68 Soal & Jawaban Sumatif B. Indonesia Kelas 10 Sem.2 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Kumpulan Soal Sumatif Akhir Tahun Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/SMK Semester 2 Kurikulum Merdeka.
Halo
sahabat kherysuryawan yang berbahagia, senang rasanya bisa kembali berjumpa di
website pendidikan ini. Semoga melalui website ini apa yang anda harapkan bisa terpenuhi.
Pada
postingan kali ini admin akan membahas tentang kumpulan soal untuk persiapan
menghadapi ujian atau ulangan akhir semester khususnya pada semester 2
kurikulum merdeka. Adapun kumpulan soal ini merupakan soal-soal dari mata
pelajaran bahasa Indonesia kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka.
Dalam
menempuh pendidikan maka pastinya siswa akan menjalani serangkaian tes tertulis
disekolah. Tes yang dimaksud antara lain adalah ulangan tengah semester,
ulangan akhir semester 1, ulangan akhir semester 2 atau yang biasa disebut
dengan penilaian akhir tahun dan juga ujian sekolah.
Nah,
untuk bisa mendapakan nilai yang baik saat siswa mengikuti ulangan semester
atau ualngan sumatif maka tentunya siswa harus banyak belajar dan berlatih
mengerjakan soal-soal latihan yang sesuai dengan materi yang telah dipelajari
disekolah.
Melalui
postingan ini admin telah menyiapkan banyak soal latihan untuk mata pelajaran
bahasa Indonesia Kelas 10 yang bisa dijadikan sebagai referensi bagi siswa
maupun bagi guru dalam persiapan melaksanakan ulangan sumatif akhir semester
atau akhit tahun.
Sebagai
informasi bahwa kumpulan soal sumatif mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas 10
SMA ini terdiri atas soal-soal pilihan ganda dan juga soal uraian. Yang mana
untuk soal pilihan ganda berjumlah 65 soal dan soal uraian berjumlah 3 soal
jadi total keseluruhan soal adalah 68soal. Seluruh jenis soal yang disajikan
juga telah dilengkapi dengan kunci jawabannya sehingga akan mudah bagi siswa
dalam mempelajarinya.
Sekali
lagi kumpulan soal sumatif akhir tahun mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 10
kurikulum merdeka ini sengaja admin bagikan sebagai sebuah referensi untuk
siswa gunakan dalam belajar dan berlatih.
Apabila masih terdapat
kunci jawaban yang masih kurang sesuai pada setiap soal yang telah disediakan maka
mohon untuk dilakukan revisi atau perbaikan sesuai semestinya.
Baiklah
bagi anda para guru maupun para siswa yang sedang membutuhkan kumpulan soal latihan
untuk persiapan menghadapi ulangan semester atau sumatif mata pelajaran bahasa
Indonesia Kelas 10 semester 2 kurikulum merdeka, maka dibawah ini sajian soal lengkap
dengan kunci jawabannya.
SOAL DAN JAWABAN ULANGAN SUMATIF AKHIR TAHUN BAHASA INDONESIA KELAS 10 SMA/SMK SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA
Soal Pilihan Ganda
1. Bacalah kutipan
berikut!
"Dalam novel Laskar
Pelangi karya Andrea Hirata, tokoh Ikal menggambarkan seorang anak yang gigih
dan bersemangat tinggi dalam mengejar mimpinya meski berasal dari keluarga
miskin."
Pertanyaan: Apa tema utama
yang diangkat dalam kutipan di atas?
a. Pendidikan
b. Keluarga
c. Persahabatan
d. Kemiskinan
Jawaban: A
2. Perhatikan tata cara
debat berikut
1) Menyatakan argumen-argumen yang logis
2) Menyatakan argumen dengan bahasa yang santun
3) Mengumpulkan informasi berupa fakta yang mendukung argument
4) Menyatakan sanggahan dengan bahasa yang sopan
5) Tidak menggunakan pernyataan negatif mengenai pribadi pihak lain
Urutan tata cara debat
yang baik yaitu
A. 3-2-1-4-5
B. 1-2-3-4-5
C. 3-2-4-1-5
D. 4-2-1-3-5
E. 3-1-4-2-5
Jawaban : B
3. Berikut ini yang
termasuk etika yang harus diperhatikan dalam debat yaitu….
A. Menyatakan pendapat atau sanggahan dengan bahasa yang santun
B. Mengedepankan logika, tidak menggunakan emosi
C. Menghargai pendapat pihak lain
D Mendengarkan dengan seksama saat pihak lain berbicara
E. Benar semua
Jawaban : E
4. Sesorang
yang dianggap memiliki pengetahuan lebih terhadap suatu masalah yang
diperdebatkan disebut….
A. Moderator
B. Narasumber
C. Peserta debat
D. Penonton
E. Tim Afirmatif
Jawaban : B
5. Perhatikan kata berikut
1) Analogi
2) Pernyataan
3) Generalisasi
4) Sebab-Akibat
Yang termasuk pola penalaran induktif yaitu….
A. 1 dan 3
B. 1,2, dan 3
C. 1,3, dan 4
D. 2,3, dan 4
E. 1,2,3 dan 4
Jawaban : E
6. Ada berapa struktur
yang terdapat dalam teks negosiasi?
A. 7
B. 4
C. 3
D. 5
E. 1
Jawaban : C
7. Bagaimana cara pembeli
menawar harga mangga tersebut?
A. Sedang musim mangga, jadi harga seharusnya lebih rendah.
B. Boleh kurang kan, bang.
C. Yang penting saya dapat mangga yang bagus dan tidak busuk.
D. Baiklah, saya ambil 3 kilo ya Pak.
E. Baiklah, Bang.
Jawaban : B
8. Aspek-aspek keindahan
yang melekat pada karya sastra, misalnya pilihan gaya bahasa merupakan aspek
karya sastra yang disebut dengan nilai ....
a. moral
b. estetika
c. sosial budaya
d. ketuhanan
e. Kemanusiaan
Jawaban : B
9. Jenis karangan yang
dalam penyajiannya sangat mengutamakan gaya bahasa disebut ....
a. cerpen
b. novel
c. roman
d. prosa
e. puisi
Jawaban : E
10. Anak kecil itu sangat
keras tangisnya, sehingga diberi pula kaki yang besar untuk dimakan. Unsur yang
menonjol pada penggalan cerita rakyat di atas adalah ....
a. setting
b. gaya bahasa
c. tema
d. pesan
e. penokohan
Jawaban : C
11. Hal yang biasanya
dianalisis dalam perdebatan adalah....
A. Isu yang sedang berkembang di masyarakat
B. Kekuatan dan kelemahan pendapat dari pihak-pihak yang sedang debat
C. Kabijakan para juri
D. Penampilan masing-masing tim debat
E. Mosi
Jawaban : B
12. Salah satu cara
menyusun pendapat yang disertai argumen adalah....
A. Mencari informasi yang berkaitan dengan isu atau permasalahan tersebut
B. Menggali informasi berdasarkan satu sumber saja
C. Menentukan mosi secara kuat
D. Merumuskan esensi debat
E. Menindaklanjuti informasi yang berkaitan dengan isu
Jawaban : A
13. Penarikan simpulan
secara generalisasi dapat berpangkal pada....
A. Garis besar yang ada dalam sebuah debat
B. Penalaran yang bersifat logis
C. Pernyataan-pernyataan yang bersifat umum
D. Pernyataan-pernyataan yang bersifat khusus
E. Latar belakang terjadinya sebuah debat
Jawaban : C
14. Saya tidak sependapat
dengan pernyataan Bapak, karena dalam kenyataannya pelaksanaan UN setiap tahun
selalu mengalami kecacatan dan hasil nilai UN tidak menjamin keberhasilan suatu
pendidikan.
Pernyataan ini merupakan sanggahan dari tim....
A. Afirmasi
B. Oposisi
C. Netral
D. Pendukung
E. Moderator
Jawaban : B
15. Berikut hal-hal yang
harus diperhatikan dalam melakukan debat, kecuali....
A. Mengendalikan emosi
B. Mengatasi masalah yang diangkat dalam debat
C. Berbicara pelan dan kurang percaya diri
D. Mencari teks debat yang baik dan benar
E. Menyampaikan permasalahan dengan jelas
Jawaban : C
16. Sebuah teks yang
menyajikan riwayat hidup seorang tokoh disebut....
A. Biografi
B. Autobiografi
C. Riwayat hidup
D. Biodata
E. Riwayat pekerjaan
Jawaban : A
17. Teks yang di dalamnya
berisi proses untuk mencapai suatu perjanjian atau kesepakatan antara kedua
belah pihak untuk memenuhi kepuasan pihak yang bersangkutan dalam elemen
tertentu seperti kerja sama dan kompetisi disebut....
A. Teks laporan observasi
B. Teks anekdot
C. Teks diskusi
D. Teks negosiasi
E. Teks debat
Jawaban : D
18. Perhatikan struktur
teks berikut!
1) orientasi 5) pemenuhan
2) persetujuan 6) pembelian
3) penawaran 7) permintaan
4) penutup
Susunan struktur teks negosiasi yang tepat adalah....
A. 1 – 7 – 6 – 5 – 4 – 3 – 2
B. 1 – 3 – 2 – 5 – 6 – 7 – 4
C. 1 – 7 – 5 – 3 – 2 – 6 – 4
D. 1 – 7 – 3 – 5 – 2 – 6 – 4
E. 1 – 7 – 5 – 3 – 6 – 2 – 4
Jawaban : C
Perhatikan kutipan dialog
berikut untuk soal 19 – 21 !
Pembeli:
“Assalamu’alaikum, Bu.” (1)
Penjual :
“Wa’alaikumsalam, mau beli apa, Dik? (2)
Pembeli: “Mau cari
Al-Qur’an Terjemah ada, Bu? (3)
Penjual : “Ada, silakan di
sebelah sini. Pilih saja dulu mau yang mana.” (4)
Pembeli: “Kalau yang ini
berapa harganya, Bu?” (5)
Penjual : “Oh, yang itu
Rp150.000. Kualitas bagus, Dik. Ada penanda tajwidnya dengan warna yang
berbeda.” (6)
Pembeli: “Boleh kurang
tidak, Bu? Rp100.000 saya ambil.” (7)
Penjual : “Itu harga pas,
Dik. Sesuai dengan kualitasnya. Saya hanya bisa kasih bonus Al-Ma’tsurat saja,
kalau mau.” (8)
Pembeli: “Baiklah, Bu.
Saya ambil. Ini uangnya. Terima kasih.”(9)
Penjual : “Iya, sama-sama.
Terima kasih.” (10)
19. Bagian (1), (2), (3),
dan (4) pada teks menunjukkan struktur negosiasi yaitu....
A. Orientasi, penawaran, pemenuhan
B. Orientasi, permintaan, penawaran
C. Orientasi, permintaan, pemenuhan
D. Orientasi, penawaran, persetujuan
E. Orientasi, penawaran, pemenuhan
Jawaban : C
20. Bagian inti dari teks
negosiasi (tawar-menawar) dalam dialog tersebut adalah....
A. (5) dan (6)
B. (6) dan (7)
C. (7) dan (8)
D. (8) dan (9)
E. (9) dan (10)
Jawaban : C
21. Pernyataan yang sesuai
dengan dialog di atas adalah....
A. Penawaran disetujui oleh penjual
B. Tidak terjadi kesepakatan
C. Pembeli ingin mendapatkan Al-Ma’tsurat
D. Kesepakatan harga Rp100.000
E. Penjual tidak menurunkan harga
Jawaban : E
Bacalah kutipan teks
berikut untuk soal 22 – 24!
Muhammad bin Abdullah adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus Allah SWT.
Beliau lahir di Makkah sekitar 570 M atau pada tahun gajah dan wafat di Madinah
632 M pada usia 63 tahun.
Ayah beliau bernama Abdullah bin Abdul Muthalib dan ibu beliau adalah Aminah
binti Wahab.
Secara bahasa, kata Muhammad berarti “dia yang terpuji”. Muhammad menjadi yatim
sejak masih dalam kandungan ibunya. Ketika beliau berusia 6 tahun, sang ibunda
tercinta, Aminah
wafat. Jadilah beliau yatim piatu dalam usia yang amat muda sekali. Kemudian
Rasulullah diasuh oleh sang kakek yang amat mencintainya, Abdul Muthalib bin
Hasyim. Namun, saat Rasulullah berusia sekitar 8 tahun, Abdul Muthalib pun
wafat. Akhirnya pengasuhan beliau diserahkan kepada sang paman, Abu Thalib bin
Abdul Muthalib. Dalam asuhan keluarga sang paman, Rasulullah tumbuh dan
merasakan banyak kebahagiaan.
Ketika kecil, Rasulullah bekerja sebagai pengembala kambing dan ikut
berdagang bersama sang paman ke negeri yang jauh. Nabi Muhammad SAW menikah
pada usia 25 tahun dengan Khadijah binti Khuwailid (40 tahun). Ketika
Rasulullah berumur 40 tahun, baginda telah menerima wahyu yang pertama dari
Allah melalui malaikat Jibril ketika berada di Gua Hira. Tiga tahun setelah
kejadian itu, baginda berdakwah secara terbuka kepada penduduk Makkah dengan
mengatakan “Tuhan itu Esa” dan mengajarkan kembali agama Islam, yang pada masa
itu sudah dilupakan manusia.
22. Tokoh yang dibahas
pada teks di atas adalah....
A. Abdul Muthalib bin
Hasyim
B. Abu Thalib bin Abdul Muthalib
C. Khadijah binti Khuwailid
D. Abdullah bin Abdul Muthalib
E. Muhammad bin Abdullah
Jawaban : E
23. Keistimewaan tokoh
dalam biografi tersebut adalah....
A. Menjadi yatim sejak masih dalam kandungan ibunya
B. Yatim piatu dalam usia yang amat muda
C. Ketika kecil bekerja sebagai pengembala kambing dan ikut berdagang ke negeri
yang jauh
D. Ketika berumur 40 tahun, menerima wahyu yang pertama
E. Berdakwah secara terbuka kepada penduduk Makkah
Jawaban : D
24. Pernyataan yang tidak
sesuai dengan kutipan biografi tersebut adalah....
A. Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir
B. Muhammad menjadi yatim sejak masih dalam kandungan ibunya
C. Pada usia 8 tahun, Beliau menjadi yatim piatu
D. Tiga tahun berdakwah secara sembunyi-sembunyi
E. Beliau mengajarkan kembali agama Islam, yang pada
masa itu sudah dilupakan manusia
Jawaban : C
25. Sesuai dengan Keppres
No. 108 Tahun 1964, Kartini resmi diberi gelar menjadi seorang pahlawan
nasional oleh
pemerintah Indonesia. Keppres ini juga menetapkan tanggal 21 April sebagai Hari
Kartini. Namanya kini, diabadikan sebagai nama jalanan di beberapa daerah di
Indonesia.
Penggalan teks tersebut
termasuk struktur bagian....
A. Orientasi
B. Peristiwa
C. Masalah
D. Reorientasi
E. Koda
Jawaban : D
Bacalah kutipan biografi
berikut!
Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi
Selatan. Sifat tegas dan selalu memegang prinsip yang diyakini telah
ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Habibie yang punya kegemaran
menunggang kuda dan membaca ini dikenal sangat cerdas sejak masih menduduki
sekolah dasar.
26. Hal yang dapat
diteladani dari biografi tokoh pada kutipan di atas adalah....
A. Masa kecil yang dilalui bersama saudara-saudara
B. Sifat tegas dan selalu memegang prinsip
C. Punya kegemaran menunggang kuda
D. Terkenal karena suka membaca
E. Sikap suka berhemat
Jawaban : B
27. Kutipan di atas
termasuk struktur teks biografi....
A. Reorientasi
B. Peristiwa dan masalah
C. Orientasi
D. Koda
Jawaban : B
28. Hal yang diceritakan
dalam teks biografi adalah....
A. Cita-cita seseorang
B. Keinginan seseorang
C. Jalan hidup seseorang
D. Keadaan Ekonomi
seseorang
E. Permasalahan politik
seseorang
Jawaban :c
29. Bagian yang berisi
sebuah latar belakang peristiwa yang akan diceritakan dalam teks biografi
disebut....
A. Orientasi
B. Peristiwa
C. Reorientasi
D. Koda
E. Simpulan
Jawaban : A
30. Jenderal Besar
Soedirman lahir di Bodas Karangjati, Rembang, Purbalingga, 24 Januari 1916.
Beliau merupakan
salah seorang tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia. Meski menderita sakit
paru-paru yang parah, ia tetap bergerilya melawan Belanda. Ia berlatar belakang
seorang guru HIS Muhammadiyah di Cilacap dan giat di kepanduan Hizbul Wathan.
Ia berpangkat jenderal pada usia 31 tahun. Keistimewaan tokoh tersebut
adalah....
A. Seorang guru HIS Muhammadiyah
B. Menjadi jenderal saat usia 31 tahun
C. Pejuang dan pahlawan Muhammadiyah
D. Pemimpin perang gerilya melawan musuh
E. Mampu melawan penjahat
Jawaban : B
“Insiden” kecil ini
mewarnai karya Suwarno, yang kalau tidaksalah juga merupakan disertasinya.
Suwarno adalah orang Yogya. Pendeknya, ia hidup di sana dan merasakan demikian
membudaya, Suwarno mengagumi Hamengku Buwono IX. Akibatnya, buku itu
over-repetitif, kurang bermutu,dan kurang perbandingan.
31. Penggalan resensi di
atas merupakan unsur resensi yang menunjukkan....
A. Ketangguhan buku
B. Isi pokok buku
C. Deskripsi buku
D. Kelemahan buku
E. Klasifikasi buku
Jawaban : D
32. Pernyataan berikut
yang tepat digunakan untuk mengulas sebuah buku adalah....
A. Cerita anak adalah
suatu media penyampaian moral yang mendidik kepada anak-anak kita. Dengan
adanya cerita anak, orang tua tidak perlu terlampau repot untuk memikirkan
tentang media apa yang dapat dipergunakan untuk memberikan nilai pendidikan
kepada sang anak.
B. Buku cerita ini
memiliki pelukisan bahasa yang sangat sederhana. Meskipun demikian, penulis
berhasil mengajak pembaca masuk ke dalam cerita dengan sangat gamblang.
Sehingga, penulis dapat dinyatakan sukses memainkan bahasa.
C. Tidak banyak yang
menyukai buku-buku nonfiksi, demikian yang terungkap dalam penelitian yang
digelar di beberapa sekolah di Kota Palembang ini. Hal ini jelas membuktikan
bahwa pasaran buku fiksi jauh lebih banyak peminatnya.
D. Buku modul ini dibuat
dengan kerja sama tim untuk membantu kegiatan belajar mengajar di Bimbingan
Belajar Budiwijaya. Buku ini dilengkapi dengan pembahasan soal-soal yang
lengkap untuk membantu siswa dalam proses kegiatan KBM di sekolah
masing-masing.
E. Buku ini memiliki isi
yang kurang bermutu. Terlalu banyak kesalahan penulisan sehingga pembaca
tidak
fokus pada isi buku. Dengan begitu pesan yang ingin disampaikan penulis tidak
tersampaikan kepada pembaca.
Jawaban : D
Novel ini membuka nuansa
baru pada zamannya. Sutan Takdir Alisyahbana membawa pembaruan di bidang
masalah yang diungkapkan. Wanita zaman sebelumnya, adalah pengabdi dalam
keluarga yang bertanggung jawab kepada rumah tangga, alias penunggu rumah.
Namun Sutan Takdir Alisyahbana menampilkan kedudukan wanita setara dengan pria
bekerja, aktif di luar rumahdan memajukan kaumnya yang diwakilkan tokoh Tuti.
Tokoh ini sebagai teladan di masa sekarang dan para pelajar (tokoh masa depan).
33. Kalimat resensi yang
menyatakan keunggulan novel adalah....
A. Wajarlah novel Layar Terkembang wajib dibaca oleh para siswa
B. Memang sepantasnya novel ini mendapat penghargaan dari dunia pendidikan
C. Masalah perjuangan emansipasi wanitalah yang membawa novel ini wajib dikenal
di dunia pendidikan
D. Sutan Takdir Alisyahbana seorang yang ahli mengemukakan permasalahan dalam
dunia pendidikan
E. Memang masih jarang novel yang membahas emansipasi dan perjuangan kaum
wanita
Jawaban :c
34. Karangan berbentuk
fiksi bertujuan menyampaikan....
A. Seruan
B. Ajakan
C. Imbauan
D. Pengaruh
E. Informasi secara imajinatif
Jawaban : E
Menyesal
Pagiku hilang sudah melayang,
Hari mudaku sudah pergi
Kini petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Aku lalai di hari pagi
Beta lengah di masa muda
Kini hidup meracun hati
Miskin ilmu, miskin harta
Ah, apa guna kusesalkan
Menyesal tua tiada berguna
Hanya menambah luka sukma
Kepada yang muda kuharapkan
Atur barisan di hari pagi
Menuju arah padang bakti.
(Ali Hasjmi)
35. Kata petang pada larik
ketiga puisi tersebut mempunyai makna lambang....
A. Waktu sore hari
B. Kehidupan manusia
C. Suasana senja
D. Masa tua
E. Perasaan manusia
Jawaban : D
36. Maksud bait kedua
puisi tersebut adalah....
A. Seseorang yang lengah di pagi hari sehingga hidupnya sangat menderita di
usia muda
B. Seseorang yang menderita hidupnya karena tidak memiliki ilmu dan harta
C. Seseorang yang miskin harta dan miskin ilmu pada masa muda karena ia lupa
waktu
D. Seseorang yang telah menyia-nyiakan masa mudanya dalam menuntut ilmu
sehingga hidupnya menderita di hari tua
E. Seseorang yang melalaikan waktu di masa muda karena dia tidak memiliki ilmu
dan harta
Jawaban : D
37. Persamaan bunyi yang
terdapat pada baris pertama puisi tersebut adalah....
A. Hilang dan melayang
B. Pagiku dan hilang
C. Pagiku dan melayang
D. Sudah dan melayang
E. Pagiku dan tinggi
Jawaban : A
38. Tema dari puisi
tersebut adalah....
A. Kelalaian
B. Harapan
C. Kemiskinan
D. Kepergian
E. Penyesalan
Jawaban : E
39. Kata yang tidak
bermakna sebenarnya karena telah mengalami penambahan-penambahan baik
berdasarkan
pengalaman, kesan, dan imajinasi disebut....
A. Majas
B. Diksi
C. Konotasi
D. Sinopsis
E. Khayalan
Jawaban : C
Oleh sebab itu, Emil Salim
kembali mengingatkan kita semua untuk benar-benar memperhitungkan faktor
lingkungan dalam pembangunan, terutama di kota-kota besar. Seakan ia juga ingin
mengatakan, kota-kota yang masih gandrung membangun gedung-gedung bertingkat
dan mal tanpa mengindahkan dampak lingkungan, bersiaplah menghadapi bencana
yang tidak main-main.
40. Ditinjau berdasarkan
struktur teksnya, ulasan di atas merupakan bagian....
A. Kesimpulan
B. Keterpihakan penulis
C. Argumentasi menolak
D. Gambaran umum
E. Latar belakang penulis
Jawaban : A
41. Jika dalam suatu
negosiasi pihak Anda tidak memenangkan negosiasi, berikut hal yang harus Anda
lakukan, kecuali....
A. Memperjuangkannya di lain kesempatan
B. Menghargai keputusan yang telah disepakati
C. Menerima dengan sikap positif
D. Mengusahakan jalan pintas dengan cara tidak benar
E. Menyadari bahwa pihak Anda memang masih banyak kekurangan
Jawaban : D
42. Berikut merupakan ciri
kebahasaan teks negosiasi adalah....
A. Cerita kehidupan sehari-hari
B. Adanya konjungsi temporal
C. Adanya verba material
D. Adanya kalimat deklaratif
E. Bahasa persuasif dan santun
Jawaban : E
43. A : “Permisi, selamat
sore.”
B : “Iya, selamat sore. Ada yang bisa saya bantu?”
Dialog di atas merupakan contoh negosiasi bagian....
A. Orientasi
B. Permintaan
C. Pemenuhan
D. Penawaran
E. Persetujuan
Jawaban : A
44. Berikut merupakan
faktor yang memengaruhi keberhasilan negosiasi, kecuali....
A. Perlunya sebuah kesepakatan antara kedua belah pihak
B. Harus didasari dengan keinginan yang kuat
C. Tidak ada pihak yang dirugikan
D. Kesepakatan yang dicapai bersifat praktis
E. Harus didasari dengan alasan yang kuat
Jawaban : B
45. Unsur-unsur yang harus
ada dalam surat penawaran adalah....
A. Kop surat, logo, nomor, dan salam penutup
B. Tanggal surat, hal, lampiran, dan salam pembuka
C. Hal, salam pembuka, dan salam penutup
D. Kop surat, salam pembuka, tubuh surat, dan salam penutup
E. Kop surat, hal, salam pembuka, dan tubuh surat
Jawaban : A
46. Bacalah penggalan teks
negosiasi berikut!
Pembeli : “Mas, saya ingin beli notebook, apakah ada?”
Struktur yang membangun teks tersebut adalah....
A. Orientasi
B. Penawaran
C. Pengajuan
D. Persetujuan
E. Kesimpulan
Jawaban : C
47. Jika Anda melakukan
negosiasi jual beli, kalimat yang tepat dan santun untuk digunakan dalam
penawaran adalah....
A. Wah, mahal, turunin lah harganya!
B. Mungkin kalau bisa, harganya diturunkan lagi Pak, boleh?
C. Apa? Mahal sekali? Anda merampok saya. Turunin ya!
D. Toko sebelah lebih murah. Kalau tidak diturunkan, lebih baik saya membeli di
sebelah saja.
E. Kemahalan, Pak. Turunin harganya ya? Ya! Ya!
Jawaban : B
Perhatikan kutipan teks
berikut!
Sebaiknya, penggunaan internet pada anak-anak dibatasi karena dapat merusak
pola pikir anak. Tidak hanya pola pikir anak yang rusak, masih banyak hal
negatif lain yang dapat timbul apabila penggunaan internet di kalangan anak
tidak dalam pengawasan orang tua, sehingga anak-anak tidak boleh dikenalkan
dengan internet sebelum berumur 17 tahun.
48. Hal yang dibicarakan
dalam kutipan teks di atas adalah....
A. Pengenalan internet pada anak
B. Dampak negatif dari internet
C. Umur yang diperbolehkan dalam menggunakan internet
D. Aturan penggunaan internet pada anak
E. Pembatasan penggunaan internet pada anak
Jawaban : E
Bacalah teks berikut!
Pendidikan merupakan hal yang penting dalam memajukan negara ini. Tanpa adanya
pendidikan, negara ini tidak akan maju dan tidak akan berkembang seperti negara
maju lainnya. Berbagai cara sudah ditempuh pemerintah untuk meningkatkan
pendidikan di Indonesia, salah satunya adalah Program Indonesia Mengajar.
49. Berikut mosi yang
tepat berdasarkan teks tersebut adalah....
A. Pemerintah akan mengembalikan pendidikan di Indonesia
B. Pendidikan sangat penting bagi bangsa Indonesia
C. Pentingnya pendidikan di Indonesia
D. Kegagalan pemerintah dalam mengembangkan pendidikan
E. Kurangnya pemahaman masyarakat tentang pendidikan
Jawaban : C
50. Berikut yang bukan
merupakan tata cara merumuskan esensi debat adalah....
A. Berkonsentrasi terhadap kemenangan tim
B. Berkonsentrasi terhadap teks yang akan didengar
C. Mencatat pokok-pokok permasalahan yang akan didebatkan
D. Menulis bagian-bagian yang terpenting atau inti dari debat tersebut
E. Menulis pernyataan umum yang berkaitan dengan materi debat
Jawaban : A
51. Syarat
untuk memilih seseorang calon moderator adalah salah satunya calon moderator
tersebut harus yang….
A. Pandai membuat suasana menjadi memanas
B. Cerdas dan pintar
C. Boleh mengambil dari salah satu pendukung peserta debat
D. Netral dan tidak memihak antara kedua belah pihak debat
E. Dapat membantah kedua belah pihak
Jawaban : D
52. Apa yang dimaksud
dengan paragraf argumentasi dalam teks debat…
A. Paragraf yang digunakan untuk menceritakan suatu peristiwa secara
kronologis
B. Paragraf yang digunakan untuk melukiskan atau menggambarkan keadaan
suatu hal secara terperinci
C. Paragraf yang digunakan untuk
menyampiakan alasan dalam rangka memperkuat atau
menolak suatu gagasan
D. Paragraf yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu agar apa yang
dijelaskan itu diikuti oleh orang lain
E. Paragraf yang digunakan untuk memaparkan atau menguraikan sesuatu
gagasan
Jawaban : C
53. Di dalam kegiatan
debat apa tugas dari moderator…
A. Memipin jalannya diskusi
B. Menilai peserta
C. Berargumen
D. Menjadi pengamat
E. Mengoreksi kesalahan peserta
Jawaban : A
54.Untuk mengetahui apakah
sebuah teks termasuk ke dalam teks negosiasi atau bukan, ada beberapa unsur
yang terdapat di dalam teks negosiasi. Manakah yang bukan bagian dari unsur
teks negosiasi....
A. Adanya perbedaan kepentingan dari kedua belah pihak.
B. Ada kesepakatan sebagai hasil negosiasi.
C. Ada pengajuan dan penawaran.
D. Adanya parsitipan
E. Terjadinya ketidaksepakatan
Jawaban : D
55. Mencapai
suatu kesepakatan dari kedua belah pihak yang saling menguntungkan, merupakan….
A. Manfaat negosiasi
B. Tujuan negosiasi
C. Manfaat jual-beli
D. Tujuan interaksi
E. Inti negosiasi
Jawaban : B
56.(1) Polisi lalu lintas
sibuk mengatur kemacetan lalu lintas.
(2) Di jalan samping, empat orang siswa berkendara menyerempet mobil hingga
pingsan dan luka-luka.
(3) Korban diangkut ke rumah sakit.
(4) Keluarga korban bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
(5) Untung tidak menimbulkan cedera bagi si korban.
Susunan paragraf yang baik dari kalimat-kalimat di atas adalah ....
a. (2)-(5)-(3)-(1)-(4)
b. (2)-(3)-(4)-(1)-(5)
c. (1)-(2)-(5)-(3)-(4)
d. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
e. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)
Jawaban : B
(Paragraf untuk soal nomor
57 dan 58)
Lomba Karya Cipta dan Baca Puisi Tingkat Pelajar SMA /SMK wilayah eks
Keresidenan Pekalongan dimaksudkan untuk memberikan wadah kreativitas bagi para
siswa SMA dalam berkarya puisi. Selama ini, sebagian besar lomba yang ada
hanyalah pembacaan puisi. Oleh karena itu, agar para siswa juga bisa
menyalurkan karya puisi mereka, lomba karya cipta puisi itu diselenggarakan.
57.
Berdasarkan letak gagasan pokoknya, paragraf di atas di sebut paragraf ....
a. deduktif
b. induktif
c. campuran
d. naratif
e. deskripsi
Jawaban : A
58. Paragraf
di atas membahas tentang ....
a. manfaat lomba
b. maksud lomba
c. rencana lomba
d. juara terbaik
e. peserta lomba
Jawaban : C
59. Di bawah
ini merupakan nilai-nilai yang ada dalam karya sastra, kecuali ....
a. nilai moral
b. nilai estetika
c. nilai sosial
d. nilai budaya
e. nilai hukum
Jawaban : E
60. Paragraf
yang isinya dimaksudkan untuk memengaruhi pembaca agar menerima ide atau
pernyataan yang dikemukakan, baik yang didasarkan pada pertimbangan logis
meupun emosional disebut paragraf ....
a. argumentasi
b. persuasi
c. deskripsi
d. eksposisi
e. Narasi
Jawaban : B
61. Pada teks debat
terdapat materi, personalia dan fasilitas debat merupakan …
A. Unsur-unsur debat
B. Ciri-ciri debat
C. Struktur debat
D. Pengertian debat
E. Inti debat
Jawaban : A
62. Perhatikan kalimat
berikut!
"Andi pergi ke
sekolah sambil membawa bekal yang disiapkan oleh ibunya."
Pertanyaan: Klausa utama
dalam kalimat tersebut adalah...
a. Andi pergi ke sekolah
b. sambil membawa bekal
c. yang disiapkan oleh
ibunya
d. Andi pergi
Jawaban: a. Andi pergi ke sekolah
63. Bacalah puisi berikut
ini!
"Bunga di tepi jalan,
Mekar indah mempesona,
Terinjak oleh kaki-kaki tak peduli,
Hilang sudah keangkuhannya."
Pertanyaan: Makna kiasan
dalam puisi tersebut adalah...
a. Bunga yang tumbuh di
tepi jalan sangat rapuh
b. Keindahan yang
seringkali diabaikan
c. Kaki-kaki yang tidak
peduli merusak keindahan
d. Bunga yang tumbuh liar
di pinggir jalan
Jawaban: b. Keindahan yang seringkali
diabaikan
64. Perhatikan paragraf
berikut!
"Saat ini teknologi
informasi berkembang dengan sangat cepat. Internet telah mengubah cara kita
berkomunikasi dan mendapatkan informasi. Dengan kemajuan ini, kita dapat
terhubung dengan siapa saja di belahan dunia mana pun dengan mudah dan
cepat."
Pertanyaan: Gagasan utama
dari paragraf tersebut adalah...
a. Internet mempermudah
komunikasi
b. Teknologi informasi
berkembang cepat
c. Kita bisa terhubung
dengan siapa saja
d. Kemajuan teknologi
informasi
Jawaban: b. Teknologi informasi berkembang
cepat
65. Bacalah dialog
berikut!
Ani: "Besok ada ujian
Matematika, sudah belajar?" Budi: "Belum. Aku malah bingung harus
mulai dari mana." Ani: "Coba kita belajar bersama, pasti akan lebih
mudah."
Pertanyaan: Dari dialog
tersebut, sifat yang ditunjukkan oleh Ani adalah...
a. Penuh perhatian
b. Egois
c. Pesimis
d. Penakut
Jawaban: a. Penuh perhatian
SOAL URAIAN
66. Bacalah cerpen berikut!
"Di sebuah desa
terpencil, tinggal seorang gadis bernama Sari. Setiap hari, Sari membantu orang
tuanya bekerja di sawah. Meski hidup dalam keterbatasan, Sari selalu
bersemangat untuk belajar. Dia bermimpi suatu hari bisa menjadi seorang guru
dan mengajar anak-anak di desanya."
Pertanyaan:
Jelaskan bagaimana karakter Sari dalam cerpen tersebut dan bagaimana hal ini
relevan dengan tema pendidikan dalam Kurikulum Merdeka!
Kunci Jawaban:
Sari adalah seorang gadis yang gigih dan bersemangat dalam mengejar impian
meskipun hidup dalam keterbatasan.
Karakter Sari relevan
dengan tema pendidikan dalam Kurikulum Merdeka yang menekankan pentingnya
semangat belajar dan kemauan kuat untuk mencapai cita-cita, meskipun dihadapkan
pada berbagai rintangan.
Hal ini menunjukkan bahwa
dengan tekad yang kuat, pendidikan dapat menjadi jembatan untuk mencapai
kesuksesan dan perubahan hidup yang lebih baik.
67. Perhatikan
iklan layanan masyarakat berikut!
"Jangan biarkan
sampah plastik merusak lingkungan kita. Mulailah dari diri sendiri, kurangi
penggunaan plastik sekali pakai dan daur ulang sampah plastik. Bersama kita
bisa membuat bumi lebih bersih."
Pertanyaan: Analisislah
tujuan dan efek dari iklan layanan masyarakat tersebut terhadap pembaca!
Kunci Jawaban:
Tujuan iklan layanan masyarakat tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran
masyarakat akan pentingnya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan
mempromosikan daur ulang sampah plastik demi menjaga kebersihan lingkungan.
Efek dari iklan ini
terhadap pembaca adalah menginspirasi tindakan konkret dalam kehidupan
sehari-hari, yaitu dengan mengurangi penggunaan plastik dan mendaur ulang
sampah.
Dengan demikian, pembaca
diharapkan lebih peduli terhadap lingkungan dan terlibat aktif dalam menjaga
kebersihan bumi.
68. Bacalah artikel berikut!
"Pendidikan karakter
sangat penting dalam membentuk generasi muda yang berintegritas. Nilai-nilai
seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama harus ditanamkan sejak dini
agar siswa tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga bermoral
tinggi."
Pertanyaan: Bagaimana
implementasi pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka dan apa manfaatnya
bagi siswa?
Kunci Jawaban:
Implementasi pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka dilakukan dengan
memasukkan nilai-nilai moral seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama
dalam setiap aspek pembelajaran.
Manfaatnya bagi siswa adalah
mereka tidak hanya mendapatkan pengetahuan akademik tetapi juga dibekali dengan
karakter yang kuat.
Hal ini membantu mereka
menjadi individu yang berintegritas, mampu bekerja sama dalam tim, dan
bertanggung jawab atas tindakan mereka.
Pendidikan karakter juga
berperan dalam membentuk generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan
dengan sikap positif dan etika yang baik.
Demikianlah sajian
kumpulan soal dan jawaban sumatif akhir tahun mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas
10 SMA/SMK kurikulum merdeka yang sempat admin kherysuryawan bagikan pada
kesempatan ini, semoga artikel ini dapat membantu sahabat pendidikan dalam
memperoleh informasi seputar soal-soal bahasa Indonesia untuk jenjang SMA.