Tujuan Pembelajaran PAI Kelas 8 semester 2 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Tujuan Pembelajaran PAI Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sahabat
kherysuryawan yang berbahagia admin ucapkan selamat berjumpa di website
pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi
mengenai daftar susunan tujuan pembelajaran yang akan menjadi target pencapaian
pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI
& BP) Kelas 8 Semester 2 kurikulum merdeka.
Tujuan Pembelajaran menjadi hal yang sangat penting bagi
guru dan siswa. Guru diharapkan bisa membuat tujuan pembelajaran dari setiap
materi yang akan di ajarkan baik sebagai bahan dalam penyusunan modul ajar
maupun sebagai bahan dalam melakukan penginputan pada saat melakukan penilaian di aplikasi erapor, begitu juga
dengan siswa yang mana siswa harus bisa memahami dan mengetahui tujuan
pembelajaran dari materi yang akan dipelajari agar bisa mencapai apa yang
menjadi target tujuan pembelajaran tersebut.
Sebagai informasi bahwa di mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas 8 Semester 2 kurikulum
merdeka ada 5 Bab materi yang akan di pelajari. Di setiap bab terdiri atas
beberapa sub bab dan di setiap sub bab memiliki tujuan pembelajarannya
masing-masing. Nah, melalui postingan ini admin kherysuryawan akan membantu
guru dan siswa dalam mengetahui apa saja yang menjadi tujuan pembelajaran di
setiap sub bab pada mata pelajaran PAI Kelas 8 Semester 2 kurikulum merdeka.
Baiklah di bawah ini susunan Tujuan Pembelajaran di
setiap sub bab pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI
& BP) Kelas 8 Semester 2 kurikulum merdeka:
TUJUAN PEMBELAJARAN PAI KELAS 8 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA
TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 6 INSPIRASI AL-QUR’AN: INDAHNYA
BERAGAMA SECARA MODERAT
- Peserta didik dapat membaca Q.S. al-Baqarah/2:143 sesuai kaidah tajwid, khususnya hukum bacaan nun sukun / tanwin dan mim sukun, dengan benar serta terbiasa membaca al-Qur’an dengan disiplin.
- Peserta didik dapat menghafal Q.S. al-Baqarah/2:143 dan hadis tentang sikap moderat dalam beragama dengan lancar serta terbiasa menghafalkan al Quran dengan penuh semangat.
- Peserta didik dapat menjelaskan kandungan Q.S. al-Baqarah/2:143 dan hadis tentang sikap moderat dalam beragama dengan benar serta meyakini kebenaran Islam sebagai agama yang mengajarkan sikap moderat
- Peserta didik dapat menyelesaikan persoalan hubungan intern dan antar umat beragama dalam kehidupan sehari-hari dengan baik serta dapat menjalankan agama secara moderat dalam kehidupan sehari-hari.
- Peserta didik dapat menulis Q.S. al-Baqarah/2:143 dan hadis tentang sikap moderat dengan benar dan menyusun pantun yang berisi tentang pentingnya sikap moderat dalam beragama dengan baik serta tertanam sikap saling menghargai perbedaan antar dan intern umat beragama.
TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 7 MEYAKINI NABI DAN RASUL ALLAH:
MENJADI GENERASI DIGITAL YANG BERKARAKTER
- Peserta didik dapat menjelaskan makna iman kepada Nabi dan Rasul Allah dengan benar serta meyakini bahwa Allah Swt mengutus para nabi dan rasul untuk menyampaikan wahyu kepada umat manusia
- Peserta didik dapat memberikan contoh penerapan keteladanan terhadap nabi dan rasul dalam kehidupan generasi digital dengan benar serta menjadi pribadi yang bertanggung jawab, jujur, dan dapat dipercaya
- Peserta didik dapat menyusun paparan tentang penerapan sifat-sifat Rasul dalam kehidupan generasi digital serta terbiasa meneladani sifat-sifat nabi dan rasul dalam kehidupan sehari-hari
TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 8 MENJADI GENERASI TOLERAN
MEMBANGUN HARMONI INTERN DAN ANTAR UMAT BERAGAMA
- Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan teori dan praktik toleransi menurut Islam, serta menerima hakikat perbedaan sebagai sunnatullah
- Peserta didik diharapkan mampu mengevaluasi praktik keberagamaan umat Islam di lingkungan masyarakat yang majemuk, serta memiliki keragaman yang toleran
- Peserta didik mampu membuat quote yang berisi pentingnya toleransi dalam ajaran Islam, serta memiliki sikap toleran intern maupun antar umat beragama
TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 9 MENJADI PRIBADI YANG DAPAT
DIPERCAYA SERTA TERHINDAR DARI RIBA DALAM JUAL BELI DAN HUTANG PIUTANG
- Peserta didik mampu menjelaskan pengertian dan konsep jual beli, hutang piutang, dan riba menurut ketentuan fikih muamalah, serta menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari
- Peserta didik mampu menyelesaikan masalah-masalah jual beli, hutang piutang, dan riba di era modern sesuai dengan ketentuan fikih muamalah, serta terbiasa bersikap jujur, bertanggung jawab, dan dapat dipercaya dalam bermuamalah
- Peserta didik mampu menyajikan praktik jual beli dan hutang piutang yang sesuai dengan ketentuan fikih muamalah, serta terbiasa bertanggung jawab dalam menjalankan amanah
- Peserta didik mampu menyajikan paparan tentang jual beli, hutang piutang, dan riba menurut ketentuan fikih muamalah, serta menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya
TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 10 MENELADANI INSPIRASI DAN
KONTRIBUSI ILMUWAN MUSLIM PADA MASA BANI ABBASIYAH UNTUK KEMANUSIAAN DAN
PERADABAN
- Peserta didik mampu menjelaskan peran ilmuwan muslim pada masa Bani Abbasiyah dalam menginspirasi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi dan kontribusinya untuk kemanusiaan dan peradaban dengan benar, serta termotivasi untuk menjalankan ajaran agama dalam mencari ilmu
- Peserta didik dapat menjelaskan ekspresi keindahan dan seni pada masa Bani Abbasiyah dengan benar, serta mampu menghargai hasil karya seni.
- Peserta didik dapat membuat infografis mengenai peran ilmuwan muslim pada masa Bani Abbasiyah dalam menginspirasi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi serta kontribusinya untuk kemanusiaan dan peradaban dengan baik, serta memiliki rasa ingin tahu dan bersemangat menjadi pembelajar sepanjang hayat
Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan mengenai
Tujuan Pembelajaran yang hendak di capai pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam (PAI) Kelas 8 SMP Semester 2 kurikulum merdeka. Semoga postingan ini
dapat membantu bapak/ibu guru yang akan membuat modul ajar maupun sebagai
referensi dalam melakukan penginputan tujuan pembelajaran pada aplikasi erapor.