua jenis yatu pesantren dan sekolah umum. Dalam pengajarannya menggabungkan antara sistem pengajaran pesantren dan Pendidikan Barat

C. tujuan utama pendidikan Islam adalah membentuk manusia yang berbudi luhur, alim dalam agama, memiliki pandangan luas, dan paham tentang masalah ilmu keduniaan

D. pendidikan harus mencetak manusia-manusia yang berjiwa nasionalisme dan patriotisme, sehingga bersedia berjuang untuk kemajuan masyarakat

E. materi pendidikan harus meliputi: pendidikan moral dan akhlak, pendidikan individu, dan pendidikan kemasyarakatan

KUNCI JAWABAN : A

 

9. KH. Hasyim Asy’ari adalah sosok yang produktif menulis kitab. Karya beliau yang berisi tentang pentingnya persatuan dan kesatuan di antara sesama umat Islam dalam merespon upaya-upaya yang telah dilakukan Belanda adalah….

A. Adab al-alim wa al-muta’allim

B. Al-Mawa’idz

C. Al-Nur al-Mubin

D. Al-Tanbihat wa al-wajibat

E. Al-Durar al-Muntatsirah

KUNCI JAWABAN : B

 

10. Di bawah ini yang bukan merupakan hikmah mempelajari perkembangan Islam pada abad modern, adalah ….

A. mendorong umat Islam untuk menguasai IPTEK

B. mendorong umat Islam untuk menjadi orang kaya

C. mendorong semangat untuk berjuang

D. mendorong umat Islam meraih kemajuan yang hakiki

E. mendorong umat Islam memiliki prinsip hidup yang kuat

KUNCI JAWABAN : A

 

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Jelaskan kondisi umat Islam pada tahun 1800!

JAWABAN :

Kondisi umat Islam pada tahun 1800 adalajh zaman kebangkitan umat Islam. Ekspedisi Napoleon Bonaparte di Mesir yang berakhir pada tahun 1801, membuka mata dunia Islam, terutama di Turki dan Mesir akan kemunduran dan kelemahan umat Islam. Raja dan pemuka Islam berpikir dan mencari jalan untuk mengembalikan kejayaan umat Islam. Sehingga lahirlah para pembaharu dan kebangkitan umat Islam dalam berbagai bidang.

 

2. Bagaimana persamaan pemikiran dari Muhammad Abdul dengan Rasyid Rida?

JAWABAN :

Persamaan pemikiran Muhammad Abduh dan Rasyid Ridha bahwa pintu ijtihad masih terbuka lebar bagi umat Islam. Ijtihad merupakan dasar penting dalam menafsirkan kembali ajaran Islam. Pemikirannya bersifat rasional

 

3. Bagaimana dampak pembaruan Islam pada masa modern bagi bangsa Indonesia?

JAWABAN :

Dampak Pembaruan Islam pada masa modern bagi Indonesia adalah gerakan Pan Islamisme diantara menjadi cikal bakal dari gerakan persatuan untuk menentang penjajah. Banyak orang yang haji, pulang dari Makkah melakukan perlawanan kepada penjajah, selain itu dengan berdirinya organisasi Islam di Indonesia.

 

4. Bagaimana hasil peradaban Islam pada masa modern! Jelaskan!

JAWABAN :

Hasil peradaban Islam pada masa modern adalah dengan majunya dalam berbagai bidang, contohnya arsitektur, sastra, dan kaligrafi di Mesir, Arab Saudi, Irak, Iran, Irak, Malaysia, Brunei Darussalam, maupu di Indonesia.

 

5. Jelaskan 3 hikmah yang dapat diambil dari pemikiran tokoh-tokoh

JAWABAN :

Hikmah yang dapat diambil dari pemikiran tokoh-tokoh pembaharu pada masa modern adalah:

a) dapat mengetahuai latar belakang pemikiran seorang pembaharu

b) dapat mengetahui pemikiran tokoh pembaharu dalam menjawab masalah saat itu

c) belajar dari para tokoh pembaharu untuk mengatasi masalah umat Islam saat itu

d) belajar bagaimana kiprah para pembaharu tidak lepas dari karya mereka yang sampai sekarang masih bisa dikaji

 

Demikianlah sajian soal dan kunci jawaban PAI kelas 11 Bab 10 kurikulum merdeka, semoga soal yang telah dilengkapi dengan kunci jawaban tersebut dapat menjadi bahan belajar yang bermanfaat baik bagi siswa maupun bagi guru disekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel