Jawaban Tabel 1.4 Bahasa Indonesia Kelas 10 Hal. 13 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Jawaban Tabel 1.4 Tabel perbandingan antara informasi pada LHO dan teks eksplanasi pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 Bab 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada artikel kali ini admin akan membahas materi yang ada pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 kurikulum merdeka.

 

Di dalam Bab 1 ada materi yang akan membahas tentang menggunakan sebuah teks ekplanasi sebagai bahan pembanding informasi pada teks laporan observasi.

Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan proses bagaimana dan mengapa suatu fenomena, baik fenomena alam maupun fenomena sosial, terjadi.

 

Berbicara mengenai materi tentang penggunaan teks eksplanasi maka pembahasan kali ini, ada dua teks yang akan kita bandingkan yang sama-sama membahas tentang kunang-kunang.

Setelah membaca kedua teks, kita diminta untuk mengisi tabel yang sudah disediakan, yakni Tabel 1.4.

Tabel tersebut ada pada buku Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia kelas X, kegiatan 2, halaman 13, yakni materi Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif.

 

Adapun redaksi soal yang harus dikerjakan oleh siswa yaitu sebagai berikut :

“Bandingkan informasi yang terdapat pada teks laporan hasil observasi “Kunang-Kunang” dengan informasi pada teks eksplanasi “Kunang-Kunang yang Perlahan Menghilang”. Gunakanlah pengatur grafis berikut untuk membandingkan informasi pada kedua teks tersebut. Perhatikan contoh pengisian yang terdapat pada tabel.”



Berikut ini kunci jawaban dari soal diatas:

1. Informasi pada teks LHO “Kunang-Kunang”

Kunang-kunang hidup di tempat-tempat lembap, seperti rawa-rawa, hutan bakau, dan daerah yang dipenuhi pepohonan (Paragraf 2)

 

Informasi pendukung pada teks “Kunang-Kunang yang Perlahan Menghilang”

... kunang-kunang Malaysia (Pteroptyx tener), yang terkenal karena panjangnya, harus kehilangan habitatnya untuk berkembang biak di kawasan bakau ... (Paragraf 2)

 

2. Informasi pada teks LHO “Kunang-Kunang”

Cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang tidak berbahaya, malah tidak mengandung ultraviolet dan inframerah. (Paragraf 6)

 

Informasi pendukung pada teks “Kunang-Kunang yang Perlahan Menghilang”

Penggunaan cahaya buatan pada malam hari, yang semakin marak selama seabad terakhir, adalah ancaman paling serius kedua bagi kunang-kunang. (Paragraf 3)

 

3. Informasi pada teks LHO “Kunang-Kunang”

Kunang-kunang merupakan penanda kesehatan sebuah ekosistem (bioindikator) sehingga dapat membantu manusia untuk menilai apakah sebuah daerah masih bersih dan alami atau sudah tercemar. (Paragraf 7)

 

Informasi pendukung pada teks “Kunang-Kunang yang Perlahan Menghilang”

...hilangnya habitat menjadi faktor paling utama yang mendorong kepunahan kunang-kunang, sedangkan pestisida adalah faktor sekunder yang tidak bisa dikesampingkan. (Paragraf 5)

 

4. Informasi pada teks LHO “Kunang-Kunang”

Kunang-kunang juga membantu petani dalam proses penyerbukan dan sebagai pembasmi hama alami. (Paragraf 7)

 

Informasi pendukung pada teks “Kunang-Kunang yang Perlahan Menghilang”

Di Thailand, peneliti juga mengatakan bahwa lalu lintas perahu motor di sepanjang sungai bakau telah menumbangkan pohon dan mengikis tepi sungai dan menghancurkan habitat kunang-kunang. (Paragraf 6)

 

5. Informasi pada teks LHO “Kunang-Kunang”

Kunang-kunang betina sengaja berkelap-kelip untuk mengundang pejantan. Setelah pejantan mendekat, sang betina memangsanya. Kunang-kunang jantan lebih sedikit bercahaya dibandingkan dengan kunang-kunang betina. (Paragraf 6)

 

Informasi pendukung pada teks “Kunang-Kunang yang Perlahan Menghilang”

 ... Avalon Owens, seorang kandidat PhD dalam biologi di Universitas Tufts, menyampaikan bahwa polusi cahaya benar-benar mengacaukan ritual kawin kunang-kunang yang berdampak kepada regenerasi kunang-kunang. (Paragraf 4)

 

Demikainlah informasi mengenai kunci jawaban  soal perbandingan informasi pada LHO dan teks eksplanasi "Kunang-Kunang" dalam buku Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum Merdeka Bab 1 materi Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi pembelajaran yang bermanfaat bagi siswa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel