Soal Sumatif PAI Kelas 10 Bab 9 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Soal dan Jawaban Sumatif Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 10 Bab 9 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat
berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada postingan kali ini admin akan
memberikan informasi terkait contoh soal latihan yang ada pada buku siswa PAI
Kelas 10 Bab 9 Kurikulum Merdeka tepatnya pada buku teks PAI kelas 10 halaman 258,
259, 260, 261, 262.
Seperti diketahui bahwa pada buku siswa PAI kelas 10
kurikulum merdeka yang mana jika siswa telah menyelesaikan materi di setiap Bab
maka di akhir Bab akan ada soal evaluasi yang wajib untuk di jawab sebagai
latihan untuk mendapatkan penilaian pengetahuan. Olehnya itu disini admin telah
menyiapkan kumpulan soal sumatif untuk penilaian pengetahuan yang terdapat pada
buku siswa PAI kelas 10 Bab 9 kurikulum merdeka.
Sebagai informasi bahwa materi yang akan di pelajari di
mata pelajaran PAI kelas 10 Bab 9 yaitu berjudul “Menerapkan al-Kulliyatu
al-Khamsah dalam Kehidupan Sehari-hari”. Soal yang di sajikan pada latihan soal
PAI kelas 10 Bab 9 ini terdiri atas soal pilihan ganda dan juga soal
uraian/essay.
Untuk memudahkan para siswa dalam mempelajari soal
latihan tersebut maka disini admin juga telah menyiapkan lengkap dengan kunci
jawabannya, sehingga akan sangat membantu para siswa yang akan menggunakannya
sebagai bahan belajar dan berlatih. Soal-soal ini juga akan menjadi referensi
dalam persiapan menghadapi ulangan/ujian sumatif akhir semester.
Baiklah di bawah ini sajian kumpulan soal latihan plus
lengkap dengan kunci jawabannya materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas 10 SMA Bab 9 Kurikulum Merdeka :
A. Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atau E pada jawaban yang paling tepat!
1. Islam adalah agama universal yang syariatnya mudah
dilaksanakan oleh umatnya. Tujuan utama syariat Islam adalah menolak
kemudaratan.
Berikut ini yang termasuk kategori menolak kemudaratan
adalah ….
A. mengharamkan
riba dan penipuan
B. kewajiban puasa
di bulan Ramadhan
C. salat sunah
tahajud pada malam hari
D. anjuran
menuntut ilmu
E. perintah
menyantuni fakir miskin
KUNCI
JAWABAN : A
2. Perhatikan irman Allah Swt. dalam Q.S. az-Zariyat/51:
56 berikut ini!
Ayat tersebut menegaskan bahwa tugas manusia adalah
beribadah kepada Allah Swt. Oleh karena itu diperlukan sarana agar dapat
beribadah sesuai aturan syariat. Dalam hal ini al-kulliyattu al-khamsah yang
paling dekat kaitannya dengan ibadah yaitu ….
A. hifzhu al-nafs
B. hifzhu al-din
C. hifzhu al-nasl
D. hifzhu al-mal
E. hifzhu al-‘aql
KUNCI
JAWABAN : B
3. Tidak ada paksaan dalam memilih agama sesuai
keyakinannya masingmasing. Hal ini merupakan contoh penerapan dari salah satu
al-kulliyatu al-khamsah. Dampak postif dari kebebasan beragama adalah sebagai berikut,
kecuali ….
A. tumbuhnya rasa
persatuan dan kesatuan
B. terciptanya
suasana damai di masyarakat
C. terwujudnya
keharmonisan dalam kehidupan
D. menurunkan
tingkat kepercayaan masyarakat
E. terwujudnya
kenyamanan dalam beribadah
KUNCI
JAWABAN : D
4. Perhatikan narasi berkut ini!
Pada saat haji wada’, Rasulullah Saw. berkata:
“Sesungguhnya darahmu, harta bendamu, dan kehormatanmu adalah suci atas kamu
seperti sucinya hari (hajimu) ini, dalam bulanmu (bulan Zulhijah) ini dan di
negerimu (tanah suci) ini.”
Perkataan Rasulullah Saw. tersebut merupakan contoh nyata
komitmen Islam dalam menjaga ….
A. agama
B. keturunan
C. akal
D. harta
E. jiwa
KUNCI
JAWABAN : E
5. Perhatikan narasi berikut ini!
Tingginya perhatian Islam untuk menjaga jiwa manusia
(al-nafs) dapat dilihat dari diterapkannya hukuman qisas. Adanya ancaman
hukuman mati ini, seharusnya menjadikan siapa pun (individu, masyarakat, bahkan
negara) harus berpikir ribuan kali untuk melakukan tindakan penghilangan
nyawa manusia tanpa sebab yang dibenarkan oleh Islam.
Hikmah dari pelakasanaan
hukuman qisas yaitu ….
A. penerapan qisas
merupakan upaya melindungi nyawa manusia
B. hukuman qisas
akan menjadikan Islam semakin ditakuti
C. semakin banyak
orang yang tak mau mendekati agama Islam
D. qisas merupakan
hasil kesepakatan para mujtahid
E. memperlebar
permusuhan dengan para pembenci Islam
KUNCI JAWABAN : A
6. Hifzhu al-’aql dilakukan dengan cara menjaga akal
pikiran agar dapat digunakan untuk berpikir. Langkah yang tepat dan efektif
untuk menjaga akal adalah semenjak masa kanak-kanak. Mengapa demikian?
A. sangat mudah menanamkan nilai-nilai kebaikan kedalam
diri anakanak
B. masa kanak-kanak hanya adalah masa untuk bermain
sambil belajar
C. tidak akan banyak menemui kendala saat menanamkan
nilai pada diri anak
D. seorang ibu akan sangat mudah membentuk kepribadian anak
anaknya
E. linkungan tidak punya pengaruh apa pun pada diri anak
KUNCI JAWABAN : A
7. Perhatikan narasi beriku ini! Pada saat Abu Bakar
as-Shiddiq r.a menjabat sebagai khalifah, beliau berpidato: “bantulah aku jika
aku benar, dan jika aku salah maka luruskanlah aku”. Karenanya rakyat tak segan
untuk mengkritik kebijakan negara dan memberikan pendapat kepada Abu Bakar r.a.
Bahkan Abu Bakar as-Shiddiq r.a sering mengundang para sahabat dan masyarakat
untuk meminta masukan dan kritik terkait kebijakan negara, dan kepemimpinannya.
Berdasarkan narasi tersebut, kebijakan Abu Bakar
as-Shiddiq r.a. dalam rangka menjaga ….
A. agama
B. akal
C. jiwa
D. keturunan
E. harta
KUNCI JAWABAN : B
8. Nabi Muhammad Saw. memerintahkan untuk menikah,
sebagaimana dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dari Abdullah
bin Mas’ud r.a., ia berkata: ’kami bersama Nabi Saw. sebagai pemuda yang tidak
mempunyai apa-apa, lalu beliau bersabda kepada kami:
Hikmah dari disyariatkannya pernikahan adalah sebagai
berikut, kecuali ….
A. memperoleh
keturunan yang sah
B. mendapatkan
ketenangan dalam berumah tangga
C. menambah beban
ekonomi masyarakat
D. untuk menjaga
kelestarian keturunan
E. melaksanakan
sunah Nabi Saw.
KUNCI JAWABAN : C
9. Perhatikan narasi berikut ini!
Saat Rasulullah Saw. berdakwah di Makkah, beliau
mendapatkan hinaan dan itnah dari kaum kair Qurays. Keluarga besar beliau
tampil sebagai pembela untuk menyelamatkan Rasulullah Saw. Hal ini menjadi
bukti bahwa menjaga keberlangsungan keturunan (hifzhu al-nasl) sangatlah
penting dalam kehidupan. Hikmah yang dapat diperoleh dari narasi tersebut
adalah ….
A. setiap keluarga
pasti akan mendapat ujian dan cobaan dari Allah Swt.
B. tidak ada
keluarga yang aman dari itnah orang lain
C. keluarga yang
besar lebih utama daripada keluarga kecil
D. semua anggota
keluarga harus melakukan kerjasama dengan umat lain
E. setiap anggota
keluarga berperan penting untuk menjaga keselamatannya
KUNCI JAWABAN : E
10. Perhatikan narasi berikut ini!
Pada masa khalifah Umar bin Khattab r.a., ada seorang
petani Syiria yang mengadu bahwa tanamannya telah terinjak-injak oleh pasukan
muslimin, maka Umar bin Khatab r.a. memerintahkan agar membayar ganti rugi
kepada petani tersebut yang diambilkan dari kas negara. Hal ini menjadi bukti
bahwa …
A. pasukan militer harus mengetahui dan memahami etika
berperang sesuai ketentuan Islam
B. seorang rakyat harus mengutamakan kepentingan bangsa
dan negara demi kesejahteraan bersama
C. pemimpin harus mengutamakan keamanan negara daripada
memperkuat kekuatan militer
D. siapa pun tidak boleh melakukan perbuatan yang dapat
merusak atau merugikan harta benda miliki orang lain
E. setiap kepala negara akan selalu menghadapi beragam
persoalan yang melibatkan rakyat dan tentara
KUNCI JAWABAN : D
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang benar!
1. Perhatikan narasi berikut ini! Tujuan disyariatkannya
hukum Islam (maqashid al-syari’ah) adalah terwujudnya kemaslahatan kehidupan
manusia, mewujudkan kebaikan, menghindarkan kesulitan, dan menolak mudarat.
Jelaskan dampak negatif jika maqashid al-syari’ah tidak
terwujud!
JAWABAN :
Dampak negatif jika maqashid al-syari’ah tidak terwujud:
- Munculnya ketimpangan dalam kehidupan beragama
- Kekacauan kehidupan sosial bermasyarakat
- Dilanda rasa gelisah dan khawatir
- Muncul ketidakadilan dan konlik sosia
2. Aspek hukum yang terkait dengan muamalah dikembangkan
oleh para mujtahid dan mengaitkannya dengan maqashid al-syariah.
Prinsip-prinsip itulah yang dikenal dengan al-kulliyatu al-khamsah. Cara
menjaga lima prinsip dasar hukum Islam dapat dilakukan dengan dua cara.
Sebutkan dan jelaskan!
JAWABAN :
Cara menjaga lima prinsip dasar hukum Islam dapat dilakukan
dengan dua cara:
- min nahiyati al-wujud, yaitu dengan cara memelihara dan menjaga sesuatu yang dapat mempertahankan keberadaannya
- min nahiyati al-‘adam, yaitu dengan cara mencegah sesuatu yang menyebabkan ketiadaannya.
3. Urutan dan stratiikasi al-kulliyatu al-khamsah
merupakan hasil ijtihad para ulama. Artinya urutan al-kulliyatu al-khamsah disusun
berdasarkan pemahaman para mujtahid terhadap dalil Al-Qur`an dan hadis.
Jelaskan urutan yang paling banyak disepakati oleh mayoritas ulama ikih maupun
ushul iqih!
JAWABAN :
Urutan al-kulliyatu al-khamsah yang paling banyak disepakati
oleh mayoritas ulama ikih maupun ushul Fikih adalah:
- al-din (agama)
- al-nafs (jiwa)
- al-‘aql (akal)
- al-nasl (keturunan)
- al-mal (harta)
4. Agama menjadi satu-satunya alasan Allah Swt.
menciptakan alam semesta beserta isinya. Agama juga merupakan inti sari
kehidupan yang sedang berjalan di alam ini. Mengapa hifzhu al-din lebih
diutamakan daripada lainnya?
JAWABAN :
Alur logika mengapa hifzhu al-din lebih diutamakan
daripada lainnya adalah sebagai berikut: kehidupan akhirat adalah kehidupan
yang abadi, lebih utama dari kehidupan dunia. Untuk apa hidup sejahtera,
memiliki keturunan yang banyak dan baik, hidup serba kecukupan kalau akhirnya
masuk ke neraka.
5. Perhatikan irman Allah Swt. dalam Q.S. al-Maidah/5: 32
berikut ini!
Jelaskan kaitan ayat tersebut dengan hifzhu al-nafs!
JAWABAN :
Ayat di atas berisi larangan membunuh (menghilangkan
nyawa orang lain). Setelah menjaga agama (hifzhu al-din), kewajiban selanjutnya
adalah menjaga jiwa (hifzhu al-nafs) atau keberlangsungan hidup manusia. Islam
memberi peringatan yang sangat tegas terhadap semua perbuatan yang dapat
menyebabkan hilangnya nyawa seseorang.
Demikianlah sajian soal dan kunci jawaban PAI kelas 10 Bab
9 kurikulum merdeka, semoga soal yang telah dilengkapi dengan kunci jawaban
tersebut dapat menjadi bahan belajar yang bermanfaat baik bagi siswa maupun
bagi guru disekolah.