Soal & Jawaban Post Test PPG 2024 PPA Umum 3
Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 3 PPG Dalam Jabatan Tahun 2024.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, saat ini
telah di laksanakan pendidikan profesi guru untuk jabatan guru tertentu melalui
platform merdeka mengajar atau yang biasa disebut PMM.
Dalam melaksanakan pembelajaran di PPG pada laman PMM
nantinya peserta PPG dalam hal ini guru yang mengikuti pendidikan tersebut akan
mempelajari 3 modul sesuai dengan modul yang telah disiapkan. Tujuan
mempelajari materi di dalam modul tersebut ialah agar para peserta paham akan
materi yang di pelajari dan untuk mengasah pemahaman tersebut nantinya guru
akan di suguhkan soal-soal melalui post test yang harus di kerjakan.
Post Test tersebut harus dikerjakan setelah Anda
menuntaskan 3 modul yang tersedia pada fitur Sertifikasi Pendidik.
Cara mengerjakan post test :
- Hasil post test pertama akan dipakai sebagai acuan pemahaman Anda.
- Wajib jawab semua soal.
- Tiap Jawaban punya bobot tersendiri.
- Soal dapat dikerjakan secara acak.
- Setelah selesai, klik kumpulkan.
Pada postingan ini admin akan memberikan soal-soal post
test PPG daljab yang telah di lengkapi dengan kunci jawabannya. Adapun soal dan
jawaban post test PPG ini kiranya bisa menjadi referensi bagi para guru yang
akan mengikuti post test di PMM.
Berikut ini Soal & Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 3
PPG 2024
1. Anda mengetahui adanya dua suku asal peserta didik
yang sama-sama dominan di kelas Anda. Kedua kelompok ini sering terlibat
konflik, baik secara sengaja maupun tidak, sehingga kerap berdampak terhadap
proses pembelajaran di kelas. Beberapa kali Anda berusaha untuk memediasi,
namun tingginya prasangka yang dimiliki antar kelompok membuat kondisi tidak
kunjung membaik. Selaku guru kelas, apa yang akan Anda lakukan jika menemui
situasi ini?
A. Membuat kelompok dengan anggota yang membaur antar
kedua suku tersebut dan memberikan tugas kolaboratif
B. Meminta peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk
menyelesaikan kegiatan kasus-kasus yang relevan
C. Berupaya menyelipkan cerita-cerita tentang dampak
negatif prasangka di sela-sela penyampaian materi
D. Memikirkan ide tentang aktivitas pembelajaran tertentu
yang dapat memediasi dua kelompok tersebut
E. Menyampaikan materi dan mendampingi belajar
sebagaimana biasanya tanpa terlalu memikirkan situasi tersebut
Jawab : A.
Membuat kelompok dengan anggota yang membaur antar kedua suku tersebut dan memberikan
tugas kolaboratif
2. Anda adalah guru Bahasa Inggris kelas 12. Ketika mengamati
tugas makalah yang dikumpulkan peserta didik di semester lalu, Anda merasa
bahwa kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris perlu diasah lebih lanjut.
Terlebih kemampuan ini akan dibutuhkan pada jenjang berikutnya. Di sisi lain,
Anda belum memiliki asesmen apapun terkait dengan kemampuan menulis dalam
Bahasa Inggris. Apa tindakan yang akan Anda lakukan bila menghadapi situasi
ini?
A. Memikirkan strategi asesmen yang paling relevan.
B. Menggunakan asesmen yang selama ini digunakan
C. Mencoba membuat ujian tulis dengan pertanyan singkat
D. Memberikan tugas menulis jurnal mingguan agar progres
kemampuan juga lebih terlihat
E. Menugaskan esai panjang saat Sumatif Akhir Semester
(SAS).
Jawab :
D. Memberikan tugas menulis jurnal mingguan agar progres kemampuan juga lebih
terlihat
3. Berdasarkan hasil asesmen, Anda mengetahui bahwa
sebagian peserta didik di kelas Anda memiliki gaya belajar visual. Sementara
itu, sebagian yang lain lebih suka belajar secara auditori. Anda merasa
perbedaan gaya belajar ini menjadi sebuah tantangan karena Anda terbiasa
mengelola kelas yang lebih homogen. Apa prioritas tindakan yang Anda lakukan
bila menghadapi situasi ini?
A. Mengusulkan kepada koordinator kelas untuk lebih
homogen dalam membagi kelas untuk mempermudah proses pembelajaran
B. Membagi peserta didik ke dalam kelompok-kelompok kecil
berdasarkan gaya belajar mereka
C. Menyediakan sumber belajar yang mencakup berbagai
jenis media seperti teks, video, dan presentasi lisan
D. Memikirkan metode pengajaran yang tidak hanya
mengandalkan satu jenis media
E. Berupaya merencanakan aktivitas yang memungkinkan tiap
peserta didik bekerja secara Individual sesual gaya belajar masing-masing
Jawab :
C. Menyediakan sumber belajar yang mencakup berbagai jenis media seperti teks,
video, dan presentasi lisan
4. Anda adalah guru matematika yang akan mengajarkan
materi perkalian bilangan ratusan. Ketika Anda memberikan soal di kelas, hanya
sebagian kecil peserta didik yang dapat menyelesaikan soal dengan benar.
Setelah dilakukan asesmen lebih lanjut, ternyata ada beberapa peserta didik
yang baru dapat melakukan perkalian bilangan puluhan. Bahkan ada pula peserta
didik yang belum memiliki hafalan perkalian bilangan satuan. Apa tindakan yang
Anda prioritaskan untuk lakukan ketika menemui situasi tersebut?
A. Hanya memberikan soal latihan bilangan ratusan kepada
peserta didik yang mampu
B. Tetap mengajarkan perkalian bilangan ratusan namun
secara perlahan agar semua peserta didik paham
C. Memaklumi bila soal latihan yang diberikan memang
hanya dapat diselesaikan oleh peserta didik yang mampu
D. Memberikan soal-soal latihan yang sesuai dengan kemampuan matematika setiap
peserta didik
E. Memastikan kemampuan perkalian peserta didik sebelum
memberikan soal-soal.
Jawab :
D. Memberikan soal-soal latihan yang sesuai
dengan kemampuan matematika setiap
peserta didik
5. Anda ditunjuk untuk melatih ekstrakurikuler menari di
sekolah. Saat ini Anda sedang mempersiapkan peserta didik untuk tampil di
festival budaya kabupaten. Meski demikian, Anda menyadari bahwa peserta didik
memiliki latar belakang kemampuan tari yang berbeda-beda, sehingga Anda bingung
dalam menentukan aktivitas yang paling sesuai saat latihan. Apa yang Anda
lakukan jika berada pada situasi tersebut?
A. Meminta bantuan peserta didik yang lebih mahir untuk
turut melatih temannya yang belum mahir dalam melakukan gerakan tertentu
B. Tetap menggunakan rutinitas latihan yang biasa
dilakukan dan mengharapkan semua peserta didik dapat mengikutinya tanpa
kesulitan
C. Mengelompokkan peserta didik berdasarkan tingkat
kemampuannya dan memberikan latihan khusus untuk tiap kelompok
D. Memikirkan variasi aktivitas yang dapat melatih
berbagai tingkat kemampuan menari para peserta didik
E. Mengatur urutan dalam melatih gerakan, mulai dari yang
rata-rata paling sulit dilakukan sampai yang paling mudah
Jawab :
B. Tetap menggunakan rutinitas latihan yang biasa dilakukan dan mengharapkan
semua peserta didik dapat mengikutinya tanpa kesulitan
Demikianlah sajian Soal & Kunci Jawaban Post Test PPA
Umum 3 PPG 2024 yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini, semoga
bermanfaat bagi para guru peserta PPG dalam jabatan Tahun 2024.