SK Tim Koordinator P5 Tahun Pelajaran 2024/2025

Kherysuryawan.id – Contoh SK Fasilitator dan Koordinator Proyek Penguatan Profil pelajar Pancasila (P5) untuk sekolah jenjang SD, SMP, SMA, SMK.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi pendidikan seputar administrasi pendidikan yang akan di gunakan bagi sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka.

 


Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini pada kurikulum merdeka ada kegiatan wajib yang harus di laksanakan oleh siswa yaitu kegiatan P5 atau yang biasa di sebut sebagai Proyek Penguatan Profil pelajar Pancasila. Pelaksanaan P5 lebih kepada bagaimana siswa di bimbing dan di ajarkan untuk bisa hidup mandiri dan kreatif sehingga nantinya setelah lulus sekolah, siswa bisa mendapatkan pengalaman dalam belajar dan bekerja. Dalam pelaksanaan P5 ada beberapa tema yang nantinya dapat dipilih oleh sekolah dan tentunya akan di sesuaikan dengan jenis dan kondisi yang ada di daerah masing-masing.

 

Sebagai informasi bahwa model pembelajaran pada kurikulum merdeka dibagi menjadi 2 (dua) kegiatan utama, yaitu pembelajaran intrakurikuler dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan kegiatan kokurikuler pada Kurikulum Merdeka. Kedua kegiatan pembelajaran tersebut menjadi kegiatan yang wajib dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh siswa.

 

Dalam pelaksanaan Proyek Penguatan Profil pelajar Pancasila (P5) disekolah maka pihak sekolah perlu untuk membuat Tim kerja P5 yang mana di dalam tim tersebut nantinya akan memuat nama yang akan dipilih sebagai koordinator P5 dan juga seksi-seksi yang membidangi di setiap kegiatan P5 yang telah di jadwalkan.

 

Sebagai koordinator P5 maka nantinya guru yang menjadi koordinator P5 akan mendapatkan tambahan jam sebanyak 2 jam. Dan jam sebagai Koordinator P5 sifatnya linear dengan semua mata pelajaran yang ada di kurikulum merdeka.

 

Jika sekolah telah menunjuk Koordinator P5 maka sekolah perlu untuk membuat SK Tim P5. Nantinya SK penunjukkan Tim P5 akan menjadi bukti yang sah untuk mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawab yang harus di kerjakan oleh guru-guru yang masuk dalam SK Tim P5.

 

Melalui postingan ini admin kherysuryawan akan memberikan contoh pembuatan SK Tim P5 atau Sk sebagai Koordinator P5. Di dalam SK Tim P5 atau SK Koordinator P5 telah terdapat tugas yang harus di kerjakan oleh seluruh panitia/anggota yang masuk didalam Tim SK P5.

 

Sebelum admin membagikan contoh Sk Tim Fasilitator P5, maka disini admin akan memberikan informasi mengenai tugas dari penanggung jawab, Koordinator P5 dan fasilitator P5. Di bawah ini penjelasan tugas-tugasnya :

 

A. Kepala Sekolah / Penanggungjawab

  1. Menyiapkan sistem dari perencanaan hingga evaluasi dan refleksi projek profil diskala satuan pendidikan, termasuk sistem pendokumentasian projek profil. Sistem ini juga dapat digunakan sebagai portofolio satuan pendidikan.
  2. Membuka pintu kolaborasi dengan narasumber untuk memperkaya materi projek profil: masyarakat, komunitas, akademisi, praktisi. Satuan pendidikan dapat mengidentifikasi orang tua yang potensial sebagai narasumber dari daftar pekerjaan orang tua atau narasumber ahli di lingkungan sekitar satuan pendidikan.
  3. Mengomunikasikan projek penguatan profil pelajar Pancasila kepada lingkungan satuan pendidikan, orang tua peserta didik, dan mitra (narasumber dan organisasi terkait).
  4. Memastikan beban kerja pendidik tetap dipertahankan (tidak dikurangi) sesuai arahan alokasi waktu projek profil yang sudah diatur oleh pemerintah.
  5. Melibatkan pendidik bimbingan dan konseling atau mentor untuk memfasilitasi proses berjalannya projek profil dengan memberikan dukungan, baik dalam bidang akademis maupun kebutuhan emosional peserta didik.
  6. Menyediakan kebutuhan sumber daya serta dana yang diperlukan untuk kelangsungan projek profil.

 

B. Koordinator Projek

  1. Mengelola sistem yang dibutuhkan tim pendidik/fasilitator dan peserta didik agar dapat menyelesaikan projek profil dengan sukses.
  2. Memastikan kolaborasi pengajaran terjadi di antara para pendidik yang tergabung di dalam tim fasilitator projek profil.
  3. Memastikan alur projek profil memiliki aktivitas yang kaya dan beragam untuk mengoptimalkan prinsip eksploratif.
  4. Memastikan rancangan asesmen yang dilakukan sesuai dengan kriteria kesuksesan yang sudah ditetapkan.

 

C. Fasilitator Projek

  1. Memperhatikan kebutuhan dan minat belajar setiap peserta didik agar dapat memberikan stimulan atau tantangan yang beragam (berdiferensiasi), sesuai dengan gaya belajar, daya imajinasi, kreasi dan inovasi, serta peminatan terhadap tema projek profil.
  2. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat dalam perencanaan dan pengembangan projek profil, dengan menyesuaikan kesiapan peserta didik dalam tingkat keterlibatan.
  3. Memberikan ruang bagi peserta didik untuk mendalami isu atau topik pembelajaran yang kontekstual dengan tema projek profil sesuai dengan minat masing-masing peserta didik.
  4. Berkolaborasi dengan seluruh pihak terkait projek profil (orang tua, mitra, lingkungan satuan pendidikan, dll. ) dalam mencapai tujuan pembelajaran dari setiap tema projek profil.
  5. Melakukan penilaian yang mengacu pada prinsip asesmen yang sudah ditentukan dalam memonitor perkembangan profil pelajar Pancasila yang menjadi fokus sasaran.
  6. Menyediakan sumber belajar yang dibutuhkan oleh peserta didik secara proporsional. Contoh dalam tahapan belajarnya, peserta didik perlu dibantu dalam penyediaan hal berikut: (a). Buku, surat kabar, majalah, jurnal, dan sumber-sumber pembelajaran lain yang berhubungan dengan projek profil. (b). Narasumber yang dapat memperkaya proses pelaksanaan projek profil.
  7. Mengajarkan keterampilan proses inkuiri peserta didik dan mendampingi peserta didik untuk mencari referensi sumber pembelajaran yang dibutuhkan, seperti buku, artikel, tulisan pada surat kabar/ majalah, praktisi atau ahli bidang tertentu, dan sumber belajar lainnya.
  8. Memfasilitasi akses untuk proses riset dan bukti. (a). Menyiapkan surat pengantar yang dibutuhkan untuk menghubungi sumber pembelajaran. (b). Mencari kontak dan menghubungi narasumber.
  9. Membuka diri untuk memberi dan menerima masukan serta kritik, mulai dari awal hingga akhir pelaksanaan projek profil.
  10. Mendampingi peserta didik untuk merencanakan dan menyelenggarakan setiap tahapan kegiatan projek profil yang menjadi ruang lingkup belajar peserta didik.
  11. Memberi ruang peserta didik untuk berpendapat, membuat pilihan, dan mempresentasikan projek profil mereka.
  12. Mengelola beban kerja mengajar dengan seimbang antara intrakurikuler dan projek profil.

 

Baiklah bagi anda yang ingin mendapatkan contoh SK Tim fasilitator P5, koordinator P5 ataupun SK tim Kerja P5 di sekolah, maka silahkan dapatkan filenya yang telah admin kherysuryawan bagikan di bawah ini :

 

  • SK Tim Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Versi 1 - (DISINI)
  • SK Tim Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Versi 2 - (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai contoh SK Tim Koordinator Proyek Penguatan Profil pelajar Pancasila (P5) yang bisa admin kherysuryawan bagikan di artikel ini. Semoga bisa menjadi referensi bagi setiap sekolah khususnya bagi guru atau staff yang akan membuat SK tim Proyek Penguatan Profil pelajar Pancasila (P5) disekolah.

Sekian, Terimakasih dan semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel