Soal & Jawaban Post Test PPG 2024 PPA Umum 2
Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 2 PPG Dalam Jabatan Tahun 2024.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, saat ini telah di laksanakan pendidikan profesi guru untuk jabatan guru tertentu melalui platform merdeka mengajar atau yang biasa disebut PMM.
Dalam melaksanakan pembelajaran di PPG pada laman PMM
nantinya peserta PPG dalam hal ini guru yang mengikuti pendidikan tersebut akan
mempelajari 3 modul sesuai dengan modul yang telah disiapkan. Tujuan
mempelajari materi di dalam modul tersebut ialah agar para peserta paham akan
materi yang di pelajari dan untuk mengasah pemahaman tersebut nantinya guru
akan di suguhkan soal-soal melalui post test yang harus di kerjakan.
Post Test tersebut harus dikerjakan setelah Anda
menuntaskan 3 modul yang tersedia pada fitur Sertifikasi Pendidik.
Cara mengerjakan post test :
- Hasil post test pertama akan dipakai sebagai acuan pemahaman Anda.
- Wajib jawab semua soal.
- Tiap Jawaban punya bobot tersendiri.
- Soal dapat dikerjakan secara acak.
- Setelah selesai, klik kumpulkan.
Pada postingan ini admin akan memberikan soal-soal post
test PPG daljab yang telah di lengkapi dengan kunci jawabannya. Adapun soal dan
jawaban post test PPG ini kiranya bisa menjadi referensi bagi para guru yang
akan mengikuti post test di PMM.
Berikut ini Soal & Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 2
PPG 2024
1. Anda adalah guru Bahasa Inggris di sebuah SD. Minggu
ini Anda berencana untuk mengaitkan antara budaya dengan perkembangan Bahasa
Inggris secara umum. Anda agak kesulitan untuk menentukan budaya mana yang akan
diangkat karena peserta didik di kelas Anda terdiri atas berbagai macam budaya.
Apa yang akan Anda lakukan?
A. Memberikan kasus keberagaman budaya yang mempengaruhi
pembelajaran Bahasa Inggris dan meminta komentar peserta didik
B. Mencari ide tentang cerita-cerita dari berbagai budaya
untuk memahami variasi dalam penggunaan bahasa
C. Memperkenalkan budaya-budaya yang umum di Indonesia
melalui metode ceramah dalam Bahasa Inggris di depan kelas
D. Melibatkan peserta didik dalam proyek kelompok untuk
merancang dan menyajikan materi Bahasa Inggris yang mencerminkan budayanya
E. Mendiskusikan dalam kelas tentang peran budaya dalam
pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bghgsa kedua
Jawab :
D. Melibatkan peserta didik dalam proyek kelompok untuk merancang dan
menyajikan materi Bahasa Inggris yang mencerminkan budayanya
2. Anda merasa bahwa tes tertulis yang digunakan selama
ini belum dapat mengungkapkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Tahun
ini Anda ingin menggunakan strategi asesmen lain yang dapat menilai pemahaman
sekaligus kemampuan mentransfer pengetahuan peserta didik. Sebagai guru mata
pelajaran, apa prioritas tindakan yang Anda lakukan?
A. Membuat kasus untuk didiskusikan dan dipresentasikan
B. Menggunakan metode presentasi secara Individual
C. Melakukan tanya jawab secara lisan untuk mengungkap
kedua unsur penilaian tersebut
D. Memikirkan asesmen lain yang lebih tepat dalam
mengungkap pemahaman sekaligus mentransfer pengetahuan
E. Menambah jumlah dan variasi soal tes tertulis, serta
mengatur ulang waktu
Jawab :
A. Membuat kasus untuk didiskusikan dan dipresentasikan
3. Anda mengampu Bahasa Inggris. Anda menyadari bahwa
kemampuan menulis cenderung kurang diperhatikan dalam mata pelajaran ini, dan
Anda berencana untuk melatihnya. Selama ini sebenarnya Anda sudah berusaha
memberikan tugas-tugas menulis, namun hasil yang ditunjukkan oleh peserta didik
cukup beragam antar kategori tulisan, seperti antara esai, tulisan reportase
kejadian, cerita, dan sebagainya. Apa yang Anda lakukan kemudian pada penugasan
kali ini?
A. Meminta semua peserta didik membuat tulisan dengan
kategori dan tema yang sama
B. Membuat proyek menulis kolaboratif antar peserta didik
yang kemahiran menulisnya beragam
C. Memberi penugasan yang berbeda dalam hal tema, jenis,
dan detil ketentuan tulisan
D. Memahami bahwa dibutuhkan latihan menulis yang berbeda
berdasarkan kemampuan peserta didik
E. Mencoba memberikan panduan atau tugas menuLis dalam
kategori yang bervariasi
Jawab :
B. Membuat proyek menulis kolaboratif antar peserta didik yang kemahiran
menulisnya beragam
4. Selama 5 tahun terakhir Anda adalah guru kelas tinggi,
namun tahun ini Anda diminta untuk mengajar di kelas rendah, yaitu kelas 1.
Ketika Anda harus mengajarkan konsep angka, Anda
mencoba menyampaikannya dengan menuliskan bilangan-bilangan
di papan tulis, namun para peserta didik tampak tidak ada yang memperhatikan
dan bermain sendiri-sendiri. Bagaimana Anda mengatasi kejadian tersebut?
A. Berupaya untuk melakukan aktivitas bermain dan belajar
meski belum begitu paham caranya
B. Mencari ide tentang penyampaian materi matematika
dengan konsep yang lebih menarik
C. Membuat satu set kartu angka dan meminta peserta didik
untuk mengurutkannya
D. Meminta peserta didik untuk memperhatikan angka yang
telah ditulis di papantulis
Jawab :
C. Membuat satu set kartu angka dan meminta peserta didik untuk mengurutkannya
5. Anda adalah guru matematika kelas 1 SD. Selain ingin
mengenalkan bilangan 1 hingga 10, Anda ingin peserta didik juga dapat
menuliskan bilangan-bilangan tersebut. Hanya saja, Anda mengamati bahwa ada di
antara mereka yang belum mahir dalam memegang alat tulis. Bila Anda menghadapi
situasi ini, apa prioritas tindakan yang Anda lakukan?
A. Membedakan target kompetensi dengan mengidentifikasi
kemampuan motorik halus peserta didik
B. Meminta peserta didik menulis bilangan 1 hingga 5
terlebih dahulu
C. Tetap meminta semua peserta didik untuk dapat latihan
menulis bilangan 1 hingga 10
D. Berupaya untuk menurunkan banyaknya bilangan yang
harus ditulis peserta didik
E. Menyadari bahwa tidak semua peserta dia dikelas 1 SD
sudah terampil dalam menulis
Jawab : A. Membedakan target kompetensi dengan
mengidentifikasi kemampuan motorik halus peserta didik
Demikianlah sajian Soal & Kunci Jawaban Post Test PPA
Umum 2 PPG 2024 yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini, semoga
bermanfaat bagi para guru peserta PPG dalam jabatan Tahun 2024.