Soal & Kunci Jawaban Pre Test Pembatik Level 2 Tahun 2024

Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Prestest Pembatik Level 2 “Implementasi” Tahun 2024.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada postingan kali ini admin akan memberikan informasi seputar kegiatan evaluasi atau prestest pada pelaksanaan pembatik level 2 di tahun 2024 ini. Seperti diketahui bahwa saat ini para peserta pembatik telah memasuki level 2 dan akan mulai melaksanakan pretest.

 


Perlu untuk di ketahui bahwa Melalui aktivitas pembatik di Level 2, peserta PembaTIK 2024 diharapkan mampu menunjukkan bagaimana mengimplementasikan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran, serta melaksanakan praktik baik pemanfaatan Platform Teknologi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.

 

 

Sebagai informasi bahwa Peserta PembaTIK 2024 akan mempelajari 3 modul dalam Level 2, yaitu:

  1. Optimalisasi Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Abad 21.
  2. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sumber Belajar Digital.
  3. Pengelolaan Kelas Terintegrasi TIK dalam Pembelajaran.

 

Berbicara mengenai pembatik level 2 tahun 2024, maka melalui kesempatan ini admin akan membagikan kumpulan soal prestest pembatik level 2 Tahun 2024, yang bisa dijadikan sebagai referensi bagi anda para peserta pembatik yang akan melaksanakan prestest di level 2 ini.

 

Baiklah, Berikut ini Soal dan Kunci Jawaban Pre-Test Pembatik Level 2 Tahun 2024:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam pengelolaan kelas terintegrasi TIK untuk pembelajaran kolaboratif adalah ….

A.    meningkatkan kompetensi profesional penggunaan TIK

B.    mengidentifikasi situasi awal lingkungan belajar

C.    meminta umpan balik siswa

D.    memilih platform pembelajaran yang sesuai

E.    memberikan motivasi dan apresiasi

JAWABAN :  B.    mengidentifikasi situasi awal lingkungan belajar

 

2. Pak Anwar, seorang guru IPS, ingin memperkaya materi pembelajaran tentang sejarah Indonesia. Bagaimana website buku.kemdikbud.go.id  dapat membantunya?

A.    Mencari buku-buku referensi tambahan tentang tokoh-tokoh sejarah Indonesia.

B.    Mengunduh buku teks digital tentang sejarah Indonesia untuk menggantikan buku cetak.

C.    Berdiskusi dengan sejarawan melalui forum diskusi di website tersebut.

D.    Membuat soal ujian online tentang sejarah Indonesia.

E.    Mengikuti webinar tentang metode pengajaran sejarah yang efektif.

JAWABAN :  B.    Mengunduh buku teks digital tentang sejarah Indonesia untuk menggantikan buku cetak

 

3. Contoh penerapan pendekatan TPACK dalam bentuk pengintegrasian TIK dalam strategi pembelajaran adalah ….

A.    memanfaatkan fitur tautan di LMS untuk pengumpulan tugas siswa

B.    mengembangkan media video pembelajaran digital

C.    memanfaatkan fitur di platform Merdeka Mengajar untuk asesmen diagnostik

D.    menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah nilai ujian

E.    menggunakan forum diskusi di kelas digital untuk brainstorming

JAWABAN :  E.    menggunakan forum diskusi di kelas digital untuk brainstorming

 

4. Seorang guru IPA menyelenggarakan pembelajaran dengan memanfaatkan beberapa media berbasis web. Proses pembelajaran dilakukan secara sinkronus di kelas dan asinkronus. Penerapan pendekatan TPACK yang dilakukan guru tersebut sesuai dengan pernyataan berikut ….

A.    pembelajaran inkuiri dan berbasis aneka sumber memanfaatkan teknologi digital

B.    kemampuan teknologi guru tidak diperlukan saat pembelajaran asinkronus

C.    pembelajaran sinkronus dan asinkronus dilakukan karena keterbatasan teknologi

D.    model SOLE menerapkan pendekatan teknologi, keaktifan guru (teacher-centered)

E.    pembelajaran sinkronus melalui kelas digital dilakukan di ruang kelas konvesional

JAWABAN :  A.    pembelajaran inkuiri dan berbasis aneka sumber memanfaatkan teknologi digital

 

5. Salah satu peranan yang dapat dilakukan oleh dinas pendidikan daerah sebagai pemangku kebijakan untuk mendukung implementasi pembelajaran digital adalah ….

A.    memastikan semua sekolah memiliki web sekolah dan pendataan terpusat

B.    mendata semua guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik sebagai penerima bantuan TIK

C.    mendaftarkan semua sekolah di daerahnya menjadi sekolah penggerak

D.    mengganti kurikulum yang berlaku dengan membuat desentralisasi kurikulum digital

E.    memastikan infrastruktur dan perangkat pembelajaran digital merata aksesnya

JAWABAN :  E.    memastikan infrastruktur dan perangkat pembelajaran digital merata aksesnya

 

6. Pembelajaran digital sebagai sebuah sistem memiliki beragam komponen sebagai subsistem penyusun. Komponen pembelajaran digital meliputi unsur fisik dan non fisik. Yang termasuk komponen unsur fisik dalam pembelajaran digital adalah …

A.    infrastruktur dan perangkat TIK

B.    infrastruktur dan metode pembelajaran

C.    regulasi dan kebijakan pendidikan digital

D.    program komputer dan kebijakan

E.    perangkat TIK dan strategi pembelajaran

JAWABAN :  A.    infrastruktur dan perangkat TIK

 

7. Pendekatan Praktik Baik (Best Practice) dalam pembelajaran melibatkan ….

A.    fokus pada hasil akhir

B.    metode pengajaran yang konvensional

C.    penilaian sumatif saja

D.    prosedur yang belum terbukti berhasil

E.    penilaian formatif dan sumatif komprehensif

JAWABAN :  E.    penilaian formatif dan sumatif komprehensif

 

8. Pendekatan TPACK diperlukan guru dalam mengembangkan pembelajaran digital maupun salah satu subsistem di dalamnya. Apabila seorang guru sudah kompeten dalam merancang strategi dan mengelola pembelajaran dan menguasai substansi pelajaran dengan baik, maka unsur TPACK yang harus ditingkatkan guru tersebut adalah ….

A.    innovation knowledge

B.    pedagogical knowledge

C.    technological knowledge

D.    content knowledge

E.    curriculum knowledge

JAWABAN :  C.    technological knowledge

 

9. Mengkombinasikan dengan pembelajaran mandiri peserta didik dapat menentukan kecepatan belajarnya masing-masing. Ini merupakan kunci utama dalam penerapan hybrid learning, yaitu ...

A.    Self paced learning

B.    Live event

C.    Performance Support Materials

D.    Assessment

E.    Collaboration

JAWABAN :  A.    Self paced learning

 

10. Kelemahan lingkungan belajar luring adalah ...

A.    Umpan balik langsung

B.    Kontrol kelas langsung

C.    Terbuka akan praktik langsung

D.    Biaya tinggi untuk fasilitas

E.    Konteks sosial yang kaya

JAWABAN :  D.    Biaya tinggi untuk fasilitas

 

11. Ibu Ani menyediakan stasiun digital pada pembelajarannya yang menggunakan model pembelajaran station learning. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan pada pos tersebut adalah…

A.    Mengikuti kuis interaktif menggunakan perangkat lunak

B.    Membaca buku teks dan menuliskan hal-hal yang belum dipahami

C.    Melakukan eksperimen dengan peralatan laboratorium

D.    Menghafal definisi dari buku catatan

E.    Mendengarkan ceramah guru tanpa interaksi

JAWABAN :  A.    Mengikuti kuis interaktif menggunakan perangkat lunak

 

12. Contoh pelaksanaan evaluasi terhadap sasaran pembelajaran digital pada aspek input adalah ….

A.    evaluasi oleh evaluator eksternal institusi

B.    evaluasi terhadap lulusan dan alumni

C.    evaluasi hasil belajar portofolio peserta didik

D.    evaluasi pemanfaatan bahan belajar dan media

E.    evaluasi kondisi awal dan karakteristik peserta didik

JAWABAN :  D.    evaluasi pemanfaatan bahan belajar dan media

 

13. Faktor yang menjadi pendukung utama dalam pelaksanaan pembelajaran digital adalah…

A.    tumbuhnya motivasi kepala sekolah untuk menjadikan sekolahnya sebagai sekolah penggerak atau sekolah contoh

B.    meningkatnya kemampuan profesional guru setelah mengikuti program pelatihan

C.    kebutuhan peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang kontekstual dan relevan

D.    berkembangnya teknologi terbaru yang masih belum dioptimalkan penggunaannya

E.    berkembangnya kebijakan dinas pendidikan untuk memberikan bantuan TIK di sekolah

JAWABAN :  C.    kebutuhan peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang kontekstual dan relevan

 

14. Keterampilan yang diharapkan dimiliki oleh guru adalah menggunakan teknologi digital sehingga dapat memanfaatkan kelebihan teknologi dalam mengelola pembelajaran dengan lebih efisien. Berikut adalah contoh pemanfaatan teknologi digital oleh guru dalam mengelola pembelajaran, kecuali ….

A.    berkolaborasi dengan pihak sekolah dan dinas membuat e-rapor

B.    mengumpulkan portofolio hasil belajar siswa di LMS

C.    mengikuti program keprofesian berkelanjutan secara daring

D.    melakukan asesmen diagnostik melalui platform Merdeka Mengajar

E.    mengoreksi hasil ujian menggunakan program aplikasi digital

JAWABAN :  A.    berkolaborasi dengan pihak sekolah dan dinas membuat e-rapor

 

15. Dalam merencanakan pembelajarannya, Pak Budi menginginkan peserta didiknya mendapatkan pengalaman belajar yang menantang dan menyenangkan dengan memanfaatkan perangkat TIK. Sehingga Pak Budi mencari sumber belajar digital di beberapa portal pendidikan diantaranya Rumah Belajar dan laman web https://www.abcya.com. Model pembelajaran yang akan diterapkan oleh Pak Budi di kelasnya adalah ….

A.    Problem Based Learning

B.    Station Learning

C.    Game Based Learning

D.    Project Based Learning

E.    Discovery-Inquiry Learning

JAWABAN :  C.    Game Based Learning

 

16. Bu Anita, seorang guru SD, ingin mengajarkan konsep pecahan kepada peserta didiknya. Ia menemukan beberapa konten di Portal Rumah Belajar, seperti video pembelajaran dan permainan interaktif. Bagaimana Bu Anita dapat mengoptimalkan penggunaan konten-konten ini dalam pembelajarannya?

A.    Meminta siswa memilih konten yang mereka sukai dan membiarkan mereka belajar secara mandiri.

B.    Membuat konten sendiri yang lebih relevan dengan kebutuhan siswa dan mengabaikan konten yang ada di Portal Rumah Belajar.

C.    Memilih satu konten yang paling menarik bagi peserta didiknya dan menggunakannya sepanjang pembelajaran.

D.    Menggunakan video sebagai pengantar, permainan untuk memperkuat konsep, dan evaluasi

E.    Menggunakan semua konten secara berurutan, mulai dari video, permainan, lalu latihan soal.

JAWABAN :  D.    Menggunakan video sebagai pengantar, permainan untuk memperkuat konsep, dan evaluasi

 

17. Dampak positif dari penggunaan model pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan belajar daring dalam proses pembelajarannya adalah …

A.    meningkatkan interaksi sosial antara pendidik dan peserta didik

B.    menyebabkan ketergantungan peserta didik pada teknologi

C.    memperluas akses peserta didik terhadap sumber belajar

D.    membatasi kemampuan peserta didik dalam berkolaborasi dan diskusi

E.    mengurangi fleksibilitas dalam penyampaian materi pembelajaran

JAWABAN :  C.    memperluas akses peserta didik terhadap sumber belajar

 

18. Setelah melakukan kegiatan awal pembelajaran, Ibu Indah memberikan contoh kasus/gambar/video tentang permasalahan kehidupan sehari-hari yang beliau dapat dari media sosial untuk memunculkan pertanyaan awal bagi murid. Hal yang dilakukan oleh Ibu Indah tersebut pada model pembelajaran project based learning merupakan tahapan ….

A.    Evaluation the experience

B.    Access the outcome

C.    Start with essential equation

D.    Design project

E.    Monitoring the students and progress of project

JAWABAN :  D.    Design project

 

19. Implementasi pembelajaran digital tidak sekadar menghadirkan penggunaan perangkat teknologi dalam proses belajar tapi perlu metode pembelajaran yang relevan dengan kondisi riil, misalnya dalam bentuk ….

A. memanfaatkan aplikasi rapor hasil belajar digital

B.    menerapkan fitur pengisian daftar hadir pada kelas digital

C.    menerapkan pembelajaran kolaboratif pemecahan masalah

D.    menggunakan aplikasi vicon untuk berdiskusi secara klasikal

E.    mengembangkan beragam media pembelajaran digital

JAWABAN :  C.    menerapkan pembelajaran kolaboratif pemecahan masalah

 

20. Berikut ini merupakan contoh Learning Management System, kecuali…

A.    Schoology

B.    Quizizz

C.    Google Classroom

D.    Microsoft Teams

E.    Canvas

JAWABAN :  B.    Quizizz

 

21. Kesungguhan dalam bertindak dan melaksanakan tugas merupakan salah satu dari komponen utama refleksi yaitu ....

A.    Responsibility

B.    Open mindedness

C.    Problem solving

D.    Consistency

E.    Wholeheartedness

JAWABAN :  E.    Wholeheartedness

 

22. Contoh kegiatan yang sesuai dengan Discovery Inquiry Learning yang memanfaatkan sumber belajar digital adalah ...

A.    Membaca buku teks dan mengerjakan soal

B.    Membentuk kalimat lengkap dengan menggunakan permainan pada Rumah Belajar

C.    Mendengarkan ceramah guru tanpa diskusi

D.    Menggambar poster pada kertas

E.    Menonton video tutorial dan melakukan eksperimen virtual

JAWABAN :  E.    Menonton video tutorial dan melakukan eksperimen virtual

 

23. Menurut Harrington, komponen utama dalam sikap reflektif yang harus dimiliki pendidik meliputi ….

A.    kreativitas, inovasi, dan kolaborasi

B.    keterbukaan, tanggung jawab, dan kesungguhan

C.    pengetahuan, keterampilan, dan sikap

D.    motivasi, apresiasi, dan refleksi

E.    kritikal, kolaboratif, dan inovatif

JAWABAN :  B.    keterbukaan, tanggung jawab, dan kesungguhan

 

24. Seorang guru dapat memanfaatkan PMM sebagai sumber belajar digital yang dapat membantunya dalam mengetahui tingkat pemahaman murid terhadap materi yang akan diajarkan. Fitur PMM apa yang dapat digunakan guru tersebut?

 

A.    Pelatihan Mandiri.

B.    Video Inspirasi.

C.    Ide Praktik.

D.    Perangkat Ajar.

E.    Asesmen Murid.

JAWABAN :  E.    Asesmen Murid

 

25. Pelaksanaan pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka menurut Standar Proses dalam Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 melalui beberapa tahapan, seperti ....

A.    perancangan, praktik baik, dan evaluasi pembelajaran

B.    perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran

C.    penentuan, perlakuan, dan penilaian proses pembelajaran

D.    perencanaan, praktik baik, dan refleksi pembelajaran

E.    pengembangan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran

JAWABAN :  B.    perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran

 

26. Pemanfaatan sumber belajar digital yang tepat pada tahapan model pembelajaran problem based learning adalah …..

A.    Menyajikan bahan tayang berupa video dari media sosial untuk memberikan gambaran nyata permasalahan yang diberikan

B.    Memberikan tautan microsite yang berisi artikel, video, e-book sebagai referensi dalam menyusun perencanaan proyek

C.    Mengakses fitur edugame pada Portal Rumah Belajar untuk memilih jenis permainan yang sesuai topik

D.    Mengumpulkan data secara berkolaborasi dengan memanfaatkan fitur Rumah Belajar atau Video On Demand

E.    Menyediakan pos pembelajaran digital untuk melakukan simulasi melalui fitur Laboratorium Maya di Rumah Belajar

JAWABAN :  B.    Memberikan tautan microsite yang berisi artikel, video, e-book sebagai referensi dalam menyusun perencanaan proyek

 

27. Manakah dari berikut ini yang BUKAN merupakan manfaat dari pemanfaatan sumber belajar digital dalam pembelajaran?

A.    Memungkinkan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik.

B.    Mengurangi ketergantungan pada buku teks cetak.

C.    Meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam belajar.

D.    Menggantikan peran guru dalam proses pembelajaran.

E.    Memperluas akses terhadap materi pembelajaran yang beragam.

JAWABAN :  D.    Menggantikan peran guru dalam proses pembelajaran

 

28. Bu Sofia, seorang guru Bahasa Inggris, menemukan bahwa murid-muridnya kurang termotivasi karena kesulitan memahami materi. Langkah awal yang sebaiknya Bu Yani lakukan dalam memanfaatkan PMM adalah:

A.    Memberikan asesmen awal menggunakan fitur Asesmen Murid untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik.

B.    Merancang pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan hasil Asesmen Murid.

C.    Langsung membuat modul ajar menggunakan fitur Perangkat Ajar.

D.    Mencari inspirasi pembelajaran dari fitur Ide Praktik dan Video Inspirasi.

E.    Menampilkan materi ajar dan video pembelajaran menggunakan fitur Bukti Karya.

JAWABAN :  A.    Memberikan asesmen awal menggunakan fitur Asesmen Murid untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik

 

29. Salah satu aktivitas belajar di kelas digital (LMS) adalah peserta didik mempelajari materi tertentu secara mandiri dan asinkron melalui video pembelajaran yang ditautkan di LMS tersebut. Ranah (domain) TPACK yang dominan pada aktivitas belajar tersebut adalah ….

A.    TCK (technological and content knowledge)

B.    TPK (technological and pedagogical knowledge)

C.    PCK (pedagogical and content knowledge)

D.    PK (pedagogical knowledge)

E.    TK (technological knowledge)

JAWABAN :  C.    PCK (pedagogical and content knowledge)

 

30. Lingkungan belajar mengandung arti …

A.    semua yang ada di sekeliling individu yang menimbulkan komunikasi

B.    lingkungan aman yang berperan dalam proses transfer informasi

C.    hal yang dapat mempengaruhi perubahan sifat peserta didik

D.    segala hal di sekitar peserta didik yang mempengaruhi tingkah laku

E.    lingkungan untuk belajar dalam keluarga, sekolah dan masyarakat

JAWABAN :  D.    segala hal di sekitar peserta didik yang mempengaruhi tingkah laku

 

31. Apa saja dampak positif yang dapat dihasilkan dari penggunaan model pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan belajar daring dalam proses pendidikan? Bagaimana penerapan model ini dapat mempengaruhi efektivitas, fleksibilitas, dan keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mereka?...

A. Menyebabkan ketergantungan peserta didik pada teknologi

B. Meningkatkan interaksi sosial antara pendidik dan peserta didik

C. Mengurangi fleksibilitas dalam penyampaian materi pembelajaran

D. Memperluas akses peserta didik terhadap sumber belajar

E. Membatasi kemampuan peserta didik dalam berkolaborasi dan diskusi

JAWABAN :D. Memperluas akses peserta didik terhadap sumber belajar

 

32. Seorang guru IPA melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai media berbasis web, dengan cara menggabungkan metode pembelajaran sinkronus di kelas dan asinkronus melalui platform daring. Dalam konteks ini, bagaimana penerapan pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) oleh guru tersebut dapat diuraikan dan dinilai? Apakah pendekatan ini sesuai dengan prinsip-prinsip TPACK yang mengintegrasikan pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten secara efektif dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sesuai dengan pernyataan berikut...

A. Pembelajaran inkuiri dan berbasis aneka sumber memanfaatkan teknologi digital

B. Model SOLE menerapkan pendekatan teknologi, keaktifan guru (teacher-centered)

C. Pembelajaran sinkronus melalui kelas digital dilakukan di ruang kelas konvesional

D. Kemampuan teknologi guru tidak diperlukan saat pembelajaran asinkronus

E. pembelajaran sinkronus dan asinkronus dilakukan karena keterbatasan teknologi

JAWABAN :A. Pembelajaran inkuiri dan berbasis aneka sumber memanfaatkan teknologi digital

 

33. Lingkungan belajar merujuk pada keseluruhan konteks dan kondisi di mana proses pembelajaran berlangsung. Ini mencakup berbagai elemen yang mempengaruhi pengalaman belajar siswa, baik secara fisik, sosial, maupun psikologis. Dari pernyataan tersebut, lingkungan belajar mengandung arti...

A. Lingkungan aman yang berperan dalam proses transfer informasi

B. Hal yang dapat mempengaruhi perubahan sifat peserta didik

C. Segala hal di sekitar peserta didik yang mempengaruhi tingkah laku

D. Lingkungan untuk belajar dalam keluarga, sekolah dan masyarakat

E. Semua yang ada di sekeliling individu yang menimbulkan komunikasi

JAWABAN :A. Lingkungan aman yang berperan dalam proses transfer informasi

 

34. Discovery Inquiry Learning adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada eksplorasi aktif dan penemuan pengetahuan oleh siswa melalui proses bertanya, mencari, dan mengeksplorasi informasi. Pendekatan ini sangat berguna untuk mendorong siswa berpikir kritis dan kreatif, serta mengembangkan keterampilan pemecahan masalah mereka. Ketika dikombinasikan dengan sumber belajar digital, pendekatan ini dapat menjadi lebih efektif dan menarik. Contoh kegiatan yang sesuai dengan Discovery Inquiry Learning yang memanfaatkan sumber belajar digital adalah ...

A. Membaca buku teks dan mengerjakan soal

B. Membentuk kalimat lengkap dengan menggunakan permainan pada Rumah Belajar

C. Menonton video tutorial dan melakukan eksperimen virtual

D. Mendengarkan ceramah guru tanpa diskusi

E. Menggambar poster pada kertas

JAWABAN :B. Membentuk kalimat lengkap dengan menggunakan permainan pada Rumah Belajar

 

35. Keterampilan yang diharapkan dari guru mencakup kemampuan untuk menggunakan teknologi digital guna memaksimalkan kelebihan teknologi dalam mengelola proses pembelajaran dengan lebih efisien. Dengan menguasai teknologi digital, guru dapat memanfaatkan berbagai alat dan platform untuk meningkatkan efektivitas dalam perencanaan, penyampaian materi, serta interaksi dengan siswa. Berikut adalah contoh pemanfaatan teknologi digital oleh guru dalam mengelola pembelajaran, kecuali...

A. Berkolaborasi dengan pihak sekolah dan dinas membuat e-rapor

B. Mengumpulkan portofolio hasil belajar siswa di LMS

C. Mengoreksi hasil ujian menggunakan program aplikasi digital

D. Mengikuti program keprofesian berkelanjutan secara daring

E. Melakukan asesmen diagnostik melalui platform Merdeka Mengajar

JAWABAN :A. Berkolaborasi dengan pihak sekolah dan dinas membuat e-rapor

 

36. Model pembelajaran Station Learning adalah metode pengajaran yang melibatkan pembagian kelas menjadi beberapa "stasiun" atau area belajar yang berbeda, di mana setiap stasiun memiliki tugas atau aktivitas pembelajaran yang spesifik. Pendekatan ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pembelajaran aktif, dan memungkinkan variasi dalam cara materi disajikan. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan adalah...

A. Mengikuti kuis interaktif menggunakan perangkat lunak

B. Mendengarkan ceramah guru tanpa interaksi

C. Menghafal definisi dari buku catatan

D. Membaca buku teks dan menuliskan hal-hal yang belum dipahami

E. Melakukan eksperimen dengan peralatan laboratorium

JAWABAN :A. Mengikuti kuis interaktif menggunakan perangkat lunak

 

37. Hybrid Learning adalah pendekatan pendidikan yang menggabungkan elemen pembelajaran tatap muka (face-to-face) dan pembelajaran daring (online) dalam satu model pembelajaran. Tujuan dari hybrid learning adalah untuk memanfaatkan kelebihan masing-masing mode pembelajaran, mengoptimalkan fleksibilitas, dan meningkatkan aksesibilitas bagi siswa. Dari pernyataan tersebut, kunci utama dalam penerapan hybrid learning, yaitu ...

A. Assessment

B. Collaboration

C. Live event

D. Self paced learning

E. Performance Support Materials

JAWABAN :D. Self paced learning

 

38. Pelaksanaan pembelajaran digital melibatkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi untuk menyampaikan, mengelola, dan meningkatkan proses pembelajaran. Ini mencakup penggunaan berbagai alat dan platform digital untuk mengoptimalkan pengalaman belajar siswa serta mendukung pengajaran yang lebih efektif. Dari pernyataan tersebut, faktor yang menjadi pendukung utama dalam pelaksanaan pembelajaran digital adalah...

A. Berkembangnya teknologi terbaru yang masih belum dioptimalkan penggunaannya

B. Kebutuhan peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang kontekstual dan relevan

C. Tumbuhnya motivasi kepala sekolah untuk menjadikan sekolahnya sebagai sekolah penggerak atau sekolah contoh

D. Meningkatnya kemampuan profesional guru setelah mengikuti program pelatihan

E. Berkembangnya kebijakan dinas pendidikan untuk memberikan bantuan TIK di sekolah

JAWABAN :A. Berkembangnya teknologi terbaru yang masih belum dioptimalkan penggunaannya

 

39. Pembelajaran digital, sebagai suatu sistem, terdiri dari berbagai komponen yang berfungsi sebagai subsistem penyusunnya. Komponen-komponen ini mencakup unsur fisik dan non-fisik; unsur fisik meliputi perangkat keras seperti komputer, tablet, dan alat multimedia yang mendukung akses dan penggunaan teknologi, sementara unsur non-fisik mencakup platform digital seperti Learning Management System (LMS), sumber daya digital, serta alat kolaborasi dan komunikasi yang mendukung proses belajar dan mengajar secara online. Keduanya saling terintegrasi untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan dinamis. Dari pernyataan tersebut, yang termasuk komponen unsur fisik dalam pembelajaran digital adalah...

A. regulasi dan kebijakan pendidikan digital

B. infrastruktur dan metode pembelajaran

C. infrastruktur dan perangkat TIK

D. program komputer dan kebijakan

E. perangkat TIK dan strategi pembelajaran

JAWABAN :C. infrastruktur dan perangkat TIK

 

40. Pendekatan Praktik Baik (Best Practice) dalam pembelajaran merujuk pada metode atau strategi yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil dan pengalaman belajar siswa. Praktik baik ini didasarkan pada penelitian, pengalaman, dan evaluasi yang menunjukkan bahwa pendekatan tertentu dapat menghasilkan hasil yang positif dan konsisten. Dari pernyataan tersebut, Pendekatan Praktik Baik dalam pembelajaran melibatkan...

A. Metode pengajaran yang konvensional

B. Penilaian formatif dan sumatif komprehensif

C. Fokus pada hasil akhir

D. Prosedur yang belum terbukti berhasil

E. Penilaian sumatif saja

JAWABAN :B. Penilaian formatif dan sumatif komprehensif

 

41. Dedikasi dan komitmen seseorang untuk melakukan tugas dengan sepenuh hati, memungkinkan evaluasi mendalam terhadap cara dan hasil dari tindakan tersebut. Dengan mengevaluasi kesungguhan ini, individu dapat memahami lebih baik keberhasilan dan tantangan yang dihadapi, serta membuat penyesuaian untuk perbaikan di masa depan. Kesungguhan menjadi dasar penting dalam refleksi karena ia memberikan gambaran tentang seberapa serius seseorang menjalani proses dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi hasil yang dicapai. Dari pernyataan tersebut, kesungguhan dalam bertindak dan melaksanakan tugas merupakan salah satu dari komponen utama refleksi yaitu ....

A. Wholeheartedness

B. Open mindedness

C. Consistency

D. Responsibility

E. Problem solving

JAWABAN :D. Responsibility

 

42. Menurut Harrington (1996), sikap reflektif memiliki tiga komponen utama, yaitu open mindedness atau keterbukaan, sebagai refleksi mengenai apa yang diketahui, responsibility atau tanggung jawab, sebagai sikap moral dan komitmen profesional berkenaan dengan dampak pembelajaran pada pebelajar, pembelajaran, dan orang lain, dan whole heartedness atau kesungguhan dalam bertindak dan melaksanakan tugas. Dari pernyataan tersebut, komponen utama dalam sikap reflektif yang harus dimiliki pendidik meliputi...

A. Kreativitas, inovasi, dan kolaborasi

B. Pengetahuan, keterampilan, dan sikap

C. Motivasi, apresiasi, dan refleksi

D. Keterbukaan, tanggung jawab, dan kesungguhan

E. Kritikal, kolaboratif, dan inovatif

JAWABAN :D. Keterbukaan, tanggung jawab, dan kesungguhan

 

43. Lingkungan belajar luring, atau offline, merujuk pada pengaturan pembelajaran yang dilakukan secara langsung dan tatap muka, tanpa memanfaatkan teknologi digital atau internet. Lingkungan ini adalah metode tradisional dari pendidikan di mana interaksi antara guru dan siswa berlangsung secara fisik dalam ruang kelas atau lokasi lainnya. Dari pernyataan tersebut, kelemahan lingkungan belajar luring adalah ...

A. Konteks sosial yang kaya

B. Umpan balik langsung

C. Terbuka akan praktik langsung

D. Biaya tinggi untuk fasilitas

E. Kontrol kelas langsung

JAWABAN :D. Biaya tinggi untuk fasilitas

 

44. Learning Management System (LMS) adalah platform perangkat lunak yang dirancang untuk mendukung dan mengelola proses pembelajaran dan pendidikan secara online. LMS memungkinkan penyampaian materi pembelajaran, pengelolaan tugas dan ujian, serta interaksi antara pengajar dan siswa melalui lingkungan digital. Dari pernyataan tersebut, yang bukan merupakan contoh Learning Management System adalah...

A. Google Classroom

B. Quizizz

C. Microsoft Teams

D. Schoology

E. Canvas

JAWABAN :E. Canvas

 

45. Dengan memahami dan menerapkan TPACK, guru dapat merancang pengalaman pembelajaran yang lebih baik dan relevan, meningkatkan keterlibatan siswa, dan memanfaatkan teknologi untuk mendukung pencapaian hasil belajar. Integrasi yang sukses dari teknologi, pedagogi, dan konten memerlukan keterampilan, pengetahuan, dan dukungan yang berkelanjutan untuk memastikan bahwa semua elemen bekerja secara harmonis dalam lingkungan pembelajaran. Ranah atau domain TPACK yang paling dominan pada saat peserta didik belajar di kelas digital (LMS) dengan mempelajari materi tertentu secara mandiri dan asinkron melalui video pembelajaran adalah...

A. PCK (pedagogical and content knowledge)

B. TPK (technological and pedagogical knowledge)

C. TCK (technological and content knowledge)

D. PK (pedagogical knowledge)

E. TK (technological knowledge)

JAWABAN :A. PCK (pedagogical and content knowledge)


Demikianlah informasi mengenai kumpulan Soal dan Kunci Jawaban Pretest Pembatik Level 2 Tahun 2024 yang bisa admin kherysuryawan bagikan di kesempatan ini. Semoga informasi ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel