Materi Prakarya Kerajinan Kelas 10 Semester 1 &2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Aspek Kerajinan Kelas 10 SMA Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, senang rasanya admin bisa kembali menulis dan berbagi informasi seputar dunia pendidikan. Melalui postingan ini admin akan menyajikan susunan daftar materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) khususnya Prakarya Kerajinan dikelas 10 SMA kurikulum merdeka.

 


Jika disekolah anda telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka maka materi yang nantinya akan di pelajari tentunya materi yang bersumber dari buku teks pelajaran kurikulum merdeka. Disini admin akan membantu para guru maupun para siswa dalam mengetahui daftar susunan materi yang akan di pelajari di mata pelajaran prakarya khususnya prakarya kerajinan di kelas 10 SMA mulai dari materi semester 1 hingga materi semester 2 kurikulum merdeka.

 

Sebelum admin kherysuryawan menampilkan daftar susunan materi pada mata pelajaran prakarya aspek kerajinan kelas 10 kurikulum merdeka maka berikut ini penjelasan singkat mengenai prakarya sesuai yang ada di buku teks pelajaran prakarya kerajinan kelas 10 kurikulum merdeka.

 

Prakarya sebagai bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan dan memfasilitasi pengalaman intelektual, estetik, berpikir kritis, kemandirian, dan kreativitas kepada peserta didik dengan melakukan aktivitas apresiasi dan kreasi terhadap berbagai produk kerajinan dan teknologi. Pembelajaran prakarya mengembangkan beberapa aspek, meliputi Kerajinan, Rekayasa, Budi Daya, dan Pengolahan. Sesuai dengan pengertiannya, prakarya adalah usaha kreatif memperoleh kemampuan keterampilan hidup dengan cekat, cepat, dan tepat melalui pembelajaran kerajinan, rekayasa, budi daya, dan pengolahan dengan menggunakan berbagai bahan, alat, teknik, dan teknologi yang relevan yang diperoleh melalui pengalaman dan pelatihan.

 

Pendidikan sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup, prakarya diajarkan di sekolah sebagai bagian dari proses belajar menghadapi tantangan persoalan internal dan eksternal yang merupakan kebutuhan keterpaduan dari

(1) pemahaman nilai tradisi dan kearifan lokal serta teknologi tepat guna;

(2) pengadopsian sistem produksi dengan teknologi dasar; serta

(3) mendasarkan wawasan pelatihan dengan kewirausahaan. Dasar keterampilan yang menjadi tumpuan pengembangan kemampuan tersebut adalah rekayasa, pengolahan, budi daya, dan kerajinan.

 

Secara garis besar konstelasi pelajaran Prakarya diharapkan memperhatikan bahwa

(1) pendidikan budaya. keterampilan tangan, karakter Profil Pelajar Pancasila, nilai-nilai kewirausahaan harus dikembangkan secara komprehensif sebagai proses pembudayaan. Oleh karena itu, pendidikan dan kebudayaan secara kelembagaan perlu diwadahi secara utuh.

(2) Pendidikan budaya, keterampilan tangan, karakter Profil Pelajar Pancasila, dan nilai-nilai kewirausahaan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat, sekolah, dan orang tua.

(3) Upaya merevitalisasi pendidikan dan budaya ini memerlukan gerakan nasional guna menggugah semangat kebersamaan dalam pelaksanaan di lapangan yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.

 

Sebagai informasi bahwa di mata pelajaran prakarya kerajinan kelas 10 kurikulum merdeka ada 3 Bab/Unit materi yang nantinya akan di pelajari mulai dari semester 1 hingga semester 2.

Baiklah berikut ini daftar susunan materi yang akan di pelajari di mata pelajaran prakarya aspek kerajinan kelas 10 semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka :

 

MATERI PRAKARYA KERAJINAN KELAS 10 SEMESTER 1 & 2 KURIKULUM MERDEKA


UNIT 1 - RAGAM HIAS NUSANTARA PADA PRODUK FESYEN  

A. Deskripsi Unit

  • Kegiatan 1 Mengamati Produk Fesyen Nusantara
  • Kegiatan 2 Mengamati Merancang Ragam Hias Pada Produk Fesyen
  • Kegiatan 3 Pembuatan Ragam Hias Pada Produk Fesyen  
  • Kegiatan 4 Perancangan Aksesoris Fesyen Nusantara
  • Kegiatan 5 Pembuatan Aksesoris Nusantara
  • Kegiatan 6 Presentasi

 

UNIT 2 - PRODUK AKSESORIS INTERIOR NUSANTARA

A. Deskripsi Unit

  • Kegiatan 1 Perencanaan Proyek

B. Bahan Bacaan Guru

  • Kegiatan 2 Perancangan Produk
  • Kegiatan 3 Pembuatan Produk
  • Kegiatan 4 Mengevaluasi Produk

 

UNIT 3 - PRODUK AKSESORIS EKSTERIOR DENGAN MEMANFAATKAN BAHAN LOKAL

A. Deskripsi Unit

  • Kegiatan 1 Mendiskusikan Gagasan Produk
  • Kegiatan 2 Merancang dan Membuat
  • Kegiatan 3 Promosi Produk

 

Demikianlah informasi mengenai daftar susunan materi pelajaran yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran prakarya di kelas 10 SMA kurikulum merdeka mulai dari semester 1 hingga semester 2. Semoga informasi ini bermanfaat bagi seluruh sahabat pendidikan yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel