Soal & Jawaban Post Test Pembatik Level 2 2024

Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Post Test PembaTIK 2024 Level 2 Tahun 2024.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada postingan kali ini admin akan membahas tentang kumpulan soal-soal dalam rangka persiapan menghadapi post test pembatik level 2 di tahun ini.

 


Seperti kita ketahui bersama bahwa para Peserta PembaTIK tahun 2024 akan mempelajari 3 modul dalam Level 2, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1.     Optimalisasi Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Abad 21.

2.     Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sumber Belajar Digital.

3.     Pengelolaan Kelas Terintegrasi TIK dalam Pembelajaran.

 

Setelah para peserta menyelesaikan semua tahapan pembelajaran di setiap modul yang ada di level 2, maka tahapan yang paling penting yaitu peserta harus mengikuti post test sebagai alat ukur untuk mengetahui tingkat penguasaan dan pemahaman atas materi yang telah di pelajari di level 2.

 

Melalui kesempatan ini admin telah menyiapkan beberapa jenis soal untuk persiapan menghadapi post test pembatik di level 2. Seluruh soal juga telah di lengkapi dengan kunci jawabannya sehingga para peserta yang akan mengikuti post test nantinya dapat menjadikan kumpulan soal ini sebagai referensi dalam mempersiapkan diri menghadapi post test di level 2 pembatiik 2024.

 

Baiklah di bawah ini sajian soal dan kunci jawaban Post Test Pembatik Level 2 2024.

 

1. Pelaksanaan pembelajaran digital melibatkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi untuk menyampaikan, mengelola, dan meningkatkan proses pembelajaran. Ini mencakup penggunaan berbagai alat dan platform digital untuk mengoptimalkan pengalaman belajar siswa serta mendukung pengajaran yang lebih efektif. Dari pernyataan tersebut, faktor yang menjadi pendukung utama dalam pelaksanaan pembelajaran digital adalah...

 

A. Berkembangnya teknologi terbaru yang masih belum dioptimalkan penggunaannya

B. Kebutuhan peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang kontekstual dan relevan

C. Tumbuhnya motivasi kepala sekolah untuk menjadikan sekolahnya sebagai sekolah penggerak atau sekolah contoh

D. Meningkatnya kemampuan profesional guru setelah mengikuti program pelatihan

E. Berkembangnya kebijakan dinas pendidikan untuk memberikan bantuan TIK di sekolah

JAWABAN : A. Berkembangnya teknologi terbaru yang masih belum dioptimalkan penggunaannya

 

2. Pembelajaran digital, sebagai suatu sistem, terdiri dari berbagai komponen yang berfungsi sebagai subsistem penyusunnya. Komponen-komponen ini mencakup unsur fisik dan non-fisik; unsur fisik meliputi perangkat keras seperti komputer, tablet, dan alat multimedia yang mendukung akses dan penggunaan teknologi, sementara unsur non-fisik mencakup platform digital seperti Learning Management System (LMS), sumber daya digital, serta alat kolaborasi dan komunikasi yang mendukung proses belajar dan mengajar secara online. Keduanya saling terintegrasi untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan dinamis. Dari pernyataan tersebut, yang termasuk komponen unsur fisik dalam pembelajaran digital adalah...

A. regulasi dan kebijakan pendidikan digital

B. infrastruktur dan metode pembelajaran

C. infrastruktur dan perangkat TIK

D. program komputer dan kebijakan

E. perangkat TIK dan strategi pembelajaran

JAWABAN : C. infrastruktur dan perangkat TIK

 

3. Pendekatan Praktik Baik (Best Practice) dalam pembelajaran merujuk pada metode atau strategi yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil dan pengalaman belajar siswa. Praktik baik ini didasarkan pada penelitian, pengalaman, dan evaluasi yang menunjukkan bahwa pendekatan tertentu dapat menghasilkan hasil yang positif dan konsisten. Dari pernyataan tersebut, Pendekatan Praktik Baik dalam pembelajaran melibatkan...

A. Metode pengajaran yang konvensional

B. Penilaian formatif dan sumatif komprehensif

C. Fokus pada hasil akhir

D. Prosedur yang belum terbukti berhasil

E. Penilaian sumatif saja

JAWABAN : B. Penilaian formatif dan sumatif komprehensif

 

4. Dedikasi dan komitmen seseorang untuk melakukan tugas dengan sepenuh hati, memungkinkan evaluasi mendalam terhadap cara dan hasil dari tindakan tersebut. Dengan mengevaluasi kesungguhan ini, individu dapat memahami lebih baik keberhasilan dan tantangan yang dihadapi, serta membuat penyesuaian untuk perbaikan di masa depan. Kesungguhan menjadi dasar penting dalam refleksi karena ia memberikan gambaran tentang seberapa serius seseorang menjalani proses dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi hasil yang dicapai. Dari pernyataan tersebut, kesungguhan dalam bertindak dan melaksanakan tugas merupakan salah satu dari komponen utama refleksi yaitu ....

A. Wholeheartedness

B. Open mindedness

C. Consistency

D. Responsibility

E. Problem solving

JAWABAN : D. Responsibility

 

5. Menurut Harrington (1996), sikap reflektif memiliki tiga komponen utama, yaitu open mindedness atau keterbukaan, sebagai refleksi mengenai apa yang diketahui, responsibility atau tanggung jawab, sebagai sikap moral dan komitmen profesional berkenaan dengan dampak pembelajaran pada pebelajar, pembelajaran, dan orang lain, dan whole heartedness atau kesungguhan dalam bertindak dan melaksanakan tugas. Dari pernyataan tersebut, komponen utama dalam sikap reflektif yang harus dimiliki pendidik meliputi...

A. Kreativitas, inovasi, dan kolaborasi

B. Pengetahuan, keterampilan, dan sikap

C. Motivasi, apresiasi, dan refleksi

D. Keterbukaan, tanggung jawab, dan kesungguhan

E. Kritikal, kolaboratif, dan inovatif

JAWABAN : D. Keterbukaan, tanggung jawab, dan kesungguhan

 

6. Lingkungan belajar luring, atau offline, merujuk pada pengaturan pembelajaran yang dilakukan secara langsung dan tatap muka, tanpa memanfaatkan teknologi digital atau internet. Lingkungan ini adalah metode tradisional dari pendidikan di mana interaksi antara guru dan siswa berlangsung secara fisik dalam ruang kelas atau lokasi lainnya. Dari pernyataan tersebut, kelemahan lingkungan belajar luring adalah ...

A. Konteks sosial yang kaya

B. Umpan balik langsung

C. Terbuka akan praktik langsung

D. Biaya tinggi untuk fasilitas

E. Kontrol kelas langsung

JAWABAN : D. Biaya tinggi untuk fasilitas

 

7. Learning Management System (LMS) adalah platform perangkat lunak yang dirancang untuk mendukung dan mengelola proses pembelajaran dan pendidikan secara online. LMS memungkinkan penyampaian materi pembelajaran, pengelolaan tugas dan ujian, serta interaksi antara pengajar dan siswa melalui lingkungan digital. Dari pernyataan tersebut, yang bukan merupakan contoh Learning Management System adalah...

A. Google Classroom

B. Quizizz

C. Microsoft Teams

D. Schoology

E. Canvas

JAWABAN : E. Canvas

 

8. Dengan memahami dan menerapkan TPACK, guru dapat merancang pengalaman pembelajaran yang lebih baik dan relevan, meningkatkan keterlibatan siswa, dan memanfaatkan teknologi untuk mendukung pencapaian hasil belajar. Integrasi yang sukses dari teknologi, pedagogi, dan konten memerlukan keterampilan, pengetahuan, dan dukungan yang berkelanjutan untuk memastikan bahwa semua elemen bekerja secara harmonis dalam lingkungan pembelajaran. Ranah atau domain TPACK yang paling dominan pada saat peserta didik belajar di kelas digital (LMS) dengan mempelajari materi tertentu secara mandiri dan asinkron melalui video pembelajaran adalah...

A. PCK (pedagogical and content knowledge)

B. TPK (technological and pedagogical knowledge)

C. TCK (technological and content knowledge)

D. PK (pedagogical knowledge)

E. TK (technological knowledge)

JAWABAN : A. PCK (pedagogical and content knowledge)

 

9. Apa saja dampak positif yang dapat dihasilkan dari penggunaan model pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan belajar daring dalam proses pendidikan? Bagaimana penerapan model ini dapat mempengaruhi efektivitas, fleksibilitas, dan keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mereka?...

A. Menyebabkan ketergantungan peserta didik pada teknologi

B. Meningkatkan interaksi sosial antara pendidik dan peserta didik

C. Mengurangi fleksibilitas dalam penyampaian materi pembelajaran

D. Memperluas akses peserta didik terhadap sumber belajar

E. Membatasi kemampuan peserta didik dalam berkolaborasi dan diskusi

JAWABAN : D. Memperluas akses peserta didik terhadap sumber belajar

 

10. Seorang guru IPA melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai media berbasis web, dengan cara menggabungkan metode pembelajaran sinkronus di kelas dan asinkronus melalui platform daring. Dalam konteks ini, bagaimana penerapan pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) oleh guru tersebut dapat diuraikan dan dinilai? Apakah pendekatan ini sesuai dengan prinsip-prinsip TPACK yang mengintegrasikan pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten secara efektif dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sesuai dengan pernyataan berikut...

A. Pembelajaran inkuiri dan berbasis aneka sumber memanfaatkan teknologi digital

B. Model SOLE menerapkan pendekatan teknologi, keaktifan guru (teacher-centered)

C. Pembelajaran sinkronus melalui kelas digital dilakukan di ruang kelas konvesional

D. Kemampuan teknologi guru tidak diperlukan saat pembelajaran asinkronus

E. pembelajaran sinkronus dan asinkronus dilakukan karena keterbatasan teknologi

JAWABAN : A. Pembelajaran inkuiri dan berbasis aneka sumber memanfaatkan teknologi digital

 

11. Lingkungan belajar merujuk pada keseluruhan konteks dan kondisi di mana proses pembelajaran berlangsung. Ini mencakup berbagai elemen yang mempengaruhi pengalaman belajar siswa, baik secara fisik, sosial, maupun psikologis. Dari pernyataan tersebut, lingkungan belajar mengandung arti...

A. Lingkungan aman yang berperan dalam proses transfer informasi

B. Hal yang dapat mempengaruhi perubahan sifat peserta didik

C. Segala hal di sekitar peserta didik yang mempengaruhi tingkah laku

D. Lingkungan untuk belajar dalam keluarga, sekolah dan masyarakat

E. Semua yang ada di sekeliling individu yang menimbulkan komunikasi

JAWABAN : A. Lingkungan aman yang berperan dalam proses transfer informasi

 

12. Discovery Inquiry Learning adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada eksplorasi aktif dan penemuan pengetahuan oleh siswa melalui proses bertanya, mencari, dan mengeksplorasi informasi. Pendekatan ini sangat berguna untuk mendorong siswa berpikir kritis dan kreatif, serta mengembangkan keterampilan pemecahan masalah mereka. Ketika dikombinasikan dengan sumber belajar digital, pendekatan ini dapat menjadi lebih efektif dan menarik. Contoh kegiatan yang sesuai dengan Discovery Inquiry Learning yang memanfaatkan sumber belajar digital adalah ...

A. Membaca buku teks dan mengerjakan soal

B. Membentuk kalimat lengkap dengan menggunakan permainan pada Rumah Belajar

C. Menonton video tutorial dan melakukan eksperimen virtual

D. Mendengarkan ceramah guru tanpa diskusi

E. Menggambar poster pada kertas

JAWABAN : B. Membentuk kalimat lengkap dengan menggunakan permainan pada Rumah Belajar

 

13. Keterampilan yang diharapkan dari guru mencakup kemampuan untuk menggunakan teknologi digital guna memaksimalkan kelebihan teknologi dalam mengelola proses pembelajaran dengan lebih efisien. Dengan menguasai teknologi digital, guru dapat memanfaatkan berbagai alat dan platform untuk meningkatkan efektivitas dalam perencanaan, penyampaian materi, serta interaksi dengan siswa. Berikut adalah contoh pemanfaatan teknologi digital oleh guru dalam mengelola pembelajaran, kecuali...

A. Berkolaborasi dengan pihak sekolah dan dinas membuat e-rapor

B. Mengumpulkan portofolio hasil belajar siswa di LMS

C. Mengoreksi hasil ujian menggunakan program aplikasi digital

D. Mengikuti program keprofesian berkelanjutan secara daring

E. Melakukan asesmen diagnostik melalui platform Merdeka Mengajar

JAWABAN : A. Berkolaborasi dengan pihak sekolah dan dinas membuat e-rapor

 

14. Model pembelajaran Station Learning adalah metode pengajaran yang melibatkan pembagian kelas menjadi beberapa "stasiun" atau area belajar yang berbeda, di mana setiap stasiun memiliki tugas atau aktivitas pembelajaran yang spesifik. Pendekatan ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pembelajaran aktif, dan memungkinkan variasi dalam cara materi disajikan. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan adalah...

A. Mengikuti kuis interaktif menggunakan perangkat lunak

B. Mendengarkan ceramah guru tanpa interaksi

C. Menghafal definisi dari buku catatan

D. Membaca buku teks dan menuliskan hal-hal yang belum dipahami

E. Melakukan eksperimen dengan peralatan laboratorium

JAWABAN : A. Mengikuti kuis interaktif menggunakan perangkat lunak

 

15. Hybrid Learning adalah pendekatan pendidikan yang menggabungkan elemen pembelajaran tatap muka (face-to-face) dan pembelajaran daring (online) dalam satu model pembelajaran. Tujuan dari hybrid learning adalah untuk memanfaatkan kelebihan masing-masing mode pembelajaran, mengoptimalkan fleksibilitas, dan meningkatkan aksesibilitas bagi siswa. Dari pernyataan tersebut, kunci utama dalam penerapan hybrid learning, yaitu ...

A. Assessment

B. Collaboration

C. Live event

D. Self paced learning

E. Performance Support Materials

JAWABAN : D. Self paced learning

 

16. Pak Budi merencanakan pembelajaran yang memberikan pengalaman menantang dan menyenangkan bagi peserta didiknya. Ia berusaha memanfaatkan perangkat TIK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, sehingga peserta didik tidak hanya mendapatkan materi yang menarik tetapi juga lebih interaktif dan modern. Untuk mewujudkan rencana tersebut, Pak Budi mencari berbagai sumber belajar digital di portal pendidikan seperti Rumah Belajar dan laman web lainnya. Dengan bahan-bahan digital yang telah dikumpulkan, Pak Budi akan menerapkan model pembelajaran berbasis teknologi di kelasnya, yang diharapkan dapat membuat suasana belajar lebih dinamis dan efektif. Model pembelajaran yang akan diterapkan oleh Pak Budi di kelasnya adalah...

A. Project Based Learning

B. Game Based Learning OK

C. Problem Based Learning

D. Discovery-Inquiry Learning

E. Station Learning

JAWABAN : B. Game Based Learning OK

 

17. Setelah melakukan kegiatan awal pembelajaran, Ibu Indah memberikan contoh kasus, gambar, atau video yang berkaitan dengan permasalahan kehidupan sehari-hari. Sumber-sumber ini diambil dari media sosial dan digunakan untuk memancing rasa ingin tahu siswa, sehingga mereka dapat memunculkan pertanyaan awal terkait topik yang akan dipelajari. Tindakan Ibu Indah tersebut merupakan bagian dari tahapan awal dalam model pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning (PBL). Pada tahap ini, guru berupaya memfasilitasi siswa untuk menggali permasalahan melalui pemicu, seperti kasus atau situasi nyata, dengan tujuan mendorong siswa berpikir kritis dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Hal yang dilakukan oleh Ibu Indah tersebut pada model pembelajaran project based learning merupakan tahapan...

A. Evaluation the experience

B. Start with essential equation

C. Access the outcome

D. Monitoring the students and progress of project

E. Design project

JAWABAN : B. Start with essential equation

 

18. Contoh pelaksanaan evaluasi terhadap sasaran pembelajaran digital pada aspek input meliputi penilaian terhadap ketersediaan perangkat teknologi, seperti komputer atau tablet, serta akses internet yang memadai bagi peserta didik. Selain itu, evaluasi juga mencakup kesiapan dan kompetensi guru dalam menggunakan teknologi digital, termasuk keterampilan mengoperasikan perangkat lunak atau platform pembelajaran. Aspek input ini penting untuk memastikan bahwa infrastruktur dan sumber daya yang dibutuhkan untuk pembelajaran digital telah tersedia dan siap digunakan sebelum proses pembelajaran berlangsung. Dari pernyataan diatas, Contoh pelaksanaan evaluasi terhadap sasaran pembelajaran digital pada aspek input adalah...

A. evaluasi terhadap lulusan dan alumni

B. evaluasi hasil belajar portofolio peserta didik

C. evaluasi pemanfaatan bahan belajar dan media

D. evaluasi kondisi awal dan karakteristik peserta didik

E. evaluasi oleh evaluator eksternal institusi

JAWABAN : D. evaluasi kondisi awal dan karakteristik peserta didik

 

19. Salah satu peranan yang dapat dilakukan oleh dinas pendidikan daerah sebagai pemangku kebijakan untuk mendukung implementasi pembelajaran digital adalah menyediakan infrastruktur teknologi yang memadai, seperti akses internet di sekolah-sekolah dan perangkat pendukung seperti komputer atau tablet. Selain itu, dinas pendidikan dapat menyelenggarakan pelatihan bagi guru-guru agar lebih terampil dalam menggunakan teknologi dan platform pembelajaran digital. Dengan langkah-langkah ini, dinas pendidikan dapat memastikan kesiapan sekolah dan tenaga pendidik untuk mengintegrasikan teknologi digital secara efektif dalam proses pembelajaran. Dari pernyataan diatas, salah satu peranan yang dapat dilakukan oleh dinas pendidikan daerah sebagai pemangku kebijakan untuk mendukung implementasi pembelajaran digital adalah...

A. mengganti kurikulum yang berlaku dengan membuat desentralisasi kurikulum digital

B. memastikan infrastruktur dan perangkat pembelajaran digital merata aksesnya

C. memastikan semua sekolah memiliki web sekolah dan pendataan terpusat

D. mendata semua guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik sebagai penerima bantuan TIK

E. mendaftarkan semua sekolah di daerahnya menjadi sekolah penggerak

JAWABAN : B. memastikan infrastruktur dan perangkat pembelajaran digital merata aksesnya

 

20. Pak Anwar, sebagai guru IPS yang ingin memperkaya materi pembelajaran tentang sejarah Indonesia, dapat memanfaatkan website buku.kemdikbud.go.id untuk mengakses berbagai buku teks resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Situs ini menyediakan sumber-sumber belajar digital yang berkualitas, termasuk buku-buku sejarah Indonesia yang sesuai dengan kurikulum. Dengan menggunakan materi dari website tersebut, Pak Anwar dapat menambahkan referensi yang valid dan relevan untuk mendukung pengajaran di kelasnya, serta memperluas pengetahuan siswa dengan bahan yang dapat diakses secara online dan gratis. Dari pernyataan tersebut, bagaimana website buku.kemdikbud.go.id dapat membantunya?

A. Mengikuti webinar tentang metode pengajaran sejarah yang efektif.

B. Mengunduh buku teks digital tentang sejarah Indonesia untuk menggantikan buku cetak.

C. Mencari buku-buku referensi tambahan tentang tokoh-tokoh sejarah Indonesia.

D. Membuat soal ujian online tentang sejarah Indonesia.

E. Berdiskusi dengan sejarawan melalui forum diskusi di website tersebut.

JAWABAN : C. Mencari buku-buku referensi tambahan tentang tokoh-tokoh sejarah Indonesia

 

21. Bu Sofia, sebagai guru Bahasa Inggris, menyadari bahwa murid-muridnya kurang termotivasi karena kesulitan memahami materi. Langkah awal yang sebaiknya Bu Sofia lakukan dalam memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah mencari sumber daya dan referensi yang relevan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Bu Sofia dapat mengakses berbagai modul pembelajaran, video pembelajaran interaktif, serta metode pengajaran yang kreatif dan efektif melalui PMM. Dengan memanfaatkan fitur-fitur ini, ia dapat menyusun strategi yang lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan belajar siswa, sehingga motivasi dan pemahaman mereka terhadap materi meningkat. Dari pernyataan tersebut, langkah awal yang sebaiknya Bu Yani lakukan dalam memanfaatkan PMM adalah:

A. Langsung membuat modul ajar menggunakan fitur Perangkat Ajar.

B. Menampilkan materi ajar dan video pembelajaran menggunakan fitur Bukti Karya.

C. Mencari inspirasi pembelajaran dari fitur Ide Praktik dan Video Inspirasi.

D. Merancang pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan hasil Asesmen Murid.

E. Memberikan asesmen awal menggunakan fitur Asesmen Murid untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik.

JAWABAN : C. Mencari inspirasi pembelajaran dari fitur Ide Praktik dan Video Inspirasi

 

22. Pendekatan TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) adalah sebuah kerangka yang digunakan dalam dunia pendidikan untuk membantu guru mengintegrasikan teknologi secara efektif dalam proses pembelajaran. Pendekatan TPACK diperlukan guru dalam mengembangkan pembelajaran digital maupun salah satu subsistem di dalamnya. Apabila seorang guru sudah kompeten dalam merancang strategi dan mengelola pembelajaran dan menguasai substansi pelajaran dengan baik, maka unsur TPACK yang harus ditingkatkan guru tersebut adalah...

A. Pedagogical knowledge

B. Content knowledge

C. Innovation knowledge

D. Technological knowledge

E. Curriculum knowledge

JAWABAN : A. Pedagogical knowledge

 

23. Langkah pertama dalam pengelolaan kelas terintegrasi TIK untuk pembelajaran kolaboratif adalah memastikan kesiapan infrastruktur teknologi, seperti perangkat komputer, tablet, atau akses internet yang memadai. Setelah itu, guru perlu memilih dan menyiapkan platform digital yang mendukung kerja sama antar siswa, seperti aplikasi berbagi dokumen, ruang diskusi virtual, atau alat presentasi online. Selain itu, guru harus memberikan panduan kepada siswa tentang penggunaan teknologi tersebut serta menetapkan aturan dan tujuan yang jelas untuk aktivitas kolaboratif, sehingga pembelajaran dapat berjalan lancar dan efektif. Dari pernyaan tersebut, langkah pertama yang harus dilakukan dalam pengelolaan kelas terintegrasi TIK untuk pembelajaran kolaboratif adalah...

A. Mengidentifikasi situasi awal lingkungan belajar

B. Memberikan motivasi dan apresiasi

C. Memilih platform pembelajaran yang sesuai

D. Meminta umpan balik siswa

E. Meningkatkan kompetensi profesional penggunaan TIK

JAWABAN : A. Mengidentifikasi situasi awal lingkungan belajar

 

24. Pemanfaatan sumber belajar digital dalam pembelajaran merujuk pada penggunaan berbagai jenis materi dan alat berbasis teknologi untuk mendukung proses belajar mengajar. Sumber belajar digital meliputi konten yang tersedia secara online atau melalui perangkat digital. Dari pernyataan tersebut, manakah dari berikut ini yang BUKAN merupakan manfaat dari pemanfaatan sumber belajar digital dalam pembelajaran?

A. Memperluas akses terhadap materi pembelajaran yang beragam.

B. Menggantikan peran guru dalam proses pembelajaran.

C. Mengurangi ketergantungan pada buku teks cetak.

D. Meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam belajar.

E. Memungkinkan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik.

JAWABAN : B. Menggantikan peran guru dalam proses pembelajaran

 

25. Seorang guru dapat memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai sumber belajar digital untuk membantu mengetahui tingkat pemahaman murid terhadap materi yang akan diajarkan. Dengan menggunakan PMM, guru dapat mengakses berbagai alat evaluasi, seperti kuis, tes, dan penilaian interaktif yang dirancang untuk mengukur pemahaman siswa secara real-time. Platform ini menyediakan fitur untuk memantau kemajuan siswa dan memberikan umpan balik yang cepat, sehingga guru dapat menyesuaikan strategi pengajaran sesuai dengan kebutuhan individu siswa dan memastikan bahwa materi diajarkan secara efektif. Dari pernyataan tersebut, Fitur PMM apa yang dapat digunakan guru?

A. Perangkat Ajar.

B. Video Inspirasi.

C. Pelatihan Mandiri.

D. Ide Praktik.

E. Asesmen Murid.

JAWABAN : D. Ide Praktik

 

26. Implementasi pembelajaran digital tidak hanya melibatkan penggunaan perangkat teknologi dalam proses belajar, tetapi juga memerlukan penerapan metode pembelajaran yang relevan dengan kondisi riil dan kebutuhan siswa. Hal ini berarti bahwa teknologi harus digunakan secara strategis untuk mendukung dan meningkatkan metode pengajaran yang efektif, bukan sekadar menggantikan cara tradisional. Dengan mengintegrasikan teknologi ke dalam metode yang sesuai dengan konteks pendidikan dan karakteristik siswa, pembelajaran digital dapat lebih efektif dalam mencapai tujuan pendidikan dan memperkaya pengalaman belajar siswa. Dari pernyataan tersebut, implementasi pembelajaran digital apa yang sesuai dengan metode pembelajaran yang relevan dengan kondisi riil, misalnya dalam bentuk...

A. Mengembangkan beragam media pembelajaran digital

B. Memanfaatkan aplikasi rapor hasil belajar digital

C. Menerapkan pembelajaran kolaboratif pemecahan masalah

D. Menggunakan aplikasi vicon untuk berdiskusi secara klasikal

E. Menerapkan fitur pengisian daftar hadir pada kelas digital

JAWABAN : C. Menerapkan pembelajaran kolaboratif pemecahan masalah

 

27. Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 bertujuan untuk memberikan fleksibilitas dalam pelaksanaan kurikulum, memungkinkan satuan pendidikan untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kondisi lokal dan kebutuhan spesifik siswa, serta mengedepankan pengembangan kompetensi secara menyeluruh. Pelaksanaan pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka menurut Standar Proses dalam Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 melalui beberapa tahapan, seperti ...

A. Penentuan, perlakuan, dan penilaian proses pembelajaran

B. Pengembangan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran

C. Perancangan, praktik baik, dan evaluasi pembelajaran

D. Perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran

E. Perencanaan, praktik baik, dan refleksi pembelajaran

JAWABAN : D. Perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran

 

28. Penerapan pendekatan TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) dalam bentuk pengintegrasian TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dalam strategi pembelajaran melibatkan kombinasi yang efektif dari tiga domain pengetahuan utama. Dari pernyataan tersebut, contoh penerapan pendekatan TPACK dalam bentuk pengintegrasian TIK dalam strategi pembelajaran adalah...

A. Memanfaatkan fitur tautan di LMS untuk pengumpulan tugas siswa

B. Mengembangkan media video pembelajaran digital

C. Memanfaatkan fitur di platform Merdeka Mengajar untuk asesmen diagnostik

D. Menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah nilai ujian

E. Menggunakan forum diskusi di kelas digital untuk brainstorming

JAWABAN : E. Menggunakan forum diskusi di kelas digital untuk brainstorming

 

29. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah pendekatan pendidikan yang berfokus pada pembelajaran melalui pemecahan masalah nyata atau simulasi masalah yang kompleks. Dalam model ini, siswa bekerja dalam kelompok untuk menyelidiki dan menyelesaikan masalah yang relevan dengan dunia nyata, sambil mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan pemecahan masalah. Dari pernyataan tersebut, pemanfaatan sumber belajar digital yang tepat pada tahapan model pembelajaran problem based learning adalah...

A. Mengumpulkan data secara berkolaborasi dengan memanfaatkan fitur Rumah Belajar atau Video On Demand

B. Menyajikan bahan tayang berupa video dari media sosial untuk memberikan gambaran nyata permasalahan yang diberikan

C. Memberikan tautan microsite yang berisi artikel, video, e-book sebagai referensi dalam menyusun perencanaan proyek

D. Mengakses fitur edugame pada Portal Rumah Belajar untuk memilih jenis permainan yang sesuai topik

E. Menyediakan pos pembelajaran digital untuk melakukan simulasi melalui fitur Laboratorium Maya di Rumah Belajar

JAWABAN : C. Memberikan tautan microsite yang berisi artikel, video, e-book sebagai referensi dalam menyusun perencanaan proyek

 

30. Bu Anita, seorang guru SD, ingin mengajarkan konsep pecahan kepada peserta didiknya. Ia menemukan beberapa konten di Portal Rumah Belajar, seperti video pembelajaran dan permainan interaktif. Bagaimana Bu Anita dapat mengoptimalkan penggunaan konten-konten ini dalam pembelajarannya?

A. Menggunakan video sebagai pengantar, permainan untuk memperkuat konsep, dan evaluasi

B. Memilih satu konten yang paling menarik bagi peserta didiknya dan menggunakannya sepanjang pembelajaran.

C. Membuat konten sendiri yang lebih relevan dengan kebutuhan siswa dan mengabaikan konten yang ada di Portal Rumah Belajar.

D. Menggunakan semua konten secara berurutan, mulai dari video, permainan, lalu latihan soal.

E. Meminta siswa memilih konten yang mereka sukai dan membiarkan mereka belajar secara mandiri.

JAWABAN : A. Menggunakan video sebagai pengantar, permainan untuk memperkuat konsep, dan evaluasi


Demikianlah informasi mengenai kumpulan sajian soal dan kunci jawaban Post Test Pembatik Level 2 Tahun 2024. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi pembelajaran bagi para peserta yang akan mengikuti post test pembatik di level 2.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel