Soal & Jawaban Sumatif IPA Kelas 8 Bab 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Bab 1 Halaman 25 – 26 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang soal latihan yang merupakan Review Bab pada mata pelajaran IPA Kelas 8 Bab 1 Kurikulum Merdeka.

 


Seperti diketahui bahwa materi yang akan dipelajari di mapel IPA kelas 8 semester 1 Bab 1 kurikulum merdeka yaitu berjudul “Pengenalan Sel”. Siswa akan mempelajari seluruh rangkaian materi yang ada di bab 1 dan setelah itu di akhir bab siswa akan di suguhkan soal-soal latihan sebagai review bab untuk mengetahui tingkat penguasaan dan pemahaman materi yang telah di pelajari.

 

Sebagai informasi bahwa materi yang akan di pelajari di mata pelajaran IPA Kelas 8 Bab 1 “Pengenalan Sel” diantranya yaitu sebagai berikut :

 A. Makanan dan Sistem Pencernaan

 B. Sistem Peredaran Darah

 C. Sistem Pernapasan

 D.  Sistem Ekskresi/ Pembuangan

 

Pada buku siswa IPA Kelas 8 kurikulum merdeka khususnya pada Bab 1 maka di akhir materi tepatnya dihalaman 25 – 26 telah disiapkan beberapa soal latihan yang harus di jawab oleh siswa. Untuk memudahkan siswa dalam menemukan jawaban dari soal tersebut, maka disini admin telah menyiapkan kunci jawaban dari setiap soal yang di suguhkan. Adapun kunci jawaban yang telah diberikan disini kiranya bisa menjadi bahan referensi bagi siswa dalam belajar.

 

Berikut ini soal dan jawaban Review Bab 1 “Pengenalan Sel” mata pelajaran IPA Kelas 8 Bab 1 kurikulum merdeka .


SOAL & JAWABAN REVIEW BAB 1 " PENGENALAN SEL"

1. Sebutkan bunyi teori sel!

JAWABAN :

  • Seluruh makhluk hidup tersusun atas sel
  • Sel adalah unit dasar dari struktur dan fungsi makhluk hidup
  • Seluruh sel berasal dari sel sebelumnya.

 

2. Sebutkan fungsi dari bagian -bagian mikroskop di bawah ini!

a. Lensa objektif

b. Penjepit

c. Lensa okuler

d. Lampu

e. Lengan

 

JAWABAN :

a. Lensa objektif: Berfungsi memperbesar objek

b. Penjepit: Berfungsi menjepit preparat

c. Lensa okuler: Berfungsi memperbesar penampakan objek

d. Lampu: Berfungsi sebagai sumber cahaya

e. Lengan adalah bagian yang dipegang untuk memindahkan mikroskop

 

3. Salinlah tabel di bawah ini, dan hitunglah nilai yang hilang!

JAWABAN :


4. Identifikasikanlah bagian-bagian dari mikroskop ini!

JAWABAN :

  1. Lensa okuler
  2. Tabung mikroskop
  3. Pengitar
  4. Lengan
  5. Lensa objek
  6. Tombol pengatur pemusat intensitas cahaya
  7. Makrometer
  8. Meja objek
  9. Lampu
  10. Dasar Mikroskop

 

5. Sebutkan tiga bagian dari sel tumbuhan yang tidak dimiliki oleh sel hewan!

JAWABAN :

3 bagian dari sel tumbuhan yang tidak dimiliki oleh sel hewan, Yaitu :

  1. Dinding sel
  2. Vakuola
  3. Kloroplas


6. Apakah fungsi dari bagian-bagian sel berikut ini?

a. Sel membran

b. Inti Sel

c. Mitokondria

d. Vakuola

JAWABAN :

a. Sel membran: Berfungsi mengontrol keluar masuknya bahan-bahan yang dibutuhkan oleh sel.

b. Inti Sel: Berfungsi mengatur seluruh aktivitas sel.

c. Mitokondria: Berfungsi menghasilkan energi melalui proses respirasi sel

d. Vakuola: Berfungsi menyimpan air, makanan, dan sisa-sisa metabolism

 

7. Indentifikasi bagian dan fungsi dari sel -sel berdasarkan petunjuk berikut ini:

a. berbentuk cair, tempat bagian-bagian sel berada.

b. Bertindak seperti otak manusia.

c. Tempat menyimpan air dan makanan di dalam sel.

JAWABAN :

a. sitoplasma

b. inti sel/nukleus

c. vakuola

 

8. Sebutkan nama ilmiah dari organisme bersel satu!

JAWABAN :

Nama ilmiah organisme bersel satu adalah unisel

 

9. Sebutkan contoh organisme bersel satu!

JAWABAN :

Contoh organisme bersel satu, diantaranya yaitu :

  • Amoeba
  • Euglena
  • Chlamydomonas
  • Paramecium

 

10. Apakah yang dimaksud dengan jaringan?

JAWABAN :

Jaringan merupakan sel-sel yang memiliki karakter bekerja sama satu sama lain.

 

11. Tentukan spesialisasi sel berdasarkan ciri-ciri sebagai berikut

a. Memiliki sel penjaga yang bisa menutup dan membuka, berfungsi untuk mengambil karbon dioksida dan oksigen.

b. Memiliki banyak nukleus dan mitokondria yang menunjang fungsinya untuk bergerak.

c. Tidak memiliki nukleus agar dapat mengikat oksigen lebih banyak

JAWABAN :

a. Stomata

b. Sel otot

c. Sel darah merah

 

12. Bandingkan dengan cara mengurutkan dari yang terbesar sampai dengan yang terkecil: organ, sistem organ, sel, jaringan, organisme.

JAWABAN :

Urutkan dari yang terbesar sampai dengan yang terkecil yaitu sebagai berikut :

Organisme, sistem organ, organ, jaringan, sel.

 

13. Sel terdiri dari organel, begitu juga dengan sistem tubuh manusia yang terdiri dari organ. Bandingkanlah organel yang terdapat di dalam sel dengan organ yang ada dalam tubuh manusia dengan cara membuat daftar persamaan dan perbedaannya

JAWABAN :

Organel: Sitoplasma

Organ pada tubuh manusia: sel darah merah

Persamaan: tempat terjadinya reaksi kimia dalam tubuh

Perbedaan: bertugas mengantarkan oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh.

 

14. Terdapat kelebihan dan kekurangan ketika suatu sel mengalami spesialisasi dalam menjalankan fungsinya.

a. Buatlah daftar kelebihan dan kekurangan ketika suatu sel mengalami spesialisasi

b. Buatlah daftar kelebihan dan kekurangan organisme satu sel yang melakukan seluruh fungsi tubuhnya

c. Evaluasilah, apakah dengan hanya memiliki satu sel lebih baik dibandingan memiliki banyak sel yang terspesialisasi.

JAWABAN :

a. Kelebihan:

  • Lebih efisien penggunaan energi
  • Lebih fokus menjalankan fungsinya
  • Meningkatkan keberagaman makhluk hidup


Kekurangan

  • Sel bergantung dengan lainnya.
  • Membutuhkan banyak nutrisi di setiap selnya.
  • Regenerasi sel terbatas.

 

b. Kelebihan

  • Cepat bereproduksi
  • Tidak membutuhkan banyak nutrisi
  • Tidak membutuhkan banyak energi

 

Kekurangan

  • Umurnya lebih singkat
  • Tidak bisa bertambah besar
  • Menjalankan semua fungsi kehidupan

 

c. Satu sel lebih baik dibandingkan dengan sel banyak yang terspesialisasi. Sebab, reproduksi sel lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak nutrisi dan energi.

 

Demikianlah informasi mengenai soal dan kunci jawaban Review Bab 1 “Pengenalan Sel” mata pelajaran IPA Kelas 8 Bab 1 kurikulum merdeka. Semoga artikel ini bisa menjadi bahan belajar yang menyenangkan bagi siswa dalam mempelajari materi tentang Pengenalan Sel di kelas 8 kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel