Soal & Jawaban Post Test PPG 2024 PPA Umum 3

Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 3 PPG Dalam Jabatan Tahun 2024.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, saat ini telah di laksanakan pendidikan profesi guru untuk jabatan guru tertentu melalui platform merdeka mengajar atau yang biasa disebut PMM.

 


Dalam melaksanakan pembelajaran di PPG pada laman PMM nantinya peserta PPG dalam hal ini guru yang mengikuti pendidikan tersebut akan mempelajari 3 modul sesuai dengan modul yang telah disiapkan. Tujuan mempelajari materi di dalam modul tersebut ialah agar para peserta paham akan materi yang di pelajari dan untuk mengasah pemahaman tersebut nantinya guru akan di suguhkan soal-soal melalui post test yang harus di kerjakan.

 

Post Test tersebut harus dikerjakan setelah Anda menuntaskan 3 modul yang tersedia pada fitur Sertifikasi Pendidik.

 

Cara mengerjakan post test :

  • Hasil post test pertama akan dipakai sebagai acuan pemahaman Anda.
  • Wajib jawab semua soal.
  • Tiap Jawaban punya bobot tersendiri.
  • Soal dapat dikerjakan secara acak.
  • Setelah selesai, klik kumpulkan.

 

Pada postingan ini admin akan memberikan soal-soal post test PPG daljab yang telah di lengkapi dengan kunci jawabannya. Adapun soal dan jawaban post test PPG ini kiranya bisa menjadi referensi bagi para guru yang akan mengikuti post test di PMM.

 

Berikut ini Soal & Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 3 PPG 2024

1. Anda mengetahui adanya dua suku asal peserta didik yang sama-sama dominan di kelas Anda. Kedua kelompok ini sering terlibat konflik, baik secara sengaja maupun tidak, sehingga kerap berdampak terhadap proses pembelajaran di kelas. Beberapa kali Anda berusaha untuk memediasi, namun tingginya prasangka yang dimiliki antar kelompok membuat kondisi tidak kunjung membaik. Selaku guru kelas, apa yang akan Anda lakukan jika menemui situasi ini?

A. Membuat kelompok dengan anggota yang membaur antar kedua suku tersebut dan memberikan tugas kolaboratif

B. Meminta peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menyelesaikan kegiatan kasus-kasus yang relevan

C. Berupaya menyelipkan cerita-cerita tentang dampak negatif prasangka di sela-sela penyampaian materi

D. Memikirkan ide tentang aktivitas pembelajaran tertentu yang dapat memediasi dua kelompok tersebut

E. Menyampaikan materi dan mendampingi belajar sebagaimana biasanya tanpa terlalu memikirkan situasi tersebut

Jawab : A. Membuat kelompok dengan anggota yang membaur antar kedua suku tersebut dan memberikan tugas kolaboratif

 

2. Anda adalah guru Bahasa Inggris kelas 12. Ketika mengamati tugas makalah yang dikumpulkan peserta didik di semester lalu, Anda merasa bahwa kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris perlu diasah lebih lanjut. Terlebih kemampuan ini akan dibutuhkan pada jenjang berikutnya. Di sisi lain, Anda belum memiliki asesmen apapun terkait dengan kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris. Apa tindakan yang akan Anda lakukan bila menghadapi situasi ini?

A. Memikirkan strategi asesmen yang paling relevan.

B. Menggunakan asesmen yang selama ini digunakan

C. Mencoba membuat ujian tulis dengan pertanyan singkat

D. Memberikan tugas menulis jurnal mingguan agar progres kemampuan juga lebih terlihat

E. Menugaskan esai panjang saat Sumatif Akhir Semester (SAS).

Jawab : D. Memberikan tugas menulis jurnal mingguan agar progres kemampuan juga lebih terlihat

 

3. Berdasarkan hasil asesmen, Anda mengetahui bahwa sebagian peserta didik di kelas Anda memiliki gaya belajar visual. Sementara itu, sebagian yang lain lebih suka belajar secara auditori. Anda merasa perbedaan gaya belajar ini menjadi sebuah tantangan karena Anda terbiasa mengelola kelas yang lebih homogen. Apa prioritas tindakan yang Anda lakukan bila menghadapi situasi ini?

A. Mengusulkan kepada koordinator kelas untuk lebih homogen dalam membagi kelas untuk mempermudah proses pembelajaran

B. Membagi peserta didik ke dalam kelompok-kelompok kecil berdasarkan gaya belajar mereka

C. Menyediakan sumber belajar yang mencakup berbagai jenis media seperti teks, video, dan presentasi lisan

D. Memikirkan metode pengajaran yang tidak hanya mengandalkan satu jenis media

E. Berupaya merencanakan aktivitas yang memungkinkan tiap peserta didik bekerja secara Individual sesual gaya belajar masing-masing

Jawab : C. Menyediakan sumber belajar yang mencakup berbagai jenis media seperti teks, video, dan presentasi lisan

 

4. Anda adalah guru matematika yang akan mengajarkan materi perkalian bilangan ratusan. Ketika Anda memberikan soal di kelas, hanya sebagian kecil peserta didik yang dapat menyelesaikan soal dengan benar. Setelah dilakukan asesmen lebih lanjut, ternyata ada beberapa peserta didik yang baru dapat melakukan perkalian bilangan puluhan. Bahkan ada pula peserta didik yang belum memiliki hafalan perkalian bilangan satuan. Apa tindakan yang Anda prioritaskan untuk lakukan ketika menemui situasi tersebut?

A. Hanya memberikan soal latihan bilangan ratusan kepada peserta didik yang mampu

B. Tetap mengajarkan perkalian bilangan ratusan namun secara perlahan agar semua peserta didik paham

C. Memaklumi bila soal latihan yang diberikan memang hanya dapat diselesaikan oleh peserta didik yang mampu

D. Memberikan soal-soal latihan yang sesuai  dengan kemampuan matematika setiap

peserta didik

E. Memastikan kemampuan perkalian peserta didik sebelum memberikan soal-soal.

Jawab : D. Memberikan soal-soal latihan yang sesuai  dengan kemampuan matematika setiap

peserta didik

 

5. Anda ditunjuk untuk melatih ekstrakurikuler menari di sekolah. Saat ini Anda sedang mempersiapkan peserta didik untuk tampil di festival budaya kabupaten. Meski demikian, Anda menyadari bahwa peserta didik memiliki latar belakang kemampuan tari yang berbeda-beda, sehingga Anda bingung dalam menentukan aktivitas yang paling sesuai saat latihan. Apa yang Anda lakukan jika berada pada situasi tersebut?

A. Meminta bantuan peserta didik yang lebih mahir untuk turut melatih temannya yang belum mahir dalam melakukan gerakan tertentu

B. Tetap menggunakan rutinitas latihan yang biasa dilakukan dan mengharapkan semua peserta didik dapat mengikutinya tanpa kesulitan

C. Mengelompokkan peserta didik berdasarkan tingkat kemampuannya dan memberikan latihan khusus untuk tiap kelompok

D. Memikirkan variasi aktivitas yang dapat melatih berbagai tingkat kemampuan menari para peserta didik

E. Mengatur urutan dalam melatih gerakan, mulai dari yang rata-rata paling sulit dilakukan sampai yang paling mudah

Jawab : B. Tetap menggunakan rutinitas latihan yang biasa dilakukan dan mengharapkan semua peserta didik dapat mengikutinya tanpa kesulitan

 

Demikianlah sajian Soal & Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 3 PPG 2024 yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini, semoga bermanfaat bagi para guru peserta PPG dalam jabatan Tahun 2024.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel