Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Bab 5 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Bab 5 PAI Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka Halaman 142, 143, 144, 145, 146.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, berjumpa
kembali di website pendidikan ini. Pada artikel kali ini admin akan membahas
tentang soal dank unci jawaban pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas
10 SMA Kurikulum Merdeka khususnya soal pengetahuan yang ada pada Bab 5 “ Meneladani
Peran Ulama Penyebar Ajaran Islam”.
Bagi sahabat pendidikan yang saat ini melakukan
pembelajaran pada kurikulum merdeka dan sedang membutuhkan kunci jawaban soal
pengetahuan pada mata pelajaran PAI kelas 10 Bab 5 “ Meneladani Peran Ulama Penyebar
Ajaran Islam” maka melalui artikel ini admin telah menyiapkan secara lengkap
informasinya.
Sebagai informasi bahwa materi yang ada pada mata
pelajaran PAI kelas 10 SMA Bab 5 yaitu sebagai berikut :
- Masuknya Agama Islam di Indonesia
- Perkembangan Kesultanan di Indonesia
- Tokoh Penyebar Ajaran Islam di Indonesia
- Keteladanan Para Ulama Penyebar Ajaran Islam di Indonesia
Di akhir pembelajaran di mata pelajaran PAI kelas 10 Bab
5, ada beberapa tes dalam bentuk soal yang harus di jawab oleh para peserta
didik. Soal yang di sajikan dalam bentuk soal pilihan ganda. Soal-soal tersebut
harus di kerjakan oleh siswa sebagai bentuk evaluasi atau ulangan sumatif
pembelajaran di setiap akhir Bab.
Disini admin telah menyiapkan secara lengkap soal
pengetahuan dan kunci jawabannya yang ada di mata pelajaran PAI kelas 10 Bab 5.
Adapun kunci jawaban tersebut kiranya bisa menjadi bahan referensi bagi sahabat
pendidikan dalam memahami materi soal yang di sajikan.
Baiklah untuk lebih jelasnya, maka dibawah ini disajikan
soal dan Kunci Jawaban Bab 5 mata pelajaran PAI Kelas 10 SMA yang termuat pada
Halaman 142, 143, 144, 145, 146 buku siswa kelas 10 kurikulum merdeka.
A. Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atau E pada jawaban yang paling tepat!
1. Kegigihan dan semangat para juru dakwah melalui
berbagai saluran islamisasi di Indonesia berperan penting terhadap keberhasilan
dakwah di Indonesia. Salah satunya adalah saluran kesenian tradisional. Hal ini
dikarenakan … .
A. kesenian
merupakan sarana unjuk kemampuan para da’i
B. masyarakat
Indonesia menyukai kesenian tradisional
C. banyak seniman
yang beragama non-Islam akan tersingkir
D. mengurangi resiko
perbedaan pendapat di antara masyarakat
E. akan
mendapatkan penghargaan dari keluarga kerajaan
Kunci Jawaban : B. masyarakat
Indonesia menyukai kesenian tradisional
2. Teori Persia yang disampaikan oleh Prof. Dr. Husein
Djajadiningrat mengatakan bahwa Islam masuk dari Persia dan bermazhab Syi’ah.
Pendapat ini didasarkan pada sistem mengeja bacaan huruf Al-Qur`an, terutama di
Jawa Barat yang menggunakan ejaan Persia. Namun teori ini memiliki kelemahan,
yaitu … .
A. adanya fakta
bahwa mayoritas muslim Jawa Barat bermazhab Syai’i sekaligus berpaham
Ahlussunnah wal Jama’ah, bukan pengikut
Syi’ah
B. tidak ditemukan
jejak peninggalan ajaran Syiah di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat
C. Mazhab Syai’i
merupakan mazhab mayoritas masyarakat Persia, baik yang merantau ataupun yang
tinggal di sana
D. Paham
Ahlussunnah wal Jama’ah dapat diterima dengan baik oleh penduduk asli Persia
yang mukim di Jawa Barat
E. Tidak ditemukan
adanya pondok pesantren di Jawa Barat yang menganut Syi’ah dan Ahlussunnah wal
Jama’ah
Kunci Jawaban : A. adanya fakta
bahwa mayoritas muslim Jawa Barat bermazhab Syai’i sekaligus berpaham
Ahlussunnah wal Jama’ah, bukan pengikut
Syi’ah
3. Walaupun di Makkah dan Madinah terjadi perang selama kurun
waktu sepuluh tahun antara 1-11 H/622-623 M, namun tidak memutuskan jalur
perdagangan laut yang sudah menjadi tradisi sejak lama, yakni jalur antara
Timur Tengah, India dan Cina. Hubungan perdagangan ini semakin lancar pada masa
Khulafaur Rasyidin. Ini menjadi bukti bahwa … .
A. umat Islam
wajib menjaga keseimbangan antara hidup di dunia dan kehidupan akhirat
B. tidak ada
kesempatan bagi umat lain untuk menguasi jalur laut karena ketangguhan umat
Islam
C. umat Islam
memiliki kemampuan dalam penguasaan datang melalui jalur maritim
D. dunia politik
akan terus berubah terus seiring dengan perkembangan teknologi modern
E. jalur laut
merupakan satu-satunya jalur untuk menyebarkan ajaran Islam ke seluruh dunia
Kunci Jawaban : C. umat Islam
memiliki kemampuan dalam penguasaan datang melalui jalur maritim
4. Perhatikan narasi berikut ini! Nama aslinya adalah
Meurah Silu, Meurah Silu memeluk Islam berkat pertemuannya dengan Syekh Ismail
dari Mekah. Semasa berkuasa menjadi sultan, sempat menerima kunjungan dari
Marco Polo. Berdasarkan narasi tersebut, tokoh tersebut adalah …
A. Sultan Ahmad
B. Sultan Alaudin
Riayat Syah
C. Sultan Alauddin
D. Sultan Malik
al-Shaleh
E. Sultan Zainal
Abdin
Kunci
Jawaban : D. Sultan Malik al-Shaleh
5. Perhatikan narasi berikut ini!
Sultan Alaudin Riayat Syah mendatangkan ulama-ulama dari
Persia dan India untuk mengajarkan agama Islam di Kesultanan Aceh. Setelah
terbentuk kader-kader pendakwah, selanjutnya dikirim ke daerah pedalaman
Sumatera untuk menyampaikan ajaran Islam. Hikmah yang dapat diambil dari narasi
tersebut adalah … .
A. setiap dakwah
Islam memerlukan pengorbanan harta benda yang sangat besar
B. letak geograis
sangat menentukan berhasil dan tidaknya sebuah perjalanan dakwah
C. dukungan dari
masyarakat sangat diperlukan untuk menunjang kesuksesan dakwah
D. tingkat
pendidikan yang rendah akan memudahkan penyebaran Islam ke wilayah tersebut
E. kepedulian
seorang pemimpin terhadap penyebaran ajaran Islam di wilayahnya
Kunci
Jawaban : E. kepedulian seorang pemimpin terhadap penyebaran ajaran
Islam di wilayahnya
6. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) nama aslinya
adalah I Manga’rangi Daeng Manrabbia
2) dinobatkan sebagai raja Gowa pada usia tujuh
tahun
3) merupakan raja pertama kerajaan Kutai
Kartanegara
4) penyebaran
agama Islam mencapai daerah Buton dan Dompu (Sumbawa)
5) Tokoh penyebar
Islam di wilayah Kerajaan Ternate
Manakah yang
terkait dengan Sultan Alauddin ….
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 3, 4
D. 2, 3, 4
E. 3, 4, 5
Kunci Jawaban : C. 1, 3, 4
7. Perhatikan narasi berikut ini! Ulama penyebar Islam di
Indonesia telah menunjukkan sikap bersemangat pantang menyerah, gigih dalam
memperjuangan ajaran Islam. Hambatan
dan tantangan bukan untuk ditakuti, tapi diselesaikan
dengan cara yang
tepat.
Berikut ini cara yang tepat dalam menyelesaikan masalah
adalah ….
A. berkeluh kesah
kepada teman dekat agar mendapatkan solusi
B. meratapi nasib
pada waktu tengah malam
C. mengundang
motivator untuk memberikan dorongan semangat
D. berusaha sekuat
tenaga, berdoa dan bertawakal kepada Allah Swt.
E. menghindari
pertemuan dengan semua orang yang dikenal
Kunci Jawaban : D. berusaha sekuat
tenaga, berdoa dan bertawakal kepada Allah Swt.
8. Perhatikan narasi berikut ini!
Para ulama lebih mengutamakan kelancaran dakwah daripada
kepentingan pribadi dan keluarganya. Kesenangan duniawi diabaikan demi
keberhasilan dakwah. Medan dakwah yang berat tidak menyurutkan tekad perjuangan
dakwah. Mereka optimis mampu melaksanakan tugas dakwah dengan baik.
Hikmah yang dapat diambil dari narasi tersebut adalah … .
A. pengorbanan
seorang pendakwah tak akan mampu mengubah takdir
B. keluarga akan
selalu menghalangi perjuangan dakwah
C. tugas untuk
menyebarkan Islam tidak akan pernah ada akhirnya
D. seorang da’i
perlu mengikuti kata hati agar dakwahnya berhasil
E. setiap da’i
harus selalu optimis dalam melaksanakan dakwah
Kunci Jawaban : E. setiap da’i harus
selalu optimis dalam melaksanakan dakwah
9. Perhatikan Q.S. at-Taubah/9: 122 berikut ini!
1
Ayat tersebut menegaskan bahwa harus ada di antara kaum
muslimin yang menekuni ilmu agama (tafaqquh iddin).
Berikut ini merupakan usaha yang tepat untuk belajar ilmu
agama adalah ….
A. belajar agama
melalui diskusi di media sosial tanpa menanyakan kebenarannya kepada ahlinya
B. membaca
buku-buku agama hasil terjamah kitab kuning dengan tidak berusaha merujuk kitab
asli
C. mengkaji semua
buku agama untuk memenangkan debat dengan sesama muslim yang berlainan mazhab
D. belajar kepada
para ustadz, kyai, atau alim ulama yang sanad ilmunya bersambung sampai kepada
Rasulullah Saw.
E. belajar agama
melalui media internet tanpa berguru kepada siapapun agar cepat memahami Islam
Kunci Jawaban : D. belajar kepada
para ustadz, kyai, atau alim ulama yang sanad ilmunya bersambung sampai kepada
Rasulullah Saw.
10. Ujian dan cobaan yang dialami oleh para ulama
penyebar Islam di Indonesia berhasil dilalui dengan kesabaran. Seorang
pendakwah harus memiliki tingkat kesabaran tinggi karena menghadapi umat yang
memiliki keragaman budaya, etnis, tingkat pendidikan, dan kepribadian.
Salah satu hikmah adanya ujian tersebut adalah sebagai
berikut, kecuali … .
A. dapat
meningkatkan iman kepada Allah Swt.
B. Allah Swt.
menghendaki kebaikan atasnya
C. membuat manusia
berputus asa
D. untuk menguji
siapakah yang terbaik amalnya
E. semakin
bijaksana dalam bertutur kata dan bertindak
Kunci Jawaban : C. membuat manusia
berputus asa
Demikianlah informasi mengenai sajian soal pengetahuan PAI
kelas 10 SMA kurikulum merdeka Bab 5 “ Meneladani Peran Ulama Penyebar Ajaran
Islam” yang telah dilengkapi dengan kunci jawabannya. Semoga bisa menjadi
referensi pembelajaran yang bermanfaat bagi para siswa yang belajar mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka.