Apa yang dimaksud dengan Akreditasi Automasi ?

Kherysuryawan.id – Penjelasan tentang automasi akreditasi sekolah.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, melalui artikel ini admin akan memberikan informasi mengenai automasi akreditasi sekolah. Seperti kita ketahui bersama bahwa setiap satuan pendidikan mulai dari jenjang PAUG, Dikdas dan Dikmen memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan status akreditasi, tujuannya agar sekolahnya mendapatkan pengakuan sebagai sekolah yang sah dan memiliki predikat.

 


Pada saat pelaksanaan akreditasi kita sering mendengar tentang automasi akreditasi sekolah. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan akreditasi automasi ??? di bawah ini penjelasannya :

 

Akreditasi Automasi merupakan mekanisme akreditasi ulang yang dilakukan dengan cara memantau dan menganalisis data dan informasi dari sumber yang tersedia tanpa melakukan visitasi (sesuai dengan Pasal 15 Permendikbudristek Nomor 38 tahun 2023 tentang Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah).

 

Data dan informasi yang digunakan dalam menentukan akreditasi automasi sekolah bersumber dari:

a. Profil dan Rapor Satuan Pendidikan; dan

b. Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) atau education management information system (EMIS)

 

Instrumen akreditasi telah selaras dengan sumber data tersebut. Oleh karenanya, kami melakukan pemantauan dan analisis data untuk menentukan perpanjangan status akreditasi kepada satuan pendidikan. Satuan pendidikan yang berdasarkan hasil analisis menunjukkan kinerja tetap, akan mendapatkan status akreditasi baru yang sama dengan status akreditasi sebelumnya.

 

Bagaimana, apakah penjelasan di atas sudah jelas ? semoga apa yang telah di paparkan diatas mengenai mekanisme automasi akreditasi sekolah dapat menambah pemahaman dan wawasan kita semua dalam mengetahui alur terjadinya sekolah mendapatkan akreditasi automasi.

 

Perlu untuk di ketahui pula bahwa akreditasi automasi dapat di peroleh bagi satuan pendidikan mulai dari jenjang Paud, Dikdas dan Dikmen. Adapun sekolah bisa mendapatkan automasi akreditasi tentunya mengacu pada pemaparan yang telah di sampaikan di atas.

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan sampaikan mengenai akreditasi automasi yang sering di pertanyakan oleh warga satuan pendidikan. Semoga artikel ini bisa menjadi bahan bacaan yang bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel