Soal dan Jawaban PAI Kelas 11 Bab 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Bab 1 PAI Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka Halaman 27, 28, 29, 30, 31 pada buku siswa kurikulum merdeka.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada artikel kali ini admin akan membahas tentang soal dan Kunci jawaban pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka khususnya soal pengetahuan yang ada pada Bab 1 “ Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai Iptek”.

 


Bagi sahabat pendidikan yang saat ini melakukan pembelajaran pada kurikulum merdeka dan sedang membutuhkan kunci jawaban soal pengetahuan pada mata pelajaran PAI Kelas 11 Bab 1 “ Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai Iptek” maka melalui artikel ini admin telah menyiapkan secara lengkap informasinya.

 

Sebagai informasi bahwa materi yang ada pada mata pelajaran PAI Kelas 11 SMA Bab 1 yaitu sebagai berikut :

1. Telaah Q.S. Ali Imrān/3: 190-191 tentang Berpikir Kritis

2. Telaah Hadis dan Penjelasan Lain tentang Berpikir Kritis

3. Telaah Q.S. ar-Rahmān/55: 33 tentang Mencintai Iptek

4. Telaah Hadis dan Penjelasan lain tentang Berpikir Kritis

 

Di akhir pembelajaran di mata pelajaran PAI Kelas 11 Bab 1, ada beberapa tes dalam bentuk soal yang harus di jawab oleh para peserta didik. Soal yang di sajikan dalam bentuk soal pilihan ganda dan juga soal uraian atau essay. Soal-soal tersebut harus di kerjakan oleh siswa sebagai bentuk evaluasi atau ulangan sumatif pembelajaran di setiap akhir Bab.

 

Disini admin telah menyiapkan secara lengkap soal pengetahuan dan kunci jawabannya yang ada di mata pelajaran PAI Kelas 11 Bab 1. Adapun kunci jawaban tersebut kiranya bisa menjadi bahan referensi bagi sahabat pendidikan dalam memahami materi soal yang di sajikan.

 

Ada 2 jenis soal yang akan di sajikan disini yakni soal dalam bentuk pilihan ganda dan juga soal essay/uraian. Adapun soal pilihan ganda berjumlah 10 soal sedangkan soal essay berjumlah 5 soal sehingga total jumlah soal keseluruhan yaitu 15 soal. Seluruh soal telah dilengkapi dengan kunci jawaban dan juga dilengkapi dengan pembahasannya khusus untuk soal essay

 

Baiklah untuk lebih jelasnya, maka dibawah ini disajikan soal dan Kunci Jawaban Bab 1 mata pelajaran PAI Kelas 11 SMA yang termuat pada Halaman 27, 28, 29, 30, 31 buku siswa Kelas 11 kurikulum merdeka.

 

Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atau E pada pernyataan di bawah ini sebagai jawaban yang paling tepat!

1. Saat itu Rasulullah Saw. bersama istrinya, Aisyah Ra. lalu beliau minta izin untuk beribadah. Lama sekali sampai menjelang subuh, bahkan menangis tersedu-sedu, karena begitu dalamnya perenungan ayat yang dibaca. Adapun ayat yang dibaca adalah … .

A. Q.S. al-Baqarah/2: 190-191

B. Q.S. Ali ‘Imrān/3: 190-191

C. Q.S. an-Nisā’/4: 150-151

D. Q.S. al-Maidah/5: 109-110

E. Q.S. al-An’ām/6: 145-146

JAWABAN : B. Q.S. Ali ‘Imrān/3: 190-191


2. Perhatikan Q.S. Ali ‘Imrān/3: 190 ini!

JAWABAN :  E

 

3. Perhatikan potongan Q.S. Ali ‘Imrān/3: 191 berikut ini!

Berdasarkan potongan ayat tersebut, yang termasuk isi dan kandungannya adalah … .

A. penciptaan yang beraneka ragam dan berwarna

B. menyelimuti kelompok dari kebimbangan dan keraguan

C. keimanan itu membuahkan ketenangan, serta kebahagiaan

D. berpikir kritis yang menghasilkan kesimpulan tidak ada yang sia-sia

E. kemerdekaan berpikir kritis, agar menghasilkan wawasan yang utuh

JAWABAN :  D. berpikir kritis yang menghasilkan kesimpulan tidak ada yang sia-sia

 

4. Orang-orang yang memiliki akal pikiran yang sehat serta akal budi yang bersih dikenal dengan istilah ulil albab. Di antara tanda-tandanya adalah…

A. keterlibatannya dalam berbagai peristiwa

B. peduli aspek pendidikan dalam meningkatkan martabat

C. pemikirannya mendalam tetapi membawa kesimpulan yang sia-sia

D. semua kondisi yang menimpanya, menghasilkan banyak sekali manfaat 

E. daya kritisnya utuh, sehingga tidak didapati keinginan yang meresap

JAWABAN :  D. semua kondisi yang menimpanya, menghasilkan banyak sekali manfaat

 

5. Islam sangat menggalakkan untuk berpikir kritis, meneliti dan mengkaji segala hal yang terkait dengan makhluk ciptaan Allah Swt., tetapi dilarang memikirkan tentang ….

A. qadha dan segala takdir-Nya

B. nama-nama-Nya yang indah

C. al-Asmaul Husna yang 99

D. sifat-sifat-Nya yang utuh

E. Dzat-Nya atau Hakikat-Nya

JAWABAN : E. Dzat-Nya atau Hakikat-Nya

 

6. Berpikir itu ada batasnya. Jika tidak, banyak kekacauan yang terjadi, termasuk yang terjadi di seputar kehidupan umat manusia. Di antara dampak negatifnya adalah … .

A. indahnya dunia yang terus diperbaiki

B. semakin banyak hasil perenungan yang didapatkan

C. kehidupan dunia tetap berjalan sesuai kehendak manusia

D. banyak manusia yang tidak mengakui keberadaan Tuhannya

E. akal pikirannya menjadi tumpul dan minim martabat yang didapat

JAWABAN : D. banyak manusia yang tidak mengakui keberadaan Tuhannya

 

7. Setiap orang harus bercita-cita memiliki ilmu setinggi langit. Namun harus disadari bahwa Ilmu yang salah, menjadi penyebab kegagalan dan kehancuran. Sebab itu, ilmu harus dipandu oleh … .

A. landasan yang rinci seluas problema manusia

B. kembali dan menyatunya jati diri bersama pihak lain

C. sistem kepercayaan yang dapat diterima oleh orang banyak

D. kematangan berpikir dan dalamnya penghayatan yang dilakukan

E. iman yang kuat dan cara beribadah yang benar

JAWABAN : E. iman yang kuat dan cara beribadah yang benar

 

8. Perhatikan potongan Q.S. ar-Rahmān/55: 33 berikut ini!

Berdasarkan potongan ayat tersebut, yang termasuk isi dan kandungannya adalah … .

A. perintah Allah Swt. kepada jin dan manusia untuk melintasi penjuru langit

B. kebebasan bagi jin dan manusia untuk kerjasama untuk hal yang baik

C. tidak semua jin dan manusia mampu mengendalikan nafsunya

D. kehinaan bagi siapa saja yang menuhankan semesta raya

E. luasnya penjuru langit dan bumi serta di antara keduanya

JAWABAN : A. perintah Allah Swt. kepada jin dan manusia untuk melintasi penjuru langit

 

9. Berdasarkan Hadis Nabi Saw., silih bergantinya tahun dan bulan, bukan sekedar berubahnya waktu, namun itu cara Allah Swt. mengambil ilmu Nya dengan cara … .

A. timbul kemalasan di sebagian besar para penuntut iptek

B. jauhnya umat dari para pakar yang membidangi ilmu tersebut

C. mewafatkan para ulama dengan ilmu yang dimilikinya

D. minimnya kehadiran umat di seputar ulama

E. berkurangnya para tokoh yang menguasai

JAWABAN : C. mewafatkan para ulama dengan ilmu yang dimilikinya

 

10. Cinta dan semangat menuntut ilmu, itu menjadi keharusan. Namun, ada faktor lain yang harus diperhatikan bagi penuntut ilmu. Hal itu adalah … .

A. melakukan seleksi guru dan ilmu yang ingin dipelajari

B. kapasitas akal yang naik turun sesuai banyak tidaknya ilmu

C. jumlah dana yang dibutuhkan dengan dana orang tua

D. olah batin yang menurunkan semangat lahir/fisik

E. keamanan dan kesehatan yang melingkupinya

JAWABAN : A. melakukan seleksi guru dan ilmu yang ingin dipelajari

 

Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan benar!

1. Sebutkan tingkatan berpikir, sehingga seseorang itu sudah sampai taraf ’ilm, (dhann/dugaan), dan (syakk/keraguan)?

JAWABAN :

Tingkatan berpikir: Tingkatan ’ilm, jika pengetahuan itu, didukung bukti-bukti kuat. Tingkatan (dhann/dugaan), jika buktinya belum meyakinkan, namun kebenarannya lebih dominan, sedangkan Tingkatan (syakk/keraguan), apabila kemungkinan benar dan salahnya seimbang.

 

2. Perhatikan potongan Q.S. ar-Rahmān/55: 33 berikut ini!

Terjemahkan potongan ayat tersebut!

JAWABAN :

Terjemah potongan ayat: “Wahai golongan Jin dan Manusia, jika kalian mampu menembus …” (Q.S. Ar-Rahmān/55: 33).

 

3. Sebutkan 3 ciri dari ulil albab?

JAWABAN :

Tiga ciri ulil albab: Pertama, memiliki akal pikiran yang lurus, nurani yang bersih, sehingga menjadi hamba Allah Swt. yang terbaik. Kedua, dalam kondisi apapun, tidak menghalangi untuk mengambil maslahat dari segala ciptaan Allah Swt., dan Ketiga, melakukan pemikiran kritis, utuh, obyektif, dan seimbang terhadap segala problema yang muncul.

 

4. Amati dengan cermat Hadis ini!

Berdasarkan Hadis tersebut, jelaskan 3 (tiga) kandungan isinya!

JAWABAN :

Tiga kandungan isi dari Hadis: Pertama, manusia dipersilakan berpikir tentang sesuatu secara mendalam, optimal atau maksimal. Kedua, obyek yang menjadi focus kajiannya adalah segala ciptaan Allah Swt. Ketiga, tidak diperkenankan berpikir tentang Dzat Allah Swt.

 

5. Tulis kembali Q.S. Ali Imran/3: 191 dengan benar!

JAWABAN :

Tulisan yang benar dari Q.S. Ali ‘Imrān/3: 191 adalah:


Demikianlah informasi mengenai sajian soal pengetahuan PAI Kelas 11 SMA kurikulum merdeka Bab 1 “ Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai Iptek” yang telah dilengkapi dengan kunci jawabannya. Semoga bisa menjadi referensi pembelajaran yang bermanfaat bagi para siswa yang belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel