Materi Prakarya Budidaya Kelas 10 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Aspek Budidaya Kelas 10 SMA Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, senang rasanya admin bisa kembali menulis dan berbagi informasi seputar dunia pendidikan. Melalui postingan ini admin akan menyajikan susunan daftar materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) khususnya Prakarya Budidaya dikelas 10 SMA kurikulum merdeka.

 


Jika disekolah anda telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka maka materi yang nantinya akan di pelajari tentunya materi yang bersumber dari buku teks pelajaran kurikulum merdeka. Disini admin akan membantu para guru maupun para siswa dalam mengetahui daftar susunan materi yang akan di pelajari di mata pelajaran prakarya khususnya prakarya Budidaya di kelas 10 SMA mulai dari materi semester 1 hingga materi semester 2 kurikulum merdeka.

 

Sebelum admin kherysuryawan menampilkan daftar susunan materi pada mata pelajaran prakarya aspek Budidaya kelas 10 kurikulum merdeka maka berikut ini penjelasan singkat mengenai prakarya sesuai yang ada di buku teks pelajaran prakarya Budidaya kelas 10 kurikulum merdeka.

 

Prakarya bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan dan memfasilitasi pengalaman emosi, inteletual, isik, persepsi, sosial, estetik, artistik, berpikir kritis, kemandirian, dan kreativitas kepada peserta didik denagn melakukan aktivitas apresiasi dan kreasi terhadap berbagai produk kerajinan dan teknologi. Dalam pembelajaran prakarya mengembangan beberapa aspek/strand meliputi Kerajinan, Rekayasa, Budi Daya, dan Pengolahan. Sesuai pengertian Prakarya adalah usaha meliputi memperoleh kemampuan cekat, cepat, dan tepat melalui pembelajaran kerajinan, rekayasa, budi daya dan pengolahan dengan menggunakan berbagai bahan, alat, teknik, dan ilmu pengetahuan yang di lakukan dengan cara memanfaatkan pengalaman dan pelatihan.

 

Sebagai informasi bahwa di mata pelajaran prakarya Budidaya kelas 10 kurikulum merdeka ada 3 Bab/Unit materi yang nantinya akan di pelajari mulai dari semester 1 hingga semester 2.

Baiklah berikut ini daftar susunan materi yang akan di pelajari di mata pelajaran prakarya aspek Budidaya kelas 10 semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka :

 

MATERI PRAKARYA BUDIDAYA KELAS 10 SEMESTER 1 &2 KURIKULUM MERDEKA


Unit I Budi Daya Tanaman Pangan dan Pemanfaatan Limbahnya

  • Kegiatan Pembelajaran 1 - Mengenal Jenis dan Karakteristik Tanaman Pangan dan Pemanfaatan Limbahnya
  • Kegiatan Pembelajaran 2 - Perencanaan Budi Daya Tanaman Pangan
  • Kegiatan Pembelajaran 3 - Praktik Budi Daya Tanaman Pangan
  • Kegiatan Pembelajaran 4 - Analisa Usaha Budi Daya Sorgum

 

Unit II Budi Daya Ikan Konsumsi Air Tawar

  • Kegiatan Pembelajaran 1 - Mengeksplorasi Budikdamber dan Pemanfaatan Limbah dengan Metode Budikdamber
  • Kegiatan Pembelajaran 2 - Perencanaan Budikdamber
  • Kegiatan Pembelajaran 3 - Pembuatan Budikdamber
  • Kegiatan Pembelajaran 4 - Kewirausahaan dan Analisa Usaha Budikdamber

 

Unit III Pemanfaatan Limbah Budi Daya Ternak

  • Kegiatan Pembelajaran 1 - Pengenalan Jenis Limbah Peternakan
  • Kegiatan Pembelajaran 2 - Pemanfaatan Limbah Ternak
  • Kegiatan Pembelajaran 3 - Perencanaan Budi Daya Ternak dan Pemanfaatan Limbah Sesuai dengan Potensi Lokal
  • Kegiatan Pembelajaran 4 - Praktik Budi Daya Ternak Unggas dan Pemanfaatan
  • Kegiatan Pembelajaran 5 - Menyusun Rencana Wirasaha Limbah Ternak
  • Kegiatan Pembelajaran 6 - Evaluasi Limbah Ternak Bernilai Ekonomis dan Berdampak Lingkungan

 

Demikianlah informasi mengenai daftar susunan materi pelajaran yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran prakarya: Budidaya di kelas 10 SMA kurikulum merdeka mulai dari semester 1 hingga semester 2. Semoga informasi ini bermanfaat bagi seluruh sahabat pendidikan yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel