68 Soal & Jawaban Sumatif B. Indonesia Kelas 10 Sem.2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Kumpulan Soal Sumatif Akhir Tahun Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/SMK Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, senang rasanya bisa kembali berjumpa di website pendidikan ini. Semoga melalui website ini apa yang anda harapkan bisa terpenuhi.

 


Pada postingan kali ini admin akan membahas tentang kumpulan soal untuk persiapan menghadapi ujian atau ulangan akhir semester khususnya pada semester 2 kurikulum merdeka. Adapun kumpulan soal ini merupakan soal-soal dari mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka.

 

Dalam menempuh pendidikan maka pastinya siswa akan menjalani serangkaian tes tertulis disekolah. Tes yang dimaksud antara lain adalah ulangan tengah semester, ulangan akhir semester 1, ulangan akhir semester 2 atau yang biasa disebut dengan penilaian akhir tahun dan juga ujian sekolah.

 

Nah, untuk bisa mendapakan nilai yang baik saat siswa mengikuti ulangan semester atau ualngan sumatif maka tentunya siswa harus banyak belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal latihan yang sesuai dengan materi yang telah dipelajari disekolah.

 

Melalui postingan ini admin telah menyiapkan banyak soal latihan untuk mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas 10 yang bisa dijadikan sebagai referensi bagi siswa maupun bagi guru dalam persiapan melaksanakan ulangan sumatif akhir semester atau akhit tahun.

 

Sebagai informasi bahwa kumpulan soal sumatif mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas 10 SMA ini terdiri atas soal-soal pilihan ganda dan juga soal uraian. Yang mana untuk soal pilihan ganda berjumlah 65 soal dan soal uraian berjumlah 3 soal jadi total keseluruhan soal adalah 68soal. Seluruh jenis soal yang disajikan juga telah dilengkapi dengan kunci jawabannya sehingga akan mudah bagi siswa dalam mempelajarinya.

 

Sekali lagi kumpulan soal sumatif akhir tahun mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 10 kurikulum merdeka ini sengaja admin bagikan sebagai sebuah referensi untuk siswa gunakan dalam belajar dan berlatih.  Apabila masih terdapat kunci jawaban yang masih kurang sesuai pada setiap soal yang telah disediakan maka mohon untuk dilakukan revisi atau perbaikan sesuai semestinya.

 

Baiklah bagi anda para guru maupun para siswa yang sedang membutuhkan kumpulan soal latihan untuk persiapan menghadapi ulangan semester atau sumatif mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas 10 semester 2 kurikulum merdeka, maka dibawah ini sajian soal lengkap dengan kunci jawabannya.

 

SOAL DAN JAWABAN ULANGAN SUMATIF AKHIR TAHUN BAHASA INDONESIA KELAS 10 SMA/SMK SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA 


Soal Pilihan Ganda

1.  Bacalah kutipan berikut!

"Dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, tokoh Ikal menggambarkan seorang anak yang gigih dan bersemangat tinggi dalam mengejar mimpinya meski berasal dari keluarga miskin."

Pertanyaan: Apa tema utama yang diangkat dalam kutipan di atas?
a. Pendidikan
b. Keluarga
c. Persahabatan
d. Kemiskinan

Jawaban: A

 

2. Perhatikan tata cara debat berikut
1) Menyatakan argumen-argumen yang logis
2) Menyatakan argumen dengan bahasa yang santun
3) Mengumpulkan informasi berupa fakta yang mendukung argument
4) Menyatakan sanggahan dengan bahasa yang sopan
5) Tidak menggunakan pernyataan negatif mengenai pribadi pihak lain

Urutan tata cara debat yang baik yaitu
A.  3-2-1-4-5
B.  1-2-3-4-5
C.  3-2-4-1-5
D.   4-2-1-3-5
E.   3-1-4-2-5

Jawaban : B

 

3. Berikut ini yang termasuk etika yang harus diperhatikan dalam debat yaitu….
A. Menyatakan pendapat atau sanggahan dengan bahasa yang santun
B. Mengedepankan logika, tidak menggunakan emosi
C. Menghargai pendapat pihak lain
D Mendengarkan dengan seksama saat pihak lain berbicara
E. Benar semua

Jawaban : E

 

4.   Sesorang yang dianggap memiliki pengetahuan lebih terhadap suatu masalah yang diperdebatkan disebut….
A.  Moderator
B.   Narasumber
C.   Peserta debat
D.   Penonton
E.   Tim Afirmatif

Jawaban : B

 

5. Perhatikan kata berikut
1)      Analogi
2)      Pernyataan
3)      Generalisasi
4)      Sebab-Akibat
Yang termasuk pola penalaran induktif yaitu….
A.  1 dan 3
B.  1,2, dan 3
C.  1,3, dan 4
D.   2,3, dan 4
E.   1,2,3 dan 4

Jawaban : E

 

6. Ada berapa struktur yang terdapat dalam teks negosiasi?
A.  7
B.  4
C.  3
D.  5
E.   1

Jawaban : C

 

7. Bagaimana cara pembeli menawar harga mangga tersebut?
A.  Sedang musim mangga, jadi harga seharusnya lebih rendah.
B.  Boleh kurang kan, bang.
C.  Yang penting saya dapat mangga yang bagus dan tidak  busuk.
D.  Baiklah, saya ambil 3 kilo ya Pak.
E.   Baiklah, Bang.

Jawaban : B

 

8. Aspek-aspek keindahan yang melekat pada karya sastra, misalnya pilihan gaya bahasa merupakan aspek karya sastra yang disebut dengan nilai ....
a. moral
b. estetika
c. sosial budaya
d. ketuhanan
e. Kemanusiaan

Jawaban : B

 

9. Jenis karangan yang dalam penyajiannya sangat mengutamakan gaya bahasa disebut ....
a. cerpen
b. novel
c. roman
d. prosa
e. puisi

Jawaban : E

 

10. Anak kecil itu sangat keras tangisnya, sehingga diberi pula kaki yang besar untuk dimakan. Unsur yang menonjol pada penggalan cerita rakyat di atas adalah ....
a. setting
b. gaya bahasa
c. tema
d. pesan
e. penokohan

 

Jawaban : C

11. Hal yang biasanya dianalisis dalam perdebatan adalah....
A. Isu yang sedang berkembang di masyarakat
B. Kekuatan dan kelemahan pendapat dari pihak-pihak yang sedang debat
C. Kabijakan para juri
D. Penampilan masing-masing tim debat
E. Mosi

Jawaban : B

 

12. Salah satu cara menyusun pendapat yang disertai argumen adalah....
A. Mencari informasi yang berkaitan dengan isu atau permasalahan tersebut
B. Menggali informasi berdasarkan satu sumber saja
C. Menentukan mosi secara kuat
D. Merumuskan esensi debat
E. Menindaklanjuti informasi yang berkaitan dengan isu

Jawaban : A

 

13. Penarikan simpulan secara generalisasi dapat berpangkal pada....
A. Garis besar yang ada dalam sebuah debat
B. Penalaran yang bersifat logis
C. Pernyataan-pernyataan yang bersifat umum
D. Pernyataan-pernyataan yang bersifat khusus
E. Latar belakang terjadinya sebuah debat

Jawaban : C

 

14. Saya tidak sependapat dengan pernyataan Bapak, karena dalam kenyataannya pelaksanaan UN setiap tahun selalu mengalami kecacatan dan hasil nilai UN tidak menjamin keberhasilan suatu pendidikan.
Pernyataan ini merupakan sanggahan dari tim....
A. Afirmasi
B. Oposisi
C. Netral
D. Pendukung
E. Moderator

Jawaban : B

 

15. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan debat, kecuali....
A. Mengendalikan emosi
B. Mengatasi masalah yang diangkat dalam debat
C. Berbicara pelan dan kurang percaya diri
D. Mencari teks debat yang baik dan benar
E. Menyampaikan permasalahan dengan jelas

Jawaban : C

 

16. Sebuah teks yang menyajikan riwayat hidup seorang tokoh disebut....
A. Biografi
B. Autobiografi
C. Riwayat hidup
D. Biodata
E. Riwayat pekerjaan

Jawaban : A

 

17. Teks yang di dalamnya berisi proses untuk mencapai suatu perjanjian atau kesepakatan antara kedua belah pihak untuk memenuhi kepuasan pihak yang bersangkutan dalam elemen tertentu seperti kerja sama dan kompetisi disebut....
A. Teks laporan observasi
B. Teks anekdot
C. Teks diskusi
D. Teks negosiasi
E. Teks debat

Jawaban : D

 

18. Perhatikan struktur teks berikut!
1) orientasi 5) pemenuhan
2) persetujuan 6) pembelian
3) penawaran 7) permintaan
4) penutup
Susunan struktur teks negosiasi yang tepat adalah....
A. 1 – 7 – 6 – 5 – 4 – 3 – 2
B. 1 – 3 – 2 – 5 – 6 – 7 – 4
C. 1 – 7 – 5 – 3 – 2 – 6 – 4
D. 1 – 7 – 3 – 5 – 2 – 6 – 4
E. 1 – 7 – 5 – 3 – 6 – 2 – 4

Jawaban : C

 

Perhatikan kutipan dialog berikut untuk soal 19 – 21 !

Pembeli: “Assalamu’alaikum, Bu.” (1)

Penjual : “Wa’alaikumsalam, mau beli apa, Dik? (2)

Pembeli: “Mau cari Al-Qur’an Terjemah ada, Bu? (3)

Penjual : “Ada, silakan di sebelah sini. Pilih saja dulu mau yang mana.” (4)

Pembeli: “Kalau yang ini berapa harganya, Bu?” (5)

Penjual : “Oh, yang itu Rp150.000. Kualitas bagus, Dik. Ada penanda tajwidnya dengan warna yang berbeda.” (6)

Pembeli: “Boleh kurang tidak, Bu? Rp100.000 saya ambil.” (7)

Penjual : “Itu harga pas, Dik. Sesuai dengan kualitasnya. Saya hanya bisa kasih bonus Al-Ma’tsurat saja, kalau mau.” (8)

Pembeli: “Baiklah, Bu. Saya ambil. Ini uangnya. Terima kasih.”(9)

Penjual : “Iya, sama-sama. Terima kasih.” (10)

19. Bagian (1), (2), (3), dan (4) pada teks menunjukkan struktur negosiasi yaitu....
A. Orientasi, penawaran, pemenuhan
B. Orientasi, permintaan, penawaran
C. Orientasi, permintaan, pemenuhan
D. Orientasi, penawaran, persetujuan
E. Orientasi, penawaran, pemenuhan

Jawaban : C

 

20. Bagian inti dari teks negosiasi (tawar-menawar) dalam dialog tersebut adalah....
A. (5) dan (6)
B. (6) dan (7)
C. (7) dan (8)
D. (8) dan (9)
E. (9) dan (10)

Jawaban : C

 

21. Pernyataan yang sesuai dengan dialog di atas adalah....
A. Penawaran disetujui oleh penjual
B. Tidak terjadi kesepakatan
C. Pembeli ingin mendapatkan Al-Ma’tsurat
D. Kesepakatan harga Rp100.000
E. Penjual tidak menurunkan harga

Jawaban : E

 

Bacalah kutipan teks berikut untuk soal 22 – 24!
Muhammad bin Abdullah adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus Allah SWT. Beliau lahir di Makkah sekitar 570 M atau pada tahun gajah dan wafat di Madinah 632 M pada usia 63 tahun.
Ayah beliau bernama Abdullah bin Abdul Muthalib dan ibu beliau adalah Aminah binti Wahab.
Secara bahasa, kata Muhammad berarti “dia yang terpuji”. Muhammad menjadi yatim sejak masih dalam kandungan ibunya. Ketika beliau berusia 6 tahun, sang ibunda tercinta, Aminah
wafat. Jadilah beliau yatim piatu dalam usia yang amat muda sekali. Kemudian Rasulullah diasuh oleh sang kakek yang amat mencintainya, Abdul Muthalib bin Hasyim. Namun, saat Rasulullah berusia sekitar 8 tahun, Abdul Muthalib pun wafat. Akhirnya pengasuhan beliau diserahkan kepada sang paman, Abu Thalib bin Abdul Muthalib. Dalam asuhan keluarga sang paman, Rasulullah tumbuh dan merasakan banyak kebahagiaan.
 Ketika kecil, Rasulullah bekerja sebagai pengembala kambing dan ikut berdagang bersama sang paman ke negeri yang jauh. Nabi Muhammad SAW menikah pada usia 25 tahun dengan Khadijah binti Khuwailid (40 tahun). Ketika Rasulullah berumur 40 tahun, baginda telah menerima wahyu yang pertama dari Allah melalui malaikat Jibril ketika berada di Gua Hira. Tiga tahun setelah kejadian itu, baginda berdakwah secara terbuka kepada penduduk Makkah dengan mengatakan “Tuhan itu Esa” dan mengajarkan kembali agama Islam, yang pada masa itu sudah dilupakan manusia.

22. Tokoh yang dibahas pada teks di atas adalah....

A. Abdul Muthalib bin Hasyim
B. Abu Thalib bin Abdul Muthalib
C. Khadijah binti Khuwailid
D. Abdullah bin Abdul Muthalib
E. Muhammad bin Abdullah

Jawaban : E

 

23. Keistimewaan tokoh dalam biografi tersebut adalah....
A. Menjadi yatim sejak masih dalam kandungan ibunya
B. Yatim piatu dalam usia yang amat muda
C. Ketika kecil bekerja sebagai pengembala kambing dan ikut berdagang ke negeri yang jauh
D. Ketika berumur 40 tahun, menerima wahyu yang pertama
E. Berdakwah secara terbuka kepada penduduk Makkah

Jawaban : D

 

24. Pernyataan yang tidak sesuai dengan kutipan biografi tersebut adalah....
A. Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir
B. Muhammad menjadi yatim sejak masih dalam kandungan ibunya
C. Pada usia 8 tahun, Beliau menjadi yatim piatu
D. Tiga tahun berdakwah secara sembunyi-sembunyi
E. Beliau mengajarkan kembali agama Islam, yang pada
masa itu sudah dilupakan manusia

Jawaban : C

 

25. Sesuai dengan Keppres No. 108 Tahun 1964, Kartini resmi diberi gelar menjadi seorang pahlawan nasional oleh
pemerintah Indonesia. Keppres ini juga menetapkan tanggal 21 April sebagai Hari Kartini. Namanya kini, diabadikan sebagai nama jalanan di beberapa daerah di Indonesia.

Penggalan teks tersebut termasuk struktur bagian....
A. Orientasi
B. Peristiwa
C. Masalah
D. Reorientasi
E. Koda

Jawaban : D

 

Bacalah kutipan biografi berikut!
Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Sifat tegas dan selalu memegang prinsip yang diyakini telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Habibie yang punya kegemaran
menunggang kuda dan membaca ini dikenal sangat cerdas sejak masih menduduki sekolah dasar.

26. Hal yang dapat diteladani dari biografi tokoh pada kutipan di atas adalah....
A. Masa kecil yang dilalui bersama saudara-saudara
B. Sifat tegas dan selalu memegang prinsip
C. Punya kegemaran menunggang kuda
D. Terkenal karena suka membaca
E. Sikap suka berhemat

Jawaban : B

 

27. Kutipan di atas termasuk struktur teks biografi....
A. Reorientasi
B. Peristiwa dan masalah
C. Orientasi
D. Koda

Jawaban : B

 

28. Hal yang diceritakan dalam teks biografi adalah....

A. Cita-cita seseorang
B. Keinginan seseorang
C. Jalan hidup seseorang

D. Keadaan Ekonomi seseorang

E. Permasalahan politik seseorang

Jawaban :c

 

29. Bagian yang berisi sebuah latar belakang peristiwa yang akan diceritakan dalam teks biografi disebut....
A. Orientasi
B. Peristiwa
C. Reorientasi
D. Koda
E. Simpulan

Jawaban : A

 

30. Jenderal Besar Soedirman lahir di Bodas Karangjati, Rembang, Purbalingga, 24 Januari 1916. Beliau merupakan
salah seorang tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia. Meski menderita sakit paru-paru yang parah, ia tetap bergerilya melawan Belanda. Ia berlatar belakang seorang guru HIS Muhammadiyah di Cilacap dan giat di kepanduan Hizbul Wathan. Ia berpangkat jenderal pada usia 31 tahun. Keistimewaan tokoh tersebut adalah....
A. Seorang guru HIS Muhammadiyah
B. Menjadi jenderal saat usia 31 tahun
C. Pejuang dan pahlawan Muhammadiyah
D. Pemimpin perang gerilya melawan musuh
E. Mampu melawan penjahat

Jawaban : B

 

“Insiden” kecil ini mewarnai karya Suwarno, yang kalau tidaksalah juga merupakan disertasinya. Suwarno adalah orang Yogya. Pendeknya, ia hidup di sana dan merasakan demikian membudaya, Suwarno mengagumi Hamengku Buwono IX. Akibatnya, buku itu over-repetitif, kurang bermutu,dan kurang perbandingan.

31. Penggalan resensi di atas merupakan unsur resensi yang menunjukkan....
A. Ketangguhan buku
B. Isi pokok buku
C. Deskripsi buku
D. Kelemahan buku
E. Klasifikasi buku

Jawaban : D

 

32. Pernyataan berikut yang tepat digunakan untuk mengulas sebuah buku adalah....

A. Cerita anak adalah suatu media penyampaian moral yang mendidik kepada anak-anak kita. Dengan adanya cerita anak, orang tua tidak perlu terlampau repot untuk memikirkan tentang media apa yang dapat dipergunakan untuk memberikan nilai pendidikan kepada sang anak.

B. Buku cerita ini memiliki pelukisan bahasa yang sangat sederhana. Meskipun demikian, penulis berhasil mengajak pembaca masuk ke dalam cerita dengan sangat gamblang. Sehingga, penulis dapat dinyatakan sukses memainkan bahasa.

C. Tidak banyak yang menyukai buku-buku nonfiksi, demikian yang terungkap dalam penelitian yang digelar di beberapa sekolah di Kota Palembang ini. Hal ini jelas membuktikan bahwa pasaran buku fiksi jauh lebih banyak peminatnya.

D. Buku modul ini dibuat dengan kerja sama tim untuk membantu kegiatan belajar mengajar di Bimbingan Belajar Budiwijaya. Buku ini dilengkapi dengan pembahasan soal-soal yang lengkap untuk membantu siswa dalam proses kegiatan KBM di sekolah masing-masing.

E. Buku ini memiliki isi yang kurang bermutu. Terlalu banyak kesalahan penulisan sehingga pembaca tidak
fokus pada isi buku. Dengan begitu pesan yang ingin disampaikan penulis tidak tersampaikan kepada pembaca.

Jawaban : D

 

Novel ini membuka nuansa baru pada zamannya. Sutan Takdir Alisyahbana membawa pembaruan di bidang masalah yang diungkapkan. Wanita zaman sebelumnya, adalah pengabdi dalam keluarga yang bertanggung jawab kepada rumah tangga, alias penunggu rumah. Namun Sutan Takdir Alisyahbana menampilkan kedudukan wanita setara dengan pria bekerja, aktif di luar rumahdan memajukan kaumnya yang diwakilkan tokoh Tuti. Tokoh ini sebagai teladan di masa sekarang dan para pelajar (tokoh masa depan).

33. Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan novel adalah....
A. Wajarlah novel Layar Terkembang wajib dibaca oleh para siswa
B. Memang sepantasnya novel ini mendapat penghargaan dari dunia pendidikan
C. Masalah perjuangan emansipasi wanitalah yang membawa novel ini wajib dikenal di dunia pendidikan
D. Sutan Takdir Alisyahbana seorang yang ahli mengemukakan permasalahan dalam dunia pendidikan
E. Memang masih jarang novel yang membahas emansipasi dan perjuangan kaum wanita

Jawaban :c 

 

34. Karangan berbentuk fiksi bertujuan menyampaikan....
A. Seruan
B. Ajakan
C. Imbauan
D. Pengaruh
E. Informasi secara imajinatif

Jawaban : E

 

Menyesal
Pagiku hilang sudah melayang,
Hari mudaku sudah pergi
Kini petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Aku lalai di hari pagi
Beta lengah di masa muda
Kini hidup meracun hati
Miskin ilmu, miskin harta
Ah, apa guna kusesalkan
Menyesal tua tiada berguna
Hanya menambah luka sukma
Kepada yang muda kuharapkan
Atur barisan di hari pagi
Menuju arah padang bakti.

(Ali Hasjmi)

35. Kata petang pada larik ketiga puisi tersebut mempunyai makna lambang....
A. Waktu sore hari
B. Kehidupan manusia
C. Suasana senja
D. Masa tua
E. Perasaan manusia

Jawaban : D

 

36. Maksud bait kedua puisi tersebut adalah....
A. Seseorang yang lengah di pagi hari sehingga hidupnya sangat menderita di usia muda
B. Seseorang yang menderita hidupnya karena tidak memiliki ilmu dan harta
C. Seseorang yang miskin harta dan miskin ilmu pada masa muda karena ia lupa waktu
D. Seseorang yang telah menyia-nyiakan masa mudanya dalam menuntut ilmu sehingga hidupnya menderita di hari tua
E. Seseorang yang melalaikan waktu di masa muda karena dia tidak memiliki ilmu dan harta

Jawaban : D

 

37. Persamaan bunyi yang terdapat pada baris pertama puisi tersebut adalah....
A. Hilang dan melayang
B. Pagiku dan hilang
C. Pagiku dan melayang
D. Sudah dan melayang
E. Pagiku dan tinggi

Jawaban : A

 

38. Tema dari puisi tersebut adalah....
A. Kelalaian
B. Harapan
C. Kemiskinan
D. Kepergian
E. Penyesalan

Jawaban : E

 

39. Kata yang tidak bermakna sebenarnya karena telah mengalami penambahan-penambahan baik berdasarkan
pengalaman, kesan, dan imajinasi disebut....

A. Majas
B. Diksi 
C. Konotasi 
D. Sinopsis 
E. Khayalan 

Jawaban : C

Oleh sebab itu, Emil Salim kembali mengingatkan kita semua untuk benar-benar memperhitungkan faktor lingkungan dalam pembangunan, terutama di kota-kota besar. Seakan ia juga ingin mengatakan, kota-kota yang masih gandrung membangun gedung-gedung bertingkat dan mal tanpa mengindahkan dampak lingkungan, bersiaplah menghadapi bencana yang tidak main-main.

 

40. Ditinjau berdasarkan struktur teksnya, ulasan di atas merupakan bagian....
A. Kesimpulan
B. Keterpihakan penulis
C. Argumentasi menolak
D. Gambaran umum
E. Latar belakang penulis

Jawaban : A

 

41. Jika dalam suatu negosiasi pihak Anda tidak memenangkan negosiasi, berikut hal yang harus Anda lakukan, kecuali....
A. Memperjuangkannya di lain kesempatan
B. Menghargai keputusan yang telah disepakati
C. Menerima dengan sikap positif
D. Mengusahakan jalan pintas dengan cara tidak benar
E. Menyadari bahwa pihak Anda memang masih banyak kekurangan

Jawaban : D

 

42. Berikut merupakan ciri kebahasaan teks negosiasi adalah....
A. Cerita kehidupan sehari-hari
B. Adanya konjungsi temporal
C. Adanya verba material
D. Adanya kalimat deklaratif
E. Bahasa persuasif dan santun

Jawaban : E

 

43. A : “Permisi, selamat sore.”
B : “Iya, selamat sore. Ada yang bisa saya bantu?”
Dialog di atas merupakan contoh negosiasi bagian....
A. Orientasi
B. Permintaan
C. Pemenuhan
D. Penawaran
E. Persetujuan

Jawaban : A

 

44. Berikut merupakan faktor yang memengaruhi keberhasilan negosiasi, kecuali....
A. Perlunya sebuah kesepakatan antara kedua belah pihak
B. Harus didasari dengan keinginan yang kuat
C. Tidak ada pihak yang dirugikan
D. Kesepakatan yang dicapai bersifat praktis
E. Harus didasari dengan alasan yang kuat

Jawaban : B

 

45. Unsur-unsur yang harus ada dalam surat penawaran adalah....
A. Kop surat, logo, nomor, dan salam penutup
B. Tanggal surat, hal, lampiran, dan salam pembuka
C. Hal, salam pembuka, dan salam penutup
D. Kop surat, salam pembuka, tubuh surat, dan salam penutup
E. Kop surat, hal, salam pembuka, dan tubuh surat

Jawaban : A

 

46. Bacalah penggalan teks negosiasi berikut!
Pembeli : “Mas, saya ingin beli notebook, apakah ada?”
Struktur yang membangun teks tersebut adalah....
A. Orientasi
B. Penawaran
C. Pengajuan
D. Persetujuan
E. Kesimpulan

Jawaban : C

 

47. Jika Anda melakukan negosiasi jual beli, kalimat yang tepat dan santun untuk digunakan dalam penawaran adalah....
A. Wah, mahal, turunin lah harganya!
B. Mungkin kalau bisa, harganya diturunkan lagi Pak, boleh?
C. Apa? Mahal sekali? Anda merampok saya. Turunin ya!
D. Toko sebelah lebih murah. Kalau tidak diturunkan, lebih baik saya membeli di sebelah saja.
E. Kemahalan, Pak. Turunin harganya ya? Ya! Ya!

Jawaban : B

 

Perhatikan kutipan teks berikut!
Sebaiknya, penggunaan internet pada anak-anak dibatasi karena dapat merusak pola pikir anak. Tidak hanya pola pikir anak yang rusak, masih banyak hal negatif lain yang dapat timbul apabila penggunaan internet di kalangan anak tidak dalam pengawasan orang tua, sehingga anak-anak tidak boleh dikenalkan dengan internet sebelum berumur 17 tahun.

48. Hal yang dibicarakan dalam kutipan teks di atas adalah....
A. Pengenalan internet pada anak
B. Dampak negatif dari internet
C. Umur yang diperbolehkan dalam menggunakan internet
D. Aturan penggunaan internet pada anak
E. Pembatasan penggunaan internet pada anak

Jawaban : E

 

Bacalah teks berikut!
Pendidikan merupakan hal yang penting dalam memajukan negara ini. Tanpa adanya pendidikan, negara ini tidak akan maju dan tidak akan berkembang seperti negara maju lainnya. Berbagai cara sudah ditempuh pemerintah untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia, salah satunya adalah Program Indonesia Mengajar.

49. Berikut mosi yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah....
A. Pemerintah akan mengembalikan pendidikan di Indonesia
B. Pendidikan sangat penting bagi bangsa Indonesia
C. Pentingnya pendidikan di Indonesia
D. Kegagalan pemerintah dalam mengembangkan pendidikan
E. Kurangnya pemahaman masyarakat tentang pendidikan

Jawaban : C

 

50. Berikut yang bukan merupakan tata cara merumuskan esensi debat adalah....
A. Berkonsentrasi terhadap kemenangan tim
B. Berkonsentrasi terhadap teks yang akan didengar
C. Mencatat pokok-pokok permasalahan yang akan didebatkan
D. Menulis bagian-bagian yang terpenting atau inti dari debat tersebut
E. Menulis pernyataan umum yang berkaitan dengan materi debat

Jawaban : A

 

51.   Syarat untuk memilih seseorang calon moderator adalah salah satunya calon moderator tersebut harus yang….
A.  Pandai membuat suasana menjadi memanas
B.  Cerdas dan pintar
C.  Boleh mengambil dari salah satu pendukung peserta debat
D.  Netral dan tidak memihak antara kedua belah pihak debat
E.   Dapat membantah kedua belah pihak

Jawaban : D

 

52. Apa yang dimaksud dengan paragraf argumentasi dalam teks debat…
A. Paragraf yang digunakan untuk menceritakan suatu peristiwa secara kronologis
B. Paragraf yang digunakan untuk melukiskan atau menggambarkan keadaan suatu hal secara terperinci
C. Paragraf  yang  digunakan  untuk  menyampiakan  alasan  dalam  rangka  memperkuat  atau menolak suatu gagasan
D. Paragraf yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu agar apa yang dijelaskan itu diikuti oleh orang lain
E. Paragraf yang digunakan untuk memaparkan atau menguraikan sesuatu gagasan

Jawaban : C

 

53. Di dalam kegiatan debat apa tugas dari moderator…
A.  Memipin jalannya diskusi
B.  Menilai peserta
C.  Berargumen
D.  Menjadi pengamat
E.   Mengoreksi kesalahan peserta

Jawaban : A

 

54.Untuk mengetahui apakah sebuah teks termasuk ke dalam teks negosiasi atau bukan, ada beberapa unsur yang terdapat di dalam teks negosiasi. Manakah yang bukan bagian dari unsur teks negosiasi....
A.  Adanya perbedaan kepentingan dari kedua belah pihak.
B.  Ada kesepakatan sebagai hasil negosiasi.
C.  Ada pengajuan dan penawaran.
D.  Adanya parsitipan
E.   Terjadinya ketidaksepakatan

Jawaban : D

 

55.   Mencapai suatu kesepakatan dari kedua belah pihak yang saling menguntungkan, merupakan….
A.  Manfaat negosiasi
B.  Tujuan negosiasi
C.  Manfaat jual-beli
D.  Tujuan interaksi
E.   Inti negosiasi

Jawaban : B

 

56.(1) Polisi lalu lintas sibuk mengatur kemacetan lalu lintas.
(2) Di jalan samping, empat orang siswa berkendara menyerempet mobil hingga pingsan dan luka-luka.
(3) Korban diangkut ke rumah sakit.
(4) Keluarga korban bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
(5) Untung tidak menimbulkan cedera bagi si korban.
Susunan paragraf yang baik dari kalimat-kalimat di atas adalah ....
a. (2)-(5)-(3)-(1)-(4)
b. (2)-(3)-(4)-(1)-(5)
c. (1)-(2)-(5)-(3)-(4)
d. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
e. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)

Jawaban : B

 

(Paragraf untuk soal nomor 57 dan 58)
Lomba Karya Cipta dan Baca Puisi Tingkat Pelajar SMA /SMK wilayah eks Keresidenan Pekalongan dimaksudkan untuk memberikan wadah kreativitas bagi para siswa SMA dalam berkarya puisi. Selama ini, sebagian besar lomba yang ada hanyalah pembacaan puisi. Oleh karena itu, agar para siswa juga bisa menyalurkan karya puisi mereka, lomba karya cipta puisi itu diselenggarakan.

57.   Berdasarkan letak gagasan pokoknya, paragraf di atas di sebut paragraf ....
a. deduktif
b. induktif
c. campuran
d. naratif
e. deskripsi

Jawaban : A

 

58.   Paragraf di atas membahas tentang ....
a. manfaat lomba
b. maksud lomba
c. rencana lomba
d. juara terbaik
e. peserta lomba

Jawaban : C

 

59.   Di bawah ini merupakan nilai-nilai yang ada dalam karya sastra, kecuali ....
a. nilai moral
b. nilai estetika
c. nilai sosial
d. nilai budaya
e. nilai hukum

Jawaban : E

 

60.   Paragraf yang isinya dimaksudkan untuk memengaruhi pembaca agar menerima ide atau pernyataan yang dikemukakan, baik yang didasarkan pada pertimbangan logis meupun emosional disebut paragraf ....

a. argumentasi
b. persuasi
c. deskripsi
d. eksposisi
e. Narasi

Jawaban : B

 

61. Pada teks debat terdapat materi, personalia dan fasilitas debat merupakan …
A. Unsur-unsur debat
B. Ciri-ciri debat
C. Struktur debat
D. Pengertian debat
E. Inti debat

Jawaban : A

 

62. Perhatikan kalimat berikut!

"Andi pergi ke sekolah sambil membawa bekal yang disiapkan oleh ibunya."

Pertanyaan: Klausa utama dalam kalimat tersebut adalah...

a. Andi pergi ke sekolah

b. sambil membawa bekal

c. yang disiapkan oleh ibunya

d. Andi pergi

Jawaban: a. Andi pergi ke sekolah

 

63. Bacalah puisi berikut ini!

"Bunga di tepi jalan,
Mekar indah mempesona,
Terinjak oleh kaki-kaki tak peduli,
Hilang sudah keangkuhannya."

Pertanyaan: Makna kiasan dalam puisi tersebut adalah...

a. Bunga yang tumbuh di tepi jalan sangat rapuh

b. Keindahan yang seringkali diabaikan

c. Kaki-kaki yang tidak peduli merusak keindahan

d. Bunga yang tumbuh liar di pinggir jalan

Jawaban: b. Keindahan yang seringkali diabaikan

 

64. Perhatikan paragraf berikut!

"Saat ini teknologi informasi berkembang dengan sangat cepat. Internet telah mengubah cara kita berkomunikasi dan mendapatkan informasi. Dengan kemajuan ini, kita dapat terhubung dengan siapa saja di belahan dunia mana pun dengan mudah dan cepat."

Pertanyaan: Gagasan utama dari paragraf tersebut adalah...

a. Internet mempermudah komunikasi

b. Teknologi informasi berkembang cepat

c. Kita bisa terhubung dengan siapa saja

d. Kemajuan teknologi informasi

Jawaban: b. Teknologi informasi berkembang cepat

 

65. Bacalah dialog berikut!

Ani: "Besok ada ujian Matematika, sudah belajar?" Budi: "Belum. Aku malah bingung harus mulai dari mana." Ani: "Coba kita belajar bersama, pasti akan lebih mudah."

Pertanyaan: Dari dialog tersebut, sifat yang ditunjukkan oleh Ani adalah...

a. Penuh perhatian

b. Egois

c. Pesimis

d. Penakut

Jawaban: a. Penuh perhatian

 

SOAL URAIAN

66. Bacalah cerpen berikut!

"Di sebuah desa terpencil, tinggal seorang gadis bernama Sari. Setiap hari, Sari membantu orang tuanya bekerja di sawah. Meski hidup dalam keterbatasan, Sari selalu bersemangat untuk belajar. Dia bermimpi suatu hari bisa menjadi seorang guru dan mengajar anak-anak di desanya."

Pertanyaan: Jelaskan bagaimana karakter Sari dalam cerpen tersebut dan bagaimana hal ini relevan dengan tema pendidikan dalam Kurikulum Merdeka!

 

Kunci Jawaban: Sari adalah seorang gadis yang gigih dan bersemangat dalam mengejar impian meskipun hidup dalam keterbatasan.

Karakter Sari relevan dengan tema pendidikan dalam Kurikulum Merdeka yang menekankan pentingnya semangat belajar dan kemauan kuat untuk mencapai cita-cita, meskipun dihadapkan pada berbagai rintangan.

Hal ini menunjukkan bahwa dengan tekad yang kuat, pendidikan dapat menjadi jembatan untuk mencapai kesuksesan dan perubahan hidup yang lebih baik.

 

 67. Perhatikan iklan layanan masyarakat berikut!

"Jangan biarkan sampah plastik merusak lingkungan kita. Mulailah dari diri sendiri, kurangi penggunaan plastik sekali pakai dan daur ulang sampah plastik. Bersama kita bisa membuat bumi lebih bersih."

Pertanyaan: Analisislah tujuan dan efek dari iklan layanan masyarakat tersebut terhadap pembaca!

 

Kunci Jawaban: Tujuan iklan layanan masyarakat tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan mempromosikan daur ulang sampah plastik demi menjaga kebersihan lingkungan.

Efek dari iklan ini terhadap pembaca adalah menginspirasi tindakan konkret dalam kehidupan sehari-hari, yaitu dengan mengurangi penggunaan plastik dan mendaur ulang sampah.

Dengan demikian, pembaca diharapkan lebih peduli terhadap lingkungan dan terlibat aktif dalam menjaga kebersihan bumi.

 

68. Bacalah artikel berikut!

"Pendidikan karakter sangat penting dalam membentuk generasi muda yang berintegritas. Nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama harus ditanamkan sejak dini agar siswa tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga bermoral tinggi."

Pertanyaan: Bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka dan apa manfaatnya bagi siswa?

 

Kunci Jawaban: Implementasi pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka dilakukan dengan memasukkan nilai-nilai moral seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama dalam setiap aspek pembelajaran.

Manfaatnya bagi siswa adalah mereka tidak hanya mendapatkan pengetahuan akademik tetapi juga dibekali dengan karakter yang kuat.

Hal ini membantu mereka menjadi individu yang berintegritas, mampu bekerja sama dalam tim, dan bertanggung jawab atas tindakan mereka.

Pendidikan karakter juga berperan dalam membentuk generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan dengan sikap positif dan etika yang baik.

 

Demikianlah sajian kumpulan soal dan jawaban sumatif akhir tahun mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka yang sempat admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan ini, semoga artikel ini dapat membantu sahabat pendidikan dalam memperoleh informasi seputar soal-soal bahasa Indonesia untuk jenjang SMA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel