Soal Sumatif IPS Kelas 8 Tema 01 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Soal Soal IPS Kelas 8 Tema 01 halaman 60, 61, 62 Buku Siswa IPS Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada artikel
kali ini admin akan memberikan soal latihan untuk persiapan menghadapi
ulangan/ujian sumatif pada mata pelajaran IPS kelas 8 kurikulum merdeka.
Soal yang akan di berikan disini merupakan soal yang
bersumber dari buku siswa IPS kelas 8 kurikulum merdeka yakni materi pada Tema
01 dengan judul “Kondisi Geografis Dan Pelestarian Sumber Daya Alam” . Adapun
jenis soal yang akan di sajikan terdiri atas 2 jenis soal yaitu soal pilihan
ganda dan soal uraian/essay.
Sebagai informasi bahwa setiap soal yang di sajikan
disini telah dilengkapi dengan kunci jawabannya, sehingga akan sangat membantu siswa
dalam menggunakannya sebagai referensi dalam berlatih serta dapat menjadi bahan
belajar untuk persiapan menghadapi ulangan semester atau ujian sumatif akhir
semester.
Sebelum admin menyajikan soal dan kunci jawaban IPS kelas
8 Tema 01 “Kondisi Geografis Dan Pelestarian Sumber Daya Alam”, maka perlu
untuk di ketahui bahwa materi yang akan di pelajari pada Tema 01 yaitu sebagai
berikut :
A. Keragaman Alam Indonesia
1. Bagaimana Proses Geografis Memengaruhi Keragaman Alam Indonesia?
2. Bagaimana Proses Geografis Memengaruhi Keragaman Sosial Budaya?
B. Pemanfaatan Sumber Daya Alam
1. Bagaimana Potensi Sumber Daya Alam Indonesia?
2. Bagaimana Pemanfaatan Sumber Daya Alam Indonesia?
C. Sumber Daya Manusia
1. Bagaimana Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia?
2. Bagaimana Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia?
D. Peran Lembaga Sosial dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam dan Manusia
1. Apa yang dimaksud dengan Lembaga Sosial?
2. Bagaimana Peranan Lembaga Sosial dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam?
3. Bagaimana Peranan Lembaga Sosial dalam Pemanfaatan Sumber Daya Manusia?
E. Kondisi Geografis dan Interaksi dengan Bangsa Asing
1. Bagaimana Interaksi dengan Bangsa Asing di Masa Lalu?
2. Bagaimana Perdagangan Nusantara pada Awal Masehi?
3. Bagaimana Perkembangan Kehidupan Masyarakat pada Masa Kerajaan Hindu-Buddha?
Baiklah di bawah ini sajian soal lengkap dengan kunci
jawaban IPS kelas 8 kurikulum merdeka Tema 01 “Kondisi Geografis Dan
Pelestarian Sumber Daya Alam”.
A. PILIHAN GANDA
1. Indonesia memiliki banyak gunung api aktif. Jalur
pegunungan di Indonesia membentang dari ujung utara Sumatra memanjang melalui
pantai barat Sumatra, melewati Pulau Jawa, Nusa Tenggara, Banda, Sulawesi, dan
Halmahera. Jumlah gunung aktif di Indonesia sebanyak 127 gunungapi aktif.
Dampak tersebut merupakan dampak dari adanya …
a. Letak astronomis.
b. Letak geografis.
c. Letak geologis.
d. Letak absolut.
KUNCI JAWABAN : C
2. (1) Indonesia
(2) Filipina
(3) Jepang
(4) Korea
Selatan
(5) Inggris
(6) Perancis
Negara yang memiliki iklim sub tropis ialah …
a. (1) dan (3).
b. (5) dan (6).
c. (2) dan (4).
d. (3) dan (4).
KUNCI JAWABAN : D
3. Hutan dapat berfungsi sebagai hutan produksi, hutan
lindung dan hutan konservasi. Berikut merupakan fungsi hutan dalam kegiatan
produksi adalah …
a. Hutan melindungi sistem daya dukung lingkungan hidup .
b. Hutan melakukan perlindungan terhadap sistem penyangga
kehidupan, pengawetan beragam jenis tumbuhan dan satwa.
c. Hutan menghasilkan bahan baku untuk pembuatan produk
dan jasa.
d. Hutan mencegah terjadinya banjir, erosi dan
mempertahankan kesuburan tanah untuk tanaman yang ada di dalamnya.
KUNCI JAWABAN : C
4. Perhatikan pernyataan berikut
(1) Luas wilayah
(2) Suhu dan
kelembaban udara
(3) Posisi
strategis
(4) Jumlah
penduduk
(5) Isolasi
kepulauan oleh lautan
Faktor geografis
yang memengaruhi keragaman budaya adalah ….
a. (1), (2), dan
(3).
b. (1), (2), dan
(4).
c. (1), (3), dan
(5).
d. (2), (4), dan
(5).
KUNCI JAWABAN : D
5. Pengaruh Hindu di Indonesia melalui jalan damai yang
dilakukan pedagang dari India melalui jalur laut. Perdagangan pada masa itu
sedang berkembang karena jalur sutra yang menghubungkan India Cina melalui
jalur laut dan melalui wilayah Nusantara adalah pernyataan dari teori ….
a. Teori waisya.
b. Teori brahmana.
c. Teori ksatria.
d. Teori arus balik.
KUNCI JAWABAN : A
B. ESAI
1. Bagaimana pengaruh iklim terhadap keragaman sosial
budaya di Indonesia?
JAWABAN :
Indonesia diwarnai oleh mikro
iklim yang amat beragam. Dalam sebuah ruang wilayah yang sempit, perbedaan
ketinggian tempat dapat menghasilkan perbedaan suhu yang signifikan. Perbedaan
antara satu wilayah dengan wilayah lain inilah menyebabkan perbedaan pola
perilaku yang berbeda, mulai dari bahasa hingga ke sistem mata pencarian hidup
dan sistem ekonomi. Contoh real atau contoh nyata dari keragaman regional dapat
dilihat pada masyarakat pesisir Pantai Utara Jawa, dibandingkan dengan
masyarakat yang tinggal di wilayah pegunungan di pulau yang sama, Jawa. Begitu
pula masyarakat pesisir utara Pulau Sumatra dengan masyarakat yang tinggal di
lereng Pegunungan Bukit Barisan.
Indonesia bagian barat memang
di dominasi oleh bioma Hutan Hujan Tropis, namun pulau Jawa secara mikro iklim
dapat dibagi menjadi menjadi dua region. Region Jawa bagian Barat masih
beruakan Bioma Hutan hujan tropis, namun Jawa bagian Timur sudah dipengaruhi
oleh Bioma Hutan Musim Tropis atau hutan gugur tropis, zona ini sampai ke Pulau
Bali. Nusa Tenggara Barat berbatasan selat dengan Bali, namun kondisi yang ada
di NTB sudah dapat dikategorikan sebagai sabana. Berbeda pula di Nusa Tenggara
Timur di mana kategori bioma yang tepat untuk menggambarkan NTT adalah stepa tropis.
Suhu
yang dingin akan selaras dengan pakaian tradisional berlengan panjang. Tinggal
di pesisir akan menyebabkan mata pencarian sebagai nelayan. Sistem pertanian di
dataran rendah dan dataran tinggi juga akan berbeda, karena suhu yang berbeda.
Bermukim di pedalaman hutan juga akan menimbulkan perbedaan yang mencolok pada
bentuk rumah adat. Jenis makanan tradisional juga tidak terlepas dari kondisi
iklim setempat.
Kearifan
lokal yang berkembang di Nusantara akibat kondisi iklim juga terlihat pada Masyarakat
Adat Baduy. Rumah warga di Desa Kanekes hanya boleh menghadap ke utara dan
selatan, ini tujuannya supaya sinar matahari dapat masuk melalui jendela rumah.
Kelembaban udara di lereng pegunungan cenderung lembab, sehingga apabila
ventilasi tidak bekerja dengan baik maka sirkulasi udara tidak akan baik.
Adaptasi bentuk rumah tradisional juga dimiliki oleh berbagai kebudayaan di
Indonesia yang disesuaikan dengan latar belakang kearifan lokal dan kondisi
sekitar, seperti bentuk rumah Joglo, Panggung dan masih banyak lainnya.
2. Bagaimana hubungan proses geografis dengan kedatangan
bangsa bangsa asing di Indonesia?
JAWABAN :
Kedatangan bangsa-bangsa asing
ke Indonesia disebabkan karena adanya proses geografis yang berupa angin muson
untuk berlayar ke timur dari India ke Cina. Selain itu, terdapatnya selat
malaka yang digunakan sebagai tempat transit kapal-kapal untuk mengirimkan
komoditas dari India ke Cina yang disebut sebagai jalur sutra karena komoditas
yang diperjualbelikan berupa kain sutra, wewangian, dan rempah-rempah.
Peralihan rute perdagangan dari jalur darat menuju jalur laut ini juga membawa
keuntungan bagi masyarakat di Indonesia. Masyarakat di Indonesia juga ternyata
ikut aktif dalam perdagangan tersebut sehingga terjadilah kontak hubungan di
antara keduanya (Indonesia-India dan Indonesia-Cina).
3. Potensi sumber daya alam yang dimanfaatkan secara
terus menerus mengakibatkan perubahan bagi kelangsungan alam. Salah satu dampak
perubahan alam yang terjadi adalah menurunnya daya dukung lingkungan terhadap
kehidupan manusia. Jelaskan faktor yang menyebabkan perubahan potensi sumber
daya alam!
JAWABAN :
Populasi manusia yang semakin
bertambah membuat konsumsi semakin bertambah. Hal ini mempengaruhi tingkat
eksploitasi terhadap sumber daya alam yang juga mengalami peningkatan dalam
rangka memenuhi kebutuhan hidup. Eksploitasi sumber daya alam yang berlebih
dengan menggunakan prinsip maksimalisasi dan mengabaikan pelestarian lingkungan
dapat menyebabkan pencemaran dan kerusakan lingkungan. Dampaknya terjadi
perubahan potensi sumber daya alam yang semakin mengalami penurunan. Oleh
karena itu, dalam kegiatan pemanfaatan lingkungan harus memperhatikan
kelestarian lingkungan agar dampak negatif dapat diminimalisir dan potensi
sumber daya alam tetap lestari.
4. Bagaimana pendapat kalian tentang teman yang berbuat
curang ketika ujian sekolah dan apa yang akan kalian lakukan? Apakah perilaku
tersebut telah melanggar norma? Jelaskan!
JAWABAN :
Menurut
saya ketika ada teman yang berbuat curang saat ujian sekolah dapat diberikan
nasehat pada saat ujian sekolah selesai, walaupun perilaku tersebut melanggar
norma dalam dunia pendidikan. Namun, jika teman tersebut terus-menerus
melakukan kecurangan setelah diberikan nasehat ada baiknya dapat diberikan
sanksi oleh guru.
5. Terdapat teori masuknya agama Hindu-Buddha ke
Indonesia. Teori apa yang paling kuat menurut pendapatmu? Jelaskan alasan dan
bukti-buktinya!
JAWABAN :
Menurut
saya teori yang paling kuat adalah teori Brahmana, karena dalam teori brahmana
menunjukkan bahwa merekalah yang memahami dengan benar kitab Weda dan
bertanggung jawab untuk menyebarkan agama Hindu. Buktinya dalam
kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia yang menjadi raja adalah mereka
yang mempunyai kasta paling tinggi dan mampu menyebarkan agama Hindu-Buddha
serta raja juga berpengaruh terhadap masyarakat di sekitarnya.
Demikianlah informasi mengenai sajian soal IPS kelas 8
kurikulum merdeka Tema 01 “Kondisi Geografis Dan Pelestarian Sumber Daya Alam”
yang telah dilengkapi dengan kunci jawabannya. Semoga dapat membantu siswa
dalam memahami materi IPS di kelas 8 Tema 01 kurikulum merdeka.