Soal & Jawaban Sumatif IPA Kelas 8 Bab 1 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Bab 1 Halaman 25 – 26 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat
berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan ini admin akan
membahas tentang soal latihan yang merupakan Review Bab pada mata pelajaran IPA
Kelas 8 Bab 1 Kurikulum Merdeka.
Seperti diketahui bahwa materi yang akan dipelajari di
mapel IPA kelas 8 semester 1 Bab 1 kurikulum merdeka yaitu berjudul “Pengenalan
Sel”. Siswa akan mempelajari seluruh rangkaian materi yang ada di bab 1 dan
setelah itu di akhir bab siswa akan di suguhkan soal-soal latihan sebagai
review bab untuk mengetahui tingkat penguasaan dan pemahaman materi yang telah
di pelajari.
Sebagai informasi bahwa materi yang akan di pelajari di
mata pelajaran IPA Kelas 8 Bab 1 “Pengenalan Sel” diantranya yaitu sebagai
berikut :
A. Makanan dan
Sistem Pencernaan
B. Sistem
Peredaran Darah
C. Sistem
Pernapasan
D. Sistem Ekskresi/ Pembuangan
Pada buku siswa IPA Kelas 8 kurikulum merdeka khususnya
pada Bab 1 maka di akhir materi tepatnya dihalaman 25 – 26 telah disiapkan
beberapa soal latihan yang harus di jawab oleh siswa. Untuk memudahkan siswa
dalam menemukan jawaban dari soal tersebut, maka disini admin telah menyiapkan
kunci jawaban dari setiap soal yang di suguhkan. Adapun kunci jawaban yang
telah diberikan disini kiranya bisa menjadi bahan referensi bagi siswa dalam
belajar.
Berikut ini soal dan jawaban Review Bab 1 “Pengenalan Sel”
mata pelajaran IPA Kelas 8 Bab 1 kurikulum merdeka .
SOAL & JAWABAN REVIEW BAB 1 " PENGENALAN SEL"
1. Sebutkan bunyi teori sel!
JAWABAN :
- Seluruh makhluk hidup tersusun atas sel
- Sel adalah unit dasar dari struktur dan fungsi makhluk hidup
- Seluruh sel berasal dari sel sebelumnya.
2. Sebutkan fungsi dari bagian -bagian mikroskop di bawah
ini!
a. Lensa objektif
b. Penjepit
c. Lensa okuler
d. Lampu
e. Lengan
JAWABAN :
a. Lensa objektif: Berfungsi memperbesar objek
b. Penjepit: Berfungsi menjepit preparat
c. Lensa okuler: Berfungsi memperbesar penampakan objek
d. Lampu: Berfungsi sebagai sumber cahaya
e. Lengan adalah bagian yang dipegang untuk memindahkan
mikroskop
3. Salinlah tabel di bawah ini, dan hitunglah nilai yang
hilang!
JAWABAN :
4. Identifikasikanlah bagian-bagian dari mikroskop ini!
JAWABAN :
- Lensa okuler
- Tabung mikroskop
- Pengitar
- Lengan
- Lensa objek
- Tombol pengatur pemusat intensitas cahaya
- Makrometer
- Meja objek
- Lampu
- Dasar Mikroskop
5. Sebutkan tiga bagian dari sel tumbuhan yang tidak
dimiliki oleh sel hewan!
JAWABAN :
3 bagian dari sel tumbuhan yang tidak dimiliki oleh sel hewan, Yaitu :
- Dinding sel
- Vakuola
- Kloroplas
6. Apakah fungsi dari bagian-bagian sel berikut ini?
a. Sel membran
b. Inti Sel
c. Mitokondria
d. Vakuola
JAWABAN :
a. Sel membran: Berfungsi mengontrol keluar masuknya
bahan-bahan yang dibutuhkan oleh sel.
b. Inti Sel: Berfungsi mengatur seluruh aktivitas sel.
c. Mitokondria: Berfungsi menghasilkan energi melalui
proses respirasi sel
d. Vakuola: Berfungsi menyimpan air, makanan, dan
sisa-sisa metabolism
7. Indentifikasi bagian dan fungsi dari sel -sel
berdasarkan petunjuk berikut ini:
a. berbentuk cair, tempat bagian-bagian sel berada.
b. Bertindak seperti otak manusia.
c. Tempat menyimpan air dan makanan di dalam sel.
JAWABAN :
a. sitoplasma
b. inti sel/nukleus
c. vakuola
8. Sebutkan nama ilmiah dari organisme bersel satu!
JAWABAN :
Nama ilmiah organisme bersel satu adalah unisel
9. Sebutkan contoh organisme bersel satu!
JAWABAN :
Contoh organisme bersel satu, diantaranya yaitu :
- Amoeba
- Euglena
- Chlamydomonas
- Paramecium
10. Apakah yang dimaksud dengan jaringan?
JAWABAN :
Jaringan merupakan sel-sel yang memiliki karakter bekerja
sama satu sama lain.
11. Tentukan spesialisasi sel berdasarkan ciri-ciri
sebagai berikut
a. Memiliki sel penjaga yang bisa menutup dan membuka,
berfungsi untuk mengambil karbon dioksida dan oksigen.
b. Memiliki banyak nukleus dan mitokondria yang menunjang
fungsinya untuk bergerak.
c. Tidak memiliki nukleus agar dapat mengikat oksigen
lebih banyak
JAWABAN :
a. Stomata
b. Sel otot
c. Sel darah merah
12. Bandingkan dengan cara mengurutkan dari yang terbesar
sampai dengan yang terkecil: organ, sistem organ, sel, jaringan, organisme.
JAWABAN :
Urutkan dari yang terbesar sampai dengan yang terkecil yaitu sebagai berikut :
Organisme, sistem organ, organ, jaringan, sel.
13. Sel terdiri dari organel, begitu juga dengan sistem
tubuh manusia yang terdiri dari organ. Bandingkanlah organel yang terdapat di
dalam sel dengan organ yang ada dalam tubuh manusia dengan cara membuat daftar
persamaan dan perbedaannya
JAWABAN :
Organel: Sitoplasma
Organ pada tubuh manusia: sel darah merah
Persamaan: tempat terjadinya reaksi kimia dalam tubuh
Perbedaan: bertugas mengantarkan oksigen dan sari makanan
ke seluruh tubuh.
14. Terdapat kelebihan dan kekurangan ketika suatu sel
mengalami spesialisasi dalam menjalankan fungsinya.
a. Buatlah daftar kelebihan dan kekurangan ketika suatu
sel mengalami spesialisasi
b. Buatlah daftar kelebihan dan kekurangan organisme satu
sel yang melakukan seluruh fungsi tubuhnya
c. Evaluasilah, apakah dengan hanya memiliki satu sel
lebih baik dibandingan memiliki banyak sel yang terspesialisasi.
JAWABAN :
a. Kelebihan:
- Lebih efisien penggunaan energi
- Lebih fokus menjalankan fungsinya
- Meningkatkan keberagaman makhluk hidup
Kekurangan
- Sel bergantung dengan lainnya.
- Membutuhkan banyak nutrisi di setiap selnya.
- Regenerasi sel terbatas.
b. Kelebihan
- Cepat bereproduksi
- Tidak membutuhkan banyak nutrisi
- Tidak membutuhkan banyak energi
Kekurangan
- Umurnya lebih singkat
- Tidak bisa bertambah besar
- Menjalankan semua fungsi kehidupan
c. Satu sel lebih baik dibandingkan dengan sel banyak
yang terspesialisasi. Sebab, reproduksi sel lebih cepat dan tidak membutuhkan
banyak nutrisi dan energi.
Demikianlah informasi mengenai soal dan kunci jawaban Review
Bab 1 “Pengenalan Sel” mata pelajaran IPA Kelas 8 Bab 1 kurikulum merdeka. Semoga
artikel ini bisa menjadi bahan belajar yang menyenangkan bagi siswa dalam
mempelajari materi tentang Pengenalan Sel di kelas 8 kurikulum merdeka.