Kompetensi dan Tema P5 Untuk SD,SMP,SMA,SMK Tahun 2024
Kherysuryawan.id - Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 031/H/Kr/2024 Tentang Kompetensi Dan Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada
postingan kali ini admin akan membahas tentang kompetensi dan tema projek
penguatan profil pelajar Pancasila bagi sekolah Paud, sekolah SD, Sekolah SMP
dan sekolah SMA/SMK.
Kompetensi pada projek penguatan profil pelajar Pancasila
meliputi beberapa dimensi, elemen dan sub elemen. Alur perkembangan dimensi
pada setiap sub elemen mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK dapat dilihat
pada surat keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 031/H/Kr/2024
Tentang Kompetensi dan Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Berikut ini informasi mengenai Tema Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan dasar dan
Pendidikan Menengah.
A. Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di
Pendidikan Anak Usia Dini
1. Aku Sayang Bumi
Tema ini bertujuan untuk mengenalkan peserta didik
tentang pentingnya menjaga lingkungan. Tema ini juga membangun pemahaman
tentang hubungan sebab akibat antara isu lingkungan dengan aktivitas manusia.
Pemahaman ini akan membangun kesadaran untuk memiliki gaya hidup yang ramah
lingkungan. Tema ini selaras dengan Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di jenjang
Pendidikan Dasar dan Menengah.
2. Aku Cinta Indonesia
Tema ini bertujuan membangun wawasan dan kebanggaan
peserta didik terhadap keragaman budaya Indonesia, serta kebanggaan terhadap
identitas dirinya sebagai warga negara indonesia. Kemampuan ini merupakan dasar
ketertarikan peserta didik mempelajari lebih lanjut mengenai konsep dan
nilai-nilai dibalik kesenian dan tradisi lokal, serta merefleksikan nilai-nilai
yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan mereka. Tema ini selaras
dengan Tema Kearifan Lokal yang digunakan di jenjang Pendidikan Dasar dan
Menengah.
3. Kita Semua Bersaudara
Tema ini bertujuan membangun nilai-nilai budi pekerti
yang diperlukan untuk dapat berinteraksi dengan teman sebaya, menghargai
perbedaan, mampu berbagi dan bekerja sama. Kemampuan ini merupakan fondasi
untuk sikap positif terhadap keberagaman. Tema ini selaras dengan Tema Bhinneka
Tunggal Ika yang digunakan di jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
4. Imajinasi dan Kreativitasku
Tema ini bertujuan untuk membangun kemampuan peserta
didik untuk bereksplorasi, berkreasi, dan berinovasi serta memiliki keluwesan
berpikir. Kemampuan ini akan menjadi fondasi bagi peserta didik untuk kemampuan
berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan
kegiatan diri dan sekitarnya. Tema ini selaras dengan Tema Rekayasa dan Teknologi
yang digunakan di jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
B. Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di
Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
1. Gaya Hidup Berkelanjutan
Peserta didik memahami potensi krisis keberlanjutan yang
terjadi di lingkungan sekitar, serta memiliki kesiapan untuk menghadapi dan
memitigasinya. Pemahaman tersebut diharapkan membangun kesadaran peserta didik
untuk bersikap dan berperilaku lebih bijak dengan mempertimbangkan dampak pada
individu, lingkungan, dan masyarakat di sekitarnya, jangka pendek maupun jangka
panjang. Selain dampak terkait kelestarian alam, juga terhadap aspek ekonomi,
kualitas hidup, ketahanan, serta keadilan sosial. Tema ini ditujukan untuk
jenjang SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs, SMA/SMALB/MA, SMK/SMKLB/MAK, dan sederajat.
2. Kearifan Lokal
Peserta didik membangun rasa ingin tahu dan kemampuan
inkuiri melalui eksplorasi budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar.
Menelusuri sejarah perkembangan masyarakat lokal/daerahnya, menggali konsep dan
nilai-nilai di baliknya, lalu merefleksikan nilai dasar yang dapat diambil
untuk diterapkan dalam kehidupan mereka. Termasuk menggunakannya untuk
dikembangkan sesuai dengan konteks saat ini, dan untuk perbaikan diri, sosial,
dan alam. Tema ini ditujukan untuk jenjang SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs,
SMA/SMALB/MA, SMK/SMKLB/MAK, dan sederajat.
3. Bhinneka Tunggal Ika
Peserta didik memahami dan mempromosikan budaya
perdamaian, menjunjung kemanusiaan, dan anti kekerasan, belajar membangun
dialog penuh hormat tentang keberagaman serta nilai-nilai ajaran yang
dianutnya. Peserta didik juga memahami perspektif berbagai agama dan
kepercayaan, keragaman suku dan etnis secara kritis dan reflektif menelaah berbagai
stereotip negatif dan dampaknya terhadap terjadinya konflik dan kekerasan. Tema
ini ditujukan untuk jenjang SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs, SMA/SMALB/MA,
SMK/SMKLB/MAK, dan sederajat.
4. Bangunlah Jiwa dan Raganya
Peserta didik mengenali dan memahami bagaimana memelihara
dan menjaga kesehatan fisik dan mental dengan merefleksikan pengenalan dan
pengalaman diri maupun lingkungan. Pemahaman tersebut digunakan untuk membangun
keterampilan dan kesadaran untuk mencapai kesejahteraan diri (wellbeing) dan lingkungan
yang sehat sehingga peserta didik disarankan megeksplorasi Isu kesehatan
seperti perilaku hidup bersih, aktif, dan sehat, narkoba, pornografi, kesehatan
reproduksi, kesehatan mental, pertolongan pertama, perundungan, interaksi
sosial secara daring maupun langsung, kekerasan seksual, hingga pemahaman atas
layanan kesehatan. Tema ini ditujukan untuk jenjang SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs,
SMA/SMALB/MA, SMK/SMKLB/MAK, dan sederajat.
5. Suara Demokrasi
Peserta didik menggunakan kemampuan berpikir sistem,
menjelaskan keterkaitan antara peran individu terhadap kelangsungan demokrasi
Pancasila. Melalui pembelajaran ini peserta didik merefleksikan makna demokrasi
dan memahami implementasi demokrasi serta tantangannya dalam konteks yang
berbeda, termasuk dalam organisasi sekolah, masyarakat dan/atau dalam dunia
kerja. Tema ini ditujukan untuk jenjang SMP/SMPLB/MTs, SMA/SMALB/MA,
SMK/SMKLB/MAK, dan sederajat.
6. Kewirausahaan
Peserta didik menumbuhkembangkan kreativitas dan budaya
kewirausahaan sebagai upaya pencarian solusi terkait aspek lingkungan, sosial
dan kesejahteraan masyarakat. Peserta didik membuka wawasan tentang peluang
masa depan, peka akan kebutuhan masyarakat, menjadi individu yang terampil mengidentifikasi
potensi ekonomi di tingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan
potensi tersebut dan aktif mencari solusi. Tema ini ditujukan untuk jenjang
SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs, SMA/SMALB/MA, dan sederajat. (Karena jenjang SMK/MAK
sudah memiliki mata pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan, maka tema ini
tidak menjadi pilihan untuk jenjang SMK.)
7. Rekayasa dan Teknologi
Peserta didik melatih daya pikir kritis, kreatif,
inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk
berteknologi yang memudahkan kegiatan diri dan sekitarnya. Peserta didik dapat
membangun budaya smart society dengan menyelesaikan persoalan-persoalan di
masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan penerapan teknologi, mensinergikan
aspek sosial dan aspek teknologi. Tema ini ditujukan untuk jenjang SD/SDLB/MI,
SMP/SMPLB/MTs, SMA/SMALB/MA, SMK/SMKLB/MAK, dan sederajat.
8. Kebekerjaan
Peserta didik memahami dunia kerja yang relevan dengan
keahliannya dari berbagai aspek. Peserta didik mengidentifikasi permasalahan
dan membangun pemahaman tentang ketenagakerjaan, terkait berbagai hal seperti
hak dan kewajiban, keselamatan kerja, hingga etika dan profesionalitas dalam
bekerja. Termasuk tentang peluang kerja, serta kesiapan kerja. Dalam projeknya,
peserta didik juga akan mengasah kesadaran sikap dan perilaku sesuai dengan
standar yang dibutuhkan di dunia kerja. Tema ini ditujukan sebagai tema wajib
khusus jenjang SMK/MAK.
Bagi anda yang ingin melihat lebih jelas mengenai
Kompetensi dan Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada satuan Pendidikan
Paud, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah maka silahkan lihat selengkapnya
melalui file yang telah admin kherysuryawan bagikan di bawah ini :
- Surat Kepala BSKAP Kemdikbudristek Nomor 031/H/Kr/2024 Tentang Kompetensi Dan Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila – (DISINIDISINI)
Demikianlah artikel ini admin buat, Semoga informasi mengenai Kompetensi dan Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang telah admin sampaikan melalui artikel ini dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi bapak/ibu guru yang berada di jenjang Paud, SD, SMP maupun SMA/SMK.