Tujuan Pembelajaran IPS Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Tujuan Pembelajaran IPS Kelas 8 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada postingan kali ini admin akan membahas tentang apa-apa saja yang menjadi fokus pembelajaran atau lebih tepatnya tujuan pembelajaran yang ingin di capai dalam pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas 8 SMP kurikulum merdeka.

 


Mata pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang di pelajari di jenjang SMP pada kurikulum merdeka. Di jenjang SMP mata pelajaran IPS telah menjadi mata pelajaran terpadu yang artinya bahwa materi yang akan di pelajari meliputi IPS Ekonomi, IPS Geografi, IPS Sejarah dan IPS Sosiologi . Di setiap materi yang akan dipelajari tentunya memiliki tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

 

Tujuan pembelajaran sangat penting untuk di pilih oleh guru sebagai sebuah target pencapaian peserta didik. Tujuan pembelajaran menjadi fokus utama bagi guru dalam melakukan aktivitas mengajar, selain itu tujuan pembelajaran juga sangat penting untuk di tentukan sebagai bahan dalam penyusunan modul ajar dan juga sebagai inputan dalam aplikasi erapor.

 

Melalui postingan ini admin kherysuryawan ingin menyampaikan apa saja tujuan pembelajaran yang akan di capai pada pembelajaran IPS di Kelas 8 SMP Semester 2 kurikulum merdeka. Adapun tujuan pembelajaran yang akan admin paparkan di artikel ini telah di sesuaikan dengan materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran IPS Kelas 8 SMP Semester 2 kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran IPS Kelas 8 Semester 2 terdiri atas 2 Tema yakni di mulai dari Tema 3 dan Tema 4.

Di bawah ini pemaparan tujuan pembelajaran dimasing-masing Tema pada mata pelajaran IPS Kelas 8 Semester 2 kurikulum merdeka.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN IPS KELAS 8 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

 

Tujuan Pembelajaran Tema 03 “Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa”

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Mendeskripsikan hubungan kondisi geografis dengan kedatangan kolonialisme dan imperialisme di Indonesia
  2. Menganalisis pengaruh kolonialisme dan imperialisme di Indonesia
  3. Menjelaskan proses bangsa Indonesia memperjuangkan ke merdekaan
  4. Menganalisis upaya pemerataan pembangunan ekonomi di Indonesia
  5. Merancang aktivitas penyelesaian konflik dan upaya meningkatkan integrasi sosial.

 

Tujuan Pembelajaran Tema 04 “Pembangunan Perekonomian Indonesia”

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Membandingkan perekonomian masayarakat pada masa awal kemerdekaan, Orde Baru, dan Reformasi
  2. Menjelaskan kerja sama ekonomi antarbangsa
  3. Menganalisis kegiatan ekspor impor dalam perekonomian inter nasional
  4. Menganalisis perkembangan penduduk Indonesia
  5. Merancang pengembangan ekonomi kreatif berbasis teknologi.


Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan mngenai tujuan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (IPS) Kelas 8 SMP Semester 2 kurikulum merdeka. Semoga postingan ini dapat membantu bapak/ibu guru yang akan membuat modul ajar maupun sebagai referensi dalam melakukan penginputan tujuan pembelajaran pada aplikasi erapor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel