Soal Sumatif IPS Kelas 8 Tema 02 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Soal Soal IPS Kelas 8 Tema 02 halaman 138, 139, 140 Buku Siswa IPS Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada artikel
kali ini admin akan memberikan soal latihan untuk persiapan menghadapi
ulangan/ujian sumatif pada mata pelajaran IPS kelas 8 kurikulum merdeka.
Soal yang akan di berikan disini merupakan soal yang
bersumber dari buku siswa IPS kelas 8 kurikulum merdeka yakni materi pada Tema
02 dengan judul “Kemajemukan Masyarakat Indonesia” . Adapun jenis soal yang
akan di sajikan terdiri atas 2 jenis soal yaitu soal pilihan ganda dan soal
uraian/essay.
Sebagai informasi bahwa setiap soal yang di sajikan
disini telah dilengkapi dengan kunci jawabannya, sehingga akan sangat membantu siswa
dalam menggunakannya sebagai referensi dalam berlatih serta dapat menjadi bahan
belajar untuk persiapan menghadapi ulangan semester atau ujian sumatif akhir
semester.
Sebelum admin menyajikan soal dan kunci jawaban IPS kelas
8 Tema 02 “Kemajemukan Masyarakat Indonesia”, maka perlu untuk di ketahui bahwa
materi yang akan di pelajari pada Tema 02 yaitu sebagai berikut :
A. Keragaman Aktivitas Ekonomi Masyarakat
1. Bagaimana Proses Geografis Memengaruhi Aktivitas Ekonomi?
2. Bagaimana Pemanfaatan Lingkungan Sekitar dalam Pemenuhan Kebutuhan Ekonomi?
3. Bagaimana Perdagangan Antarpulau Dapat Terjadi di Indonesia?
B. Mobilitas Sosial
1. Bagaimana Dinamika Kependudukan di Indonesia?
2. Bagaimana Bentuk Keragaman Masyarakat Indonesia?
3. Bagaimana Proses Mobilitas Sosial di Indonesia?
C. Interaksi Budaya pada Masa Kerajaan Islam
1. Bagaimana Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia?
2. Bagaimana Cara Penyebaran Agama Islam di Indonesia?
3. Bagaimana Bentuk Interaksi Budaya Pengaruh Islam di Indonesia?
Baiklah di bawah ini sajian soal lengkap dengan kunci
jawaban IPS kelas 8 kurikulum merdeka Tema 02 “Kemajemukan Masyarakat Indonesia”.
A. PILIHAN GANDA
1. Cuaca dan iklim sangat berpengaruh terhadap kehidupan
manusia. Iklim di Indonesia merupakan iklim tropis sehingga menyebabkan
terjadinya dua musim yaitu kemarau dan penghujan. Setiap awal Oktober hingga
bulan April Indonesia mengalami musim penghujan. Dampak dari musim penghujan
bagi kehidupan manusia adalah ...
a. peningkatan volume air sehingga kuantitas air menurun.
b. peningkatan curah hujan sehingga menyebabkan kualitas
sumber air menurun.
c. peningkatan suhu yang menyebabkan tenggelamnya
pulau-pulau kecil.
d. peningkatan kewaspadaan manusia dalam menghadapi
bencana banjir.
KUNCI JAWABAN : A
2. Setiap wilayah di muka bumi memiliki bentuk dan
karakteristik masing masing. Perbedaan antara wilayah satu dan yang lain juga
memengaruhi berbagai aktivitas ekonomi masyarakat setempat. Daerah dataran
rendah memiliki komoditas ekonomi yang cukup beragam daripada daerah
pegunungan. Faktor alam yang dapat melatarbelakangi hal tersebuh adalah ...
a. daerah dataran rendah memiliki akses yang lebih mudah
dijangkau .
b. daerah dataran rendah merupakan daerah yang subur.
c. daerah pegunungan memiliki suhu dan curah hujan yang
tinggi.
d. daerah pegunungan merupakan daerah yang tinggi.
KUNCI JAWABAN : B
3. Setiap negara memiliki pertumbuhan penduduk yang berbeda-beda.
Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 250 juta
jiwa. Pertumbuhan penduduk yang besar tanpa diimbangi dengan penekanan jumlah
penduduk akan menyebabkan permasalahan di segala bidang. Masalah yang mungkin
muncul di masyarakat dalam bidang sosial adalah ...
a. minimnya lapangan pekerjaan.
b. rendahnya tingkat pendidikan masyarakat.
c. meningkatnya angka kriminalitas.
d. rendahnya tingkat pendapatan masyarakat.
KUNCI JAWABAN : C
4. Seorang guru mata pelajaran IPS mendapatkan surat
tugas mengajar di Kabupaten Tarakan. Kemudian beliau mendapatkan surat mutasi
dipindahkan ke Kota Palangkaraya. Mobilitas sosial yang dialami seorang guru
adalah ...
a. vertikal .
b. horizontal.
c. vertical sinking.
d. vertical climbing
KUNCI JAWABAN : B
5. Perhatikan pernyataan berikut:
(1) Syarat untuk masuk agama Islam sangat mudah, yaitu
hanya dengan mengucap dua kalimat syahadat.
(2) Terdapat paksaan dari raja untuk memeluk agama Islam.
(3) Agama Islam tidak mengenal sistem kasta.
(4) Proses penyebaran agama Islam di Indonesia dilakukan
secara damai tanpa kekerasan.
(5) Memiliki upacara tradisi yang mengharuskan
keikutsertaan ma syarakat.
Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan pernyataaan
bahwa penyebaran Islam masuk dengan mudah ke Indonesia adalah . . ..
a. (1), (2) dan (3).
b. (1), (3) dan (4).
c. (2), (3) dan (5).
d. (3), (4) dan (5).
KUNCI JAWABAN : B
B. ESAI
1. Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat sangat
beragam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yakni produksi, konsumsi dan
distribusi. Jelaskan kegiatan ekonomi yang ada di sekitar lingkungan tempat
tinggalmu! Kemudian, berikan contohnya dari masing-masing kegiatan ekonomi!
JAWABAN :
a. Kegiatan produksi
Kegiatan yang mengahasilkan barang atau jasa. Kegiatan
produksi yang biasa dilakukan di oleh masyarakat lingkungan sekitar tempat
tinggal yaitu produksi makanan, konveksi, alat rumah tangga, alat pertanian dan
sebagainya.
b. Kegiatan konsumsi
Kegiatan konsumsi adalah kegiatan menggunakan barang atau
jasa. Bentuk kegiatan konsumsi yang ada dilingkungan sekitar adalah membeli dan
menggunakan peralatan rumah tangga, membeli dan menggunakan alat mandi,
menggunakan alat elektronik seperti tv, laptop, komputer, radio dan sebagainya.
c. Kegiatan distribusi
Kegiatan distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang
dan jasa dari produsen ke konsumen. Contohnya, agen ditribusi barang dan jasa
menghantarkan pesanan dari produsen ke konsumen seperti J & T, JNE, Shopee
express.
2. Kota A merupakan salah satu kota yang memiliki
penduduk padat. Jumlah penduduk lahir adalah 560 dan jumlah penduduk mati
adalah 330. Sedangkan jumlah penduduk yang bekerja di luar negeri berjumlah 68
dan jumlah penduduk yang kembali dari luar sebanyak 147. Hitunglah pertumbuhan
penduduk Kota A di tahun ini!
JAWABAN :
P = (L – M) + (I– E)
L = 560
M= 330
I = 147
E = 68
P = (560- 330) + (147- 68)
= 230 + 79
= 309
3. Jelaskan bentuk-bentuk mobilitas sosial yang terjadi
di masyarakat lingkungan tempat tinggalmu! Berikan contoh dari masing-masing
bentuk mobilitas sosial!
JAWABAN :
a. Mobilitas vertikal ke atas (social climbing)
Terjadi dalam kenaikan status seseornag ke strata atas.
Kenaikan ini dapat dalam bentuk ukuran ekonomi dan jabatan.
b. Mobilitas vertikal ke bawah (social sinking)
Terjadinya penurunan status seseorang ke strata bawah.
c. Mobilitas horizontal
Mobilitas horizontal adalah perpindahan status sosial
seseorang atau sekelompok orang dalam lapisan sosial yang sama. Mobilitas
horizontal merupakan peralihan individu atau obyek-obyek sosial lainnya dari
suatu kelompok sosial ke kelompok sosial lainnya yang sederajat. Mobilitas
horizontal tidak terjadi perubahan dalam derajat kedudukan seseorang dalam
mobilitas sosialnya.
Sebagai contoh bacaan seorang kepala sekolah yang
mengalami mutasi merupakan contoh mobilitas horizontal di mana kepala sekolah
tersebut mengalami perpindahan kedudukan dari kepala sekolah di daerah Jawa
Timur ke daerah Lombok.
4. Uraikanlah proses masuknya agama Islam ke Indonesia!
JAWABAN :
Proses masuknya agama Islam ke Indonesia melalui beberapa
jalur yaitu sebagai berikut:
a) Perdagangan
Perdagangan merupakan salah satu cara penyebaran Islam
yang pertama dan utama dalam proses penyebaran Islam di Indonesia. Sekitar abad
ke-7 sampai abad ke 16 terdapat lalu lintas perdagangan yang melalui Indonesia.
Hal ini menyeabakan terjadinya interaksi antara pedagang Nusantara dan pedagang
asing (Islam ) dari Gujarat dan Timur Tengah yang saling bertukar pengaruh.
Inilah yang mendorong berkembangnya agam Islam di Nusantara.
b) Perkawinan
Perkawinan yang terjadi antara pedagang-pedagang Islam
dengan pribumi menyebabkan dampak yang positif terhadap perkembangan agama
Islam . Para saudagar yang berdagang di Indonesia itu tidak membawa keluarga,
mereka kemudian menikah dengan penduduk setempat, setelah terlebih dahulu
mengislamkan calon isterinya. Dari pernikahan antara para saudagar dengan
wanita pribumi ini, kemudian mengembangkan bentuk masyarakat Islam , terutama
di daerah pesisir Indonesia. Ada juga para saudagar yang menikah dengan putri
raja atau bangsawan. Dengan demikian, banyak keluarga raja atau bangsawan yang
menganut agama Islam . Berhubung raja dan bangsawannya memeluk Islam maka
rakyat pun ikut memeluk agama Islam .
c) Pendidikan
Para ulama mendirikan pesantren pesantren yang mendidik
murid murid mereka tentang ilmu ilmu agama. Para ulama mendirikan lembaga
pendidikan pesantren karena pola ini dianggap sama dengan model padepokan yang
berdiri pada masa Hindu.
d) Dakwah
Penyebaran melalui dakwah yakni para juru dakwah (wali,
ulama, tokoh agama) menyebarkan agama Islam di lingkungannya masing masing.
Dengan demikian, agama Islam menyebar di kalangan masyarakat. Para ulama
melakukan pengembangan atau penyebaran agama Islam dengan terjun ke masyarakat,
pasar, tempat umum yang terdapat banyak rakyat yang beraktivitas.
e) Kesenian
Jalur kesenian yang menggunakan bentuk akulturasi yaitu
meng gunakan jenis budaya setempat yang dialiri dengan ajaran Islam di dalamnya.
5. Deskripsikan salah satu kerajaan Islam yang berkembang
di Indonesia bagian barat!
JAWABAN :
1) Kerajaan Samudera Pasai
Kerajaan pertama setelah Perlak di daerah Aceh. Didirkan
Marah Silu yang kemudian bergelar Malik Al Saleh (1285-1297). Kerajaan
berkembang makmur memiliki rute laut strategis yaitu di Selat Malaka.
Kelanjutan kerajaan dibuktikan dengan beberapa nama seperti Muhammad Malik Az
Zahir (1292- 1326), Mahmud Malik Az Zahir atau Sultan Malik al Tahir II (1326-
1348), Sultan Ahmad Malik Az Zahir (1350 an), dan Sultan Zain-al Abidin Malik
Az Zahir (1383 -1405). Akhir kerajaan dikaitkan dengan perkembangan Kerajaan
Siam di Thailand.
2) Kesultanan Aceh
Sultan Ali Mughayat Syah merupakan raja pertama(1514 –
1528). Aceh berkembang pesat bahkan menyerang Portugis di Malaka (1515)
walaupun tidak berhasil. Tahun 1521 Portugis berhasil menguasai Aceh. Raja terbesar
adalah Sultan Iskandar Muda ( 1607-1636 ) berhasil meluaskan kekuasaan sampau
ke Deli, Johor, Bintan, Pahang, Kedah, Perak Kemunduran Aceh tidak lepas dari
pengaruh VOC yang semakin kuat. VOC menghambat perdagangan laut Aceh. Aceh
kehilangan kedudukannya sebagai pusat perdagangan dan kekuatan politik pada
akhir abad XVII.
Demikianlah informasi mengenai sajian soal IPS kelas 8
kurikulum merdeka Tema 02 “Kemajemukan Masyarakat Indonesia” yang telah
dilengkapi dengan kunci jawabannya. Semoga dapat membantu siswa dalam memahami
materi IPS di kelas 8 Tema 02 kurikulum merdeka.