Soal dan Jawaban PAI Kelas 11 Bab 1 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Bab 1 PAI Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka Halaman 27, 28, 29, 30, 31 pada buku siswa kurikulum merdeka.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, berjumpa
kembali di website pendidikan ini. Pada artikel kali ini admin akan membahas
tentang soal dan Kunci jawaban pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas
11 SMA Kurikulum Merdeka khususnya soal pengetahuan yang ada pada Bab 1 “ Membiasakan
Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai Iptek”.
Bagi sahabat pendidikan yang saat ini melakukan
pembelajaran pada kurikulum merdeka dan sedang membutuhkan kunci jawaban soal
pengetahuan pada mata pelajaran PAI Kelas 11 Bab 1 “ Membiasakan Berpikir
Kritis dan Semangat Mencintai Iptek” maka melalui artikel ini admin telah
menyiapkan secara lengkap informasinya.
Sebagai informasi bahwa materi yang ada pada mata
pelajaran PAI Kelas 11 SMA Bab 1 yaitu sebagai berikut :
1. Telaah Q.S. Ali Imrān/3: 190-191 tentang Berpikir
Kritis
2. Telaah Hadis dan Penjelasan Lain tentang Berpikir
Kritis
3. Telaah Q.S. ar-Rahmān/55: 33 tentang Mencintai Iptek
4. Telaah Hadis dan Penjelasan lain tentang Berpikir
Kritis
Di akhir pembelajaran di mata pelajaran PAI Kelas 11 Bab
1, ada beberapa tes dalam bentuk soal yang harus di jawab oleh para peserta
didik. Soal yang di sajikan dalam bentuk soal pilihan ganda dan juga soal
uraian atau essay. Soal-soal tersebut harus di kerjakan oleh siswa sebagai
bentuk evaluasi atau ulangan sumatif pembelajaran di setiap akhir Bab.
Disini admin telah menyiapkan secara lengkap soal
pengetahuan dan kunci jawabannya yang ada di mata pelajaran PAI Kelas 11 Bab 1.
Adapun kunci jawaban tersebut kiranya bisa menjadi bahan referensi bagi sahabat
pendidikan dalam memahami materi soal yang di sajikan.
Ada 2 jenis soal yang akan di sajikan disini yakni soal
dalam bentuk pilihan ganda dan juga soal essay/uraian. Adapun soal pilihan
ganda berjumlah 10 soal sedangkan soal essay berjumlah 5 soal sehingga total
jumlah soal keseluruhan yaitu 15 soal. Seluruh soal telah dilengkapi dengan
kunci jawaban dan juga dilengkapi dengan pembahasannya khusus untuk soal essay
Baiklah untuk lebih jelasnya, maka dibawah ini disajikan
soal dan Kunci Jawaban Bab 1 mata pelajaran PAI Kelas 11 SMA yang termuat pada
Halaman 27, 28, 29, 30, 31 buku siswa Kelas 11 kurikulum merdeka.
Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atau E pada pernyataan di bawah ini sebagai jawaban yang paling tepat!
1. Saat itu Rasulullah Saw. bersama istrinya, Aisyah Ra.
lalu beliau minta izin untuk beribadah. Lama sekali sampai menjelang subuh,
bahkan menangis tersedu-sedu, karena begitu dalamnya perenungan ayat yang
dibaca. Adapun ayat yang dibaca adalah … .
A. Q.S. al-Baqarah/2: 190-191
B. Q.S. Ali ‘Imrān/3: 190-191
C. Q.S. an-Nisā’/4: 150-151
D. Q.S. al-Maidah/5: 109-110
E. Q.S. al-An’ām/6: 145-146
JAWABAN : B. Q.S. Ali
‘Imrān/3: 190-191
2. Perhatikan Q.S. Ali ‘Imrān/3: 190 ini!
JAWABAN : E
3. Perhatikan potongan Q.S. Ali ‘Imrān/3: 191 berikut
ini!
Berdasarkan potongan ayat tersebut, yang termasuk isi dan
kandungannya adalah … .
A. penciptaan yang beraneka ragam dan berwarna
B. menyelimuti kelompok dari kebimbangan dan keraguan
C. keimanan itu membuahkan ketenangan, serta kebahagiaan
D. berpikir kritis yang menghasilkan kesimpulan tidak ada
yang sia-sia
E. kemerdekaan berpikir kritis, agar menghasilkan wawasan
yang utuh
JAWABAN : D. berpikir kritis yang menghasilkan
kesimpulan tidak ada yang sia-sia
4. Orang-orang yang memiliki akal pikiran yang sehat
serta akal budi yang bersih dikenal dengan istilah ulil albab. Di antara
tanda-tandanya adalah…
A. keterlibatannya dalam berbagai peristiwa
B. peduli aspek pendidikan dalam meningkatkan martabat
C. pemikirannya mendalam tetapi membawa kesimpulan yang
sia-sia
D. semua kondisi yang menimpanya, menghasilkan banyak
sekali manfaat
E. daya kritisnya utuh, sehingga tidak didapati keinginan
yang meresap
JAWABAN : D. semua kondisi yang menimpanya,
menghasilkan banyak sekali manfaat
5. Islam sangat menggalakkan untuk berpikir kritis,
meneliti dan mengkaji segala hal yang terkait dengan makhluk ciptaan Allah
Swt., tetapi dilarang memikirkan tentang ….
A. qadha dan segala takdir-Nya
B. nama-nama-Nya yang indah
C. al-Asmaul Husna yang 99
D. sifat-sifat-Nya yang utuh
E. Dzat-Nya atau Hakikat-Nya
JAWABAN : E. Dzat-Nya atau
Hakikat-Nya
6. Berpikir itu ada batasnya. Jika tidak, banyak
kekacauan yang terjadi, termasuk yang terjadi di seputar kehidupan umat
manusia. Di antara dampak negatifnya adalah … .
A. indahnya dunia yang terus diperbaiki
B. semakin banyak hasil perenungan yang didapatkan
C. kehidupan dunia tetap berjalan sesuai kehendak manusia
D. banyak manusia yang tidak mengakui keberadaan Tuhannya
E. akal pikirannya menjadi tumpul dan minim martabat yang
didapat
JAWABAN : D. banyak manusia
yang tidak mengakui keberadaan Tuhannya
7. Setiap orang harus bercita-cita memiliki ilmu setinggi
langit. Namun harus disadari bahwa Ilmu yang salah, menjadi penyebab kegagalan
dan kehancuran. Sebab itu, ilmu harus dipandu oleh … .
A. landasan yang rinci seluas problema manusia
B. kembali dan menyatunya jati diri bersama pihak lain
C. sistem kepercayaan yang dapat diterima oleh orang
banyak
D. kematangan berpikir dan dalamnya penghayatan yang
dilakukan
E. iman yang kuat dan cara beribadah yang benar
JAWABAN : E. iman yang kuat
dan cara beribadah yang benar
8. Perhatikan potongan Q.S. ar-Rahmān/55: 33 berikut ini!
Berdasarkan potongan ayat tersebut, yang termasuk isi dan
kandungannya adalah … .
A. perintah Allah Swt. kepada jin dan manusia untuk
melintasi penjuru langit
B. kebebasan bagi jin dan manusia untuk kerjasama untuk
hal yang baik
C. tidak semua jin dan manusia mampu mengendalikan
nafsunya
D. kehinaan bagi siapa saja yang menuhankan semesta raya
E. luasnya penjuru langit dan bumi serta di antara
keduanya
JAWABAN : A. perintah Allah
Swt. kepada jin dan manusia untuk melintasi penjuru langit
9. Berdasarkan Hadis Nabi Saw., silih bergantinya tahun
dan bulan, bukan sekedar berubahnya waktu, namun itu cara Allah Swt. mengambil
ilmu Nya dengan cara … .
A. timbul kemalasan di sebagian besar para penuntut iptek
B. jauhnya umat dari para pakar yang membidangi ilmu
tersebut
C. mewafatkan para ulama dengan ilmu yang dimilikinya
D. minimnya kehadiran umat di seputar ulama
E. berkurangnya para tokoh yang menguasai
JAWABAN : C. mewafatkan para
ulama dengan ilmu yang dimilikinya
10. Cinta dan semangat menuntut ilmu, itu menjadi
keharusan. Namun, ada faktor lain yang harus diperhatikan bagi penuntut ilmu.
Hal itu adalah … .
A. melakukan seleksi guru dan ilmu yang ingin dipelajari
B. kapasitas akal yang naik turun sesuai banyak tidaknya
ilmu
C. jumlah dana yang dibutuhkan dengan dana orang tua
D. olah batin yang menurunkan semangat lahir/fisik
E. keamanan dan kesehatan yang melingkupinya
JAWABAN : A. melakukan
seleksi guru dan ilmu yang ingin dipelajari
Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan benar!
1. Sebutkan tingkatan berpikir, sehingga seseorang itu
sudah sampai taraf ’ilm, (dhann/dugaan), dan (syakk/keraguan)?
JAWABAN :
Tingkatan berpikir: Tingkatan ’ilm, jika pengetahuan itu,
didukung bukti-bukti kuat. Tingkatan (dhann/dugaan), jika buktinya belum
meyakinkan, namun kebenarannya lebih dominan, sedangkan Tingkatan (syakk/keraguan),
apabila kemungkinan benar dan salahnya seimbang.
2. Perhatikan potongan Q.S. ar-Rahmān/55: 33 berikut ini!
Terjemahkan potongan ayat tersebut!
JAWABAN :
Terjemah potongan ayat: “Wahai golongan Jin dan Manusia,
jika kalian mampu menembus …” (Q.S. Ar-Rahmān/55: 33).
3. Sebutkan 3 ciri dari ulil albab?
JAWABAN :
Tiga ciri ulil albab: Pertama, memiliki akal pikiran yang
lurus, nurani yang bersih, sehingga menjadi hamba Allah Swt. yang terbaik.
Kedua, dalam kondisi apapun, tidak menghalangi untuk mengambil maslahat dari
segala ciptaan Allah Swt., dan Ketiga, melakukan pemikiran kritis, utuh,
obyektif, dan seimbang terhadap segala problema yang muncul.
4. Amati dengan cermat Hadis ini!
Berdasarkan Hadis tersebut, jelaskan 3 (tiga) kandungan
isinya!
JAWABAN :
Tiga kandungan isi dari Hadis: Pertama, manusia dipersilakan
berpikir tentang sesuatu secara mendalam, optimal atau maksimal. Kedua, obyek
yang menjadi focus kajiannya adalah segala ciptaan Allah Swt. Ketiga, tidak
diperkenankan berpikir tentang Dzat Allah Swt.
5. Tulis kembali Q.S. Ali Imran/3: 191 dengan benar!
JAWABAN :
Tulisan yang benar dari Q.S. Ali ‘Imrān/3: 191 adalah:
Demikianlah informasi mengenai sajian soal pengetahuan PAI
Kelas 11 SMA kurikulum merdeka Bab 1 “ Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat
Mencintai Iptek” yang telah dilengkapi dengan kunci jawabannya. Semoga bisa
menjadi referensi pembelajaran yang bermanfaat bagi para siswa yang belajar
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka.