Panduan Pelaksanaan Akreditasi SD,SMP,SMA Tahun 2024

Kherysuryawan.id - Panduan Akreditasi untuk SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA Tahun 2024.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada postingan kali ini admin akan memberikan informasi seputar akreditasi khususnya tentang panduan dalam pelaksanaan akreditasi sekolah untuk jenjang SD, SMP, SMA/MK di tahun 2024 ini.

 


Melalui artikel ini admin akan membagikan file Panduan Akreditasi untuk SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA. Adapun isi dalam panduan akreditasi ini diantaranya meliputi :

Area kinerja yang diukur di dalam instrumen akreditasi

Bagian ini akan menjelaskan area kinerja yang diukur di dalam instrumen akreditasi, per komponen, per butir dan per indikator kinerja.


Proses akreditasi yang akan dilalui

Bagian ini menjelaskan tahap yang terjadi di saat pra visitasi, saat visitasi dan juga saat setelah visitasi. Informasi ini kami harapkan dapat memberikan gambaran tentang proses yang akan Bapak/Ibu ikuti, sehingga dapat menyiapkan diri dengan lebih baik.


Kesempatan yang dapat digunakan penyelenggara layanan pendidikan untuk menjelaskan kinerjanya

Bagian ini akan memandu satuan pendidikan dalam memahami cara menjelaskan kinerjanya di dalam proses akreditasi. Baik saat pra visitasi, maupun saat visitasi.

 

PRINSIP YANG DIGUNAKAN DALAM AKREDITASI

Ada tiga prinsip yang digunakan dalam menyusun mekanisme akreditasi, diantaranya yaitu :

1. Bermakna. Prinsip ini mendasari penyusunan keempat komponen yang ada dalam instrumen penilaian akreditasi, yaitu:

i) Kinerja Pendidik dalam Proses Pembelajaran;

ii) Kepemimpinan Kepala Satuan Pendidikan dalam Pengelolaan;

iii) Iklim Lingkungan Belajar; dan iv) Hasil Belajar.

 

2. Inklusif. Instrumen akreditasi untuk ragam jenis dan jenjang disusun dengan merujuk pada satu konstruk yang sama sehingga dapat ditemukan benang merah antar instrumen, serta tidak ada jenjang, jenis, atau kondisi lingkungan belajar yang merasa tidak terwakili dalam instrumen akreditasi ini. Tiap instrumen kemudian menyesuaikan konstruk tersebut dengan konteks dan kebutuhan belajar ragam jenis jenjang.

 

3. Prinsip kontekstual merujuk pada proses akreditasi yang merekognisi keragaman cara/strategi yang dilakukan penyelenggara layanan pendidikan, sesuai konteks sosio-kultural dan kebutuhan belajar peserta didik, serta sumber daya penyelenggara layanan yang berbeda-beda.

 

KOMPONEN YANG DIGUNAKAN DALAM AKREDITASI

Lantas, apa saja yang akan menjadi komponen dalam instrument akreditasi ?

Ada 4 komponen yang menjadi dasar dalam pelaksanaan akreditasi jenjang SD, SMP, SMA/MK di tahun ini. Di bawah ini komponen dalam instrument akreditasi :

Komponen 1. Kinerja Pendidik dalam Proses Pembelajaran

Komponen 2. Kepemimpinan Kepala Satuan Pendidikan dalam Pengelolaan Satuan Pendidikan

Komponen 3. Iklim Lingkungan Belajar

Komponen 4. Kompetensi Hasil Pembelajaran Lulusan dan/atau Peserta Didik

 

PROSES YANG DILALUI SAAT AKREDITASI

01 Pengajuan Akreditasi

Bagi satuan pendidikan yang pertama kali diakreditasi, silakan mengajukan akreditasi melalui aplikasi Sispena: apps.ban-pdm.id/sispena3

 

02 Konfirmasi sebagai sasaran visitasi

Pada tahap ini, Bapak/Ibu akan mendapatkan konfirmasi dari Dinas Pendidikan maupun Kanwil/Kantor Kemenag setempat bahwa satuan pendidikan Bapak/Ibu menjadi sasaran visitasi. Informasi ini umumnya dapat ditemui dalam SK penetapan sasaran akreditasi yang dikeluarkan oleh BAN-PDM dan menjadi lampiran surat dari Dinas Pendidikan maupun Kanwil/Kantor Kemenag.

 

03 Pengisian Sispena

Sebelum visitasi, Bapak/Ibu sudah harus memberikan sejumlah informasi tentang kinerja layanan berupa:

a. Dokumentasi Wajib

b. Deskripsi Kinerja Asesi

c. Dokumentasi pendukung yang disampaikan saat visitasi.

 

04 Koordinasi dengan asesor

Asesor akan berkoordinasi dengan Bapak/Ibu terkait tiga hal berikut:

● Penyepakatan jadwal visitasi.

● Informasi terkait kinerja satuan pendidikan yang perlu diunggah di Sispena.

● Data yang perlu Bapak/Ibu siapkan saat asesor datang visitasi.

 

05 Visitasi

● Waktu visitasi adalah dua hari, dengan durasi minimal 5 jam per hari.

● Hari pertama umumnya akan diisi dengan perkenalan, presentasi, dan wawancara.

● Hari kedua, umumnya akan diisi dengan observasi. Namun sangat mungkin alur kerja asesor akan berbeda, sesuai dengan konteks dan kebutuhan pada saat visitasi.

 

06 Pengumuman Hasil Akreditasi

Setelah hasil penetapan akreditasi divalidasi, kami menerbitkan Surat Keputusan Penetapan Hasil Akreditasi yang dapat diakses pada tautan: https://ban-pdm.id/documents/j/unduhan-sk. Selain itu, Bapak/Ibu juga dapat menuliskan NPSN satuannya pada tautan berikut untuk mengakses hasil akreditasi: https://ban-pdm.id/satuanpendidikan/[masukkan NPSN]

 

Untuk lebih jelas mengenai bagaimana pelaksanaan akreditasi jenjang SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA maka silahkan anda baca pada pedoman pelaksanaan akreditasi yang filenya telah admin kherysuryawan bagikan di bawah ini :

 

  • Panduan Akreditasi untuk SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA – (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan seputar Pedoman Akreditasi SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA di tahun 2024/2025 ini. Semoga bermanfaat bagi bapak/ibu guru di sekolah khususnya dalam melakukan persiapan untuk pelaksanaan akreditasi disekolah masing-masing.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel