Jawaban Post Test Modul 3 Memfasilitasi Belajar Bersama dan Berbagi Praktik

Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Post test Modul 3 Memfasilitasi Belajar Bersama dan Berbagi Praktik Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada postingan kali ini admin akan membahas tentang kunci jawaban dari salah satu topik yang ada di pelatihan mandiri PMM yaitu Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah. Kunci jawaban ini kiranya bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru yang akan mengikuti pelatihan mandiri di PMM khususnya pada topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah.

 


Pada Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah dipelatihan mandiri PMM, topik ini membahas tentang konsep serta peran pemimpin dalam Memfasilitasi Belajar Bersama dan Berbagi Praktik. Dengan mempelajari topik ini maka diharapkan bapak/ibu guru serta kepala sekolah mampu memahami tentang konsep komunitas belajar yang berpusat pada murid serta bagaimana cara memulainya disatuan pendidikan tempat bekerja.

 

Perlu untuk di ketahui bahwa pada Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah yang ada dipelatihan PMM ada 4 modul yang nantinya akan dipelajari, diantaranya yaitu sebagai berikut :

Modul 1 : Mengenal Komunitas belajar

Modul 2 : Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah

Modul 3 : Memfasilitasi Belajar Bersama dan Berbagi Praktik

Modul 4 : Memimpin Perubahan

 

Pada kesempatan ini admni kherysuryawan hanya akan membahas materi yang ada pada Modul 3 Memfasilitasi Belajar Bersama dan Berbagi Praktik Topik Memfasilitasi Belajar Bersama dan Berbagi Praktik. Didalam Modul 3 tersebut nantinya akan ada 3 daftar materi yang harus di pelajari serta disetiap materi akan ada pertanyaan yang harus di jawab oleh guru/kepala sekolah yang mengikuti pelatihan tersebut yaitu berupa latihan pemahaman, cerita reflektif dan post test.

 

Adapun ke tiga materi yang nantinya akan dipelajari pada Modul 3 Memfasilitasi Belajar Bersama dan Berbagi Praktik Topik Memfasilitasi Belajar Bersama dan Berbagi Praktik, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Materi 1 : Siklus Komunitas Belajar dalam Sekolah
  • Materi 2 : Mempraktikkan Siklus Komunitas Belajar dalam Sekolah
  • Materi 3 : Panduan Moderasi untuk Kelompok belajar

 

Nah, melalui postingan ini admin kherysuryawan akan memberikan kunci jawaban dari setiap pertanyaan yang ada pada latihan pemahaman, cerita reflektif dan post test yang terdapat di setiap materi pada Modul 3 Memfasilitasi Belajar Bersama dan Berbagi Praktik.

 

Baiklah berikut ini kunci jawaban latihan pemahaman, cerita reflektif dan post test Modul 3 Memfasilitasi Belajar Bersama dan Berbagi Praktik Topik Memfasilitasi Belajar Bersama dan Berbagi Praktik.

 

Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif 

Materi : Siklus Komunitas Belajar dalam Sekolah

 

Dalam proses belajarnya di komunitas, guru menggunakan siklus inkuiri sebagai acuan untuk belajar secara berkelanjutan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan murid di sekolah. Berikut merupakan siklus inkuiri dalam upaya peningkatan mutu pendidikan murid di sekolah :

A. Perencanaan

  • Kolaborasi mengembangan perencanaan pembelajaran.
  • Mereviu perencanaan pembelajaran yang sudah ada/berjalan.
  • Gunakan pertanyaan krisis untuk mengarahkan diskusi.

 

B. Implementasi

  • Mempraktikan perencanaan di kelas.
  • Melakukan asesmen formatif untuk mengetahui perkembangan murid.
  • Berbagi praktik.
  • Observasi pembelajaran di kelas guru lainnya untuk pembelajran yang lebih maksimal.

 

C. Evaluasi

  • Diskusi hasil pembelajaran di kelas.
  • Refleksi mengenai apa yang kurang efektif.
  • Refleksi mengenai apa yang kurang efektif?
  • Rencana tindak lanjut.
  • Melakukan apresiasi pada capaian dan perilaku efektif.

 

D. Refleksi Awal

  • Melihat data murid : hasil asesmen, hasil penilaian pembelajaran atau data lain.
  • Analisis hasil belajar murid.
  • Diskusi dan refleksi dengan guru lain.
  • Menentukan agenda atau topik prioritas untuk komunitas belajar.
  • Menentukan tujuan dan target belajar untuk peningkatan pembelajaran murid.

 

1. Berikut yang bukan merupakan siklus inkuiri pada komunitas elajar dalam sekolah adalah...

A. Perencanaan

B. Selebrasi

C. Implementasi

D. Refleksi

Jawaban : B. Selebrasi

 

Dalam materi ini tidak ada cerita reflektif. Silakan ketikan pernyataan ini pada kolom yang tersedia.

Jawab :

Dalam proses belajarnya di komunitas, guru menggunakan siklus inkuiri sebagai acuan untuk belajar secara berkelanjutan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan murid di sekolah.


Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif 

Materi : Mempraktikkan Siklus Komunitas Belajar dalam Sekolah

 

1. Apa yang menjadi fokus guru dalam tahap refleksi awal?

A. Melakukan asesmen formatif.

B. Menentukan agenda atau topik prioritas untuk komunitas belajar.

C. Mempraktikkan perencanaan di kelas.

D. Melakukan evaluasi hasil pembelajaran di kelas.

Jawaban : B. Menentukan agenda atau topik prioritas untuk komunitas belajar

 

2. Melakukan asesmen formatif termasuk bagian dari tahap implementasi.

A. Benar

B. Salah

Jawaban : A. Benar

 

3. Tahap evaluasi tidak melibatkan rencana tindak lanjut.

A. Benar

B. Salah

Jawaban : B. Salah

 

Apa hal menarik yang Anda dapatkan dari contoh praktik pada materi ini?

Jawab :

Komunitas Belajar dalam satuan pendidikan akan efektif jika siklus inkuiri dalam upaya peningkatan mutu pendidikan murid di sekolah dapat dijalankan dengan baik.

 

Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif 

Materi : Panduan Moderasi untuk Kelompok Belajar

 

Observasi kelas merupakan salah satu cara berbagi praktik yang bisa dilakukan dengan rekan sejawat. Kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan kompetensi guru dengan mengobservasi langsung praktik yang dilakukan oleh rekan lainnya. Tujuan observasi adalah untuk belajar dan mencari umpan balik, bukan untuk menilai atau mengkritik.

 

1. Tujuan observasi pembelajaran oleh rekan sejawat di tahap implementasi adalah untuk menilai kinerja guru.

A. Benar

B. Salah

Jawaban : B. Salah

 

Bagaimana perasaan Anda jika ada yang mengobservasi kelas Anda? Mengapa?

Jawab :

Senang. Mengapa? Pada saat itulah saya bisa berbagi praktik baik terkait metode pembelajaran dan saya juga akan mendapatkan umpan balik terkait kekurangan pengelolaan kelas saya.

 

Jawaban Post Test Modul 2 Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah

 

1. Apa tujuan menggunakan 4 pertanyaan kritis dalam tahap perencanaan?

A. Menentukan agenda atau topik prioritas.

B. Mengarahkan diskusi perencanaan pembelajaran.

C. Melakukan asesmen formatif.

D. Menentukan tujuan dan target belajar.

Jawaban : B. Mengarahkan diskusi perencanaan pembelajaran

 

2. Berikut adalah hal yang bisa dilakukan pada tahap implementasi di siklus komunitas belajar, kecuali...

A. Melihat data murid dan menentukan agenda komunitas belajar.

B. Mempraktikkan perencanaan di kelas dan mereviu perencanaan pembelajaran.

C. Observasi pembelajaran di kelas guru lainnya untuk pembelajaran yang lebih maksimal.

D. Melakukan asesmen formatif untuk mengetahui perkembangan murid

Jawaban : A. Melihat data murid dan menentukan agenda komunitas belajar

 

3. Apa yang dilakukan dalam tahap evaluasi pada siklus inkuiri?

A. Melihat data murid dan menentukan agenda komunitas belajar.

B. Diskusi hasil pembelajaran di kelas dan rencana tindak lanjut.

C. Mempraktikkan perencanaan di kelas dan berbagi praktik dengan guru lainnya.

D. Observasi pembelajaran di kelas guru lainnya untuk pembelajaran yang lebih maksimal.

Jawaban : B. Diskusi hasil pembelajaran di kelas dan rencana tindak lanjut

 

4. Apa yang dilakukan guru dalam tahap refleksi awal pada siklus inkuiri?

A. Melihat data murid, analisis hasil belajar, dan berdiskusi dengan guru lain.

B. Melaksanakan perencanaan pembelajaran

C. Mempraktikkan perencanaan di kelas

D. Melakukan asesmen formatif untuk mengetahui perkembangan murid.

Jawaban : A. Melihat data murid, analisis hasil belajar, dan berdiskusi dengan guru lain

 

5. Berikut merupakan bagian dari tahap evaluasi di komunitas belajar, kecuali...

A. Menentukan rencana tindak lanjut

B. Melakukan observasi kelas oleh rekan sejawat

C. Refleksi mengenai apa yang sudah berjalan efektif dan kurang efektif

D. Melakukan apresiasi pada capaian dan perilaku efektif

Jawaban : B. Melakukan observasi kelas oleh rekan sejawat

 

Demikianlah informasi mengenai Kunci Jawaban Cerita Reflektif, Latihan Pemahaman dan Jawaban Post test Modul 3 Memfasilitasi Belajar Bersama dan Berbagi Praktik Topik Memfasilitasi Belajar Bersama dan Berbagi Praktik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi bapak/ibu guru dan kepala sekolah yang akan mengikuti pelatihan mandiri pada topik ini di PMM.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel