Jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Komunitas Belajar
Kherysuryawan.id – Soal dan Jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Komunitas Belajar pada Pelatihan Mandiri di PMM Topik Menjalankan Komunitas Belajar dalam Sekolah.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan
kali ini admin akan membahas tentang salah satu topik pelatihan mandiri yang
ada di PMM yaitu Topik tentang Menjalankan Komunitas Belajar dalam Sekolah.
Bagi bapak dan ibu guru yang mengikuti pelatihan pada Topik
Menjalankan Komunitas Belajar dalam Sekolah, maka bapak ibu guru nantinya pasti
akan mendapatkan beberapa materi yang akan dipelajari didalamnya. Setelah mempelajari
materi tersebut maka bapak/ibu guru harus dapat menjawab latihan pemahaman,
cerita reflektif dan juga post test disetiap modul yang ada pada topik
tersebut.
Sebagai informasi bahwa pada modul 1 “Mengenal Komunitas Belajar” aka nada 3 materi yang akan di pelajari nantinya, diantaranya yaitu sebagai berikut :
- Mengenal Komunitas Belajar dalam Sekolah
- Ide Besar Komunitas Belajar dalam Sekolah
- Dimensi Komunitas Belajar dalam Sekolah
Melalui postingan ini admin kherysuryawan akan memberikan
jawaban di setiap soal pada setiap latihan pemahaman dan cerita reflektif di
setiap materi tersebut serta memberikan kunci jawaban Post Test Modul 1 Mengenal
Komunita Belajar yang akan dipelajari pada Topik Menjalankan Komunitas Belajar
dalam Sekolah. Semoga soal dan jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Komunita
Belajar yang akan disajikan pada postingan ini dapat menjadi referensi
pembelajaran yang bermanfaat dan dapat membantu bapak/ibu guru dalam mengikuti
pelatihan mandiri di PMM khususnya pada Topik Menjalankan Komunitas Belajar
dalam Sekolah.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Mengenal Komunitas Belajar dalam Sekolah
Komunitas belajar sudah tidak asing lagi dalam keseharian
guru. Bahkan Ibu Bapak mungkin sudah menjadi bagian dari komunitas. Seperti apa
komunitas belajar dalam sekolah yang ideal? Mengapa kepala sekolah didorong
untuk membangun komunitas belajar di ruang lingkup sekolah? Apa manfaatnya?
Komunitas Belajar adalah sekolompok guru yang bekerja secara
kolaboratif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mencapai tujuan yang
sama. Semua guru dalam satuan pendidikan adalah bagian atau anggota komunitas
tersebut.
Bagaimana bentuk kolaborasi di komunitas belajar?
- Mendiskusikan
masalah pembelajaran yang dihadapi murid.
- Membuat
perencanaan pembelajaran bersama.
- Merancang
asesmen dan mendiskusikan instrumennya.
- Membahas
metode pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan suatu konsep.
Berkolaborasi melalui komunitas belajar akan meringankan
pekerjaan guru. Selain itu, komunitas belajar juga berdampak pada murid.
Komunitas belajar merupakan strategi efektif untuk membantu guru menghadapi
tantangan di kelas.
1. Komunitas belajar hanya memberikan manfaat kepada guru,
bukan pada murid.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B. Salah
Apakah sekolah Anda sudah memiliki komunitas belajar?
Bagaimana keberjalanannya?
Jawab :
Sudah, kami senantiasa berkolaborasi untuk menciptakan lingkungan belajar
yang nyaman dan menyenangkan.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Ide Besar Komunitas Belajar dalam Sekolah
3 ide besar komunitas belajar dalam sekolah yaitu :
A. Fokus Pada Pembelajaran.
1. Menggeser fokus guru dari mengajar (teaching) menjadi
belajar (learning).
2. Dari apa yang perlu diajarkan, menjadi apa yang perlu
dipelajari untuk mengoptimalkan proses belajar murid.
3. Untuk membantu dan memastikan seluruh murid belajar dengan
optimal, guru perlu :
- Menyampaikan
apa yang perlu diajari oleh murid.
- Memantau
perkembangan belajarnya.
- Memberikan
dampingan dan bantuan yang tepat sasaran.
- Memperluas
dan memperdalam pembelajaran ketika murid berhasil mencapai target yang
diharapkan.
4. Menggunakan 4 pertanyaan kritis untuk memandu perencanaan
agar memastikan seluruh murid belajar:
- Apa
yang kita harapkan untuk murid pelajari?
- Bagaimana
kita tahu bahwa setiap murid telah belajar hal tersebut?
- Bagaimana
respons kita jika murid yang tidak belajar?
- Bagaimana
kita akan memperkaya pembelajaran untuk murid yang sudah mahir?
B. Membudayakan kolaborasi dan tanggungjawab kolektif.
- Memupuk
kebiasaan saling membantu untuk memecahkan masalah.
- Saling
berbagi praktik pengajaran.
- Berkolaborasi
dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
- Perkembangan
belajar murid menjadi tanggung jawab bersama, bukan tanggung jawab
individu.
C. Berorientasi pada hasil belajar murid.
- Melakukan
asesmen yang berkelanjutan untuk memantau perkembangan murid.
- Mengumpulkan
bukti capaian dan perkembangan murid.
- Menggunakan
bukti pencapaian untuk segera membantu murid yang mengalami kesulitan dan
mendorong perbaikan berkelanjutan.
Hasil belajar tidak hanya berfokus pada nilai angka, namun
kompetensi yang diharapkan pada tujuan belajar.
1. Ide besar pertama adalah tentang...
A. pentingnya guru
memastikan pembelajaran yang berkualitas bagi murid
B. pentingnya guru memastikan materi yang akan dipelajari
murid
C. pentingnya guru belajar dalam komunitas
D. pentingnya guru berkolaborasi dengan guru yang lain
Jawaban : A.
pentingnya guru memastikan pembelajaran yang berkualitas bagi murid
2. Ide besar kedua adalah tentang...
A. pentingnya guru
membangun kepemilikan bersama dan kerja sama dalam rangka meningkatkan kualitas
pembelajaran peserta didik.
B. pentingnya guru memahami diri
C. pentingnya guru memahami kurikulum
D. pentingnya guru membangun kebiasaan belajar
Jawaban : A.
pentingnya guru membangun kepemilikan bersama dan kerja sama dalam rangka
meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik
3. Apa manfaat utama dari komunitas belajar berorientasi
kepada peningkatan hasil belajar murid?
A. Mengurangi beban kerja guru.
B. Memperluas jaringan sosial guru.
C. Meningkatkan motivasi
murid dalam belajar.
D. Menyediakan aktivitas tambahan bagi murid.
Jawaban : C.
Meningkatkan motivasi murid dalam belajar
Apakah komunitas belajar Anda sudah mengusung ide besar yang
disampaikan pada materi ini? Ceritakan.
Jawab : Sudah.
Pada Fokus Pada Pembelajaran, kami mencoba berbagi praktik baik dengan
menerapkan berbagai metode pembelajaran yang berbeda sehingga suasana
pembelajaran dapat disesuaikan dengan konten yang akan dipelajaran. Kemudian
pada Membudayakan kolaborasi dan tanggungjawab kolektif, pembelajaran yang
berpusat kepada murid akan membiasakan siswa bertanggungjawab terhadap dirinya
ataupun komunitasnya. Dan pada Berorientasi pada hasil belajar murid, kami
melakukan asesmen berkelanjutan.
Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Dimensi Komunitas Belajar dalam Sekolah
5 Dimensi Komunitas Belajar dalam Sekolah :
- Kepemimpinan
berbagi dan mendukung. Pemimpin satuan pendidikan berkenan untuk berbagi
kewenangan dan pengambilan keputusan untuk menumbuhkan pola kepemimpinan
yang memberdayakan seluruh pihak.
- Komitmen
dan nilai bersama. Satuan pendidikan perlu menyepakati komitmen dan nilai
bersama dalam komunitas agar mendukung perilaku produktif yang fokus
terhadap proses belajar guru dan murid.
- Pembelajaran
kolektif dan penerapannya. Pendidik berbagi informasi dan bekerja secara
kolaboratif untuk emnghadapi tangatan belajar dan mengajar serta
meningkatkan kesempatan belajar untuk guru dan murid.
- Berbagi
praktik. Rekan sejawat siap dengan keterbukaan dalam praktif pembelajaran
dan saling mengobservasi untuk melihat respon murid selama proses
pembelajaran di kelas.
- Kondisi
yang mendukung (hubungan dan struktur). Pemimpin dan pendidik di satuan
pendidikan secara kolaboratif, apresitif dan penuh kepedulian merancang
sistem dan sumber daya yang memungkinkan untuk optimalisasi pembelajaran.
1. Berikut merupakan dimensi dari komunitas belajar dalam
sekolah, kecuali...
A. Proses belajar dan praktik yang kolektif
B. Kepemimpinan
yang otoriter
C. Keterbukaan dalam praktik pembelajaran
D. Kondisi yang mendukung
Jawaban : B.
Kepemimpinan yang otoriter
Dalam materi ini tidak ada cerita reflektif. Silakan berikan
tanda "-" pada kolom yang tersedia.
Jawab :
-
Jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Komunitas Belajar
1. Mengapa kolaborasi antara guru dalam komunitas belajar
penting untuk peningkatan hasil belajar murid?
A. Guru-guru dapat saling berbagi tugas mengajar.
B. Guru-guru dapat bersaing untuk mendapatkan hasil yang
lebih baik.
C. Guru-guru dapat
saling memberikan dukungan dan berbagi praktik baik.
D. Guru-guru dapat menghindari tanggung jawab terhadap
murid.
Jawaban : C.
Guru-guru dapat saling memberikan dukungan dan berbagi praktik baik
2. Hal penting yang perlu dilakukan dalam dimensi berbagi
praktik adalah:
A. Memberikan umpan
balik untuk meningkatkan praktik pengajaran
B. Memastikan ketersediaan sumber daya, baik sumber daya
manusia, materil, waktu, uang, dan sumber daya lain yang dibutuhkan
C. Menyediakan fasilitas yang dibutuhkan
D. Membangun sistem komunikasi
Jawaban : A.
Memberikan umpan balik untuk meningkatkan praktik pengajaran
3. Apa dampak positif komunitas belajar pada murid?
A. Penggunaan materi tahun sebelumnya tanpa penyesuaian
B. Kualitas
pembelajaran yang lebih baik
C. Peningkatan beban kerja guru
D. Tidak ada dampak positif pada murid
Jawaban : B.
Kualitas pembelajaran yang lebih baik
4. Efektivitas pembelajaran dapat dilihat dari …
A. jumlah produk yang dihasilkan murid dalam pembelajaran
B. hasil nyata
pembelajaran berupa perubahan pada murid
C. jumlah materi yang berhasil dituntaskan dalam satu
semester
D. jumlah orang tua yang terlibat dalam kegiatan belajar
mengajar
Jawaban : B.
hasil nyata pembelajaran berupa perubahan pada murid
5. Hal yang bisa dilakukan untuk mendorong terjadinya budaya
kolaborasi adalah…
A. Memberikan insentif kepada tenaga pendidik.
B. Memberikan penghargaan bagi tenaga pendidik berprestasi.
C. Membiasakan
komunikasi terbuka dan saling empati.
D. Memberikan aturan ketat bagi tenaga pendidik.
Jawaban : C.
Membiasakan komunikasi terbuka dan saling empati
Demikianlah informasi mengenai Soal dan Jawaban Post Test
Modul 1 Mengenal Komunita Belajar pada Pelatihan Mandiri di PMM Topik
Menjalankan Komunitas Belajar dalam Sekolah. Semoga apa yang telah admin
bagikan ini bermanfaat buat bapak/ibu guru yang akan mengikuti pelatihan
mandiri di PMM.