Tujuan Pembelajaran PJOK Kelas 9 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Tujuan Pembelajaran PJOK Kelas 9 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada postingan kali ini admin akan membahas tentang apa-apa saja yang menjadi fokus pembelajaran atau lebih tepatnya tujuan pembelajaran yang ingin di capai dalam pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Kelas 9 SMP kurikulum merdeka.

 


Mata pelajaran PJOK merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang di pelajari di jenjang SMP pada kurikulum merdeka. Perlu untuk di pahami bahwa di mata pelajaran PJOK selain siswa akan melakukan praktik juga harus memahami materi yang akan dipelajari pada mata pelajaran PJOK. Di setiap materi yang akan dipelajari tentunya memiliki tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

 

Tujuan pembelajaran sangat penting untuk di pilih oleh guru sebagai sebuah target pencapaian peserta didik. Tujuan pembelajaran menjadi fokus utama bagi guru dalam melakukan aktivitas mengajar, selain itu tujuan pembelajaran juga sangat penting untuk di tentukan sebagai bahan dalam penyusunan modul ajar dan juga sebagai inputan dalam aplikasi erapor.

 

Melalui postingan ini admin kherysuryawan ingin menyampaikan apa saja tujuan pembelajaran yang akan di capai pada pembelajaran PJOK di Kelas 9 SMP semester 2 kurikulum merdeka. Adapun tujuan pembelajaran yang akan admin paparkan di artikel ini telah di sesuaikan dengan materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK Kelas 9 SMP Semester 2 kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK Kelas 9 semester 2 terdiri atas 3 Unit yakni di mulai dari Unit 5, Unit 6, Unit 7.

Di bawah ini pemaparan tujuan pembelajaran dimasing-masing Bab pada mata pelajaran PJOK Kelas 9 semester 2 kurikulum merdeka.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN PJOK KELAS 9 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA


Tujuan Pembelajaran Unit 5 “Aktivitas Gerak Berirama (Senam Aerobik)”

Pada akhir pembelajaran ini peserta didik diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:

  1. Peserta didik dapat menganalisis variasi dan kombinasi aktivitas keterampilan gerak spesifik variasi dan kombinasi rangkaian gerak dalam aktivitas gerak berirama (langkah dasar, gerak dan ayunan lengan dan tangan, pelurusan sendi tubuh, dan irama gerak) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki melalui belajar berpasangan.
  2. Peserta didik dapat mempraktikkan variasi dan kombinasi rangkaian gerak dalam aktivitas gerak berirama (langkah dasar, gerak dan ayunan lengan dan tangan, pelurusan sendi tubuh, dan irama gerak) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki melalui latihan berpasangan.
  3. Peserta didik menunjukkan sikap dan nilai-nilai pengembangan tanggung jawab personal (kemandirian), serta tanggung jawab sosial (gotong royong) melalui belajar berpasangan.
  4. Peserta didik dapat membandingkan besarnya keuntungan berbagai aktivitas jasmani yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan.

 

Tujuan Pembelajaran Unit 6 “Aktivitas Kebugaran untuk Kesehatan”

Pada akhir pembelajaran ini peserta didik diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:

  1. Menganalisis fakta, konsep dan prosedur latihan pengembangan kebugaran jasmani dan test pengukurannya terkait kesehatan (physical fittness related health) berdasarkan prinsip latihan (Frequency, Intensity, Time, Type/FITT) untuk mendapatkan kebugaran dengan status baik melalui penugasan berkelompok.
  2. Mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani dan test pengukurannya terkait kesehatan (physical fittness related health) berdasarkan prinsip latihan (Frequency, Intensity, Time, Type/FITT) untuk mendapatkan kebugaran dengan status baik melalui penugasan berkelompok.
  3. Peserta didik menunjukkan sikap dan nilai-nilai pengembangan tanggung jawab personal (kemandirian), serta tanggung jawab sosial (gotong royong) melalui penugasan berkelompok.
  4. Peserta didik dapat membandingkan besarnya keuntungan berbagai aktivitas jasmani yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan.

 

Tujuan Pembelajaran Unit 7 “Pengembangan Budaya Hidup Sehat”

Pada akhir pembelajaran ini peserta didik diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:

  1. Menganalisis pengertian P3K, macam-macam cidera, macam-macam tindakan P3K, P3K pada kejadian darurat baik pada diri sendiri maupun orang lain melalui pembelajaran inquiry.
  2. Mempraktikkan P3K pada sesuai dengan prosedur yang benar melalui pembelajaran inquiry.
  3. Menganalisis peran aktivitas jasmani terhadap pencegahan penyakit, yang meliputi: pengertian aktivitas jasmani, manfaat melakukan aktivitas jasmani terhadap pencegahan penyakit, dampak/akibat apabila tidak melakukan aktivitas jasmani, dan cara melakukan aktivitas jasmani untuk mencegah penyakit melalui pembelajaran inquiry.
  4. Peserta didik menunjukkan sikap dan nilai-nilai pengembangan tanggung jawab personal (jujur, disiplin, patuh), serta tanggung jawab sosial (kerja sama, toleran, peduli) melalui penugasan berkelompok.
  5. Peserta didik dapat membandingkan besarnya keuntungan berbagai aktivitas jasmani yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan.

 

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan mngenai tujuan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 9 SMP semester 2 kurikulum merdeka. Semoga postingan ini dapat membantu bapak/ibu guru yang akan membuat modul ajar maupun sebagai referensi dalam melakukan penginputan tujuan pembelajaran pada aplikasi erapor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel