Tujuan Pembelajaran PAI Kelas 7 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Tujuan Pembelajaran PAI Kelas 7 Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sahabat kherysuryawan yang berbahagia admin ucapkan selamat berjumpa di website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai daftar susunan tujuan pembelajaran yang akan menjadi target pencapaian pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) kelas 7 semester 1 kurikulum merdeka.

 


Tujuan Pembelajaran menjadi hal yang sangat penting bagi guru dan siswa. Guru diharapkan bisa membuat tujuan pembelajaran dari setiap materi yang akan di ajarkan baik sebagai bahan dalam penyusunan modul ajar maupun sebagai bahan dalam melakukan penginputan pada saat melakukan  penilaian di aplikasi erapor, begitu juga dengan siswa yang mana siswa harus bisa memahami dan mengetahui tujuan pembelajaran dari materi yang akan dipelajari agar bisa mencapai apa yang menjadi target tujuan pembelajaran tersebut.

 

Sebagai informasi bahwa di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) kelas 7 semester 1 kurikulum merdeka ada 5 Bab materi yang akan di pelajari. Di setiap bab terdiri atas beberapa sub bab dan di setiap sub bab memiliki tujuan pembelajarannya masing-masing. Nah, melalui postingan ini admin kherysuryawan akan membantu guru dan siswa dalam mengetahui apa saja yang menjadi tujuan pembelajaran di setiap sub bab pada mata pelajaran PAI kelas 7 semester 1 kurikulum merdeka.

 

Baiklah di bawah ini susunan Tujuan Pembelajaran di setiap sub bab pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) kelas 7 semester 1 kurikulum merdeka:

 

TUJUAN PEMBELAJARAN PAI KELAS 7 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 1 AL-QUR’AN DAN SUNAH SEBAGAI PEDOMAN HIDUP

  1. Peserta didik dapat membaca Q.S an-Nisā/59 :4 dan Q.S. an-Naḥl/64 :16 sesuai kaidah ilmu tajwid, khususnya hukum bacaan alif lām syamsiyyah dan alif lām qamariyyah
  2. Peserta didik dapat menghafal Q.S an Nisā/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64 sesuai kaidah tajwid
  3. Peserta didik dapat menjelaskan kandungan Q.S an-Nisā/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64 tentang kedudukan hadis terhadap Al-Qur’an, seh ingga sehingga dapat menampilkan perilaku semangat dalam mengamal kan Al-Qur’an dan hadis
  4. Peserta didik dapat menjelaskan kandungan Q.S an-Nisā/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64 tentang kedudukan hadis terhadap Al-Qur’an, seh ingga sehingga dapat menampilkan perilaku semangat dalam mengamal kan Al-Qur’an dan hadis
  5. Peserta didik membuat karya berupa peta konsep definisi hadis dan fungsinya atas Al-Qur’an dalam Simple Mind Lite

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 2 MENELADAN NAMA DAN SIFAT ALLAH UNTUK KEBAIKAN HIDUP

  1. Peserta didik dapat memahami sifat dan makna nama Allah Swt. yang berkaitan dengan al-Asmā’ al-Husnā al-‘Ali̅m, al- Khabi̅r, al-Sami̅’, dan al-Baṣi̅r.
  2. Peserta didik dapat menemukan cara menampilkan perilaku percaya diri, tekun, teliti, menjadi pendengar yang baik, dan visioner
  3. Peserta didik dapat membuat poster mengenai sikap beriman kepada Allah Swt melalui al-asmā a-ḥusnā.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 3 MENGHADIRKAN SALAT DAN ZIKIR DALAM KEHIDUPAN

  1. Peserta didik dapat menghubungkan hakikat salat dan zikir dengan pencegahan perbuatan keji dan munkar
  2. Peserta didik dapat menuliskan contoh perilaku ketakwaan sebagai pemaknaan salat dan zikir dalam mencegah perbuatan keji dan munkar di lingkungan sosial.
  3. Peserta didik dapat membuat quote tentang salat dan zikir mencegah perbuatan keji dan munkar dalam media sosial atau media lainnya

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 4 MENGAGUNGKAN ALLAH SWT. DENGAN TUNDUK PADA PERINTAH-NYA

  1. Peserta didik dapat menjelaskan dapat menjelaskan perintah agama untuk sujud syukur, sahwi dan tilawah
  2. Peserta didik dapat menjelaskan tata cara sujud sahwi, tilawah, dan syukur sebagai sikap patuh terhadap aturan Allah Swt
  3. Peserta didik dapat menjelaskan hikmah melaksanakan sujud syukur, sahwi dan tilawah
  4. Peserta didik dapat mempraktekkan sujud sahwi, tilawah, dan syukur sesuai ketentuan

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB 5 DAMASKUS: PUSAT PERADABAN TIMUR ISLAM (661-750 M)

  1. Peserta didik dapat menceritakan sejarah berdirinya Bani Umayyah di Damaskus.
  2. Peserta didik dapat menjelaskan kemajuan peradaban Islam pada masa Bani Umayyah di Damaskus dalam bidang pemerintahan, hukum, sosial, ekonomi, keagamaan, dan pendidikan
  3. Peserta didik dapat membuat bagan time line perkembangan peradaban Islam pada masa Bani Umayyah sehingga dapat memetik nilai Islami dari kemajuan peradaban.

 

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan mengenai Tujuan Pembelajaran yang hendak di capai pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 7 SMP semester 1 kurikulum merdeka. Semoga postingan ini dapat membantu bapak/ibu guru yang akan membuat modul ajar maupun sebagai referensi dalam melakukan penginputan tujuan pembelajaran pada aplikasi erapor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel