Jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Komunitas Belajar
Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Post test Modul 1 Mengenal Komunitas Belajar Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada
postingan kali ini admin akan membahas tentang salah satu topik yang ada di
pelatihan mandiri PMM yaitu Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah.
Pada Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah
dipelatihan mandiri PMM, topik ini membahas tentang konsep serta peran pemimpin
dalam membangun komunitas belajar dalam sekolah. Dengan mempelajari topik ini
maka diharapkan bapak/ibu guru serta kepala sekolah mampu memahami tentang
konsep komunitas belajar yang berpusat pada murid serta bagaimana cara
memulainya disatuan pendidikan tempat bekerja.
Perlu untuk di ketahui bahwa pada Topik Membangun
Komunitas Belajar dalam Sekolah yang ada dipelatihan PMM ada 4 modul yang
nantinya akan dipelajari, diantaranya yaitu sebagai berikut :
- Modul 1 : Mengenal Komunitas Belajar
- Modul 2 : Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah
- Modul 3 : Memfasilitasi Belajar Bersama dan Berbagi Praktik
- Modul 4 : Memimpin Perubahan
Pada kesempatan ini admi kherysuryawan hanya akan
membahas materi yang ada pada Modul 1 Mengenal Komunitas belajar Topik
Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah. Didalam modul 1 tersebut nantinya akan
ada 3 daftar materi yang harus di pelajari serta disetiap materi akan ada
pertanyaan yang harus di jawab oleh guru/kepala sekolah yang mengikuti
pelatihan tersebut yaitu berupa latihan pemahaman, cerita reflektif dan post
test.
Adapun ke tiga materi yang nantinya akan dipelajari pada Modul
1 Mengenal Komunitas belajar Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah,
diantaranya yaitu sebagai berikut :
- Materi 1 : mengenal komunitas belajar dalam sekolah
- Materi 2 : ide besar komunitas belajar dalam sekolah
- Materi 3 : dimensi komunitas belajar dalam sekolah
Nah, melalui postingan ini admin kherysuryawan akan
memberikan kunci jawaban dari setiap pertanyaan yang ada pada latihan
pemahaman, cerita reflektif dan post test yang terdapat di setiap materi pada Modul
1 Mengenal Komunitas belajar.
Baiklah berikut ini kunci jawaban latihan pemahaman,
cerita reflektif dan post test Modul 1 Mengenal Komunitas belajar Topik
Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif
Materi : Mengenal Komunitas Belajar dalam Sekolah
Komunitas belajar sudah tidak asing lagi dalam keseharian
guru. Bahkan Ibu Bapak mungkin sudah menjadi bagian dari komunitas. Seperti apa
komunitas belajar dalam sekolah yang ideal? Mengapa kepala sekolah didorong
untuk membangun komunitas belajar di ruang lingkup sekolah? Apa manfaatnya?
Komunitas Belajar adalah sekolompok guru yang bekerja
secara kolaboratif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mencapai tujuan
yang sama. Semua guru dalam satuan pendidikan adalah bagian atau anggota
komunitas tersebut.
Bagaimana bentuk kolaborasi di komunitas belajar?
- Mendiskusikan masalah pembelajaran yang dihadapi murid.
- Membuat perencanaan pembelajaran bersama.
- Merancang asesmen dan mendiskusikan instrumennya.
- Membahas metode pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan suatu konsep.
Berkolaborasi melalui komunitas belajar akan meringankan
pekerjaan guru. Selain itu, komunitas belajar juga berdampak pada murid.
Komunitas belajar merupakan strategi efektif untuk membantu guru menghadapi
tantangan di kelas.
1. Komunitas belajar hanya memberikan manfaat kepada
guru, bukan pada murid.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B. Salah
Apakah sekolah Anda sudah memiliki komunitas belajar?
Bagaimana keberjalanannya?
Jawab :
Sudah, kami senantiasa berkolaborasi untuk menciptakan lingkungan
belajar yang nyaman dan menyenangkan.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif
Materi : Ide Besar Komunitas Belajar dalam Sekolah
3 ide besar komunitas belajar dalam sekolah yaitu :
A. Fokus Pada Pembelajaran Murid
1. Menggeser fokus guru dari mengajar (teaching) menjadi
belajar (learning).
2. Dari apa yang perlu diajarkan, menjadi apa yang perlu
dipelajari untuk mengoptimalkan proses belajar murid.
3. Untuk membantu dan memastikan seluruh murid belajar dengan optimal, guru perlu :
- Menyampaikan apa yang perlu diajari oleh murid.
- Memantau perkembangan belajarnya.
- Memberikan dampingan dan bantuan yang tepat sasaran.
- Memperluas dan memperdalam pembelajaran ketika murid berhasil mencapai target yang diharapkan.
4. Menggunakan 4 pertanyaan kritis untuk memandu perencanaan agar memastikan seluruh murid belajar:
- Apa yang kita harapkan untuk murid pelajari?
- Bagaimana kita tahu bahwa setiap murid telah belajar hal tersebut?
- Bagaimana respons kita jika murid yang tidak belajar?
- Bagaimana kita akan memperkaya pembelajaran untuk murid yang sudah mahir?
B. Membagun budaya kolaborasi Guru disekolah.
- Memupuk kebiasaan saling membantu untuk memecahkan masalah.
- Saling berbagi praktik pengajaran.
- Berkolaborasi dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
- Perkembangan belajar murid menjadi tanggung jawab bersama, bukan tanggung jawab individu.
C. Fokus pada peningkatan hasil belajar murid.
- Melakukan asesmen yang berkelanjutan untuk memantau perkembangan murid.
- Mengumpulkan bukti capaian dan perkembangan murid.
- Menggunakan bukti pencapaian untuk segera membantu murid yang mengalami kesulitan dan mendorong perbaikan berkelanjutan.
Hasil belajar tidak hanya berfokus pada nilai angka,
namun kompetensi yang diharapkan pada tujuan belajar.
1. Ide besar pertama adalah tentang…
A. pentingnya guru memastikan pembelajaran yang berkualitas bagi murid
B. pentingnya guru memastikan materi yang akan dipelajari
murid
C. pentingnya guru belajar dalam komunitas
D. pentingnya guru berkolaborasi dengan guru yang lain
Jawaban : A. pentingnya guru memastikan pembelajaran
yang berkualitas bagi murid
2. Ide besar kedua adalah tentang…
A. pentingnya guru membangun kepemilikan bersama dan kerja sama dalam
rangka meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik.
B. pentingnya guru memahami diri
C. pentingnya guru memahami kurikulum
D. pentingnya guru membangun kebiasaan belajar
Jawaban : A. pentingnya guru membangun kepemilikan
bersama dan kerja sama dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran peserta
didik.
3. Apa manfaat utama dari komunitas belajar berorientasi
kepada peningkatan hasil belajar murid?
A. Mengurangi beban kerja guru.
B. Memperluas jaringan sosial guru.
C. Meningkatkan motivasi murid dalam belajar.
D. Menyediakan aktivitas tambahan bagi murid.
Jawaban : C. Meningkatkan motivasi murid dalam belajar.
Apakah komunitas belajar Anda sudah mengusung ide besar
yang disampaikan pada materi ini? Ceritakan.
Jawab :
Sudah. Pada Fokus Pada Pembelajaran, kami mencoba berbagi
praktik baik dengan menerapkan berbagai metode pembelajaran yang berbeda
sehingga suasana pembelajaran dapat disesuaikan dengan konten yang akan
dipelajaran. Kemudian pada Membudayakan kolaborasi dan tanggungjawab kolektif,
pembelajaran yang berpusat kepada murid akan membiasakan siswa bertanggungjawab
terhadap dirinya ataupun komunitasnya. Dan pada Berorientasi pada hasil belajar
murid, kami melakukan asesmen berkelanjutan.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif
Materi : Dimensi Komunitas Belajar dalam Sekolah
5 Dimensi Komunitas Belajar dalam Sekolah :
- Kepemimpinan berbagi dan mendukung. Pemimpin satuan pendidikan berkenan untuk berbagi kewenangan dan pengambilan keputusan untuk menumbuhkan pola kepemimpinan yang memberdayakan seluruh pihak.
- Komitmen dan nilai bersama. Satuan pendidikan perlu menyepakati komitmen dan nilai bersama dalam komunitas agar mendukung perilaku produktif yang fokus terhadap proses belajar guru dan murid.
- Pembelajaran kolektif dan penerapannya. Pendidik berbagi informasi dan bekerja secara kolaboratif untuk emnghadapi tangatan belajar dan mengajar serta meningkatkan kesempatan belajar untuk guru dan murid.
- Berbagi praktik. Rekan sejawat siap dengan keterbukaan dalam praktif pembelajaran dan saling mengobservasi untuk melihat respon murid selama proses pembelajaran di kelas.
- Kondisi yang mendukung (hubungan dan struktur). Pemimpin dan pendidik di satuan pendidikan secara kolaboratif, apresitif dan penuh kepedulian merancang sistem dan sumber daya yang memungkinkan untuk optimalisasi pembelajaran.
1. Berikut merupakan dimensi dari komunitas belajar dalam
sekolah, kecuali…
A. Proses belajar dan praktik yang kolektif
B. Kepemimpinan yang otoriter
C. Keterbukaan dalam praktik pembelajaran
D. Kondisi yang mendukung
Jawaban : B. Kepemimpinan yang otoriter
Apa pembelajaran yang anda ambil dari materi ini ?
Jawab : –
Jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Komunitas Belajar
1. Mengapa kolaborasi antara guru dalam komunitas belajar
penting untuk peningkatan hasil belajar murid?
A. Guru-guru dapat saling berbagi tugas mengajar.
B. Guru-guru dapat bersaing untuk mendapatkan hasil yang
lebih baik.
C. Guru-guru dapat saling memberikan dukungan dan berbagi praktik baik.
D. Guru-guru dapat menghindari tanggung jawab terhadap
murid.
Jawaban : C. Guru-guru dapat saling memberikan dukungan
dan berbagi praktik baik.
2. Hal penting yang perlu dilakukan dalam dimensi berbagi
praktik adalah:
A. Memberikan umpan balik untuk meningkatkan praktik pengajaran
B. Memastikan ketersediaan sumber daya, baik sumber daya
manusia, materil, waktu, uang, dan sumber daya lain yang dibutuhkan
C. Menyediakan fasilitas yang dibutuhkan
D. Membangun sistem komunikasi
Jawaban : A. Memberikan umpan balik untuk meningkatkan
praktik pengajaran
3. Apa dampak positif komunitas belajar pada murid?
A. Penggunaan materi tahun sebelumnya tanpa penyesuaian
B. Kualitas pembelajaran yang lebih baik
C. Peningkatan beban kerja guru
D. Tidak ada dampak positif pada murid
Jawaban : B. Kualitas pembelajaran yang lebih baik
4. Efektivitas pembelajaran dapat dilihat dari …
A. jumlah produk yang dihasilkan murid dalam pembelajaran
B. hasil nyata pembelajaran berupa perubahan pada murid
C. jumlah materi yang berhasil dituntaskan dalam satu
semester
D. jumlah orang tua yang terlibat dalam kegiatan belajar
mengajar
Jawaban : B. hasil nyata pembelajaran berupa perubahan
pada murid
5. Hal yang bisa dilakukan untuk mendorong terjadinya
budaya kolaborasi adalah…
A. Memberikan insentif kepada tenaga pendidik.
B. Memberikan penghargaan bagi tenaga pendidik
berprestasi.
C. Membiasakan komunikasi terbuka dan saling empati.
D. Memberikan aturan ketat bagi tenaga pendidik.
Jawaban : C. Membiasakan komunikasi terbuka dan saling
empati.
6. Hal penting yang perlu dilakukan dalam dimensi nilai
dan visi bersama adalah …
A. Adanya pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab
B. Dilakukannya pengambilan keputusan menyeluruh yang
mencerminkan komitmen dan akuntabilitas
C. Fokus pada pembelajaran murid
D. Melakukan pendampingan berupa mentoring dan coaching
Jawaban : C. Fokus pada pembelajaran murid
7. Apa yang bisa dicapai dengan mengembangkan komunitas
belajar yang efektif ?
A. Peningkatan kemampuan guru
B. Meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penciptaan lingkungan pembelajaran yang lebih baik
D. Semua benar
Jawaban : D. Semua benar
8. Empat pertanyaan kritis dapat digunakan guru untuk………
A. Menentukan nilai yang diperoleh murid
B. Mengevaluasi kinerja guru
C. Memastikan pembelajaran dikelasnya berkualitas
D. Menilai kemampuan mengajar guru yang lain
Jawaban : B. Mengevaluasi kinerja guru
9. Manfaat yang dirasakan oleh satuan pendidikan ketika
terjadi budaya kolaborasi antar guru adalah, kecuali…
A. Peningkatan praktik pengajaran dan hasil belajar murid
B. Calon murid baru disekolah semakin banyak
C. Tercipta lingkungan kerja yang saling mendukung dan
kolaboratif
D. Adanya kesempatan pengembangan profesional
Jawaban : B. Calon
murid baru disekolah semakin banyak
Demikianlah informasi mengenai Kunci Jawaban Cerita
Reflektif, Latihan Pemahaman dan Jawaban Post test Modul 1 Mengenal Komunitas
belajar Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah. Semoga informasi ini
bermanfaat bagi bapak/ibu guru dan kepala sekolah yang akan mengikuti pelatihan
mandiri pada topik ini di PMM.
Sekian dan Terimakasih.