Materi Antropologi Kelas 12 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Antropologi Kelas 12 SMA/MA Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Materi Pelajaran Antropologi Kelas 12 SMA/MA Kurikulum Merdeka Semester 2.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang isi materi yang ada pada mata pelajaran Antropologi di kelas XII SMA/MA kurikulum merdeka.

 


Salah satu sarana pembelajaran yang sangat penting untuk di miliki oleh guru dan siswa di sekolah ialah buku teks pelajaran. Khusus untuk pembelajaran di kurikulum merdeka sekolah harus telah menyiapkan buku teks pelajaran yang telah menggunakan versi kurikulum merdeka. Didalam buku teks pelajaran telah termuat secara lengkap materi yang nantinya akan di pelajari.

 

Saat ini semua sekolah telah menerapkan kurikulum merdeka dan tentunya guru dan siswa telah memiliki buku teks pelajaran kurikulum merdeka. Bagi anda yang disekolahnya belum memiliki sarana buku teks pelajaran yang lengkap khususnya untuk mata pelajaran Antropologi kelas 12 SMA sehingga tidak mengetahui apa saja materi yang nantinya akan di pelajari pada mapel Antropologi maka tenang saja karena melalui artikel ini admin telah menyiapkan daftar susunan materi Antropologi kelas 12 yang telah lengkap mulai dari materi semester 1 hingga materi semester 2.

 

Seluruh materi Antropologi kelas 12 SMA mulai dari semester 1 dan semester 2 yang akan disajikan disini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran Antropologi kelas XII versi kurikulum merdeka. Jadi bagi anda yang disekolahnya telah menerapkan kurikulum merdeka maka bisa memanfaatkan informasi ini sebagai referensi untuk mengetahui apa saja materi yang nantinya akan di pelajari di mata pelajaran Antropologi kelas 12 kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Antropologi kelas 12 kurikulum merdeka terdiri atas 6 Bab, yang mana untuk semester 1 materi yang akan di pelajari mulai dari Bab 1 hingga Bab 3 sedangkan untuk semester 2 materi yang akan dipelajari yaitu mulai Bab 4 hingga Bab 6.

 

Baiklah di bawah ini sajian daftar susunan materi pada mata pelajaran Antropologi kelas XII SMA kurikulum merdeka lengkap mulai dari materi semester 1 hingga semester 2.

 

MATERI ANTROPOLOGI KELAS 12 SMA SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Bab 1 : Antropologi Sosial dan Antropologi Sosial dan Antropologi Budaya

A. Pengertian Antropologi Sosial dan Antropologi

B. Antropologi Terapan

C. Hubungan Antar Cabang Antropologi Terapan

 

Bab 2 : Kebudayaan

A. Pengertian Kebudayaan

B. Wujud Kebudayaan

C. Unsur-unsur Kebudayaan

D. Sifat-sifat Kebudayaan

 

Bab 3 : Sistem Sosial Sistem Sosial dan Nilai Budaya

A. Pengertian Sistem Sosial

B. Pengertian Sistem Budaya

C. Unsur-Unsur Sistem Sosial Dan Sistem Budaya

D. Masyarakat

E. Perilaku Sosial

F. Relasi Kekuasaan

 

MATERI ANTROPOLOGI KELAS 12 SMA SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

Bab 4 : Organisasi Sosial: Keluarga dan Kekerabatan

A. Pengertian Organisasi Sosial dan Keluarga

B. Macam-Macam Sistem Kekerabatan

C. Siklus Kehidupan Manusia

D. Berbagai Ritus dalam Siklus Kehidupan Manusia

 

Bab 5 : Perubahan dan Kontinuitas Kebudayaan

A. Perubahan Kebudayaan

B. Kontinuitas Kebudayaan

 

Bab 6 : Keberagaman Keberagaman Budaya dan Budaya dan Integrasi Nasional

A. Fenomena Kebudayaan Lokal dan Global

B. Keberagaman Kebudayaan

C. Integrasi Nasional

 

Demikianlah informasi mengenai daftar susunan materi pelajaran Antropologi kelas 12 SMA kurikulum merdeka. Semoga sajian informasi ini dapat membantu sahabat pendidikan dalam mengetahui jenis-jenis materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Antropologi di kelas XII kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel