Cara Sinkron PMM ke eKinerja Oleh Guru
Kherysuryawan.id – Tahapan melakukan sinkron PMM Guru ke Aplikasi e-Kinerja My ASN.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, bagaimana
kabar anda hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat sehingga
dapat menjalankan tugas keseharian dengan baik. Pada kesempatan kali ini admin
akan membahas tentang cara melakukan sinkron PMM ke e-kinerja.
Seperti kita ketahui bahwa saat ini semua guru di beri
tugas untuk melakukan pengelolaan kinerja menggunakan aplikasi PMM. Adapun tahapan
pengelolaan kinerja untuk guru memiliki tiga tahapan penting yang dilakukan
oleh Guru selama enam bulan. 3 tahapan tersebut adalah : melakukan perencanaa
kinerja, melakukan pelaksanaan kinerja dan memperoleh penilaian kinerja.
Apabila guru telah melakukan perencanaan, pelaksanaan dan
memperoleh penilaian kinerja dari atasan serta telah menyelesaikan seluruh
tugas dan tanggung jawab sesuai dengan RHK yang telah di pilih di PMM itu
artinya guru telah menuntaskan pengelolaan kinerja yang ada di PMM dan dapat
dipastikan praktik kinerja guru telah menunjukkan angka 100 %.
Lantas apa lagi yang harus di lakukan oleh guru jika
semua tahapan pada pengelolaan kinerja di PMM telah selesai dilakukan ?
Perlu untuk diketahui bahwa setelah guru mendapatkan
penilaian pada praktik kinerja di PMM dan telah menyelesaikan semua tahapan
kinerja di PMM, maka langkah selanjutnya adalah guru dapat melakukan sinkron
PMM ke aplikasi e-kinerja melalui menu SKP yang ada di dalam aplikasi
e-kinerja.
Fitur Sinkronisasi PMM kini tersedia di Platform
E-Kinerja BKN. Fitur ini dirancang untuk memudahkan dan membantu Anda dalam
melakukan sinkronisasi data pengelolaan kinerja antara Platform Merdeka
Mengajar dan Platform E-Kinerja BKN. Proses ini memungkinkan integrasi data
yang lebih efisien dan akurat, mendukung pemantauan dan evaluasi kinerja yang
lebih komprehensif.
Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara melakukan
sinkron PMM ke e-kinerja, maka silahkan simak tahapan melakukan sinkron PMM ke
aplikasi ekinerja di bawah ini :
TAHAPAN MELAKUKAN SINKRON PMM KE E-KINERJA OLEH GURU
1. Silahkan
buka aplikasi e-kinerja melalui laman berikut ini : https://kinerja.bkn.go.id/login
2. Selanjutnya
klik “Login”
3. Kemudian
isikan username dan password sesuai akun masing-masing guru, dan jika sudah
klik “sign in”
4. Setelah
berhasil masuk ke halaman depan e-kinerja, maka silahkan klik menu “SKP”
5. Selanjutnya,
silahkan Klik tombol Sinkro PMM di menu SKP
6. Langkah
Selanjutnya, Klik tombol Sinkro data PMM untuk memulai proses sinkronisasi data SKP dengan PMM.
Setelah proses sinkronisasi selesai, klik OK untuk melihat
data yang telah diperbarui.
7. Dalam
kondisi ideal (tanpa perlu perbaikan data di e-Kinerja/SIASN), proses
sinkronisasi data SKP dengan PMM akan berhasil tanpa catatan.
8. Setelah
Anda berhasil melakukan Sinkronisasi PMM, tampilan konten SKP di e-Kinerja akan
sesuai dengan rencana yang telah dibuat di PMM.
Dalam proses Sinkron PMM yang dilakukan oleh guru,
apabila tidak berhasil, pesan error akan muncul dan dapat dilihat oleh guru
serta Admin Instansi. Pesan error ini penting untuk dilakukan tindak lanjut
perbaikan data sumber data terkait. Untuk guru yang mengalami kendala saat
melakukan Sinkro PMM akan mendapatkan contoh tampilan pesan error sebagai
berikut :
1. Data SKP Organisasi belum dibuat oleh atasan
Solusi mengatasinya :
Atasan Guru (Kepala Sekolah)
atau Admin instansi dapat memperbaiki di e-Kinerja dengan dua opsi berikut:
- Opsi A: Kepala Sekolah melakukan sinkronisasi di e-Kinerja, berdasarkan informasi yang diberikan oleh guru.
- Opsi B: Admin instansi melakukan sinkronisasi PMM untuk Kepala Sekolah terkait di e-Kinerja.
Jika sinkronisasi PMM untuk
Kepala Sekolah di e-Kinerja berhasil, baik guru maupun admin instansi dapat
mencoba kembali Sinkron PMM di e-Kinerja.
2. Atasan
Pegawai tidak sama dengan data PMM
Solusi mengatasinya :
Admin Instansi melakukan
perbaikan data di e-Kinerja dan SIASN dengan langkah-langkah berikut:
Identifikasi Perbedaan
Atasan:
- Admin instansi menggunakan menu Log Sinkronisasi PMM di e-Kinerja untuk mengetahui perbedaan atasan yang terdapat di PMM.
Pembaruan Data Atasan:
- Setelah mengetahui perbedaan atasan, admin instansi melakukan pembaruan data atasan unor di e-Kinerja dan SIASN sesuai dengan informasi yang ada di PMM.
Sinkron PMM untuk Pegawai
Terkait:
- Setelah dilakukan pembaruan data, Admin Instansi dapat melakukan sinkron PMM untuk pegawai terkait, sehingga data yang tersinkronisasi di e-Kinerja dan SIASN menjadi akurat.
3. Tidak
ada RHK yang bisa dikaitkan
Solusi mengatasinya :
Atasan Guru (Kepala Sekolah)
atau Admin instansi dapat memperbaiki data di e-Kinerja dengan dua opsi berikut:
- Opsi A: Kepala Sekolah melakukan sinkronisasi di e-Kinerja, berdasarkan informasi yang diberikan oleh guru.
- Opsi B: Jika Sinkron PMM untuk Kepala Sekolah di e-Kinerja berhasil, baik guru maupun admin instansi dapat mencoba kembali Sinkron PMM di e-Kinerja.
Demikianlah informasi
mengenai cara mudah melakukan sinkron PMM ke aplikasi ekinerja oleh guru. Semoga
para guru yang akan melakukan sinkron data pengelolaan kinerja yang ada di PMM
ke aplikasi e-kinerja dapat berjalan dengan baik serta bagi guru yang mengalami
masalah eror pada saat akan melakukan sinkron PMM ke ekinerja dapat memperoleh
solusi atas masalah tersebut sesuai dengan penjelasan yang telah di berikan
pada artikel ini.
Sekian dan semoga
Bermanfaat.