Jawaban Post Test Modul 2 Merealisasikan Belajar Bersama dan Berbagi Praktik
Kherysuryawan.id – Soal dan Jawaban Post Test Modul 2 Merealisasikan Belajar Bersama dan Berbagi Praktik pada Pelatihan Mandiri di PMM Topik Menjalankan Komunitas Belajar dalam Sekolah.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan
kali ini admin akan membahas tentang salah satu topik pelatihan mandiri yang
ada di PMM yaitu Topik tentang Menjalankan Komunitas Belajar dalam Sekolah.
Bagi bapak dan ibu guru yang mengikuti pelatihan pada Topik
Menjalankan Komunitas Belajar dalam Sekolah, maka bapak ibu guru nantinya pasti
akan mendapatkan beberapa materi yang akan dipelajari didalamnya. Setelah mempelajari
materi tersebut maka bapak/ibu guru harus dapat menjawab latihan pemahaman,
cerita reflektif dan juga post test disetiap modul yang ada pada topik
tersebut.
Sebagai informasi bahwa pada modul 2 “Merealisasikan Belajar Bersama dan Berbagi Praktik” akan ada 3 materi yang akan di pelajari nantinya, diantaranya yaitu sebagai berikut :
- Siklus Komunitas Belajar dalam Sekolah
- Mempraktikkan Siklus Komunitas Belajar dalam Sekolah
- Panduan Moderasi untuk Kelompok Belajar
Melalui postingan ini admin kherysuryawan akan memberikan
jawaban di setiap soal pada setiap latihan pemahaman dan cerita reflektif di
setiap materi tersebut serta memberikan kunci jawaban Post Test Modul 2 Merealisasikan
Belajar Bersama dan Berbagi Praktik yang akan dipelajari pada Topik Menjalankan
Komunitas Belajar dalam Sekolah. Semoga soal dan jawaban Post Test Modul 2 Merealisasikan
Belajar Bersama dan Berbagi Praktik yang akan disajikan pada postingan ini dapat
menjadi referensi pembelajaran yang bermanfaat dan dapat membantu bapak/ibu
guru dalam mengikuti pelatihan mandiri di PMM khususnya pada Topik Menjalankan
Komunitas Belajar dalam Sekolah.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Siklus Komunitas Belajar dalam Sekolah
Dalam proses belajarnya di komunitas, guru menggunakan siklus
inkuiri sebagai acuan untuk belajar secara berkelanjutan dalam upaya
peningkatan mutu pendidikan murid di sekolah.
I. Refleksi Awal
a. Melihat data murid : hasil asesmen, hasil penilaian
pembelajaran, atau data lain
b. Analisis hasil belajar murid
c. Diskusi dan refleksi dengan guru lain
d. Menentukan agenda atau topik prioritas untuk komunitas
belajar.
e. Menentukan tujuan dan target belajar untuk peningkatan
pembelajaran murid.
II. Perencanaan
a. Kolaborasi mengembangkan perencanaan pembelajaran.
b. Mereviu perencanaan pembelajaran yang sudah
ada/berjalan.
c. Gunakan 4 pertanyaan kritis untuk diskusi :
·
Apa yang kita harapkan untuk murid belajar?
·
Bagaimana kita tahu bahwa setiap murid telah
belajar hal tersebut?
·
Bagaimana respons kita jika ada murid yang tidak
belajar?
·
Bagaimana kita akan memperkaya pembelajaran
untuk murid yang sudah mahir?
III. Implementasi
a. Mempraktikkan perencanaan di kelas
b. Melakukan asesmen formatif untuk mengetahui
perkembangan murid
c. Berbagi praktik
d. Observasi pembelajaran di kelas guru lainnya untuk
pembelajaran yang lebih maksimal.
IV. Evaluasi
a. Diskusi hasil pembelajaran di kelas
b. REfleksi mengenai apa yang sudah berlajan efektif?
c. Refleksi mengenai apa yang kurang efektif?
d. Rencana tindak lanjut
e. Melakukan apresiasi pada capaian dan perilaku efektif
1. Berikut yang bukan merupakan siklus inkuiri pada
komunitas belajar dalam sekolah adalah...
A. Perencanaan
B. Selebrasi
C. Implementasi
D. Refleksi
Jawaban : B.
Selebrasi
Dalam materi ini tidak ada cerita reflektif. Silakan
berikan tanda "-" pada kolom yang tersedia.
Jawab :
"-"
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Mempraktikkan Siklus Komunitas Belajar dalam Sekolah
1. Apa yang menjadi fokus guru dalam tahap refleksi awal?
A. Melakukan asesmen formatif.
B. Menentukan
agenda atau topik prioritas untuk komunitas belajar.
C. Mempraktikkan perencanaan di kelas.
D. Melakukan evaluasi hasil pembelajaran di kelas.
Jawaban : B.
Menentukan agenda atau topik prioritas untuk komunitas belajar
2. Melakukan asesmen formatif termasuk bagian dari tahap
implementasi.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A.
Benar
3. Tahap evaluasi tidak melibatkan rencana tindak lanjut.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B.
Salah
Apa hal menarik yang Anda dapatkan dari contoh praktik
pada materi ini?
Jawab :
Observasi pembelajaran di kelas guru lainnya untuk pembelajaran yang lebih
maksimal
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Panduan Moderasi untuk Kelompok Belajar
Observasi kelas merupakan salah satu cara berbagi praktik
yang bisa dilakukan dengan rekan sejawat. Kegiatan ini bertujuan untuk
peningkatan kompetensi guru dengan mengobservasi langsung praktik yang
dilakukan oleh rekan lainnya. Tujuan observasi adalah untuk belajar dan mencari
umpan balik, bukan untuk menilai atau mengkritik.
Observasi kelas adalah:
·
Kegiatan dimana guru saling mengamati cara
mengajar masing-masing memberikan masukan dan saling belajar guna meningkatkan
kompetensinya dalam pembelajaran murid.
·
Berfokus untuk meningkatkan cara/metode mengajar
yang sesuai dengan kebutuhan murid.
Manfaat observasi kelas:
· Pemahaman bersama. Terkait pengajaran yang
efektif, berdampak dan menciptakan lingkungan belajar yang konsisten di seluruh
sekolah.
· Kinerja Guru yang dapat ditingkatkan dalam
mengajar melalui refleksi dan umpan balik yang konstruktif.
· Dampak pembelajaran yang dioptimalkan dengan
membantu guru mengenali diri mereka sendiri serta dampak yang ditimbulkan oleh
praktik pengajaran yang mereka lakukan.
· Profesionalisme guru yang berkelanjutan yang
bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran guru.
· Pertukaran ide dan keahlian antar guru dengan
memberikan kesempatan untuk berbagai ide, pengalaman dan keahlian.
· Pemecahan masalah secara berdiskusi terbuka
mengenai tantangan, masalah dan kekhawatiran guru sehingga solusi yang lebih
baik dapat ditemukan bersama.
Hal yang perlu diperhaikan saat pelaksanaan observasi
kelas yaitu:
· Menyepakati fokus yang akan dilihat/dipelajari
saat observasi kelas.
· Melakukan observasi objektif dengan menilai
bagaimana respon murid selama proses pembelajaran.
· Mengembangkan kepercayaan antarguru.
· Berkomitmen untuk pengembangan kualitas
pembelajaran.
· Menjaga objektivitas.
· Memahami konteks yang terjadi di kelas yang akan
diamati.
1. Tujuan observasi pembelajaran oleh rekan sejawat di
tahap implementasi adalah untuk menilai kinerja guru.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B.
Salah
Bagaimana perasaan Anda jika ada yang mengobservasi kelas
Anda? Mengapa?
Jawab :
Senang. Mengapa? Pada saat itulah saya bisa berbagi praktik baik terkait metode
pembelajaran dan saya juga akan mendapatkan umpan balik terkait kekurangan
pengelolaan kelas saya.
Jawaban Post Test Modul 2 Merealisasikan Belajar Bersama dan Berbagi Praktik
1. Apa yang dilakukan guru dalam tahap refleksi awal pada
siklus inkuiri?
A. Melihat data
murid, analisis hasil belajar, dan berdiskusi dengan guru lain.
B. Melaksanakan perencanaan pembelajaran.
C. Mempraktikkan perencanaan di kelas.
D. Melakukan asesmen formatif untuk mengetahui
perkembangan murid.
Jawaban : A.
Melihat data murid, analisis hasil belajar, dan berdiskusi dengan guru lain
2. Berikut adalah hal yang bisa dilakukan pada tahap
implementasi di siklus komunitas belajar, kecuali...
A. Melihat data
murid dan menentukan agenda komunitas belajar.
B. Mempraktikkan perencanaan di kelas dan mereviu
perencanaan pembelajaran.
C. Observasi pembelajaran di kelas guru lainnya untuk
pembelajaran yang lebih maksimal.
D. Melakukan asesmen formatif untuk mengetahui
perkembangan murid
Jawaban : A.
Melihat data murid dan menentukan agenda komunitas belajar
3. Berikut merupakan bagian dari tahap evaluasi di
komunitas belajar, kecuali...
A. Menentukan rencana tindak lanjut
B. Melakukan
observasi kelas oleh rekan sejawat
C. Refleksi mengenai apa yang sudah berjalan efektif dan
kurang efektif
D. Melakukan apresiasi pada capaian dan perilaku efektif
Jawaban : B.
Melakukan observasi kelas oleh rekan sejawat
4. Apa tujuan menggunakan 4 pertanyaan kritis dalam tahap
perencanaan?
A. Menentukan agenda atau topik prioritas.
B. Mengarahkan
diskusi perencanaan pembelajaran
C. Melakukan asesmen formatif.
D. Menentukan tujuan dan target belajar
Jawaban : B.
Mengarahkan diskusi perencanaan pembelajaran
5. Tujuan dari melakukan asesmen formatif dalam tahap
implementasi adalah:
A. Mengumpulkan nilai.
B. Mengetahui
perkembangan murid.
C. Menentukan tujuan dan target belajar
D. Melakukan evaluasi hasil pembelajaran di kelas
Jawaban : B.
Mengetahui perkembangan murid
6. Apa yang dilakukan dalam tahap evaluasi pada siklus
inkuiri?
A. Melihat data murid dan menentukan agenda komunitas
belajar
B. Diskusi hasil pembelajaran di kelas dan rencana
tindak lanjut.
C. Mempraktikkan perencanaan di kelas dan berbagi praktik
dengan guru lainnya
D. Observasi pembelajaran di kelas guru lainnya untuk
pembelajaran yang lebih maksimal.
Jawaban : B.
Diskusi hasil pembelajaran di kelas dan rencana tindak lanjut
7. Apa yang dilakukan guru dalam tahap refleksi awal pada
siklus inkuiri?
A. Melihat data murid, analisis hasil belajar, dan
berdiskusi dengan guru lain
B. Melaksanakan perencanaan pembelajaran
C. Mempraktikkan
perencanaan di kelas.
D. Melakukan asesmen formatif untuk mengetahui
perkembangan murid
Jawaban : C.
Mempraktikkan perencanaan di kelas
8. Tujuan dari melakukan asesmen formatif dalam tahap
implementasi adalah:
A. Mengumpulkan nilai.
B. Mengetahui
perkembangan murid
C. Menentukan tujuan dan target belajar
D. Melakukan evaluasi hasil pembelajaran di kelas
Jawaban : B.
Mengetahui perkembangan murid
Demikianlah informasi mengenai Soal dan Jawaban Post Test Modul
2 Merealisasikan Belajar Bersama dan Berbagi Praktik pada Pelatihan Mandiri di
PMM Topik Menjalankan Komunitas Belajar dalam Sekolah. Semoga apa yang telah
admin bagikan ini bermanfaat buat bapak/ibu guru yang akan mengikuti pelatihan
mandiri di PMM.