Tujuan Pembelajaran PAI Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Tujuan Pembelajaran PAI Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sahabat kherysuryawan yang berbahagia admin ucapkan selamat berjumpa di website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai daftar susunan tujuan pembelajaran yang akan menjadi target pencapaian pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas 9 Semester 1 kurikulum merdeka.

 


Tujuan Pembelajaran menjadi hal yang sangat penting bagi guru dan siswa. Guru diharapkan bisa membuat tujuan pembelajaran dari setiap materi yang akan di ajarkan baik sebagai bahan dalam penyusunan modul ajar maupun sebagai bahan dalam melakukan penginputan pada saat melakukan  penilaian di aplikasi erapor, begitu juga dengan siswa yang mana siswa harus bisa memahami dan mengetahui tujuan pembelajaran dari materi yang akan dipelajari agar bisa mencapai apa yang menjadi target tujuan pembelajaran tersebut.

 

Sebagai informasi bahwa di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas 9 Semester 1 kurikulum merdeka ada 5 Bab materi yang akan di pelajari. Di setiap bab terdiri atas beberapa sub bab dan di setiap sub bab memiliki tujuan pembelajarannya masing-masing. Nah, melalui postingan ini admin kherysuryawan akan membantu guru dan siswa dalam mengetahui apa saja yang menjadi tujuan pembelajaran di setiap sub bab pada mata pelajaran PAI Kelas 9 Semester 1 kurikulum merdeka.

 

Baiklah di bawah ini susunan Tujuan Pembelajaran di setiap sub bab pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas 9 Semester 1 kurikulum merdeka:

 

TUJUAN PEMBELAJARAN PAI KELAS 9 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 1 AL-QUR’AN MENGINSPIRASI: MERAIH KESUKSESAN DENGAN SEMANGAT MENCARI ILMU

  1. Peserta didik mampu membaca Q.S.Al-Mujādilah [58]: 11, Q.S.Az-Zumar [39]:9 sesuai kaidah tajwid, khususnya hukum bacaan waqf, membaca hadis tentang keutamaan ilmu, serta terbiasa membaca Al-Qur’an dan hadis dengan benar dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Peserta didik mampu mengartikan Q.S.Al-Mujādilah [58]:11, Q.S. Az-Zumar[39]:9 dan hadis tentang keutamaan mencari ilmu,serta terbiasa mengartikan Al-Qur’an dan hadis dengan benar dalam kehidupan sehari-hari
  3. Peserta didik mampu menulis dan mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Mujādilah [58]:11, Q.S.Az-Zumar [39]:9 dan hadis tentang keutamaan mencari ilmu,serta terbiasa menghafal Al-Qur’an dan hadis dengan lancar dalam kehidupan sehari-hari
  4. Peserta didik mampu menjelaskan kandungan Q.S. Al-Mujādilah[58]:11, Q.S.Az-Zumar [39]:9 dan hadis tentang keutamaan mencari ilmu, sehingga peserta didik meyakini bahwa Allah Swt. akan mengangkat derajat orang-orang yang berilmu serta terbiasa berperilaku semangat dalam mencari ilmu.
  5. Peserta didik mampu membuat paparan tentang biografi singkat salah seorang cendekiawan/ ilmuwan muslim yang berjasa, peserta didik juga dapat meneladani dan menerapkannya dalam kehidupan saat ini

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 2 MEYAKINI HARI AKHIR DENGAN MAWAS DIRI

  1. Peserta didik mampu mendeskripsikan pengertian iman kepada hari akhir,mampu menyimpulkan makna dalil naqlinya dengan benar,sehingga menyakini akan datangnya hari akhir.
  2. Peserta didik mampu mengidentifikasi macam macam nama kiamat,mengaitkan contoh kejadian kehidupan sehari-hari dengan tanda kiamat sugra,mendeskripsikan gambaran peristiwa kiamat kubra dalam Al-Qur’an,menjelaskan tanda tanda sebelum datangnya kiamat berdasarkan Al-Qur’an dan Hadis, sehingga memiliki perilaku mawas diri dalam setiap perbuatan sebagai implementasi pemahaman iman kepada hari akhir
  3. peserta didik mampu mengklasifikasikan kehidupan yang dialami manusia setelah hari kiamat, membuat karya (misalnya infografis, peta konsep) secara kreatif mengenai perjalanan kehidupan yang dialami manusia setelah hari kiamat, serta menunjukkan perilaku mawas diri sebagai bentuk keimanan kepada hari akhir.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 3 INDAHNYA ETIKA PERGAULAN DAN KOMUNIKASI ISLAMI

  1. peserta didik mampu mendeskripsikan pengertian, jenis etika pergaulan, mengidentifikasi contoh perilakunya dalam kehidupan sehari-hari, meyakini bahwa etika pergaulan merupakan perintah Allah Swt. Serta mampu menciptakan suasana dinamis dan harmonis dalam pergaulan sehari-hari
  2. peserta didik mampu mendeskripsikan pengertian komunikasi Islami, mengidentifikasi contoh perilakunya dalam kehidupan sehari-hari, meyakini bahwa komunikasi Islami merupakan perintah Allah Swt. Serta mampu menciptakan suasana dinamis dan harmonis dalam pergaulan sehari-hari
  3. peserta didik mampu membuat karya berupa peta konsep hikmah etika pergaulan Islami, dan karya berupa konten/ postingan/komentar di media sosial

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 4 BERSYUKUR DENGAN AKIKAH PEDULI SESAMA DENGAN BERKURBAN

  1. peserta didik mampu menjelaskan ketentuan dan hikmah penyembelihan hewan dalam ajaran Islam dengan benar,serta mampu menjalankan syariat penyembelihan hewan.
  2. Peserta didik mampu mendemonstrasikan tata cara penyembelihan hewan, serta terbiasa melakukan penyembelihan hewan sesuai ketentuan Islam
  3. peserta didik mampu menjelaskan ketentuan kurban dan ketentuan akikah dengan benar,dan mampu meyakini bahwa ibadah kurban dan akikah merupakan perintah agama Islam
  4. peserta didik mampu mengidentifikasi hikmah kurban dan akikah,serta mampu membuat karya berupa narasi/ video tentang pelaksanaan ibadah kurban atau akikah di lingkungan sekitar rumah secara kreatif, serta peserta didik terbiasa berperilaku peduli terhadap sesama

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 5 MENGAPRESIASI PERADABAN DAULAH USMANI

  1. peserta didik mampu mendeskripsikan sejarah peradaban Islam pada masa Daulah Uṡmani dengan menggunakan Bahasa sendiri, sehingga tertanam keyakinan dalam hati peserta didik bahwa Islam adalah agama yang rahmatan lil-‘ālamīn
  2. peserta didik mampu membuat karya berupa time line mengenai sejarah Islam pada masa Daulah Uṡmani dan kontribusinya untuk peradaban
  3. peserta didik mampu menganalisis kemajuan dan kemunduran Daulah Uṡmani sehingga peserta didik terbiasa berperilaku menghargai hasil karya seni, serta motivasi bekerja keras dan tidak mudah putus asa


Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan mengenai Tujuan Pembelajaran yang hendak di capai pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 9 SMP Semester 1 kurikulum merdeka. Semoga postingan ini dapat membantu bapak/ibu guru yang akan membuat modul ajar maupun sebagai referensi dalam melakukan penginputan tujuan pembelajaran pada aplikasi erapor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel