Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Sem.2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, bagaimana kabar anda hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Admin ucapkan selamat dating dan selamat berjumpa di website pendidikan ini. Pada postingan kali ini admin akan membahas tentang informasi pendidikan yaitu berhubungan dengan tujuan pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester 2 kurikulum merdeka.

 


Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata wajib yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka. Kita ketahui bersama bahwa saat ini semua sekolah telah menggunakan kurikulum merdeka sehingga dalam proses pembelajaran di kelas nantinya guru dan siswa pastinya akan belajar dengan mangacu pada buku teks pelajaran yang telah terintegrasi dengan kurikulum merdeka.

 

Di setiap materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pastinya terdapat tujuan pembelajaran yang hendak dicapai oleh siswa sebagai pembelajar. Tujuan Pembelajaran (TP) merupakan hal penting yang harus dibuat oleh guru saat akan melakukan aktivitas mengajar. Tujuan pembelajaran juga akan menjadi bahan yang sangat penting saat guru akan menyusun modul ajar maupun saat akan melakukan penilaian pada aplikasi erapor.

 

Melalui artikel ini admin kherysuryawan akan memberikan daftar susunan tujuan pembelajaran yang terdapat dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 kurikulum merdeka. Tujuan pembelajaran yang akan admin sajikan ini telah di sesuaikan dengan inti materi yang akan di pelajari di mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka terdiri atas 3 Bab. Di setiap Bab juga telah disusun tujuan pembelajarannya secara lengkap.

Untuk mengetahui apa saja yang akan menjadi tujuan pembelajaran dimasing-masing Bab pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 kurikulum merdeka, maka di bawah ini sajian lengkapnya :

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

 

 TUJUAN PEMBELAJARAN BAB IV: AKSI NYATA PARA PELINDUNG BUMI

  1. Peserta didik menerapkan strategi memahami teks berita eksplanasi dengan mengonfirmasi prediksi yang telah dibuatnya dengan tepat.
  2. Peserta didik berlatih menerapkan strategi kosakata dengan menemukan arti kata pada kamus atau ensiklopedia dengan mandiri.
  3. Peserta didik mengenali ragam berita dalam jenis media yang berbeda dengan membandingkan fitur berita cetak dan daring dengan kritis.
  4. Peserta didik mengenali fitur dalam teks berita audiovisual dengan menyimpulkan informasi dan menemukenali fitur di dalamnya dengan baik.
  5. Peserta didik menyimpulkan perbandingannya terhadap berita pada ragam media dengan membandingkan teks pada judul, teras, dan isi berita cetak, daring, dan audiovisual dengan jeli.
  6. Peserta didik memperdalam pengetahuan tentang unsur kebahasaan dalam teks berita eksplanasi dengan menandai jenis kalimat dalam teks berita tersebut dengan teliti.
  7. Peserta didik mengembangkan keterampilan memilah informasi dengan kritis dengan menganalisis kevalidan sumber berita dengan kritis.
  8. Peserta didik berlatih menyampaikan informasi secara sistematis, terstruktur, dan efektif melalui kegiatan menulis teks berita sederhana dengan baik dan akurat.
  9. Peserta didik berlatih memaparkan gagasannya secara lisan atau audiovisual dengan menyajikan teks berita yang disusunnya melalui aplikasi dan situs perekam suara dengan menarik.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB V: MEMBUKA GERBANG DUNIA

  1. Peserta didik mengembangkan strategi memahami cerita dengan memprediksi gambar sampul cerita dengan baik.
  2. Peserta didik mampu melakukan inferensi terhadap bacaan dengan berlatih menyimpulkan suasana cerita dan emosi tokoh dengan baik.
  3. Peserta didik menginterpretasi emosi tokoh dengan bantuan gambar melalui kegiatan menjawab pertanyaan pada bacaan Itam dan U dengan analitis.
  4. Peserta didik mengenali perbedaan dan persamaan bagian-bagian pada buku fiksi dan nonfiksi dengan membandingkannya bagian tersebut dengan teliti.
  5. Peserta didik menuliskan tanggapannya terhadap bacaan dengan menuliskan rangkuman bacaan berdasarkan gagasan pokok dari setiap subbab dengan baik.
  6. Peserta didik menuliskan tanggapannya terhadap bacaan dengan mengelompokkan ide yang muncul dalam proses membaca dalam format peta pikiran dengan baik.
  7. Peserta didik menganalisis tanggapan dengan menemukenali elemen tanggapan dan menilai tanggapan tersebut secara kritis.
  8. Peserta didik berlatih menyajikan tanggapan terhadap teks nonfiksi secara lisan dengan memaparkan tanggapannya terhadap teks “B.J. Habibie, Perpaduan Kecerdasan dan Tekad” dengan efektif dan santun.
  9. Peserta didik mengenali ragam kalimat dalam teks tanggapan melalui latihan mengategorikan kalimat dengan tepat
  10. Peserta didik menemukenali struktur teks tanggapan dengan mengategorikan tiap paragraf dalam struktur tersebut dengan tepat.
  11. Peserta didik berlatih menyajikan tanggapannya terhadap sebuah buku dengan menulis sebuah tanggapan yang baik dan efektif.
  12. Peserta didik berlatih menyajikan tanggapannya terhadap sebuah buku dengan menyajikannya secara lisan/audiovisual dalam media yang diplihnya secara baik dan efektif.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB VI: SAMPAIKAN MELALUI SURAT

  1. Peserta didik melatih kemampuannya mengakses informasi dan menganalisis tujuan penulisan surat melalui kegiatan menjawab pertanyaan secara tepat.
  2. Peserta didik mengenal surat resmi dengan menganalisis bentuk, isi bahasanya dan membandingkannya dengan surat pribadi dengan baik.
  3. Peserta didik memahami isi surat resmi dengan berlatih menggunakan kosakata baru dalam beragam konteks dengan baik.
  4. Peserta didik membandingkan surat pribadi dan surat resmi dengan menemukenali perbedaan bentuk, unsur, tujuan, serta aspek kebahasaan dalam surat pribadi dan surat resmi dengan teliti.
  5. Peserta didik mendiskusikan perbandingan surat pembaca dan surat resmi dengan merujuk kepada informasi pendukung, yaitu aspek surat, dengan baik
  6. Peserta didik mengenali konteks dan mitra bincang dalam kegiatan komunikasi dengan menganalisis kata sapaan untuk pembicaraan di media sosial dengan baik.
  7. Peserta didik memahami unsur kebahasaan dalam surat dengan menandai penggunaan pronomina dalam surat pembaca, surat resmi, surat pribadi, dan pesan di media sosial yang telah dibacanya.
  8. Peserta didik berkomunikasi secara tertulis dengan menulis pesan secara ringkas dan santun.
  9. Peserta didik mendiskusikan analisisnya terhadap informasi diruang bincang daring dengan memberikan saran untuk pengambilan keputusan secara kritis.
  10. Peserta didik mengembangkan analisis dan refleksinya dengan menulis saran untuk pengambilan keputusan secara bijak.
  11. Peserta didik berlatih menulis surat resmi dengan melengkapi draf surat dengan kosakata baku yang tepat.
  12. Peserta didik berlatih berkomunikasi secara tertulis sesuai tujuan dan konteks dengan menulis surat pribadi kepada seorang sahabat menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun
  13. Peserta didik berlatih berkomunikasi secara tertulis sesuai tujuan dan konteks dengan menulis surat pribadi kepada seorang sahabat di media sosial daring menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun.

 

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan mngenai tujuan pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka. Semoga postingan ini dapat membantu bapak/ibu guru yang akan membuat modul ajar maupun sebagai referensi dalam melakukan penginputan tujuan pembelajaran pada aplikasi erapor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel