Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Sem.1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, bagaimana kabar anda hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Admin ucapkan selamat dating dan selamat berjumpa di website pendidikan ini. Pada postingan kali ini admin akan membahas tentang informasi pendidikan yaitu berhubungan dengan tujuan pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP semester 1 kurikulum merdeka.

 


Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata wajib yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka. Kita ketahui bersama bahwa saat ini semua sekolah telah menggunakan kurikulum merdeka sehingga dalam proses pembelajaran di kelas nantinya guru dan siswa pastinya akan belajar dengan mangacu pada buku teks pelajaran yang telah terintegrasi dengan kurikulum merdeka.

 

Di setiap materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pastinya terdapat tujuan pembelajaran yang hendak dicapai oleh siswa sebagai pembelajar. Tujuan Pembelajaran (TP) merupakan hal penting yang harus dibuat oleh guru saat akan melakukan aktivitas mengajar. Tujuan pembelajaran juga akan menjadi bahan yang sangat penting saat guru akan menyusun modul ajar maupun saat akan melakukan penilaian pada aplikasi erapor.

 

Melalui artikel ini admin kherysuryawan akan memberikan daftar susunan tujuan pembelajaran yang terdapat dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 kurikulum merdeka. Tujuan pembelajaran yang akan admin sajikan ini telah di sesuaikan dengan inti materi yang akan di pelajari di mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka terdiri atas 3 Bab. Di setiap Bab juga telah disusun tujuan pembelajarannya secara lengkap.

Untuk mengetahui apa saja yang akan menjadi tujuan pembelajaran dimasing-masing Bab pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 kurikulum merdeka, maka di bawah ini sajian lengkapnya :

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 7 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB I JELAJAH NUSANTARA

  1. Peserta didik dapat menemukan informasi eksplisit pada teks deskripsi dan menyimpulkannya melalui kegiatan menjawab pertanyaan dengan tepat.
  2. Peserta didik mengidentifikasi gaya penulisan teks deskripsi di media sosial dengan menuliskan kalimat ungkapan yang menyapa pembaca dengan baik.
  3. Peserta didik mengembangkan pemahamannya terhadap kata-kata yang jarang muncul dengan menemukan arti kata pada kamus secara mandiri dan tepat.
  4. Peserta didik berlatih mengenali gaya penyajian teks deskripsi yang efektif dan memikat pembaca sasaran melalui latihan menuliskan ulang kalimat perincian dan menemukenali kalimat majas personifikasi.
  5. Peserta didik memaparkan gagasannya dengan menyajikan deskripsinya terhadap gambar secara lisan menggunakan kalimat perincian yang memikat.
  6. Peserta didik menilai efektivitas informasi dengan berlatih menganalisis deskripsi teks dan visual dalam pamflet dengan kritis.
  7. Peserta didik menganalisis ragam teks deskripsi lisan dengan membandingkan objek yang dijelaskan, ragam sapaan menurut mitra tutur, dan tujuan penutur dengan baik.
  8. Peserta didik menganalisis ragam teks deskripsi lisan dengan membandingkan ciri ciri kalimat yang menjelaskan objek yang berbeda dengan baik.
  9. Siswa menyajikan teks deskripsi dengan baik melalui latihan menyunting penggunaan huruf kapital, tanda titik, tanda koma, serta kata depan dalam kalimat dengan tepat.
  10. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi sederhana dengan berlatih menjelaskan benda kesukaannya dengan baik, sesuai dengan konteks dan pembaca.
  11. Peserta didik memahami paparan orang lain dengan gestur yang baik dan menghargai dengan berlatih menilai paparan lisan teman.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB II: BERKELANA DI DUNIA IMAJINASI

  1. Peserta didik mengungkapkan pemahamannya terhadap puisi rakyat dengan membandingkan jenis dan unsur puisi rakyat dengan teliti.
  2. Peserta didik menjelaskan pendapatnya melalui kegiatan menginterpretasi tujuan penulisan puisi dengan baik.
  3. Peserta didik memahami dan menyimpulkan informasi dari teks lisan yang disimaknya dengan menjawab pertanyaan tentang macapat Kinanthi yang diperdengarkan kepadanya.
  4. Peserta didik mampu mengekspresikan ide melalui latihan menulis puisi rakyat.
  5. Peserta didik mampu mengekspresikan ide melalui latihan mengkreasikan puisi rakyat dengan musik untuk memikat pemirsa.
  6. Peserta didik menganalisis perubahan lebih perinci dalam alur cerita teks naratif dengan menjawab pertanyaan tentang cerita “Bola-Bola Waktu” dengan baik.
  7. Peserta didik berlatih menuliskan pemahamannya tentang apa yang dihadapi tokoh cerita dengan runtut.
  8. Peserta didik melatih kemampuannya untuk mendiskusikan sifat tokoh cerita dan amanat penulis dalam teks naratif dengan membandingkan jawabannya dengan temannya.
  9. Peserta didik menemukenali majas sarkasme dalam teks naratif dengan menuliskan ulang kalimat majas sarkasme tersebut dengan baik.
  10. Peserta didik menganalisis penokohan dalam cerita fantasi dengan menjawab pertanyaan tentang tokoh pada cerita “Kue-Kue Mao” dan “Keberanian Emas.”
  11. Peserta didik berlatih menilai alur pada teks naratif dengan mengisi diagram alur secara tepat.
  12. Peserta didik menemukenali ragam kalimat dalam teks naratif melalui latihan mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tak langsung dengan tepat.
  13. Peserta didik berlatih menyajikan gagasannya dalam teks naratif dengan menulis cerita fantasi sederhana untuk menyampaikan amanat tertentu dengan menarik.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN BAB III: HAL YANG BAIK BAGI TUBUH

  1. Peserta didik berlatih mengakses informasi dan membuat simpulan dengan menjawab pertanyaan terhadap teks “Tip Sehat dan Bugar di Masa Remaja” dengan baik.
  2. Peserta didik mengenali teks infografik dengan kejelasan isi dan teks yang tersaji dalam bentuk infografik.
  3. Peserta didik memahami kosakata baru dengan berlatih menggunakannya dalam konteks kalimat yang berbeda secara tepat.
  4. Peserta didik berlatih mengakses informasi dan menilai materi bacaan dengan menghubungkan materi tersebut dengan pengalamannya secara reflektif.
  5. Peserta didik mengenali ciri teks prosedur dengan membandingkan tujuan penulisan pada dua teks prosedur dengan baik.
  6. Peserta didik mengenali ciri kebahasaan dalam teks prosedur dengan menyunting kalimat dengan pelesapan yang tepat.
  7. Peserta didik berlatih bertukar gagasan dengan teman dengan mendiskusikan ciri kebahasaan dalam teks prosedur (kalimat ajakan, perintah, atau larangan) dengan santun.
  8. Peserta didik menemukenali ciri kebahasaan dalam teks prosedur, yaitu kalimat inversi, dengan menuliskan ulang kalimat dengan struktur inversi pada infografik dan bacaan “Tetap Rileks Saat di Kelas” dengan tepat.
  9. Peserta didik melatih kemampuannya untuk menyimak informasi dan memahami instruksi dari teks lisan dengan menjawab pertanyaan pada bacaan “Membuat Sorbet Buah Gampang dan Enak” yang diperdengarkan kepadanya dengan tepat.
  10. Peserta didik berlatih menyajikan teks prosedur lisan melalui kegiatan membuat vlog dengan menarik dan efektif.
  11. Peserta didik memahami ciri teks prosedur dengan menemukenali strukturnya agar dapat menyajikannya dengan baik.
  12. Peserta didik mengenali ciri kebahasaan dalam teks prosedur dengan mengisi kalimat rumpang dengan adverbia yang tepat.
  13. Peserta didik mengenali ragam teks prosedur dengan menjawab pertanyaan pada kutipan teks prosedur pada karya fiksi.
  14. Peserta didik melatih kemampuannya menulis secara runut dan sistematis untuk beragam konteks dan tujuan melalui latihan menulis teks prosedur sederhana dengan rancangan yang baik.
  15. Peserta didik melatih keterampilan berkomunikasi secara efektif dan menarik dengan menyajikan teks prosedur mereka secara lisan, visual, atau audiovisual.

 

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan mngenai tujuan pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka. Semoga postingan ini dapat membantu bapak/ibu guru yang membutuhkan daftar susunan tujuan pembelajaran sebagai bahan dalam membuat modul ajar maupun sebagai referensi dalam melakukan penginputan tujuan pembelajaran pada aplikasi erapor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel