Jawaban Post Test Modul 2 Membangun Komunitas Belajar Dalam Sekolah
Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Post test Modul 2 Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada
postingan kali ini admin akan membahas tentang kunci jawaban dari salah satu
topik yang ada di pelatihan mandiri PMM yaitu Topik Membangun Komunitas Belajar
dalam Sekolah. Kunci jawaban ini kiranya bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu
guru yang akan mengikuti pelatihan mandiri di PMM khususnya pada topik
membangun komunitas belajar dalam sekolah.
Pada Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah
dipelatihan mandiri PMM, topik ini membahas tentang konsep serta peran pemimpin
dalam membangun komunitas belajar dalam sekolah. Dengan mempelajari topik ini
maka diharapkan bapak/ibu guru serta kepala sekolah mampu memahami tentang
konsep komunitas belajar yang berpusat pada murid serta bagaimana cara
memulainya disatuan pendidikan tempat bekerja.
Perlu untuk di ketahui bahwa pada Topik Membangun
Komunitas Belajar dalam Sekolah yang ada dipelatihan PMM ada 4 modul yang
nantinya akan dipelajari, diantaranya yaitu sebagai berikut :
- Modul 1 : Mengenal Komunitas belajar
- Modul 2 : Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah
- Modul 3 : Memfasilitasi Belajar Bersama dan Berbagi Praktik
- Modul 4 : Memimpin Perubahan
Pada kesempatan ini admi kherysuryawan hanya akan
membahas materi yang ada pada Modul 2 Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah
Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah. Didalam Modul 2 tersebut
nantinya akan ada 6 daftar materi yang harus di pelajari serta disetiap materi akan
ada pertanyaan yang harus di jawab oleh guru/kepala sekolah yang mengikuti
pelatihan tersebut yaitu berupa latihan pemahaman, cerita reflektif dan post
test.
Adapun ke enam materi yang nantinya akan dipelajari pada Modul
2 Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah Topik Membangun Komunitas Belajar
dalam Sekolah, diantaranya yaitu sebagai berikut :
- Materi 1 : Membentuk Tim Kecil
- Materi 2 : Melakukan Penguatan Pentingnya Komunitas Belajar
- Materi 3 : Membangun Nilai Bersama
- Materi 4 : Menciptakan Lingkungan Belajar yang Ramah Guru
- Materi 5 : Membentuk Kelompok Belajar
- Materi 6 : Belajar Bersama dan Berbagi Praktik Baik
Nah, melalui postingan ini admin kherysuryawan akan
memberikan kunci jawaban dari setiap pertanyaan yang ada pada latihan
pemahaman, cerita reflektif dan post test yang terdapat di setiap materi pada Modul
2 Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah.
Baiklah berikut ini kunci jawaban latihan pemahaman,
cerita reflektif dan post test Modul 2 Membangun Komunitas Belajar dalam
Sekolah Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif
Materi : Membentuk Tim Kecil
Apa itu Tim Kecil? Tim yang akan membantu kepala sekolah merealisasikan jalannya komunitas belajar dalam sekolah. Siapa yang bisa menjadi Tim Kecil? Tim manajemen dan guru yang berpotensi dan mampu:
- Memimpin (memiliki potensi kepemimpinan)
- Menggerakan rekan sesama guru
- Berkomitmen tinggi
- Terampil dalam memfasilitasi kegiatan komunitas belajar
Apa Peran Tim
Kecil dalam Membangun Komunitas Belajar?
A. Tahap 1: Membantu Perencanaan
- Merencanakan pembagian kelompok belajar. Analisis konteks ideal untuk membangun kelompok belajar (contoh: apakah berdasarkan relevansi subject, jenjang kelas, atau fase).
- Merencanakan jadwal pertemuan rutin yang paling efektif.
B. Tahap 2: Membantu Inisiasi Komunitas Belajar
- Menjadi fasilitator sesi penguatan pentingnya keberadaan komunitas belajar dalam sekolah.
- Menjadi fasilitator sesi penyepakatan tata nilai dan komitmen bersama komunitas belajar dalam sekolah.
C. Tahap 3: Pendampingan
- Menjadi teladan utama dalam penerapan tata nilai dan komitmen bersama komunitas belajar.
- Beri contoh dan jadi teladan dalam menjalankan nilai dan komitmen, dan apresiasi GTK yang sudah menerapkan.
- Menjadi fasilitator pertemuan rutin kelompok-kelompok komunitas belajar dalam sekolah.
- Menganalisis tantangan pelaksanaan kegiatan komunitas belajar dan memberikan alternatif solusi terhadap tantangan yang terjadi
- Melakukan evaluasi dan monitoring
1. Berikut ini
merupakan kriteria dari anggota tim kecil, kecuali....
A. Memiliki
potensi sifat kepemimpinan
B. Guru paling senior
C. Memiliki
komitmen tinggi
D. Mampu
menggerakkan rekan sesama guru
Jawaban : B. Guru paling senior
Apakah Anda sudah
memiliki gambaran siapa yang akan diajak bergabung menjadi tim kecil?
Jawab :
Rekan yang
akan saya ajak adalah rekan MGMP matapelajaran informatika.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif
Materi : Melakukan Penguatan Pentingnya Komunitas Belajar
Untuk membangun
komunitas belajar, guru perlu memiliki persepsi yang sama dan paham akan tujuan
yang ingin dicapai dengan adanya komunitas belajar.
Langkah Moderasi Penguatan Pentingnya Komunitas Belajar :
- Penguatan Pentingnya Komunitas Belajar di Tim Kecil.
- Penguatan Pentingnya Komunitas Belajar pada Seluruh Guru di Sekolah
1. Berikut ini
merupakan tujuan dilakukannya penguatan tentang pentingnya komunitas belajar
dalam sekolah, kecuali...
A. Agar guru
memiliki persepsi yang sama tentang komunitas belajar
B. Agar guru
paham tujuan yang ingin dicapai melalui komunitas belajar
C. Agar guru
berkomitmen untuk menggerakkan komunitas belajar
D. Agar guru dapat melakukan penilaian
Jawaban : D. Agar guru dapat melakukan penilaian
Bagaimana menurut
Anda tanggapan awal para guru mengenai komunitas belajar?
Jawab :
Awalnya
persepsi setiap guru berbeda-beda, ini menjadi landasan utama terkait komunitas
belajar dimana agar setiap anggota komunitas belajar memiliki persepsi yang
sama.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif
Materi : Membangun Nilai Bersama
Tujuan membangun
nilai bersama adalah untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif, membuat
kenyamanan dan keterbukaan saat proses belajar serta mendukung, meningkatkan
kolaborasi, meningkatkan kepercayaan, meningkatkan komunikasi dan menjaga agar
tetap fokus pada tujuan bersama dalam proses belajar guru dalam komunitas
belajar.
Langkah Moderasi Membangun Nilai Bersama :
- Penyepakatan Nilai dan Komitmen
- Pendalaman Makna Setiap Nilai
1. Konsistensi
bukan hal yang penting agar guru dapat menjaga komitmen.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B. Salah
Apakah para guru
di satuan pendidikan Anda sudah terbiasa memegang komitmen dan budaya disiplin
positif?
Jawab :
Sudah,
berawal dari komitmen bersama maka akan menimbulkan budaya disiplin positif
bagi seluruh warga sekolah.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif
Materi : Menciptakan Lingkungan Belajar yang Ramah Guru
Agar komunitas
belajar menjadi praktik yang berdampak dan berkelanjutan, maka kita perlu
menciptakan lingkungan belajar yang ramah guru. Orang dewasa memiliki cara
berpikir, berperilaku dan memproses informasi yang berbeda.
Ada beberapa prinsip belajar orang dewasa yang perlu dipahami untuk menciptakan lingkungan belajar yang ramah guru antara lain :
- Orang dewasa ingin memiliki kendali atas proses belajarnya.
- Orang dewasa belajar dengan menghubungkan materi baru dengan pengalaman atau pengetahuan yang sudah mereka miliki.
- Orang dewasa belajar untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi atau belajar dengan tujuan tertentu.
- Orang dewasa ingin hasil belajarnya bisa diaplikasikan langsung pada kehidupannya sehari-hari.
Berikut ini
merupakan prinsip belajar orang dewasa, kecuali...
A. Cenderung
independen dan ingin punya kendali atas proses belajar
B. Mengembangkan
pemahaman dari pengalaman pribadi
C. Didorong oleh perintah atasan
D. Berorientasi
pada peran dan fokus pada pemecahan masalah
Jawaban : C. Didorong oleh perintah atasan
Apakah saat ini
guru-guru di satuan pendidikan Anda sudah saling terbuka dan nyaman dengan satu
sama lain?
Jawab :
Benar,
karena guru di satuan pendidikan kami senantiasa ingin mengaplikasikan
pengetahuan barunya dalam kehidupan sehari-harinya atas kendali atas proses
belajarnya.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif
Materi : Membentuk Kelompok Belajar
Agar proses
belajar setiap guru dalam komunitas dapat berjalan kondusif dan efektif, maka
komunitas belajar perlu dibagi ke dalam kelompok-kelompok belajar. Ada tiga hal
penting terkait pengelolaan komunitas belajar dalam sekolah yang perlu
diperhatikan yaitu :
A. Bagaimana membagi grup ke dalam kelompok belajar?
- Berkolaborasi dalam membuat perencanaan pembelajaran.
- Berkolaborasi membuat bahan ajar yang bisa digunakan bersama.
- Mengevaluasi dan merefleksikan pembelajaran.
- Mendiskusikan berbagai masalah yang dihadapi dikelas.
B. Kapan pertemuan rutin komunitas dilakukan?
- Alokasikan waktu minimal 1 jam setiap minggu dalam jam kerja untuk kegiatan komunitas belajar.
C. Siapa yang
mengakomodir setiap kelompok belajar?
Peran koordinator belajar :
- Memastikan guru dalam belajar dengan aman dan nyaman.
- Memastikan agenda pembehasan dalam kelompok relevan dan bermanfaat bagi semua guru.
- Mengeskalasi masalah yang dihadapi guru kepada tim kecil untuk mendapat solusi.
Siklus komunitas belajar antara lain :
- Refleksi awal.
- Perencanaan
- Implementasi
- Evaluasi
1. Kelompok
belajar terdiri dari guru-guru yang...
A. Dipilih secara
acak
B. Dibentuk
sesuai inisiatif guru
C. Memiliki relevansi yang mirip
D. Memiliki
kompetensi yang sama
Jawaban : C. Memiliki relevansi yang mirip
Kira-kira,
kelompok belajar seperti apa yang paling tepat diterapkan di satuan pendidikan
Anda?
Jawab :
Kelompok
belajar yang tetap fokus pada tujuan bersama dalam proses belajar guru dalam
komunitas belajar.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif
Materi : Belajar Bersama dan Berbagi Praktik Baik
1. Di awal, tim
kecil dapat mengikuti pertemuan kelompok belajar dan berperan sebagai...
A. Penilai
B. Fasilitator
C. Pengawas
D. Pengamat
Jawaban : B. Fasilitator
Dalam materi ini
tidak ada cerita reflektif. Silakan ketikan pernyataan ini pada kolom yang
tersedia.
Jawab :
Kelompok
belajar yang tetap fokus pada tujuan bersama dalam proses belajar guru dalam
komunitas belajar.
Jawaban Post Test Modul 2 Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah
1. Berikut ini
adalah paradigma yang perlu dibangun agar guru merasa aman mengungkapkan
pendapat, kecuali…
A. Setiap
pendapat itu berharga
B. Tidak ada
pendapat yang salah atau jelek
C. Perbedaan
pendapat itu memperkaya pengetahuan
D. Pendapat saya paling benar
Jawaban : D. Pendapat saya paling benar
2. Mengadakan
pertemuan belajar di hari Minggu tidak sesuai dengan prinsip pengelolaan
kelompok belajar, yaitu…
A. Semangat
berkolaborasi
B. Bisa dilakukan
kapan saja
C. Bagian dari jam kerja guru
D. Semua benar
Jawaban : C. Bagian dari jam kerja guru
3. Perhatikan
pernyataan berikut!
1. Melakukan
evaluasi dan monitoring
2. Menjadi fasilitator
dalam sesi penguatan pentingnya komunitas belajar
3. Menjadi
fasilitator dan mendampingi pertemuan-pertemuan awal di kelompok belajar
4. Menjadi
fasilitator dalam pertemuan kelompok belajar
Dari pernyataan
di atas, yang merupakan peran tim kecil dalam tahap inisiasi komunitas belajar,
yaitu....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2, 3, dan 4
Jawaban : D. 2, 3, dan 4
4. Yang merupakan
manfaat yang didapat guru dengan adanya komunitas belajar berikut ini adalah…
A. Guru tidak
bekerja sendirian
B. Guru belajar
dari praktik baik guru lainnya
C. Guru bertukar
ide dan berbagi sumber daya
D. Semua jawaban benar
Jawaban : D. Semua jawaban benar
5. Di bawah ini
adalah contoh berperilaku dalam menghargai waktu, kecuali …
A. Datang tepat
waktu
B. Membuat
perencanaan untuk menyelesaikan tugas
C. Menjaga pada
fokus dan tujuan awal
D. Menghargai pendapat rekan lain
Jawaban : D. Menghargai pendapat rekan lain
6. Hal yang harus
diperhatikan saat menentukan koordinator belajar adalah…
A. Harus guru
dengan pangkat tertinggi
B. Merupakan guru yang berkomitmen untuk selalu belajar
C. Sebaiknya
ditunjuk langsung oleh tim kecil atau kepala sekolah
D. Semua benar
Jawaban : B. Merupakan guru yang berkomitmen
untuk selalu belajar
7. Bagaimana
strategi memulai sebuah praktik baru agar mudah diterima?
A. Membahas teori
secara lengkap
B. Memberikan
instruksi secara mendetail
C. Mulai dengan yang mudah dan relevan
D. Mengundang
ahli untuk menjelaskan
Jawaban : C. Mulai dengan yang mudah dan relevan
8. Apa tujuan
dari membangun nilai bersama dalam komunitas belajar?
A. Agar Untuk memastikan bahwa proses pembelajaran dalam komunitas
belajar aman dan nyaman
B. Untuk memenuhi
tagihan administrasi
C. Untuk
berpendapat tanpa menghargai pendapat orang lain
D. Agar lebih
mudah mengevalasi nilai murid
Jawaban : A. Agar Untuk memastikan bahwa proses
pembelajaran dalam komunitas belajar aman dan nyaman
Demikianlah informasi mengenai Kunci Jawaban Cerita
Reflektif, Latihan Pemahaman dan Jawaban Post test Modul 2 Membangun Komunitas
Belajar dalam Sekolah Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah. Semoga informasi
ini bermanfaat bagi bapak/ibu guru dan kepala sekolah yang akan mengikuti
pelatihan mandiri pada topik ini di PMM.
Sekian dan Terimakasih.