Panduan Pelaksanaan Akreditasi SD,SMP,SMA Tahun 2024
Kherysuryawan.id - Panduan Akreditasi untuk SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA Tahun 2024.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada
postingan kali ini admin akan memberikan informasi seputar akreditasi khususnya
tentang panduan dalam pelaksanaan akreditasi sekolah untuk jenjang SD, SMP,
SMA/MK di tahun 2024 ini.
Melalui artikel ini admin akan membagikan file Panduan
Akreditasi untuk SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA. Adapun isi dalam panduan akreditasi
ini diantaranya meliputi :
Area kinerja yang
diukur di dalam instrumen akreditasi
Bagian ini akan menjelaskan area kinerja yang diukur di
dalam instrumen akreditasi, per komponen, per butir dan per indikator kinerja.
Proses akreditasi
yang akan dilalui
Bagian ini menjelaskan tahap yang terjadi di saat pra
visitasi, saat visitasi dan juga saat setelah visitasi. Informasi ini kami
harapkan dapat memberikan gambaran tentang proses yang akan Bapak/Ibu ikuti,
sehingga dapat menyiapkan diri dengan lebih baik.
Kesempatan yang
dapat digunakan penyelenggara layanan pendidikan untuk menjelaskan kinerjanya
Bagian ini akan memandu satuan pendidikan dalam memahami
cara menjelaskan kinerjanya di dalam proses akreditasi. Baik saat pra visitasi,
maupun saat visitasi.
PRINSIP YANG DIGUNAKAN DALAM AKREDITASI
Ada tiga prinsip yang digunakan dalam menyusun mekanisme
akreditasi, diantaranya yaitu :
1. Bermakna.
Prinsip ini mendasari penyusunan keempat komponen yang ada dalam instrumen
penilaian akreditasi, yaitu:
i) Kinerja Pendidik dalam Proses Pembelajaran;
ii) Kepemimpinan Kepala Satuan Pendidikan dalam
Pengelolaan;
iii) Iklim Lingkungan Belajar; dan iv) Hasil Belajar.
2. Inklusif.
Instrumen akreditasi untuk ragam jenis dan jenjang disusun dengan merujuk pada
satu konstruk yang sama sehingga dapat ditemukan benang merah antar instrumen,
serta tidak ada jenjang, jenis, atau kondisi lingkungan belajar yang merasa
tidak terwakili dalam instrumen akreditasi ini. Tiap instrumen kemudian
menyesuaikan konstruk tersebut dengan konteks dan kebutuhan belajar ragam jenis
jenjang.
3. Prinsip
kontekstual merujuk pada proses akreditasi yang merekognisi keragaman
cara/strategi yang dilakukan penyelenggara layanan pendidikan, sesuai konteks
sosio-kultural dan kebutuhan belajar peserta didik, serta sumber daya
penyelenggara layanan yang berbeda-beda.
KOMPONEN YANG DIGUNAKAN DALAM AKREDITASI
Lantas, apa saja yang akan menjadi komponen dalam instrument
akreditasi ?
Ada 4 komponen yang menjadi dasar dalam pelaksanaan
akreditasi jenjang SD, SMP, SMA/MK di tahun ini. Di bawah ini komponen dalam instrument
akreditasi :
Komponen 1. Kinerja Pendidik dalam Proses Pembelajaran
Komponen 2. Kepemimpinan Kepala Satuan Pendidikan dalam
Pengelolaan Satuan Pendidikan
Komponen 3. Iklim Lingkungan Belajar
Komponen 4. Kompetensi Hasil Pembelajaran Lulusan
dan/atau Peserta Didik
PROSES YANG DILALUI SAAT AKREDITASI
01 Pengajuan Akreditasi
Bagi satuan pendidikan yang pertama kali diakreditasi,
silakan mengajukan akreditasi melalui aplikasi Sispena: apps.ban-pdm.id/sispena3
02 Konfirmasi sebagai sasaran visitasi
Pada tahap ini, Bapak/Ibu akan mendapatkan konfirmasi
dari Dinas Pendidikan maupun Kanwil/Kantor Kemenag setempat bahwa satuan
pendidikan Bapak/Ibu menjadi sasaran visitasi. Informasi ini umumnya dapat
ditemui dalam SK penetapan sasaran akreditasi yang dikeluarkan oleh BAN-PDM dan
menjadi lampiran surat dari Dinas Pendidikan maupun Kanwil/Kantor Kemenag.
03 Pengisian Sispena
Sebelum visitasi, Bapak/Ibu sudah harus memberikan
sejumlah informasi tentang kinerja layanan berupa:
a. Dokumentasi Wajib
b. Deskripsi Kinerja Asesi
c. Dokumentasi pendukung yang disampaikan saat visitasi.
04 Koordinasi dengan asesor
Asesor akan berkoordinasi dengan Bapak/Ibu terkait tiga
hal berikut:
● Penyepakatan jadwal visitasi.
● Informasi terkait kinerja satuan pendidikan yang perlu
diunggah di Sispena.
● Data yang perlu Bapak/Ibu siapkan saat asesor datang
visitasi.
05 Visitasi
● Waktu visitasi adalah dua hari, dengan durasi minimal 5
jam per hari.
● Hari pertama umumnya akan diisi dengan perkenalan,
presentasi, dan wawancara.
● Hari kedua, umumnya akan diisi dengan observasi. Namun
sangat mungkin alur kerja asesor akan berbeda, sesuai dengan konteks dan
kebutuhan pada saat visitasi.
06 Pengumuman Hasil Akreditasi
Setelah hasil penetapan akreditasi divalidasi, kami
menerbitkan Surat Keputusan Penetapan Hasil Akreditasi yang dapat diakses pada
tautan: https://ban-pdm.id/documents/j/unduhan-sk. Selain itu, Bapak/Ibu juga
dapat menuliskan NPSN satuannya pada tautan berikut untuk mengakses hasil
akreditasi: https://ban-pdm.id/satuanpendidikan/[masukkan NPSN]
Untuk lebih jelas mengenai bagaimana pelaksanaan
akreditasi jenjang SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA maka silahkan anda baca pada
pedoman pelaksanaan akreditasi yang filenya telah admin kherysuryawan bagikan
di bawah ini :
- Panduan Akreditasi untuk SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA – (DISINI)
Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan seputar
Pedoman Akreditasi SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA di tahun 2024/2025 ini. Semoga bermanfaat
bagi bapak/ibu guru di sekolah khususnya dalam melakukan persiapan untuk
pelaksanaan akreditasi disekolah masing-masing.