Jawaban Tabel 1.4 Bahasa Indonesia Kelas 10 Hal. 13 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Jawaban Tabel 1.4 Tabel perbandingan antara informasi pada LHO dan teks eksplanasi pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 Bab 1 Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada artikel
kali ini admin akan membahas materi yang ada pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
kelas 10 kurikulum merdeka.
Di dalam Bab 1 ada materi yang akan membahas tentang
menggunakan sebuah teks ekplanasi sebagai bahan pembanding informasi pada teks
laporan observasi.
Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan proses
bagaimana dan mengapa suatu fenomena, baik fenomena alam maupun fenomena
sosial, terjadi.
Berbicara mengenai materi tentang penggunaan teks
eksplanasi maka pembahasan kali ini, ada dua teks yang akan kita bandingkan
yang sama-sama membahas tentang kunang-kunang.
Setelah membaca kedua teks, kita diminta untuk mengisi
tabel yang sudah disediakan, yakni Tabel 1.4.
Tabel tersebut ada pada buku Kurikulum Merdeka Bahasa
Indonesia kelas X, kegiatan 2, halaman 13, yakni materi Mengungkap Fakta Alam
Secara Objektif.
Adapun redaksi soal yang harus dikerjakan oleh siswa
yaitu sebagai berikut :
“Bandingkan informasi yang terdapat pada teks laporan
hasil observasi “Kunang-Kunang” dengan informasi pada teks eksplanasi
“Kunang-Kunang yang Perlahan Menghilang”. Gunakanlah pengatur grafis berikut
untuk membandingkan informasi pada kedua teks tersebut. Perhatikan contoh
pengisian yang terdapat pada tabel.”
Berikut ini kunci jawaban dari soal diatas:
1. Informasi pada teks LHO “Kunang-Kunang”
Kunang-kunang hidup di tempat-tempat lembap, seperti
rawa-rawa, hutan bakau, dan daerah yang dipenuhi pepohonan (Paragraf 2)
Informasi pendukung pada teks “Kunang-Kunang
yang Perlahan Menghilang”
... kunang-kunang Malaysia (Pteroptyx tener), yang
terkenal karena panjangnya, harus kehilangan habitatnya untuk berkembang biak
di kawasan bakau ... (Paragraf 2)
2. Informasi pada teks LHO “Kunang-Kunang”
Cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang tidak
berbahaya, malah tidak mengandung ultraviolet dan inframerah. (Paragraf 6)
Informasi pendukung pada teks “Kunang-Kunang
yang Perlahan Menghilang”
Penggunaan cahaya buatan pada malam hari, yang semakin
marak selama seabad terakhir, adalah ancaman paling serius kedua bagi
kunang-kunang. (Paragraf 3)
3. Informasi pada teks LHO “Kunang-Kunang”
Kunang-kunang merupakan penanda kesehatan sebuah
ekosistem (bioindikator) sehingga dapat membantu manusia untuk menilai apakah
sebuah daerah masih bersih dan alami atau sudah tercemar. (Paragraf 7)
Informasi pendukung pada teks “Kunang-Kunang
yang Perlahan Menghilang”
...hilangnya habitat menjadi faktor paling utama yang
mendorong kepunahan kunang-kunang, sedangkan pestisida adalah faktor sekunder
yang tidak bisa dikesampingkan. (Paragraf 5)
4. Informasi pada teks LHO “Kunang-Kunang”
Kunang-kunang juga membantu petani dalam proses
penyerbukan dan sebagai pembasmi hama alami. (Paragraf 7)
Informasi pendukung pada teks “Kunang-Kunang
yang Perlahan Menghilang”
Di Thailand, peneliti juga mengatakan bahwa lalu lintas
perahu motor di sepanjang sungai bakau telah menumbangkan pohon dan mengikis
tepi sungai dan menghancurkan habitat kunang-kunang. (Paragraf 6)
5. Informasi pada teks LHO “Kunang-Kunang”
Kunang-kunang betina sengaja berkelap-kelip untuk
mengundang pejantan. Setelah pejantan mendekat, sang betina memangsanya.
Kunang-kunang jantan lebih sedikit bercahaya dibandingkan dengan kunang-kunang
betina. (Paragraf 6)
Informasi pendukung pada teks “Kunang-Kunang
yang Perlahan Menghilang”
... Avalon Owens,
seorang kandidat PhD dalam biologi di Universitas Tufts, menyampaikan bahwa
polusi cahaya benar-benar mengacaukan ritual kawin kunang-kunang yang berdampak
kepada regenerasi kunang-kunang. (Paragraf 4)
Demikainlah informasi mengenai kunci jawaban soal perbandingan informasi pada LHO dan teks
eksplanasi "Kunang-Kunang" dalam buku Bahasa Indonesia Kelas X
Kurikulum Merdeka Bab 1 materi Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif.
Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi
referensi pembelajaran yang bermanfaat bagi siswa.