Jawaban Soal Latihan Kalimat Defenisi dan Deskripsi Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 17 Kurmer

kherysuryawan.id – Jawaban soal Latihan Carilah kalimat definisi dan deskripsi pada teks “Kunang-Kunang” dan “Kunang-kunang yang Perlahan Menghilang”!

halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, kembali lagi admin pada kesempatan ini akan memberikan ulasan jawaban mengenai soal latihan yang ada pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 Bab 1 khususnya materi tentang kalimat defenisi dan kalimat deskripsi.

 


Pada buku kurikulum merdeka Bahasa Indonesia kelas 10 kurikulum merdeka Bab 1, ada soal latihan yang di sajikan mengenai kalimat definisi dan deskripsi pada teks “Kunang-Kunang” dan “Kunang-kunang yang Perlahan Menghilang” di buku siswa halaman 17. Melalui postingan ini admin telah menyiapkan kunci jawaban atas soal latihan tersebut.

 

Kalimat Definisi

Kalimat definisi merupakan kalimat yang memberikan penjelasan umum tentang suatu benda, hal aktivitas, dan lain-lain. Kalimat definisi sering digunakan dalam teks laporan dan merujuk pada sebuah istilah teknis atau ilmiah tertentu. Kalimat definisi ini membantu pembacanya untuk mengetahui atau memahami istilah-istilah yang sering muncul dalam sebuah tulisan. Kalimat definisi biasanya menggunakan kopula, seperti kata adalah, merupakan, dan yaitu.

 

Kalimat Deskripsi

Kalimat deskripsi adalah kalimat yang menggambarkan sifat-sifat atau ciri-ciri khusus suatu benda. Sifat-sifat tersebut merujuk pada hal khusus yang dapat ditangkap oleh pancaindra, misalnya berupa ukuran besar kecil dan tinggi rendah. Warna seperti merah, kuning, dan biru. Rasa seperti manis, pahit, getir, halus, dan kasar. Kalimat deskripsi membantu pembaca membayangkan apa yang sedang dibicarakan seolah-olah seperti melihat, merasakan, atau mengalaminya sendiri.

 

SOAL LATIHAN :

Carilah kalimat definisi dan deskripsi pada teks “Kunang-Kunang” dan “Kunang-kunang yang Perlahan Menghilang”!

 

JAWABAN SOAL LATIHAN :

Kalimat Definisi dan Deskripsi pada Teks “Kunang-Kunang” dan “Kunang-kunang yang Perlahan Menghilang”

 

A. Teks “Kunang-Kunang”

Kalimat Definisi

1. Kunang-kunang merupakan jenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya.

2. Makanan kunang-kunang adalah cairan tumbuhan, siput-siputan kecil, cacing, atau serangga.

 

Kalimat Deskripsi

1. Habitat kunang kunang di tempat tempat lembab, seperti rawa rawa dan daerah yang dipenuhi pepohonan.

2. Panjang badannya sekitar 2cm.

3. Kunang-kunang bertelur pada saat hari gelap, telur-telurnya yang berjumlah antara 100 dan 500 butir diletakkan di tanah, ranting, rumput, di tempat berlumut atau di bawah dedaunan.

4. Bagian tubuh kunang-kunang hampir seluruhnya berwarna gelap dan berwarna titik merah bagian penutup kepala.

5. Cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang tidak berbahaya, malah tidak mengandung ultraviolet dan inframerah.

B. Teks “Kunang Kunang yang Perlahan Menghilang”

Kalimat Definisi

1. Penyebab pertama kepunahan kunang-kunang adalah hilangnya habitat hidup kunang-kunang.

 

Kalimat Deskripsi

1. Misalnya, kunang-kunang Malaysia (Pteroptyx tener), yang terkenal karena panjangnya, harus kehilangan habitatnya untuk berkembang biak di kawasan bakau karena di konversi menjadi perkebunan sawit dan pertanian budidaya.

2. Banyak kunang-kunang mengandalkan bioluminescence, reaksi kimia didalam tubuh mereka yang memungkinkan untuk menyala saat menemukan dan menarik pasangan.

Itulah kalimat deskripsi dan kalimat definisi pada teks “Kunang-Kunang” dan “Kunang-kunang yang Perlahan Menghilang”, Adjarian.

 

Demikianlah informasi seputar jawaban soal latihan tentang kalimat definisi dan deskripsi pada teks “Kunang-Kunang” dan “Kunang-kunang yang Perlahan Menghilang”. Semoga postingan ini bermanfaat bagi siswa dalam belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 10 SMA kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel