50 Soal dan Jawaban MOOC PPPK Tahun 2024 Paket 2

Kherysuryawan.id – Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban MOOC PPPK.

Halo sahabat kherysuryawan melanjutkan dari postingan yang sebelumnya mengenai kumpulan soal dan jawaban MOOC PPPK paket 1 maka pada kesempatan ini admin akan kembali membagikan kumpulan soal MOOC PPPK untuk paket 2. Postingan ini merupakan kelanjutan dari soal-soal MOOC yang sebelumnya.

 

Bagi anda yang akan di angkat menjadi ASN PPPK ataupun mungkin telah menjadi ASN PPPK maka ada tahapan yang harus di lalui nantinya yaitu mengikuti ujian MOOC. Sebelum diangkat resmi menjadi ASN, peserta PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) harus mengikuti beberapa pelatihan dan pembelajaran, salah satunya yaitu swajar PPPK. 

 

Lalu, apa itu MOOC SWAJAR PPPK?

Massive Open Online Course PPPK atau MOOC PPPK adalah portal yang dipakai oleh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk mengerjakan materi dan tugas pengembangan kompetensi atau latsar CPNS. ASN yang masuk lewat jalur PPPK berhak atas pembelajaran dan pengembangan kompetensi agar dapat bertugas dengan maksimal di instansi tempat mereka ditempatkan. MOOC inilah pelatihan dasar yang perlu ditempuh oleh setiap peserta PPPK.

 

Setiap ASN PPPK wajib untuk mengikuti tes akademik di aplikasi SWAJAR PPPK. Ada beberapa ketentuan terkait evaluasi akademik dalam swajar MOOC yang perlu untuk diketahu, diantaranya yaitu sebagai berikut :

 

Peserta harus lulus evaluasi akademik.

  • Post test sebanyak 1 sampai 3 kali, maka nilai maksimalnya adalah 100.
  • Post test sebanyak 4 sampai 5 kali, maka nilai maksimalnya adalah 90,01.
  • Post test sebanyak 6 kali, maka nilai maksimalnya adalah 80,01.
  • Post test lebih dari 6 kali, maka nilai maksimalnya adalah 70,01.

 

Baiklah pada postingan ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk membagikan kumpulan soal ujian tes MOOC PPPK yang mana di setiap soal sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya. Perlu untuk diketahui bahwa disini admin telah menyiapkan soal tes MOOC dalam 2 paket yang disetiap paket soal berjumlah 50 soal sehingga total soal dalam 2 paket yaitu 100 soal.

 

Kumpulan soal tes Ujian MOOC PPPK ini kiranya bisa menjadi referensi pembelajaran bagii para ASN PPPK yang akan melaksanakan ujian MOOC di SWAJAR.

Di bawah ini soal dan kunci jawaban MOOC PPPK Terbaru Paket 2 :


SOAL MOOC PPPK PAKET 2

1.         Yang mana kah diantara panduan perilaku berikut yang merupakan kode etik dari nilai berorientasi pelayanan?

a.       Menjaga nama baik sesame ASN, Pimpinan, Instansi, dan Negara

b.       Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas

c.       Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan

d.       Melakukan perbaikan tiada henti

JAWABAN : Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas

2.         Sebutkan yang bukan merupakan fungsi ASN?

a.       Pelaksana kebijakan publik

b.       Pelayan publik

c.       Pengawas kegiatan publik

d.       Perekat dan pemersatu bangsa

JAWABAN : Pengawas kegiatan publik

3.         “Penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan dengan menggunakan fasilitas dan sumber daya manusia yang dibiayai oleh warga negara melalui pajak yang mereka bayar” adalah prinsip …

a.       Akuntabel

b.       Berkeadilan

c.       Aksesibel

d.       Efektif dan efisien

JAWABAN : Akuntabe

4.         Dalam memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, kedudukan masyarakat dalam konteks tersebut adalah sebagai …

a.       Masyarakat sebagai wajib pajak

b.       Masyarakat sebagai pengawas kinerja pemerintah

c.       Masyarakat sebagai elemen adanya negara

d.       Masyarakat sebagai penerima layanan

JAWABAN : Masyarakat sebagai penerima layanan

5.         Menurut A. Imanto, siklus layanan dimulai pada saat … dan berakhir pada saat …

a.       Dimulai pada saat konsumen datang ke loket pelayanan dan berakhir ketika konsumen/pelanggan pulang

b.       Dimulai saat konsumen/masyarakat menemui kendala dan berakhir ketika keluhannya tertangani

c.       Dimulai saat konsumen/masyarakat memilih jenis layanan dan berakhir setelah menemui petugas pelayanan

d.       Dimulai pada saat konsumen mengadakan kontak pertama kali dengan service delivery system dan berakhir sampai dengan selesai jasa tersebut diberikan

JAWABAN : Dimulai pada saat konsumen mengadakan kontak pertama kali dengan service delivery system dan berakhir sampai dengan selesai jasa tersebut diberikan

6.         Pegawai ASN dapat diandalkan dalam memberikan pelayanan, dicontohkan dengan?

a.       Mampu, akan dan pasti menyelesaikan tugas yang mereka terima atau pelayanan yang diberikan

b.       Mengerjakan apapun yang diminta oleh masyarakat tanpa banyak bertanya

c.       Siap sedia 24 jam kapanpun dan di manapun dibutuhkan oleh masyarakat

d.       Komitmen kuat memberikan pelayanan ditandai dengan datang paling pagi dan pulang paling sore

JAWABAN : Mampu, akan dan pasti menyelesaikan tugas yang mereka terima atau pelayanan yang diberikan

7.         Undang-Undang Nomor 25 Tentang Layanan Publik menyebutkan 12 Asas Pelayanan Publik, kecuali

a.       Kompetitif

b.       Kesamaan hak

c.       Keseimbangan hak dan kewajiban

d.       Kepastian hokum

JAWABAN : Kompetitif

8.         Berikut ini termasuk Kode Etik dari nilai dasar BerAKHLAK, kecuali …

a.       Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat

b.       Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, disiplin dan berintegritas tinggi

c.       Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan

d.       Loyal kepada atasan

JAWABAN : Loyal kepada atasan

9.         Berikut ini adalah termasuk perilaku Akuntabilitas yang sesuai dengan konteks Core Values ASN BerAKHLAK?

a.       Kemampuan menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif, dan efisien

b.       Kemampuan melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cekatan, disiplin dan berintegritas tinggi

c.       Kemampuan menggunakan kewenangan jabatannya dengan fleksibel dan berintegritas tinggi

d.       Kemampuan beradaptasi dengan permintaan dan karakter masyarakat Indonesia yang beragam

JAWABAN : Kemampuan menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif, dan efisien

10.     Akuntabilitas merupakan kontrak antara pemerintah dengan aparat birokrasi dan pemerintah yang

diwakili oleh ASN dengan masyarakat, salah satu ciri kontrak tersebut adalah …

a.       Akuntabilitas adalah kewajiban mutlak

b.       Akuntabilitas memiliki sifat fleksibel

c.       Akuntabilitas adalah interaksi, pertukaran sosial dua arah antara yang menuntuk dan yang bertanggungjawabnya

d.       Akuntabilitas adalah akumulasi

JAWABAN : Akuntabilitas adalah interaksi, pertukaran sosial dua arah antara yang menuntuk dan yang bertanggungjawabannya

11.     Berikut urutan tingkatan Akuntabilitas?

a.       Personal, individu, keluarga, kelompok, organisasi, stakeholder

b.       Personal, individu, kelompok, organisasi, stakeholder

c.       Personal, individu, kelompok, organisasi, negara, stakeholder

d.       Personal, individu, kelompok, pimpinan kelompok, organisasi, pimpinan organisasi, stakeholder

JAWABAN : Personal, individu, kelompok, organisasi,dan , stakeholder

12.     Pilihlah pernyataan yang paling tepat?

a.       Akuntabilitas Personal mengacu pada nilai-nilai yang ada pada diri seseorang seperti kejujuran, integritas, moral, dan etika

b.       Akuntabilitas Individu mengacu pada hubungan antara individu satu dan individu lainnya

c.       Akuntabilitas Individu tidak mempengaruhi Akuntabilitas Personal

d.       Akuntabilitas Keluarga merupakan pondasi dari Akuntabilitas Kelompok

JAWABAN : Akuntabilitas Personal mengacu pada nilai-nilai yang ada pada diri seseorang seperti kejujuran, integritas, moral, dan etika

13.     Sesuai Permenpan dan RB 38 tahun 2017 tentang Standar Jabatan ASN, bahwa setiap ASN perlu memiliki tiga jenis kompetensi dalam pelaksanaan tugas jabatannya yaitu …

a.       Teknis, Kepemimpinan, dan Sosial Kultural

b.       Tugas, Manajerial, dan Sosial Kultural

c.       Teknis, Manajerial, dan Sosial Kultural

d.       Teknis, Leadership, dan Sosial Kultural

JAWABAN : Teknis, Manajerial, dan Sosial Kultural

14.     Pernyataan di bawah ini menggambarkan perilaku kompeten ASN untuk meningkatkan kompetensi diri yang relevan/tepat?

a.       Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah diperlukan diutamakan untuk jabatan strategis di lingkungan ASN

b.       Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah keniscayaan bagi setiap ASN

c.       Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah diperlukan jika disyaratkan dalam tugas jabatannya

d.       Semua salah

JAWABAN : Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah keniscayaan bagi setiap ASN

15.     Upaya melakukan kerja terbaik sebagai bagian perilaku kompeten ASN yang sesuai di bawah ini?

a.       Melakukan adaptasi terhadap pekerjaan merupakan keharusan

b.       Melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan merupakan keharusan

c.       Melakukan adaptasi terhadap orang lain dan melakukan karya terbaik bagi pekerjaannya merupakan keharusan

d.       Melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan dan melakukan karya terbaik bagi pekerjaannya merupakan keharusan

JAWABAN : Melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan dan melakukan karya terbaik bagi pekerjaannya merupakan keharusan

16.     Sebagai ASN membiasakan belajarlah hal-hal yang benar-benar baru, dan lakukan secara terus-menerus, dalam proses belajar yaitu …

a.       Learn

b.       Unlearn

c.       Relearn

d.       Self Study

JAWABAN : Learn

17.     Berikut pernyataan yang paling sesuai antara lain tentang ASN sebagai profesi?

a.       ASN sebagai profesi selayaknya mengelola dan mengembangkan dirinya dan diharapkan mempertanggungjawabkan kinerjanya

b.       ASN sebagai profesi memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan mempertanggungjawabkan kinerjanya

c.       ASN sebagai profesi memiliki kewajiban mengembangkan dan membina kinerja kolega kinerjanya

d.       ASN sebagai profesi memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan pegawai lainnya

JAWABAN : ASN sebagai profesi memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan mempertanggungjawabkan kinerjanya

18.     ASN Pembelajar yang relevan saat ini adalah …

a.       Pegawai yang memiliki kemampuan menerapkan kompetensinya ke situasi baru, di dunia yang selalu berubah dan kompleks

b.       Pegawai yang selalu berubah sikap dan perilakunya

c.       Pegawai yang memiliki kemampuan yang sesuai

d.       Semua benar

JAWABAN : Pegawai yang memiliki kemampuan menerapkan kompetensinya ke situasi baru, di dunia yang selalu berubah dan kompleks

19.     Lagu yang paling tepat menggambarkan keanekaragaman bangsa dan budaya Indonesia berikut ini adalah …

a.       Kebyar Kebyar

b.       Bendera Merah Putih

c.       Garuda Pancasila

d.       Dari Sabang sampai Merauke

JAWABAN : Dari Sabang sampai Merauke

20.     Berikut ini adalah indikator suasana lingkungan bekerja yang harmonis?

a.       Suasana bekerja tidak bahagia

b.       Kinerja organisasi rendah

c.       Kesempatan belajar dan kontribusi rendah

d.       Seluruh ASN suka saling membantu

JAWABAN : Seluruh ASN suka saling membantu

21.     Prinsip nasionalisme bangsa Indonesia dilandasi nilai-nilai Pancasila yang diarahkan agar bangsa Indonesia senantiasa menempatkan persatuan sebagai dasar pembentukan NKRI dituangkan dalam Pancasila yaitu pada?

a.       Sila Pertama

b.       Sila Kedua

c.       Sila Ketiga

d.       Sila Keempat

JAWABAN : Sila ketiga

22.     Manfaat keanekaragaman bangsa Indonesia, yang paling tepat adalah …

a.       Adanya pertentangan norma-norma dalam masyarakat sehingga menimbulkan kebingungan bagi masyarakat

b.       Membuat Indonesia terkenal dimata dunia berkat keberagaman budaya yang kita miliki

c.       Pemberlakuan sanksi terhadap pelanggar atas norma yang tidak tegas atau lemah

d.       Tindakan anggota masyarakat sudah tidak lagi sesuai dengan norma yang berlaku

JAWABAN : Membuat Indonesia terkenal dimata dunia berkat keberagaman budaya yang kita miliki

23.     “Anggapan yang dimiliki terhadap suatu kelompok yang bersifat tidak baik. Seperti anggapan suatu kelompok identik dengan kekerasan, sifat suatu suku yang kasar, dan sebagainya, merupakan …”

a.       Stereotip suatu kelompok

b.       Etnosentrisme

c.       Asimilasi

d.       Skepticism

JAWABAN : Stereotip suatu kelompok

24.     Hal yang harus ditanamkan dalam mengantisipasi potensi konflik kepada ASN adalah, kecuali …

a.       Toleransi

b.       Profesionalisme

c.       Kebijakan Pemerataan Pembangunan

d.       Sikap Mendahulukan Kepentingan diri sendiri

JAWABAN : D

25.     Secara etimologis, istilah “loyal” diadaptasi dari bahasa Prancis yaitu “Loial” yang artinya …

a.       Mutu dari sikap patuh

b.       Mutu dari sikap taat

c.       Mutu dari sikap setia

d.       Mutu dari sikap hormat

JAWABAN : Mutu dari sikap setia

26.     Loyalitas merupakan kualitas kesetiaan atau kepatuhan seseorang kepada orang lain atau sesuatu (misalnya organisasi) yang ditunjukkan melalui …

a.       Ide dan pemikiran

b.       Sikap dan tindakan

c.       Ketaatan dan pemikiran

d.       Integritas dan idealism

JAWABAN : Sikap dan tindakan

27.     Ketika seorang pegawai memiliki sikap sesuai dengan makna loyal dan loyalitas, maka secara otomatis ia akan merasa memiliki tanggung jawab yang besar terhadap organisasinya, yang ditunjukkannya dengan cara …

a.       Berhati-hati dan lambat dalam mengerjakan tugas-tugasnya

b.       Mengerjakan banyak tugas dalam waktu yang bersamaan

c.       Berani untuk mengembangkan berbagai inovasi demi kepentingan organisasi

d.       Loyal terhadap pimpinan

JAWABAN : Berani untuk mengembangkan berbagai inovasi demi kepentingan organisasi

28.     Bagi seorang Pegawai Negeri Sipil, kata loyal dapat dimaknai sebagai kesetiaan terhadap …

a.       Pimpinan

b.       Pekerjaan

c.       Profesi

d.       NKRI

JAWABAN : NKRI

29.     Nasionalisme dalam konteks loyalitas seorang ASN dapat dimaknai sebagai …

a.       Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa pengorbanan terbesar mesti diberikan untuk organisasi

b.       Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa pengorbanan terbesar mesti diberikan untuk negara

c.       Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa kesetiaan terbesar mesti diberikan untuk organisasi

d.       Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa kesetiaan terbesar mesti diberikan untuk negara

JAWABAN : Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa kesetiaan terbesar mesti diberikan untuk negara

30.     Yang tidak termasuk Panduan Perilaku Loyal dalam Core Values ASN adalah …

a.       Memegang teguh ideology Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah

b.       Melindungi segenap tumpah darah Indonesia dengan integritas dan semangat juang yang tinggi

c.       Menjaga nama baik sesame ASN, pimpinan instansi dan negara

d.       Menjaga rahasia jabatan dan negara

JAWABAN : Melindungi segenap tumpah darah Indonesia dengan integritas dan semangat juang yang tinggi

31.     Adaptasi dalam business process pemerintahan menjadi penting karena alasan berikut?

a.       Persaingan untuk mendapatkan keuntungan ekonomis

b.       Mempertahankan dan meningkatkan kinerja

c.       Bertahan hidup di tengah persaingan dengan pihak lain

d.       Perintah dan mandate dari undang-undang terkait

JAWABAN : Mempertahankan dan meningkatkankinerja

32.     Berikut ini adalah ciri-ciri penerapan budaya adaptif, kecuali …

a.       Memanfaatkan peluang-peluang yang berubah-ubah

b.       Memperhatikan kepentingan-kepentingan yang diperlukan antara instansi mitra, masyarakat dan sebagainya

c.       Mendorong jiwa kewirausahaan

d.       Konsisten dengan keputusan yang sudah diambil sejak awal

JAWABAN : Konsisten dengan keputusan yang sudah diambil sejak awal

33.     Pemimpin sebenarnya dalam organisasi adaptif adalah pemimpin yang mampu membawa sesuatu pada organisasi yang dipimpinnya, yaitu …

a.       Perubahan teknis

b.       Perubahan misi

c.       Kemakmuran

d.       Perubahan adaptif

JAWABAN : Perubahan adaftif

34.     Menghadapi volatility adalah dengan cara menegaskan?

a.       Misi

b.       Visi

c.       Revisi

d.       Remisi

JAWABAN : Visi

35.     Kebijakan adaptif dikonseptualisasi oleh elemen kapabilitas system dynamic governance berikut …

a.       Thinking ahead

b.       Thinking along

c.       Thinking again

d.       Thinking across

JAWABAN : Thinking ahead

36.     Berikut ini adalah beberapa indicator yang menunjukkan sebuah organisasi yang berkarakter adaptif, kecuali …

a.       Agilitas

b.       Status quo

c.       Fleksibilitas

d.       Responsif

JAWABAN : Status quo

37.     Negara bukan menjadi satu-satunya penyelenggara pemerintahan dan pelayanan public. Hal tersebut merupakan salah satu prinsip dari konsep?

a.       Governance

b.       Government

c.       Welfare State

d.       New Public Service

JAWABAN : Governance

38.     Berikut ini adalah konsep yang mengandung prinsip-prinsip governance, kecuali …

a.       Triple Helix

b.       Penta Helix

c.       Quadruple Helix

d.       Collaboration

JAWABAN : Collaboration

39.     Apabila merujuk pada definisi dari “collaborative governance” yang dikemukakan oleh para ahli, maka di bawah ini adalah kolaborasi aktor yang paling ideal apabila menggunakan prinsip governance?

a.       Kolaborasi antara Pemerintah Daerah, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non-Kementerian

b.       Kolaborasi antara Komisi Pemberantasan Korupsi, Lembaga Administrasi Negara, dan Pemerintah Daerah

c.       Kolaborasi antara Pemerintah Daerah, Kepolisian Republik Indonesia, dan Komisi Pemberantasan Korupsi

d.       Kolaborasi antara Kementerian, Akademisi, dan Civil Society

JAWABAN : Kolaborasi antara Kementerian, Akademisi dan Civil Society

40.     Pernyataan berikut sesuai dengan prinsip governance, kecuali …

a.       Pemerintah tidak menjadi satu-satunya aktor dalam pelayanan publik

b.       Pemerintah menjadi satu-satunya aktor dalam pelayanan publik

c.       Civil Society menjadi salah satu aktor dalam penyelenggaraan pelayanan publik

d.       “Triple Helix” merupakan salah satu konsep dalam pendekatan governance

JAWABAN : Pemerintah menjadi satu-satunya aktor dalam pelayanan publik

41.     Berikut ini adalah proses kolaboratif, kecuali …

a.       Face to face dialogue

b.       Trust Building

c.       Win-Win Solution

d.       Commitment to Process

JAWABAN : Win-Win solution

42.     Definisi Whole-of-Government (WoG) adalah …

a.       Pendekatan penyelenggaraan pemerintahan yang menyatukan upaya-upaya kolaboratif pemerintahan dari keseluruhan sector dalam ruang lingkup koordinasi yang lebih luas guna mencapai tujuan-tujuan pembangunan kebijakan

b.       Pendekatan yang menjadikan pemerintah bukan merupakan satu-satunya aktor dalam penyelenggaraan publik

c.       Pendekatan dalam studi birokrasi yang mengedepankan efisiensi

d.       Pendekatan penyelenggaraan pemerintah yang mengedepankan kinerja dan pengembangan kompetensi pegawai

JAWABAN : Pendekatan penyelenggaraan pemerintahan yang menyatukan upaya-upaya kolaboratif pemerintahan dari keseluruhan sector dalam ruang lingkup koordinasi yang lebih luas guna mencapai tujuan-tujuan pembangunan kebijakan

43.     Salah satu penguatan infrastruktur backbone untuk percepatan digital di Indonesia adalah …

a.       Perluasan kabel serat optik di darat dan laut

b.       Perluasan akses dan infrastruktur digital

c.       Integrasi Pusat Data Nasional

d.       Persiapan kebutuhan SDM

JAWABAN : Perluasan kabel serat optik di darat dan laut

44.     Yang dimaksud dengan affordance dalam konteks digital adalah …

a.       Hambatan dalam akses internet

b.       Kemudahan fitur e-commerce

c.       Kemudahan pada perangkat dan akses internet

d.       Hambatan dalam perangkat dan akses internet

JAWABAN : Kemudahan pada perangkat dan akses internet

45.     Kompetensi terkait nilai dan tata aturan berperilaku di dunia digital yang positif dan baik menurut Kominfo terkait dengan …

a.       Digital skills

b.       Digital culture

c.       Digital ethics

d.       Digital safety

JAWABAN : Digital ethics

46.     Konsep kesenjangan digital pada awalnya meliputi pada hal-hal berikut ini, kecuali …

a.       Kemampuan memiliki perangkat

b.       Kemampuan pengoperasian perangkat

c.       Kemampuan berbagi pesan digital

d.       Kemampuan mendapat akses dan perangkat

JAWABAN : Kemampuan berbagi pesan digital

47.     Kegagapan dalam mengoperasikan teknologi digital adalah salah satu ciri dari …

a.       Digital immigrant

b.       Digital savvy

c.       Digital native

d.       Digital outlaw

JAWABAN : Digital immigrant

48.     Beberapa istilah baru terkait perkembangan ICT terkait model pembelajaran adalah sebagai berikut, kecuali …

a.       Web-school

b.       E-learning

c.       Distance learning

d.       User-generated content

JAWABAN : User-generated content

49.     Pengamalan sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia dalam lingkup literasi digital dalam lanskap digital adalah …

a.       Non-diskriminatif dalam berinteraksi di dunia digital

b.       Menumbuhkan cinta kepada Indonesia dengan stop hate speech

c.       Memiliki paham multi-perspektif terkait keyakinan users

d.       Menerapkan netiket dan berperilaku baik sebagai warga digital

JAWABAN : Menerapkan netiket dan berperilaku baik sebagai warga digital

50.     Produksi konten yang berlandaskan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sebaiknya memenuhi karakteristik …

a.       Terlibat dalam komunitas digital atau kampanye digital yang memperluas jejaring program maupun target sasaran yang beragam

b.       Cinta kasih, kesetaraan, harmoni dalam keberagaman, demokrasi dan kekeluargaan

c.       Penyertaan sikap yang mengamplifikasi pesan, direpresentasikan dalam simbol/emoticon

d.       Jumlah komunitas digital dan atau aktivitas digital yang diinisiasi, dikelola dan dipimpin cukup signifikan

JAWABAN : Cinta kasih, kesetaraan, harmoni dalam keberagaman, demokrasi dan kekeluargaan


SOAL MOOC PPPK PAKET 1 - (DISINI)


Jika anda membutuhkan file dari soal-soal MOOC PPPK yang telah dilengkapi dengan kunci jawaban diatas, maka silahkan dapatkan filenya (DISINI)


Demikianlah informasi yang bisa admin bagikan mengenai kumpulan soal dan jawaban ujian tes MOOC PPPK. Semoga bisa menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat bagi rekan-rekan ASN PPPK yang akan mengikuti ujian tes MOOC PPPK di tahun ini.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel