Soal Sumatif PAI Kelas 11 Bab 10 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Bab 10 Soal Pilihan Ganda dan Soal Uraian Halaman 323, 324, 325 Kurikulum Merdeka. Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada postingan kali ini admin akan memberikan informasi terkait kumpulan soal pengetahuan yang terdapat pada buku siswa PAI kelas 11 kurikulum merdeka halaman 323, 324, 325.
Seperti diketahui bahwa pada buku siswa PAI kelas 11
kurikulum merdeka yang mana jika siswa telah menyelesaikan materi di setiap Bab
maka di akhir Bab akan ada soal evaluasi yang wajib untuk di jawab sebagai
latihan untuk mendapatkan penilaian pengetahuan. Olehnya itu disini admin telah
menyiapkan kumpulan soal sumatif untuk penilaian pengetahuan yang terdapat pada
buku siswa PAI kelas 11 Bab 10 kurikulum merdeka.
Sebagai informasi bahwa materi yang akan di pelajari di
mata pelajaran PAI kelas 11 Bab 10 yaitu berjudul “Peradaban Islam pada Masa
Modern”. Soal yang di sajikan pada latihan soal PAI kelas 11 Bab 10 ini terdiri
atas soal pilihan ganda dan juga soal uraian/essay.
Untuk memudahkan para siswa dalam mempelajari soal
latihan tersebut maka disini admin juga telah menyiapkan lengkap dengan kunci
jawabannya, sehingga akan sangat membantu para siswa yang akan menggunakannya
sebagai bahan belajar dan berlatih. Soal-soal ini juga akan menjadi referensi
dalam persiapan menghadapi ulangan/ujian sumatif akhir semester.
Baiklah di bawah ini sajian kumpulan soal latihan plus
lengkap dengan kunci jawabannya materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas
11 SMA Bab 10 Kurikulum Merdeka :
A. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan menyilang (X) pada a atau b atau c atau d atau e.
1. Ajaran Islam bukan hanya mementingkan soal akhirat,
tetapi juga soal dunia. Umat Islam juga harus memperhatikan kehidupan dunia.
Pemikiran ini dikemukakan oleh ….
A. Jamaludin al-Afghani
B. Muhammad Rasyid Ridha
C. Muhammad Abduh
D. Sultan Mahmud II
E. Rifa’ah Baidawi R. al-Tahtawi
KUNCI JAWABAN : A
2. Perhatikan tokoh di bawah ini!
1) Muhammad Ali Pasya
2) Muhammad Abduh
3) Rifa’ah Baidawi Rafi’at at-Tahtawi
4) KH. Ahmad Dahlan
5) KH. Hasyim Asy’ari
6) Muhammad Iqbal
Dari tokoh Islam pada masa modern yang berkiprah di Mesir
adalah ….
A. 1), 2), dan 3)
B. 2), 3), dan 4)
C. 3), 4, dan 5)
D. 4), 5), dan 6)
E. 5), 6), dan 1)
KUNCI JAWABAN : A
3. Menurut Harun Nasution, membagi sejarah Islam ke dalam
tiga periode besar. Di antaranya masa tahun 1800 sampai sekarang. Pada masa itu
oleh Harun Nasution disebut dengan ….
A. masa klasik
B. masa pertengahan
C. masa transisi
D. masa modern
E. masa kejayaan
KUNCI JAWABAN : D
4. Pintu ijtihad masih terbuka lebar bagi umat Islam.
Ijtihad merupakan dasar penting dalam menafsirkan kembali ajaran Islam.
Pemikiran tersebut dikemukakan oleh….
A. Jamaludin al-Afghani dan Sayyid Ahmad Khan
B. Muhammad Rasyid Ridha dan Jamaludin al-Afghani
C. Muhammad Abduh dan Muhammad Iqbal
D. Sultan Mahmud II dan Namik Kemal
E. Rifa’ah Baidawi dan Muhammad Ali Pasya
KUNCI JAWABAN : C
5. Tokoh pembaharu pada abad ke-18 yang mendirikan
sekolah Maktebi Ma’aarif dan Maktebi Ulum’i edibiyet dan sekolah kedokteran,
militer, dan teknik adalah…
A. Jamaludin al-Afghani
B. Muhammad Rasyid Ridha
C. Muhammad Abduh
D. Sultan Mahmud II
E. Rifa’ah Baidawi
KUNCI JAWABAN : D
6. Perhatikan kitab di bawah ini
1) Al-Qadha wa al-Qadar
2) Risalah tauhid
3) Syarh Nahjil Balaghah
4) Ishlahu al-Mahakim al-Syar’iyyah
5) Adab al-Alim wa al-Muta’allim
Dari kitab di atas yang merupakan karya Muhammad Abduh
adalah ….
A. 1), 2), dan 3)
B. 2), 3), dan 4)
C. 3), 4, dan 5)
D. 4), 5), dan 1)
E. 5), 1), dan 2)
KUNCI JAWABAN : B
7. Di bawah ini adalah tokoh pembaharu yang dikenal
dengan bapak pendiri Negara Pakistan adalah ….
A. Jamaludin al-Afghani
B. Muhammad Rasyid Ridha
C. Muhammad Abduh
D. Sultan Mahmud II
E. Muhammad Iqbal
KUNCI JAWABAN : E
8. Di bawah ini adalah pokok-pokok pikiran KH. Ahmad
Dahlan adalah kecuali ….
A. fondasi dalam pemerintahan dalam Islam mempunyai
tujuan memberi persamaan bagi setiap muslim, melayani kepentingan dengan cara
perundingan, dan menjaga keadilan
B. model pendidikan memadukan dua jenis yatu pesantren
dan sekolah umum. Dalam pengajarannya menggabungkan antara sistem pengajaran
pesantren dan Pendidikan Barat
C. tujuan utama pendidikan Islam adalah membentuk manusia
yang berbudi luhur, alim dalam agama, memiliki pandangan luas, dan paham
tentang masalah ilmu keduniaan
D. pendidikan harus mencetak manusia-manusia yang berjiwa
nasionalisme dan patriotisme, sehingga bersedia berjuang untuk kemajuan
masyarakat
E. materi pendidikan harus meliputi: pendidikan moral dan
akhlak, pendidikan individu, dan pendidikan kemasyarakatan
KUNCI JAWABAN : A
9. KH. Hasyim Asy’ari adalah sosok yang produktif menulis
kitab. Karya beliau yang berisi tentang pentingnya persatuan dan kesatuan di
antara sesama umat Islam dalam merespon upaya-upaya yang telah dilakukan
Belanda adalah….
A. Adab al-alim wa al-muta’allim
B. Al-Mawa’idz
C. Al-Nur al-Mubin
D. Al-Tanbihat wa al-wajibat
E. Al-Durar al-Muntatsirah
KUNCI JAWABAN : B
10. Di bawah ini yang bukan merupakan hikmah mempelajari
perkembangan Islam pada abad modern, adalah ….
A. mendorong umat Islam untuk menguasai IPTEK
B. mendorong umat Islam untuk menjadi orang kaya
C. mendorong semangat untuk berjuang
D. mendorong umat Islam meraih kemajuan yang hakiki
E. mendorong umat Islam memiliki prinsip hidup yang kuat
KUNCI JAWABAN : A
B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Jelaskan kondisi umat Islam pada tahun 1800!
JAWABAN :
Kondisi umat Islam pada tahun 1800 adalajh zaman
kebangkitan umat Islam. Ekspedisi Napoleon Bonaparte di Mesir yang berakhir
pada tahun 1801, membuka mata dunia Islam, terutama di Turki dan Mesir akan
kemunduran dan kelemahan umat Islam. Raja dan pemuka Islam berpikir dan mencari
jalan untuk mengembalikan kejayaan umat Islam. Sehingga lahirlah para pembaharu
dan kebangkitan umat Islam dalam berbagai bidang.
2. Bagaimana persamaan pemikiran dari Muhammad Abdul
dengan Rasyid Rida?
JAWABAN :
Persamaan pemikiran Muhammad Abduh dan Rasyid Ridha bahwa
pintu ijtihad masih terbuka lebar bagi umat Islam. Ijtihad merupakan dasar
penting dalam menafsirkan kembali ajaran Islam. Pemikirannya bersifat rasional
3. Bagaimana dampak pembaruan Islam pada masa modern bagi
bangsa Indonesia?
JAWABAN :
Dampak Pembaruan Islam pada masa modern bagi Indonesia
adalah gerakan Pan Islamisme diantara menjadi cikal bakal dari gerakan
persatuan untuk menentang penjajah. Banyak orang yang haji, pulang dari Makkah
melakukan perlawanan kepada penjajah, selain itu dengan berdirinya organisasi
Islam di Indonesia.
4. Bagaimana hasil peradaban Islam pada masa modern!
Jelaskan!
JAWABAN :
Hasil peradaban Islam pada masa modern adalah dengan
majunya dalam berbagai bidang, contohnya arsitektur, sastra, dan kaligrafi di
Mesir, Arab Saudi, Irak, Iran, Irak, Malaysia, Brunei Darussalam, maupu di
Indonesia.
5. Jelaskan 3 hikmah yang dapat diambil dari pemikiran
tokoh-tokoh
JAWABAN :
Hikmah yang dapat diambil dari pemikiran tokoh-tokoh
pembaharu pada masa modern adalah:
a) dapat mengetahuai latar belakang pemikiran seorang
pembaharu
b) dapat mengetahui pemikiran tokoh pembaharu dalam
menjawab masalah saat itu
c) belajar dari para tokoh pembaharu untuk mengatasi
masalah umat Islam saat itu
d) belajar bagaimana kiprah para pembaharu tidak lepas
dari karya mereka yang sampai sekarang masih bisa dikaji
Demikianlah sajian soal dan kunci jawaban PAI kelas 11 Bab
10 kurikulum merdeka, semoga soal yang telah dilengkapi dengan kunci jawaban
tersebut dapat menjadi bahan belajar yang bermanfaat baik bagi siswa maupun
bagi guru disekolah.