Tujuan Pembelajaran PAI Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Tujuan Pembelajaran PAI Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sahabat kherysuryawan yang berbahagia admin ucapkan selamat berjumpa di website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai daftar susunan tujuan pembelajaran yang akan menjadi target pencapaian pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) kelas 7 Semester 2 kurikulum merdeka.

 


Tujuan Pembelajaran menjadi hal yang sangat penting bagi guru dan siswa. Guru diharapkan bisa membuat tujuan pembelajaran dari setiap materi yang akan di ajarkan baik sebagai bahan dalam penyusunan modul ajar maupun sebagai bahan dalam melakukan penginputan pada saat melakukan  penilaian di aplikasi erapor, begitu juga dengan siswa yang mana siswa harus bisa memahami dan mengetahui tujuan pembelajaran dari materi yang akan dipelajari agar bisa mencapai apa yang menjadi target tujuan pembelajaran tersebut.

 

Sebagai informasi bahwa di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) kelas 7 Semester 2 kurikulum merdeka ada 5 Bab materi yang akan di pelajari. Di setiap bab terdiri atas beberapa sub bab dan di setiap sub bab memiliki tujuan pembelajarannya masing-masing. Nah, melalui postingan ini admin kherysuryawan akan membantu guru dan siswa dalam mengetahui apa saja yang menjadi tujuan pembelajaran di setiap sub bab pada mata pelajaran PAI kelas 7 Semester 2 kurikulum merdeka.

 

Baiklah di bawah ini susunan Tujuan Pembelajaran di setiap sub bab pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) kelas 7 Semester 2 kurikulum merdeka:

 

TUJUAN PEMBELAJARAN PAI KELAS 7 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 6 ALAM SEMESTA SEBAGAI TANDA KEKUASAAN ALLAH SWT.

  1. Peserta didik dapat membaca Q.S. al Anbiyā’/30 :21 dan Q.S. al-A’rāf/54 :7 sesuai kaidah ilmu tajwid, khususnya hukum bacaan gunnah.
  2. Peserta didik dapat menghafal Q.S. al Anbiyā’/30 :21 dan Q.S. al-A’rāf/54 :7 sesuai kaidah tajwid.
  3. Peserta didik dapat menelaah kandungan Q.S. al-Anbiyā’/30 :21 dan Q.S. al-A’rāf/:7 54 dan hadis tentang penciptaan dan keteraturan alam semesta serta cara bersyukur terhadap apa yang diciptakan Allah Swt.
  4. Peserta didik dapat menjelaskan pesan Nabi Muhammad Saw. untuk menguasai ilmu pengetahuan dan nilai-nilai yang dapat dipetik dari penciptaan dan pengaturan alam semesta.
  5. Peserta didik dapat membuat karya teks do’a pada plano berisi rasa syukur atas penciptaan alam semesta yang indah dengan benar.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 7 MAWAS DIRI DAN INTROSPEKSI DALAM MENJALANI KEHIDUPAN

  1. Peserta didik dapat menghubungkan fungsi iman kepada malaikat dengan aktivitas kehidupan.
  2. Peserta didik dapat menunjukkan cara menumbuhkan karakter positif sehingga tertanam dorongan untuk beramal baik dan menjauhi amal yang buruk dengan benar.
  3. Peserta didik dapat membuat infografis mengenai tugas para malaikat dengan canva atau piktochart dengan benar.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 8 MENGHINDARI GIBAH DAN MELAKSANAKAN TABAYUN

  1. Peserta didik dapat mendeskripsikan pesan Islam untuk harmonisasi sosial dengan menghindari gibah dan menumbuhkan sikap tabayun dengan benar.
  2. Peserta didik dapat menelaah perbedaan antara konten gibah dengan kritik dan review produk di media sosial dengan benar.
  3. Peserta didik dapat menyusun review konten di media sosial dengan benar.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 9 RUKHṢAH: KEMUDAHAN DARI ALLAH SWT DALAM BERIBADAH KEPADA-NYA

  1. Peserta didik dapat menjelaskan makna rukhsah dalam ibadah.
  2. Peserta didik dapat menjelaskan makna rukhsah dalam ibadah.
  3. Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai rukhsah dalam salat, puasa, zakat, dan haji.
  4. Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai rukhsah dalam salat, puasa, zakat, dan haji.
  5. Peserta didik dapat membuat bagan atau tabel mengenai rukhsah dalam salat, puasa zakat dan haji.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 10 ANDALUSIA: KOTA PERADABAN ISLAM DI BARAT (756-1031 M)

  1. Peserta didik dapat menceritakan sejarah Bani Umayyah di Andalusia.
  2. Peserta didik dapat menjelaskan perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah di Andalusia.
  3. Peserta didik dapat membuat bagan, infografis, atau timeline perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah di Andalusia.

 

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan mengenai Tujuan Pembelajaran yang hendak di capai pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 7 SMP Semester 2 kurikulum merdeka. Semoga postingan ini dapat membantu bapak/ibu guru yang akan membuat modul ajar maupun sebagai referensi dalam melakukan penginputan tujuan pembelajaran pada aplikasi erapor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel