Soal Sumatif IPS Kelas 8 Tema 03 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Soal Soal IPS Kelas 8 Tema 03 halaman 217, 218, 219 Buku Siswa IPS Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada artikel kali ini admin akan memberikan soal latihan untuk persiapan menghadapi ulangan/ujian sumatif pada mata pelajaran IPS kelas 8 kurikulum merdeka.

 


Soal yang akan di berikan disini merupakan soal yang bersumber dari buku siswa IPS kelas 8 kurikulum merdeka yakni materi pada Tema 03 dengan judul “Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa” . Adapun jenis soal yang akan di sajikan terdiri atas 2 jenis soal yaitu soal pilihan ganda dan soal uraian/essay.

 

Sebagai informasi bahwa setiap soal yang di sajikan disini telah dilengkapi dengan kunci jawabannya, sehingga akan sangat membantu siswa dalam menggunakannya sebagai referensi dalam berlatih serta dapat menjadi bahan belajar untuk persiapan menghadapi ulangan semester atau ujian sumatif akhir semester.

 

Sebelum admin menyajikan soal dan kunci jawaban IPS kelas 8 Tema 03 “Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa”, maka perlu untuk di ketahui bahwa materi yang akan di pelajari pada Tema 03 yaitu sebagai berikut :

A. Penjelajahan Samudra, Kolonialisme, dan Imperialisme di Indonesia

1. Bagaimana Pengaruh Kondisi Geografis terhadap Penjelajahan Samudra?

2. Bagaimana Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Kolonialisme dan imperialisme?

3. Bagaimana Perubahan Masyarakat Akibat Penjajahan Bangsa Barat dan Pendudukan Jepang?

 

B. Pergerakan Kebangsaan Menuju Kemerdekaan

1. Bagaimana Perkembangan Organisasi Pergerakan di Indonesia pada Masa Penjajahan?

2. Bagaimana Proses Pelaksanaan Kemerdekaan Indonesia?

 

C. Pemerataan Pembangunan  

1. Kondisi Geografis dan Pemerataan Ekonomi

2. Lembaga Keuangan untuk Kesejahteraan Rakyat

3. Manfaat Lembaga Keuangan

 

D. Konflik dan Integrasi

1. Mengapa dapat Terjadi Konflik Sosial?

2. Bagaimana Dampak dan Penanganan Konflik Sosial?

3. Bagaimana Cara Mewujudkan Integrasi sosial?

 

Baiklah di bawah ini sajian soal lengkap dengan kunci jawaban IPS kelas 8 kurikulum merdeka Tema 03 “Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa”.

 

A. PILIHAN GANDA

1. Penjelajahan samudra yang dilakukan bangsa Barat terdiri dari 2 jenis, yaitu imperialisme kuno dan imperialisme modern. Tujuan utama yang akan dicapai pada masa imperialisme modern mengarah pada bidang sosial dan ekonomi.. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan di bawah ini, yaitu...

a. mencari dan mendapatkan daerah penanam modal.

b. mencari rempah-rempah yang banyak digunakan masyarakat Eropa.

c. mencari daerah-daerah baru untuk ditaklukan dan dieksploitasi.

d. mempersiapkan daerah jajahan sebagai daerah koloni .

KUNCI JAWABAN : A

 

2. Kehidupan masyarakat pada masa kolonialisme menyebabkan berbagai perubahan dalam berbagai bidang. Keadaan yang dialami masyarakat menyebabkan munculnya berbagai perlawanan. Salah satu perlawanan yang dilakukan rakyat Indonesia dalam melawan kongsi dagang VOC adalah serangan Mataram di Jawa Tengah. Serangan dilakukan sampai dua kali, namun belum berhasil. Penyebab utama serangan Mataram yang kedua gagal yaitu...

a. persenjataan Belanda jauh lebih modern dibandingkan tentara Mataram.

b. kuatnya tentara Belanda yang melakukan pengepungan .

c. Belanda melakukan adu domba terhadap tokoh di kerajaan Mataram.

d. pasukan Belanda membakar cadangan makanan pasukan Mataram.

KUNCI JAWABAN : D

 

3. Politik etis merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah Belanda yang sedikit banyak memberikan manfaat pada pribumi, namun dalam pelaksanaanya bukan tanpa perlawanan. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai kritik yang disampaikan Douwes Dekker yang berisi...

a. politik etis hanya perluasan komersialisasi politik ekonomi liberal sebelumnya.

b. tuntutan yang mendapat perlakuan tidak hanya pribumi tetapi untuk semua penduduk asli Hindia Belanda.

c. praktek politik etis menunjukan diskriminasi dalam bidang edukasi

d. anggapan bahwa politik etis hanya menguntungkan pihak swasta Belanda dalam mendapatkan tenaga kerja yang terampil.

KUNCI JAWABAN : B

 

4. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Mengatur dan mengawasi bank

2) Mengatur, menjaga, dan memelihara kestabilan nilai tukar rupiah

3) Menghimpun dana dan kemudian menyalurkan kembali kepada masyarakat

4) Memperluas kesempatan kerja untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat

 

Berdasarkan pernyataan di atas yang termasuk tugas Bank Indonesia (BI) ditunjukkan nomer....

a. 1 dan 3.

b. 1 dan 2.

c. 2 dan 4.

d. 1,2, dan 4.

KUNCI JAWABAN : B

 

5. Demonstrasi kenaikan upah buruh dilakukan hampir di seluruh Indonesia. Demo tersebut merupakan salah satu contoh konflik sosial yang memiliki konotasi negatif, tetapi demo juga memberikan dampak positif pada suatu kelompok. Dampak positif adanya konflik sosial dalam kehidupan masyarakat adalah...

a. Terjadinya perubahan kepribadian para individu dalam kelompok.

b. Terjadinya dominasi suatu kelompok masyarakat.

c. Adanya solidaritas sesama anggota kelompok.

d. Menyamakan kepentingan suatu kelompok.

KUNCI JAWABAN : C

 

B. ESAI

1. Bagaimana pengaruh letak geografis terhadap penjelajahan kolonialisme dan imperilisme di Indonesia? Bagaimana perubahan yang dialami masyarakat Indonesia akibat adanya kolonialisme dan imperialisme di Indonesia!

JAWABAN :

                Letak geografis Indonesia berada di antara 2 benua yaitu Benua Australia dan Benua Asia, selain benua terletak diantara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Kondisi geografis Indonesia yang kaya akan sumber daya didukung dengan iklim tropis yang dimiliki membuat Indonesia menjadi salah satu negara penghasil pertanian. Berbagai tanaman mudah ditemukan di Indonesia. Indonesia merupakan salah satu bangsa dengan ciri khas kepulauan. Berbagai potensi sumber daya alam banyak tersedia di Indonesia. Setiap wilayah kepulauan mempunyai potensinya masing-masing. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia terkenal dengan kekayaan rempah rempah yang beraneka ragam. Kondisi inilah yang menjadi daya tarik bangsa-bangsa lain datang ke Indonesia.

                Adanya kolonialisme dan imperialsime memberikan pengaruh seperti, perdagangan, kebijakan kerja paksa dan tanam paksa yang merubah kehidupan masyarakat. Pengaruh lebih spesifik yaitu adanya perubahan masyarakat Indonesia baik aspek ekonomi (perluasan lahan,penemuan tambang, munculnya barang baru).

 

2. Bagaimana cara generasi muda memaknai dan mempertahankan kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh pahlawan?

JAWABAN :

                Generasi muda merupakan generasi penerus bangsa Indonesia. Belajar dari pengalaman pahit bangsa Indonesia saat dijajah oleh bangsa asing yang penuh dengan penderitaan dan pengorbanan, saat ini Indonesia sudah merdeka. Sebagai generasi muda perlu mengisi kemerdekaan dengan semangat dan hal-hal positif. Generasi muda seharusnya senantiasa menghormati pahlawan, menjaga hubungan baik dengan semua orang, meningkatkan prestasi baik akademik maupun non akademik. Setiap hari kemerdekaan dapat digunakan untuk meningktkan rasa nasionalisme seluruh masyarakat dengan berbagai lomba-lomba untuk meningkatkan kebersamaan dan semangat nasionalisme.

 

3. Bagaimana solusi pemerataan pembangunan agar tidak menimbulkan konflik dalam kehidupan masyarakat?

JAWABAN :

                Solusi pemerataan pembangunan agar tidak menimbulkan konflik, meningkatkan percepatan pembangunan suatu daerah dengan memanfaatkan sektor pariwisata, pemerintah dapat fokus mengembangkan daerah-daerah terpencil melalui pengembangan SDM dengan guru muda dan generasi muda, meningkatkan akses dan infrakstuktur khususnya di daerah tertinggal, pemerataan pendidikan dan pengembangan beasiswa, dan mengupayakan pemenuhan kebutuhan ekonomi tiap daerah.

 

4. Menurut kalian, apakah sebuah konflik dapat meningkatkan rasa nasionalisme yang dimiliki seseorang? Jelaskan!

JAWABAN :

                Ya, konflik dapat meningkatkan rasa nasionalisme seseorang. Karena konflik dapat mengakibatkan munculnya rasa persatuan, kebersamaan, dan rasa senasib yang dialami oleh kelompok pihak yang terlibat konflik. Misal : konflik yang terjadi saat Indonesia dengan Malaysia tentang perbatasan Pulau Sipadan dan Ligitan. Seluruh masyarakat Indonesia menjadi bersatu mendukung upaya pemerintah untuk melawan pemerintahan Malaysia mempertahankan kedaulatan wilayah.

 

5. Menurut pandangan kalian, bagaimana solusi yang tepat untuk konflik yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini? Sebagai contoh adalah demonstrasi yang berujung konflik sosial. Bagaimana demonstrasi yang seharusnya dilakukan guna menyuarakan aspirasi rakyat? Pada dasarnya demonstrasi diperbolehkan mengingat menyuarakan pendapat merupakan hak tiap warga negara yang telah dijamin dalam perundang-undangan.

JAWABAN :

                Demonstrasi atau menyampaikan gagasan di muka umum merupakan sebuah hak kebebasan bagi seluruh warga negara Indonesia. Pada umumnya demonstrasi terjadi karena ada protes terhadap kebijakan pemerintah ataupun dorongan kepada pemerintah untuk melakukan sesuatu atas permasalahan yang terjadi. Upaya konsep demokrasi di Indonesia berjalan lancar demonstrasi juga memerlukan respon yang baik dari pihak pemerintah, di mana pemerintah menampung semua pendapat dan aspirasi dari para demonstrasi. Sistem demonstrasi di Indonesia berjalan baik dari segala pihak mulai dari pihak pendemo dengan cara mematuhi segala peraturan yang berlaku dari pihak pemerintah yang memberikan ruang dan gerak yang layak untuk para pendemo. Demonstrasi yang baik dilaksanakan sesuai peraturan dan menghindari adanya kekerasan dan hal-hal yang dilarang.

 

Demikianlah informasi mengenai sajian soal IPS kelas 8 kurikulum merdeka Tema 03 “Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa” yang telah dilengkapi dengan kunci jawabannya. Semoga dapat membantu siswa dalam memahami materi IPS di kelas 8 Tema 03 kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel