Soal Sumatif IPS Kelas 8 Tema 03 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Soal Soal IPS Kelas 8 Tema 03 halaman 217, 218, 219 Buku Siswa IPS Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada artikel
kali ini admin akan memberikan soal latihan untuk persiapan menghadapi
ulangan/ujian sumatif pada mata pelajaran IPS kelas 8 kurikulum merdeka.
Soal yang akan di berikan disini merupakan soal yang
bersumber dari buku siswa IPS kelas 8 kurikulum merdeka yakni materi pada Tema
03 dengan judul “Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa” . Adapun jenis soal yang
akan di sajikan terdiri atas 2 jenis soal yaitu soal pilihan ganda dan soal
uraian/essay.
Sebagai informasi bahwa setiap soal yang di sajikan
disini telah dilengkapi dengan kunci jawabannya, sehingga akan sangat membantu siswa
dalam menggunakannya sebagai referensi dalam berlatih serta dapat menjadi bahan
belajar untuk persiapan menghadapi ulangan semester atau ujian sumatif akhir
semester.
Sebelum admin menyajikan soal dan kunci jawaban IPS kelas
8 Tema 03 “Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa”, maka perlu untuk di ketahui
bahwa materi yang akan di pelajari pada Tema 03 yaitu sebagai berikut :
A. Penjelajahan Samudra, Kolonialisme, dan Imperialisme di Indonesia
1. Bagaimana Pengaruh Kondisi Geografis terhadap Penjelajahan Samudra?
2. Bagaimana Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Kolonialisme dan imperialisme?
3. Bagaimana Perubahan Masyarakat Akibat Penjajahan Bangsa Barat dan Pendudukan Jepang?
B. Pergerakan Kebangsaan Menuju Kemerdekaan
1. Bagaimana Perkembangan Organisasi Pergerakan di Indonesia pada Masa Penjajahan?
2. Bagaimana Proses Pelaksanaan Kemerdekaan Indonesia?
C. Pemerataan Pembangunan
1. Kondisi Geografis dan Pemerataan Ekonomi
2. Lembaga Keuangan untuk Kesejahteraan Rakyat
3. Manfaat Lembaga Keuangan
D. Konflik dan Integrasi
1. Mengapa dapat Terjadi Konflik Sosial?
2. Bagaimana Dampak dan Penanganan Konflik Sosial?
3. Bagaimana Cara Mewujudkan Integrasi sosial?
Baiklah di bawah ini sajian soal lengkap dengan kunci
jawaban IPS kelas 8 kurikulum merdeka Tema 03 “Nasionalisme dan Jati Diri
Bangsa”.
A. PILIHAN GANDA
1. Penjelajahan samudra yang dilakukan bangsa Barat
terdiri dari 2 jenis, yaitu imperialisme kuno dan imperialisme modern. Tujuan
utama yang akan dicapai pada masa imperialisme modern mengarah pada bidang
sosial dan ekonomi.. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan di bawah ini,
yaitu...
a. mencari dan mendapatkan daerah penanam modal.
b. mencari rempah-rempah yang banyak digunakan masyarakat
Eropa.
c. mencari daerah-daerah baru untuk ditaklukan dan
dieksploitasi.
d. mempersiapkan daerah jajahan sebagai daerah koloni .
KUNCI JAWABAN : A
2. Kehidupan masyarakat pada masa kolonialisme
menyebabkan berbagai perubahan dalam berbagai bidang. Keadaan yang dialami
masyarakat menyebabkan munculnya berbagai perlawanan. Salah satu perlawanan
yang dilakukan rakyat Indonesia dalam melawan kongsi dagang VOC adalah serangan
Mataram di Jawa Tengah. Serangan dilakukan sampai dua kali, namun belum
berhasil. Penyebab utama serangan Mataram yang kedua gagal yaitu...
a. persenjataan Belanda jauh lebih modern dibandingkan
tentara Mataram.
b. kuatnya tentara Belanda yang melakukan pengepungan .
c. Belanda melakukan adu domba terhadap tokoh di kerajaan
Mataram.
d. pasukan Belanda membakar cadangan makanan pasukan
Mataram.
KUNCI JAWABAN : D
3. Politik etis merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh
pemerintah Belanda yang sedikit banyak memberikan manfaat pada pribumi, namun
dalam pelaksanaanya bukan tanpa perlawanan. Hal tersebut dapat dilihat dari
berbagai kritik yang disampaikan Douwes Dekker yang berisi...
a. politik etis hanya perluasan komersialisasi politik
ekonomi liberal sebelumnya.
b. tuntutan yang mendapat perlakuan tidak hanya pribumi
tetapi untuk semua penduduk asli Hindia Belanda.
c. praktek politik etis menunjukan diskriminasi dalam
bidang edukasi
d. anggapan bahwa politik etis hanya menguntungkan pihak
swasta Belanda dalam mendapatkan tenaga kerja yang terampil.
KUNCI JAWABAN : B
4. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Mengatur dan mengawasi bank
2) Mengatur, menjaga, dan memelihara kestabilan nilai
tukar rupiah
3) Menghimpun dana dan kemudian menyalurkan kembali
kepada masyarakat
4) Memperluas kesempatan kerja untuk meningkatkan taraf
hidup masyarakat
Berdasarkan pernyataan di atas yang termasuk tugas Bank
Indonesia (BI) ditunjukkan nomer....
a. 1 dan 3.
b. 1 dan 2.
c. 2 dan 4.
d. 1,2, dan 4.
KUNCI JAWABAN : B
5. Demonstrasi kenaikan upah buruh dilakukan hampir di
seluruh Indonesia. Demo tersebut merupakan salah satu contoh konflik sosial
yang memiliki konotasi negatif, tetapi demo juga memberikan dampak positif pada
suatu kelompok. Dampak positif adanya konflik sosial dalam kehidupan masyarakat
adalah...
a. Terjadinya perubahan kepribadian para individu dalam
kelompok.
b. Terjadinya dominasi suatu kelompok masyarakat.
c. Adanya solidaritas sesama anggota kelompok.
d. Menyamakan kepentingan suatu kelompok.
KUNCI JAWABAN : C
B. ESAI
1. Bagaimana pengaruh letak geografis terhadap
penjelajahan kolonialisme dan imperilisme di Indonesia? Bagaimana perubahan
yang dialami masyarakat Indonesia akibat adanya kolonialisme dan imperialisme
di Indonesia!
JAWABAN :
Letak
geografis Indonesia berada di antara 2 benua yaitu Benua Australia dan Benua
Asia, selain benua terletak diantara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.
Kondisi geografis Indonesia yang kaya akan sumber daya didukung dengan iklim
tropis yang dimiliki membuat Indonesia menjadi salah satu negara penghasil
pertanian. Berbagai tanaman mudah ditemukan di Indonesia. Indonesia merupakan
salah satu bangsa dengan ciri khas kepulauan. Berbagai potensi sumber daya alam
banyak tersedia di Indonesia. Setiap wilayah kepulauan mempunyai potensinya
masing-masing. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia terkenal dengan kekayaan
rempah rempah yang beraneka ragam. Kondisi inilah yang menjadi daya tarik
bangsa-bangsa lain datang ke Indonesia.
Adanya
kolonialisme dan imperialsime memberikan pengaruh seperti, perdagangan,
kebijakan kerja paksa dan tanam paksa yang merubah kehidupan masyarakat.
Pengaruh lebih spesifik yaitu adanya perubahan masyarakat Indonesia baik aspek
ekonomi (perluasan lahan,penemuan tambang, munculnya barang baru).
2. Bagaimana cara generasi muda memaknai dan
mempertahankan kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh pahlawan?
JAWABAN :
Generasi
muda merupakan generasi penerus bangsa Indonesia. Belajar dari pengalaman pahit
bangsa Indonesia saat dijajah oleh bangsa asing yang penuh dengan penderitaan
dan pengorbanan, saat ini Indonesia sudah merdeka. Sebagai generasi muda perlu
mengisi kemerdekaan dengan semangat dan hal-hal positif. Generasi muda
seharusnya senantiasa menghormati pahlawan, menjaga hubungan baik dengan semua
orang, meningkatkan prestasi baik akademik maupun non akademik. Setiap hari
kemerdekaan dapat digunakan untuk meningktkan rasa nasionalisme seluruh
masyarakat dengan berbagai lomba-lomba untuk meningkatkan kebersamaan dan
semangat nasionalisme.
3. Bagaimana solusi pemerataan pembangunan agar tidak
menimbulkan konflik dalam kehidupan masyarakat?
JAWABAN :
Solusi
pemerataan pembangunan agar tidak menimbulkan konflik, meningkatkan percepatan
pembangunan suatu daerah dengan memanfaatkan sektor pariwisata, pemerintah
dapat fokus mengembangkan daerah-daerah terpencil melalui pengembangan SDM
dengan guru muda dan generasi muda, meningkatkan akses dan infrakstuktur
khususnya di daerah tertinggal, pemerataan pendidikan dan pengembangan
beasiswa, dan mengupayakan pemenuhan kebutuhan ekonomi tiap daerah.
4. Menurut kalian, apakah sebuah konflik dapat
meningkatkan rasa nasionalisme yang dimiliki seseorang? Jelaskan!
JAWABAN :
Ya,
konflik dapat meningkatkan rasa nasionalisme seseorang. Karena konflik dapat
mengakibatkan munculnya rasa persatuan, kebersamaan, dan rasa senasib yang
dialami oleh kelompok pihak yang terlibat konflik. Misal : konflik yang terjadi
saat Indonesia dengan Malaysia tentang perbatasan Pulau Sipadan dan Ligitan.
Seluruh masyarakat Indonesia menjadi bersatu mendukung upaya pemerintah untuk
melawan pemerintahan Malaysia mempertahankan kedaulatan wilayah.
5. Menurut pandangan kalian, bagaimana solusi yang tepat
untuk konflik yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini? Sebagai contoh adalah
demonstrasi yang berujung konflik sosial. Bagaimana demonstrasi yang seharusnya
dilakukan guna menyuarakan aspirasi rakyat? Pada dasarnya demonstrasi
diperbolehkan mengingat menyuarakan pendapat merupakan hak tiap warga negara
yang telah dijamin dalam perundang-undangan.
JAWABAN :
Demonstrasi
atau menyampaikan gagasan di muka umum merupakan sebuah hak kebebasan bagi
seluruh warga negara Indonesia. Pada umumnya demonstrasi terjadi karena ada
protes terhadap kebijakan pemerintah ataupun dorongan kepada pemerintah untuk
melakukan sesuatu atas permasalahan yang terjadi. Upaya konsep demokrasi di
Indonesia berjalan lancar demonstrasi juga memerlukan respon yang baik dari
pihak pemerintah, di mana pemerintah menampung semua pendapat dan aspirasi dari
para demonstrasi. Sistem demonstrasi di Indonesia berjalan baik dari segala
pihak mulai dari pihak pendemo dengan cara mematuhi segala peraturan yang
berlaku dari pihak pemerintah yang memberikan ruang dan gerak yang layak untuk
para pendemo. Demonstrasi yang baik dilaksanakan sesuai peraturan dan
menghindari adanya kekerasan dan hal-hal yang dilarang.
Demikianlah informasi mengenai sajian soal IPS kelas 8
kurikulum merdeka Tema 03 “Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa” yang telah
dilengkapi dengan kunci jawabannya. Semoga dapat membantu siswa dalam memahami
materi IPS di kelas 8 Tema 03 kurikulum merdeka.