Soal & Jawaban Post Test PSE-2 PPG Daljab 2024
Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 PPG Dalam Jabatan Tahun 2024 “Pembelajaran Sosial Emosional”
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada
postingan kali ini admin akan membahas tentang hal yang berhubungan dengan pelaksanaan
PPG daljab di tahun 2024 ini. Para peserta PPG akan mempelajari beberapa modul
dan juga akan mengerjakan soal post test di setiap modulnya.
Berbicara mengenai soal post test PPG maka kali ini admin
akan memberikan soal yang telah dilengkapi dengan kunci jawaban yakni soal
dan kunci Jawaban Post Test Pembelajaran Sosial Emosional (PSE-2) Modul 2
PPG Dalam Jabatan Tahun 2024. Sebagai informasi bahwa pada modul 2 ini peserta
PPG akan mempelajari pemahaman tentang pentingnya keterampilan sosial emosional
dalam pengembangan diri dan professional dan dalam upaya menguatkan karakter
Profil Pelajar Pancasila melalui proses pembelajaran sosial dan emosional.
Membangun pengetahuan, keterampilan, dan sikap terkait
kompetensi sosial dan emosional berdasarkan kerangka CASEL. Pemahaman tentang
pentingnya terus belajar, dan memberikan keteladanan dalam memperkuat
praktek-praktek pembelajaran sosial emosional.
Cara mengerjakan post test :
- Hasil post test pertama akan dipakai sebagai acuan pemahaman Anda.
- Wajib jawab semua soal.
- Tiap Jawaban punya bobot tersendiri.
- Soal dapat dikerjakan secara acak.
- Setelah selesai, klik kumpulkan.
Baiklah, berikut ini Soal & Kunci Jawaban
Post Test PSE-2 Modul 2 PPG 2024
1. Anda membeli makan siang di kantin, namun melihat
antrean panjan di kasir. Ketika kasir melihat Anda ingin membayar, ia
mempersilahkan Anda untuk langsung ke depan karena Anda seoran guru. Anda sebenarnya
ingin mengantre sebagaimana yang biasanya Anda ajarkan, namun Anda sedang
terburu- buru mempersiapkan materi pelajaran berikutnya. Apa tindakan Anda bila
menghadapi kasus ini?
A. Merasa tidak nyaman ketika harus mendahului antrean
tersebut
B. Mengantre untuk menjadi contoh bagi guru dan peserta
didik
C. Segera membayar dan berterima kasih kepada kasir
karena memberi izin
D. Tetap mengantre sambil meminta untuk mempercepat
pelayanan
E. Tidak akan mendahului antrean bila tidak dalam kondisi
mendesak
Jawaban : B. Mengantre untuk menjadi contoh bagi
guru dan peserta didik
2. Di pertemuan hari ini, Anda ingin peserta didik
memberikan contoh-contoh kongkret dari setiap sila Pancasila. Ketika Anda
mencoba menanyakan satu persatu, ternyata mereka tidak dapat menyebutkan
sila-sila tersebut. Padahal Anda telah menyampaikan materi tentang sila
Pancasila beserta simbolnya masing-masing pada pertemuan sebelumnya. Sebagai
guru PPKN, bagaimana Anda menyikapinya?
A. Mengulangi materi sebelumnya dan meminta peserta didik
memberi jawaban tertulis
B. Memaklumi kesulitan peserta didik dalam mencari contoh
konkret secara individual
C. Meminta peserta didik mendiskusikan kelima contoh sila
di dalam kelompok yang telah ditentukan
D. Berupaya untuk membuat peserta didik melakukan
aktivitas selain menulis dan menghafal
E. Membagi kelas ke dalam lima kelompok (berdasarkan
sila) dan mendiskusikan contoh di tiap kelompoknya.
Jawaban : E. Membagi kelas ke dalam lima
kelompok (berdasarkan sila) dan mendiskusikan contoh di tiap kelompoknya.
3. Sekolah Anda melaksanakan program untuk mengasah
empati peserta didik, dikarenakan tingginya kasus perundungan yang ada di
sekolah. Setelah dilaksanakan rogram selama satu semester, Anda merasa tidak
ada perubahan yang signifikan. Hal yang sama juga dirasakan oleh guru lain. Di
sisi lain, Anda tidak menjadi panitia dari program tersebut. Sebagai salah satu
guru di sekolah itu, apa tindakan yang Anda lakukan?
A. Merasa bukan menjadi tanggung jawab saya
B. Meminta panitia untuk melakukan evaluasi program
C. Memfasilitasi diskusi antara guru yang menjadi panitia
dan nonpanitia
D. Berupaya untuk menggali informasi dari peserta didik
E. Berdiskusi dengan pihak panitia terkait target program
yang diinginkan
Jawaban : C. Memfasilitasi diskusi antara guru
yang menjadi panitia dan nonpanitia
4. Salah seorang peserta didik di kelas Anda sudah
seminggu tidak masuk sekolah dikarenakan sakit. Sebagai guru kelas, Anda
bermaksud mengajak teman-temannya untuk menjenguk. Hampir seluruh peserta didik
dengan antusias merespon ajakan tersebut, namun ada lima orang yang menolak
karena khawatir akan tertular. Tindakan apa yang Anda prioritaskan bila Anda
menghadapi situasi tersebut?
A. Hanya mengajak peserta didik yang mau ikut serta untuk
menjenguk temannya
B. Meminta semua teman untuk menjenguk dengan tetap
menjaga protokol kesehatan
C. Berharap semua teman-teman di kelas mau menjenguk juga
D. Berusaha untuk menanamkan bahwa menjenguk itu sebagai
bentuk empati
E. Mengajak semua teman menjenguk dengan memastikan bahwa
peserta didik itu aman dikunjungi
Jawaban : E. Mengajak semua teman menjenguk
dengan memastikan bahwa peserta didik itu aman dikunjungi
5. Sinta adalah keponakan Anda yang bersekolah di tempat
Anda mengajar. Satu tahun terakhir ia mengalami kesulitan konsentrasi dan
penurunan nilai dikarenakan kondisi orangtuanya yang sering berkonflik di
rumah. Ketika Anda menyampaikan kepada orangtua, mereka meminta Anda untuk
membantu nilai Sinta. Anda ingin menolak permintaan tersebut namun merasa iba
dengan Sinta. Jika Anda menghadapi situasi tersebut, apa yang Anda lakukan?
A. Menyatakan penolakan secara tegas karena hal tersebut
tidak sesuai dengan integritas guru
B. Mencoba menolak dengan penyampaian yang halus dan
sopan
C. Memahami bahwa saya memiliki integritas yang harus
dijaga
D. Melakukan permintaan tersebut namun tidak di semua
mata pelajaran
E. Meminta orangtua untuk bersama-sama membantu tanpa
melakukan pelanggaran etika
Jawaban : E. Meminta orangtua untuk bersama-sama
membantu tanpa melakukan pelanggaran etika
Demikianlah informasi mengenai sajian Soal & Kunci Jawaban Post Test Pembelajaran Sosial Emosional (PSE-2) Modul 2 PPG Dalam Jabatan Tahun 2024 yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini, semoga bermanfaat bagi para guru peserta PPG dalam jabatan Tahun 2024.