Tujuan Pembelajaran PAI Kelas 9 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Tujuan Pembelajaran PAI Kelas 9 Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sahabat kherysuryawan yang berbahagia admin ucapkan selamat berjumpa di website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai daftar susunan tujuan pembelajaran yang akan menjadi target pencapaian pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas 9 Semester 2 kurikulum merdeka.

 


Tujuan Pembelajaran menjadi hal yang sangat penting bagi guru dan siswa. Guru diharapkan bisa membuat tujuan pembelajaran dari setiap materi yang akan di ajarkan baik sebagai bahan dalam penyusunan modul ajar maupun sebagai bahan dalam melakukan penginputan pada saat melakukan  penilaian di aplikasi erapor, begitu juga dengan siswa yang mana siswa harus bisa memahami dan mengetahui tujuan pembelajaran dari materi yang akan dipelajari agar bisa mencapai apa yang menjadi target tujuan pembelajaran tersebut.

 

Sebagai informasi bahwa di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas 9 Semester 2 kurikulum merdeka ada 5 Bab materi yang akan di pelajari. Di setiap bab terdiri atas beberapa sub bab dan di setiap sub bab memiliki tujuan pembelajarannya masing-masing. Nah, melalui postingan ini admin kherysuryawan akan membantu guru dan siswa dalam mengetahui apa saja yang menjadi tujuan pembelajaran di setiap sub bab pada mata pelajaran PAI Kelas 9 Semester 2 kurikulum merdeka.

 

Baiklah di bawah ini susunan Tujuan Pembelajaran di setiap sub bab pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas 9 Semester 2 kurikulum merdeka:

 

TUJUAN PEMBELAJARAN PAI KELAS 9 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 6 AL-QUR’AN MENGINSPIRASI: MENJADI KHALIFATULLAH FIL ‘ARD PENEBAR KASIH SAYANG

  1. peserta didik mampu membaca dan mengartikan Q.S.Al-Baqarah [2]:30 dan Al-Qasas [28]:77 sesuai kaidah tajwid, khususnya hukum bacaan mad, serta peserta didik terbiasa membaca Al-Qur’an dengan benar dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Peserta didik mampu mendemonstrasikan hafalan Q.S.Al-Baqarah [2]: 30 dan Al-Qasas[28]:77 dan hadis tentang khalifatullah fil‘ard penebar kasih sayang, dan peserta didik juga terbiasa menghafal Al-Qur’an dengan lancar
  3. Peserta didik mampu menjelaskan kandungan Q.S. Al-Baqarah [2]:30 dan Q.S.Al Qasas [28]:77 dan hadis tentang khalifatullahfil‘ardpenebar kasih sayang,peserta didik juga mampu meyakini bahwa Allah Swt.menciptakan manusia sebagai khalifah di muka bumi
  4. peserta didik mampu membuat karya berupa puisi,gambar,poster, atau memeyang mengandung konten pentingnya saling menyayangi sesama manusia, sehingga peserta didik terbiasa berperilaku saling menyayangi sesama manusia meskipun berbeda bangsa,suku,agama, maupun budaya.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 7 MERAIH KETENANGAN JIWA DENGAN MEYAKINI QADA DAN QADAR

  1. Peserta didik mampu menjelaskan makna iman kepada qada dan qadar,menjelaskan hubungan  antara qada,qadar dengan ikhtiar dan doa serta meyakini bahwa AllahSwt. Memberikan qada dan qadar kepada makhluknya.
  2. Peserta didik mampu mendeskripsikan bukti beriman kepada qada dan qadar,dan terbiasa berperilaku optimis, sabar,dan tawakal sebagai hikmah dari iman kepada qada dan qadar
  3. peserta didik mampu menjelaskan hikmah beriman kepada qada dan qadar,membuat baganatau infografis mengenai iman kepada qada dan qadar, dan terbiasa mewujudkan ketenangan jiwa dengan tawakal atas qada dan qadar Allah

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 8 DENGAN SENI ISLAMI, KEHIDUPAN SEMAKIN HARMONI

  1. Mampu mendeskripsikan pengertian seni islami,dalil naqliseni islami,ciri-ciri/ kriteriaseni islami,bentuk bentuk ekspresi seni islami (nasid,qasidah,hadrahdll), paratokoh yang menggunakan seni sebagai media dakwah
  2. Mampu mendeskripsikan perilaku muslim terhadap seni yang sejalan dengan nilai-nilai Islam

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 9 MENGENAL IMAM MADZHAB, IBADAH SEMAKIN MANTAB

  1. Peserta didik mampu mendeskripsikan pengertian mazhab,pentingnya bermazhab dalam fikih,empatmazhab dalam fikih,sikap dan perilaku yang mencerminkan meneladani para imam mazhab
  2. Peserta didik mampu menjelaskan klasifikasi taklid, ittibā’ dan ijtihad,dan membuat bagan atau infografis tentang empat mazhab dalam fikih

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 10 MENGAPRESIASI PERADABAN PADA MASA SYAFAWI DAN INDIA MUGHAL

  1. peserta didik mampu mendeskripsikan sejarah peradaban Islam serta kemajuan Islam masa Syafawi di Persia, peserta didik juga dapat membuat timeline mengenai sejarah Islam masa Syafawi,dan peserta didik terbiasa berperilaku gigih dalam berjuang dan menghargai perbedaan
  2. peserta didik mampu mendeskripsikan sejarah peradaban Islam serta kemajuan Islam masa Mughal di India,mampu membuat timeline mengenai sejarah Islam masa Mughal,dan peserta didik terbiasa berperilaku gigih dalam berjuang dan menghargai perbedaan
  3. peserta didik mampu menjelaskan keteladanan dari sejarah peradaban Islam masa Daulah Syafawi dan Mughal, sehingga tertanam sikap meyakini bahwa Islam merupakan agama yang rahmatan lil-‘ālamīn

 

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan mengenai Tujuan Pembelajaran yang hendak di capai pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 9 SMP Semester 2 kurikulum merdeka. Semoga postingan ini dapat membantu bapak/ibu guru yang akan membuat modul ajar maupun sebagai referensi dalam melakukan penginputan tujuan pembelajaran pada aplikasi erapor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel