Soal & Jawaban PAI Kelas 11 Bab 5 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Bab 5 PAI Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka Halaman 170, 171, 172, 173.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, berjumpa
kembali di website pendidikan ini. Pada artikel kali ini admin akan membahas
tentang soal dan Kunci jawaban pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas
11 SMA Kurikulum Merdeka khususnya soal sumatif pengetahuan yang ada pada Bab 5
“Meneladani Jejak Langkah Ulama Indonesia yang Mendunia”.
Bagi sahabat pendidikan yang saat ini melakukan
pembelajaran pada kurikulum merdeka dan sedang membutuhkan kunci jawaban soal
pengetahuan pada mata pelajaran PAI Kelas 11 Bab 5 “Meneladani Jejak Langkah
Ulama Indonesia yang Mendunia” maka melalui artikel ini admin telah menyiapkan
secara lengkap informasinya.
Sebagai informasi bahwa materi yang ada pada mata
pelajaran PAI Kelas 11 SMA Bab 5 yaitu sebagai berikut :
1. Indonesia
2. Umat Islam
Indonesia
3. Ulama Indonesia
untuk Dunia
Di akhir pembelajaran di mata pelajaran PAI Kelas 11 Bab
5, ada beberapa tes dalam bentuk soal yang harus di jawab oleh para peserta
didik. Soal yang di sajikan dalam bentuk soal pilihan ganda dan juga soal
uraian atau essay. Soal-soal tersebut harus di kerjakan oleh siswa sebagai
bentuk evaluasi atau ulangan sumatif pembelajaran di setiap akhir Bab.
Disini admin telah menyiapkan secara lengkap soal
pengetahuan dan kunci jawabannya yang ada di mata pelajaran PAI Kelas 11 Bab 5.
Adapun kunci jawaban tersebut kiranya bisa menjadi bahan referensi bagi sahabat
pendidikan dalam memahami materi soal yang di sajikan.
Ada 2 jenis soal yang akan di sajikan disini yakni soal
dalam bentuk pilihan ganda dan juga soal essay/uraian. Adapun soal pilihan
ganda berjumlah 10 soal sedangkan soal essay berjumlah 5 soal sehingga total
jumlah soal keseluruhan yaitu 15 soal. Seluruh soal telah dilengkapi dengan
kunci jawaban dan juga dilengkapi dengan pembahasannya khusus untuk soal essay
Baiklah untuk lebih jelasnya, maka dibawah ini disajikan
soal dan Kunci Jawaban Bab 5 mata pelajaran PAI Kelas 11 SMA yang termuat pada
Halaman 170, 171, 172, 173 buku siswa Kelas 11 kurikulum merdeka.
Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atau E pada pernyataan di bawah ini sebagai jawaban yang paling tepat!
1. Saat jayanya kerajaan Islam, peran ulama sangat
menonjol sebagai bagian dari pejabat elite. Adapun perannya yang paling
penting adalah … .
A. duduk menemani
para pemimpin yang membidangi pemerintahan
B. berbeda-beda
peran sesuai wilayah atau daerah yang dikuasai
C. menjadi
penasehat di bidang keagamaan bagi kerajaan
D. mempengaruhi
pemimpin agar menegakkan aturan
E. dikembalikan
aturan bernegara yang menyimpang
JAWABAN : C. menjadi
penasehat di bidang keagamaan bagi kerajaan
2. Syekh Nawawi pernah menjadi imam di Masjidil Haram, mengajar
di Haramain, dan mendapatkan gelar Sayyidul Hijaz. Saat itu, yang termasuk
Hijaz adalah wilayah … .
A. Timur Tengah
seluruhnya
B. Makkah,
Madinah, dan Damaskus
C. Palestina,
Yordania dan Yaman
D. Saudi Arabia,
Irak dan Iran
E. Jazirah Arab,
Makkah, Madinah
JAWABAN : E. Jazirah Arab,
Makkah, Madinah
3. Sampai saat ini, karya-karya beliau masih dipelajari,
dikaji, dan ditelaah di pesantren. Misalnya kitab Sullam al-Munâjah syarah
Safînah alShalâh dan Nashâih al-‘Ibâd syarah al-Manbaĥâtu ‘ala al-Isti’dâd li
yaum al-Mi’âd. Itu adalah karya tulis dari … .
A. Abu Abdul Mu’thi
Nawawi al-Tanari al-Bantani
B. Syaikh Yusuf
Abul Mahasin Tajul Khalwati al-Makasari
C. Abdus Samad bin
Abdullah al-Jawi al-Palimbani
D. Muhammad Sholeh
bin Umar al-Samarani
E. Nuruddin bin
Ali ar-Raniri
JAWABAN : A. Abu Abdul Mu’thi
Nawawi al-Tanari al-Bantani
4. Setiap tanah yang dipijak, selalu melakukan dakwah,
bahkan saat diasingkan, beliau bahkan diberi gelar oleh Nelson Madela (Presiden
Afrika Selatan) sebagai ‘Salah Seorang Putra Afrika Terbaik’. Beliau adalah … .
A. Syaikh Yusuf
Abul Mahasin Tajul Khalwati al-Makasari
B. Abdus Samad bin
Abdullah al-Jawi al-Palimbani
C. Muhammad Sholeh
bin Umar al-Samarani
D. Nuruddin bin
Ali ar-Raniri
E. Hamzah Fansuri
JAWABAN : A. Syaikh Yusuf
Abul Mahasin Tajul Khalwati al-Makasari
5. Syekh Abdus Samad merupakan tokoh kunci pembuka dan
pelopor perkembangan intelektualisme Nusantara Indonesia. Jumlah karyanya + 20 kitab/buku. Namun,
karyanya yang terkenal dan sampai saat ini masih dipergunakan adalah … .
A. Kaifiyāt
al-Dzikir
B. Al-Tafsir
al-Munîr li al-Mu’âlim
C. Al-Tausyîh/Quwt
al-Habîb al-Gharîb
D. Hidayatus
Salikin dan Siyarus Salikin
E. An-Nafhatu As
Sailaniyah.
JAWABAN : D. Hidayatus
Salikin dan Siyarus Salikin
6. Beliau adalah negarawan, ahli fikih, teolog, sufi,
sejarawan dan sastrawan penting dalam sejarah Melayu pada abad ke-17. Perannya
dalam perkembangan Islam di Nusantara tidak dapat diabaikan. Beliau adalah …
A. Abu Abdul
Mu’thi Nawawi al-Tanari al-Bantani
B. Syekh Yusuf
Abul Mahasin Tajul Khalwati al-Makasari
C. Abdus Samad bin
Abdullah al-Jawi al-Palimbani
D. Muhammad Sholeh
bin Umar al-Samarani
E. Syekh Nuruddin
bin Ali ar-Raniri
JAWABAN : E. Syekh Nuruddin
bin Ali ar-Raniri
7. Syekh Abdul Rauf dapat dikatakan sebagai poros
sejumlah ulama Nusantara. Adapun nama muridnya yang paling berjasa, sehingga mampu
mendakwahkan Islam kepada kaum bangsawan Kerajaan Pagaruyung adalah … .
A. Abu Abdul
Mu’thi Nawawi
B. Abul Mahasin
Tajul Khalwati
C. Syekh
Burhanudin Ulakan
D. Sholeh bin
Umar
E. Ali ar-Raniri
JAWABAN : C. Syekh Burhanudin
Ulakan
8. Kiai Sholeh Darat menjadi salah satu pengajar di
Makkah. Muridnya berasal dari seluruh penjuru dunia, termasuk dari Jawa dan
Melayu. Berikut ini, murid dan santrinya yang berhasil di didik, kecuali … .
A. Hadratu Syekh
KH Hasyim Asy’ari
B. KH Ahmad
Dahlan
C. RA. Kartini
D. Iskandar
Zulkarnain
E. KH Amir Idris
JAWABAN : D. Iskandar
Zulkarnain
9. Sepanjang hayatnya, beliau tidak hanya fasih berbahasa
Melayu, tetapi juga Jawa, Siam (Thailand), Hindi, Arab, dan Persia. Namun,
karya tulisnya menggunakan Bahasa Melayu. Beliau adalah … .
A. Mbah Sholeh
Darat
B. Muhammad Arsyad
C. Bukhari
al-Jauhari
D. Syekh Hamzah
Fansuri
E. KH Dahlan
Tremas
JAWABAN
: D. Syekh Hamzah Fansuri
10. Ajaran pokok tarekat Syekh Yusuf berkisar pada usaha
manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Di antara risalah yang
ditulisnya berjudul an-Nafhatu as-Sailaniyah yang pokok isinya tentang … .
A. memohon
(berdoa) itu semestinya hanya kepada Allah Swt
B. petunjuk-petunjuk
bagi orang yang akan mulai memasuki tarekat
C. berdiam diri
tidak bicara, kecuali mengucapkan kalimat dzikir
D. berwudhu
terlebih dahulu, jika ada hadas (besar dan kecil)
E. ada 20 macam
adab berdzikir
JAWABAN : B. petunjuk-petunjuk
bagi orang yang akan mulai memasuki tarekat
Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan benar!
1. Ulama Indonesia ini pernah diundang untuk presentasi
di hadapan para ulama Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, tepatnya tahun 1870 M.
Siapakah Beliau ini?
JAWABAN :
Ulama Indonesia ini pernah diundang untuk presentasi di
hadapan para ulama Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, tepatnya tahun 1870 M
adalah Abu Abdul Mu’thi Nawawi al-Tanari al-Bantani.
2. Syekh Yusuf pada tahun 1644, menunaikan ibadah haji
dan tinggal di Makkah untuk beberapa lama, lalu belajar kepada ulama-ulama
terkemuka di berbagai negara. Sebutkan di negara-negara manakah itu?
JAWABAN :
Syekh Yusuf pada tahun 1644, menunaikan ibadah haji dan
tinggal di Makkah untuk beberapa lama, lalu belajar kepada ulama-ulama
terkemuka di berbagai negara. Negara-negara tersebut adalah Yaman dan Damaskus.
3. Syekh Abdus Samad termasuk pengarang yang produktif.
Sebutkan kedua karyanya yang terkenal dan sampai saat ini masih dipergunakan?
JAWABAN :
Syekh Abdus Samad termasuk pengarang yang produktif.
Kedua karyanya yang terkenal dan sampai saat ini masih dipergunakan adalah
Hidayatus Salikin dan Siyarus Salikin.
4. Syekh Nuruddin awalnya belajar bahasa Melayu di Aceh,
lalu memperdalam ilmu agamanya saat beribadah haji ke Makkah. Sepulang
dari Makkah, didapati bahwa di Aceh, aliran wujudiyah sudah berkembang.
Jelaskan apa itu aliran wujudiyah?
JAWABAN :
Pengertian aliran wujudiyah adalah aliran dalam
tarekat/tasawuf yang menyatakan bersatunya atau menyatunya Khaliq dengan
Makhluk. Aliran ini, menurut mayoritas ulama adalah sesat, karena itu harus
dihindari.
5. Banyak karya-karya Syekh Abdul Rauf Singkil yang
sempat dipublikasikan melalui murid-muridnya, di antaranya Tarjuman al
Mustafīd. Sebutkan isi garis besar dari isi kitab tersebut?
JAWABAN :
Karya Syekh Abdul Rauf Singkil adalah Tarjuman
al-Mustafīd. Berikut ini isi garis besarnya, yaitu: naskah pertama Tafsir Al Q
ur’an yang lengkap berbahasa Melayu.
Demikianlah informasi mengenai sajian soal pengetahuan PAI
Kelas 11 SMA kurikulum merdeka Bab 5 “Meneladani Jejak Langkah Ulama Indonesia
yang Mendunia” yang telah dilengkapi dengan kunci jawabannya. Semoga bisa
menjadi referensi pembelajaran yang bermanfaat bagi para siswa yang belajar
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka.