Tujuan Pembelajaran PJOK Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Tujuan Pembelajaran PJOK Kelas 8 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada postingan kali ini admin akan membahas tentang apa-apa saja yang menjadi fokus pembelajaran atau lebih tepatnya tujuan pembelajaran yang ingin di capai dalam pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di kelas 8 SMP kurikulum merdeka.

 


Mata pelajaran PJOK merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang di pelajari di jenjang SMP pada kurikulum merdeka. Perlu untuk di pahami bahwa di mata pelajaran PJOK selain siswa akan melakukan praktik juga harus memahami materi yang akan dipelajari pada mata pelajaran PJOK. Di setiap materi yang akan dipelajari tentunya memiliki tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

 

Tujuan pembelajaran sangat penting untuk di pilih oleh guru sebagai sebuah target pencapaian peserta didik. Tujuan pembelajaran menjadi fokus utama bagi guru dalam melakukan aktivitas mengajar, selain itu tujuan pembelajaran juga sangat penting untuk di tentukan sebagai bahan dalam penyusunan modul ajar dan juga sebagai inputan dalam aplikasi erapor.

 

Melalui postingan ini admin kherysuryawan ingin menyampaikan apa saja tujuan pembelajaran yang akan di capai pada pembelajaran PJOK di Kelas 8 SMP semester 2 kurikulum merdeka. Adapun tujuan pembelajaran yang akan admin paparkan di artikel ini telah di sesuaikan dengan materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK Kelas 8 SMP Semester 2 kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK Kelas 8 semester 2 terdiri atas 4 Unit yakni di mulai dari Unit 5, Unit 6, Unit 7 dan Unit 8.

Di bawah ini pemaparan tujuan pembelajaran dimasing-masing Bab pada mata pelajaran PJOK Kelas 8 semester 2 kurikulum merdeka.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN PJOK KELAS 8 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA


Tujuan Pembelajaran Unit 5 “Aktivitas Gerak Berirama”

Pada akhir pembelajaran ini peserta didik diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:

  1. Mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak spesifik dasar-dasar pola langkah yang mengarah pada tarian daerah dan lompat tali aktivitas gerak berirama, sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.
  2. Menganalisis aktivitas keterampilan gerak spesifik dasar-dasar pola langkah yang mengarah pada tarian daerah dan lompat tali aktivitas gerak berirama, sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.
  3. Memahami dan memprediksi konsekuensi dari emosi dan pengekspresiannya dan menyusun langkah-langkah untuk mengelola emosinya dalam pelaksanaan belajar dan berinteraksi dengan orang lain.
  4. Mengembangkan nilai-nilai gerak: nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kesehatan, nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kegembiraan dan tantangan, dan nilai-nilai aktivitas jasmani untuk ekspresi diri dan interaksi sosial.

 

Tujuan Pembelajaran Unit 6 “Aktivitas Senam”

Pada akhir pembelajaran ini peserta didik diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:

  1. Mempraktikkan aktivitas keterampilan gerak spesifik dan fungsional permainan dan olahraga senam lantai sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.
  2. Memahami dan memprediksi konsekuensi dari emosi dan pengekspresiannya dan menyusun langkah-langkah untuk mengelola emosinya dalam pelaksanaan belajar dan berinteraksi dengan orang lain.
  3. Mengembangkan nilai-nilai karakter: tanggung jawab personal (jujur, disiplin, patuh dan taat pada aturan, menghormati diri sendiri, dan lain- lain) dan pengembangan tanggung jawab sosial (kerja sama, toleran, peduli, empati, menghormati orang lain, gotong-royong, dan lain-lain).
  4. Mengembangkan nilai-nilai gerak: nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kesehatan, nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kegembiraan dan tantangan, dan nilai-nilai aktivitas jasmani untuk ekspresi diri dan interaksi sosial.

 

Tujuan Pembelajaran Unit 7 “Aktivitas Kebugaran Jasmani”

Pada akhir pembelajaran ini peserta didik diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:

  1. Mempraktikkan aktivitas latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan serta pengukuran hasilnya, sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.
  2. Menganalisis aktivitas latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan serta pengukuran hasilnya, sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.
  3. Memahami dan memprediksi konsekuensi dari emosi dan pengekspresiannya dan menyusun langkah-langkah untuk mengelola emosinya dalam pelaksanaan belajar dan berinteraksi dengan orang lain.
  4. Mengembangkan nilai-nilai gerak: nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kesehatan, nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kegembiraan dan tantangan, dan nilai-nilai aktivitas jasmani untuk ekspresi diri dan interaksi sosial.

 

Tujuan Pembelajaran Unit 8 “Pengembangan Pola Hidup Sehat”

Pada akhir pembelajaran ini peserta didik diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:

  1. Menganalisis hakikat bahaya pergaulan bebas, dampak bahaya pergaulan bebas bagi diri sendiri, dampak bahaya pergaulan bebas bagi lingkungan, dan langkah-langkah pencegahan terhadap bahaya pergaulan bebas, sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.
  2. Menerapkan hakikat bahaya pergaulan bebas, dampak bahaya pergaulan bebas bagi diri sendiri, dampak bahaya pergaulan bebas bagi lingkungan, dan langkah-langkah pencegahan terhadap bahaya pergaulan bebas, sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.
  3. Memahami dan memprediksi konsekuensi dari emosi dan pengekspresiannya dan menyusun langkah-langkah untuk mengelola emosinya dalam pelaksanaan belajar dan berinteraksi dengan orang lain.
  4. Mengembangkan nilai-nilai gerak: nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kesehatan, nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kegembiraan dan tantangan, dan nilai-nilai aktivitas jasmani untuk ekspresi diri dan interaksi sosial.

 

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan mngenai tujuan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) kelas 8 SMP semester 2 kurikulum merdeka. Semoga postingan ini dapat membantu bapak/ibu guru yang akan membuat modul ajar maupun sebagai referensi dalam melakukan penginputan tujuan pembelajaran pada aplikasi erapor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel