Tujuan Pembelajaran PAI Kelas 8 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Tujuan Pembelajaran PAI Kelas 8 Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sahabat kherysuryawan yang berbahagia admin ucapkan selamat berjumpa di website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai daftar susunan tujuan pembelajaran yang akan menjadi target pencapaian pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas 8 Semester 1 kurikulum merdeka.

 


Tujuan Pembelajaran menjadi hal yang sangat penting bagi guru dan siswa. Guru diharapkan bisa membuat tujuan pembelajaran dari setiap materi yang akan di ajarkan baik sebagai bahan dalam penyusunan modul ajar maupun sebagai bahan dalam melakukan penginputan pada saat melakukan  penilaian di aplikasi erapor, begitu juga dengan siswa yang mana siswa harus bisa memahami dan mengetahui tujuan pembelajaran dari materi yang akan dipelajari agar bisa mencapai apa yang menjadi target tujuan pembelajaran tersebut.

 

Sebagai informasi bahwa di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas 8 Semester 1 kurikulum merdeka ada 5 Bab materi yang akan di pelajari. Di setiap bab terdiri atas beberapa sub bab dan di setiap sub bab memiliki tujuan pembelajarannya masing-masing. Nah, melalui postingan ini admin kherysuryawan akan membantu guru dan siswa dalam mengetahui apa saja yang menjadi tujuan pembelajaran di setiap sub bab pada mata pelajaran PAI Kelas 8 Semester 1 kurikulum merdeka.

 

Baiklah di bawah ini susunan Tujuan Pembelajaran di setiap sub bab pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas 8 Semester 1 kurikulum merdeka:

 

TUJUAN PEMBELAJARAN PAI KELAS 8 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 1 INSPIRASI AL-QUR’AN: MELESTARIKAN ALAM, MENJAGA KEHIDUPAN

  • Peserta didik dapat membaca Q.S. ar-Rum/30:41, Ibrahim/14:32, dan az Zukhruf/43:13 sesuai kaidah tajwid, khususnya hukum bacaan ra dan lam jalalah, dengan benar serta terbiasa membaca al-Qur’an dengan disiplin.
  • Peserta didik dapat menghafal Q.S ar-Rum/30:41, Ibrahim/14:32, dan az-Zukhruf/43:13 dan hadis tentang pelestarian alam dengan lancar serta terbiasa menghafalkan al-Quran dengan penuh semangat.
  • Peserta didik dapat menjelaskan kandungan Q.S ar-Rum/30:41, Ibrahim/14:32, dan az-Zukhruf/43:13 dan hadis tentang pelestarian alam dengan benar serta dapat mensyukuri alam semesta ciptaan Allah Swt.
  • Peserta didik dapat merumuskan program pelestarian alam dan perawatan lingkungan sekitar dengan benar serta bersikap ramah terhadap alam dan lingkungan sekitar.
  • Peserta didik dapat membuat video dokumentasi program pelestarian alam dan perawatan lingkungan sekitar dengan baik serta berperilaku menjaga dan merawat alam dan lingkungan sekitar dan menulis Q.S ar-Rum/30:41, Ibrahim/14:32, dan az Zukhruf/43:13 dan hadis tentang pelestarian alam dengan benar.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 2 MEYAKINI KITAB-KITAB ALLAH: MENJADI GENERASI PECINTA AL-QUR’AN YANG TOLERAN

  • Peserta didik mampu menjelaskan makna iman kepada kitab kitab Allah dengan benar serta memiliki rasa ingin tahu terhadap sejarah kitab-kitab Allah dan terbiasa membaca al Qur’an setiap hari.
  • Peserta didik dapat menjelaskan cara mencintai al-Qur’an dan cara membangun hubungan dengan orang yang beriman kepada kitab terdahulu dengan benar serta memiliki perilaku terpuji dan bersikap toleran terhadap perbedaan dan memiliki adab terhadap al-Qur’an
  • Melalui model pembelajaran berbasis produk, peserta didik dapat membuat infografis time line diturunkannya kitab-kitab Allah kepada para nabi dan rasul dengan benar serta tumbuh sikap mencintai al-Qur’an dan memiliki sikap menghargai kitab suci agama lain

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 3 MENJADI PRIBADI BERINTEGRITAS DENGAN SIFAT AMANAH DAN JUJUR

  • Peserta didik dapat menjelaskan pengertian sikap amanah dan jujur, cara berperilaku amanah dan jujur, serta menunjukkan contoh perilaku amanah dan jujur dalam kehidupan sehari-hari dengan baik, serta meyakini bahwa Allah Maha Mengetahui sehingga memiliki sikap jujur dan bertanggung jawab
  • Peserta didik dapat menemukan hikmah sikap amanah dan jujur dalam kehidupan sehari-hari dengan benar, serta meyakini bahwa manusia akan mempertanggungjawabkan amanah yang dipegangnya di hadapan Allah Swt. sehingga termotivasi untuk berperilaku amanah dan jujur
  • Peserta didik dapat membuat poster mengenai pentingnya menjaga amanah dan kejujuran dengan baik, serta meyakini bahwa manusia yang menjaga amanah dan kejujuran akan mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat sehingga memiliki sikap disiplin dan bertanggungjawab dalam menjaga amanah

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 4 IBADAH DENGAN DISIPLIN DAN PENUH HARAP KEPADA ALLAH SWT SERTA PEDULI TERHADAP SESAMA MELALUI SALAT GERHANA, ISTISKA, DAN JENAZAH

  • Peserta didik dapat menjelaskan pengertian salat gerhana dan istiska beserta ketentuan dan tata cara pelaksanaannya dengan benar, menjalankan ketentuan agama sesuai syariat, serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
  • Peserta didik dapat menjelaskan pengertian salat jenazah beserta ketentuan dan tata cara pelaksanaannya dengan benar, menjalankan ketentuan agama sesuai syariat, serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
  • Peserta didik dapat menemukan sikap penuh harap kepada Allah Swt dan kepedulian sosial dalam salat gerhana, istiska, dan jenazah dengan baik, memiliki sikap penuh harap kepada Allah Swt, serta peduli terhadap sesame
  • Peserta didik dapat mempraktikkan salat gerhana, istiska, dan jenazah sesuai dengan ketentuan dengan benar, menjalankan ketentuan agama sesuai syariat, serta memiliki sikap disiplin

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 5 MENELADANI PRODUKTIVITAS DALAM BERKARYA DAN SEMANGAT LITERASI MASA KEEMASAN ISLAM ERA DAULAH ABBASIYAH (750-1258 M)

  • Peserta didik dapat menjelaskan sejarah keemasan Islam pada era Daulah Bani Abbasiyah serta meyakini bahwa mencari ilmu merupakan ajaran agama Islam dan memiliki semangat untuk menjalankannya.
  • Peserta didik dapat menjelaskan perkembangan seni dan Bait al-Ḥikmah di era Daulah Bani Abbasiyah serta memiliki kecintaan terhadap seni dan pengetahuan Islam dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk mendalaminya
  • Peserta didik dapat membuat infografis Bait al-Ḥikmah sebagai bentuk Keharmonisan intelektual antar-agama

 

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan mengenai Tujuan Pembelajaran yang hendak di capai pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 8 SMP Semester 1 kurikulum merdeka. Semoga postingan ini dapat membantu bapak/ibu guru yang akan membuat modul ajar maupun sebagai referensi dalam melakukan penginputan tujuan pembelajaran pada aplikasi erapor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel