Rangkuman IPAS Kelas 5 Bab 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pelajaran IPAS BAB 7 Daerahku Kebanggaanku Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada
kesempatan kali ini admin akan membahas tentang isi dari materi yang ada pada
mata pelajaran IPAS kelas 5 SD kurikulum merdeka lebih tepatnya materi yang
akan di pelajari di semester 2 BAB 7 yang berjudul Daerahku Kebanggaanku.
Dalam postingan ini admin telah menyiapkan ringkasan
materinya yang tentu saja telah di sesuaikan dengan materi yang ada di BAB 7
Daerahku Kebanggaanku. Adapun materi hasil ringkasan ini merupakan materi yang
bersumber dari buku siswa mata pelajaran IPAS kelas 5 SD Kurikulum Merdeka.
Sebagai informasi awal bahwasannya pada materi IPAS BAB 7
Daerahku Kebanggaanku yang akan di pelajari di semester 2 kelas 5 kurikulum
merdeka ini, nantinya akan ada beberapa tujuan pembelajaran yang hendak
dicapai. Diantaranya yaitu sebagai berikut :
Tujuan Pembelajaran :
1. Mengenal
warisan budaya dan mengetahui sejarahnya untuk kemudian dikaitkan dengan
kehidupan saat ini.
2. Menelaah
kondisi dan aktivitas ekonomi yang terjadi di sekitar tempat tinggal.
Baiklah untuk lebih lengkapnya, maka di bawah ini sajian
Rangkuman / Ringkasan materi pelajaran IPAS kelas 5 SD Bab 7 “Daerahku
Kebanggaanku” yang akan di pelajari di semester 2 kurikulum merdeka.
BAB 7 Daerahku Kebanggaanku
Topik A: Seperti Apakah Budaya Daerahku?
Indonesia merupakan negara maritim. Laut merupakan bagian
yang menyatukan setiap pulau yang ada di Indonesia. Terlebih setelah manusia
menemukan berbagai alat transportasi yang mempermudah aktivitas mereka untuk
berpindah tempat.
Hal yang sama terjadi saat bangsa asing mulai berdatangan
ke Nusantara. Pedagang dari Tionghoa, Arab, India, Portugis, Inggris, dan
Belanda juga melakukan interaksi dengan masyarakat Nusantara. Mereka banyak
yang tinggal dan menetap lalu memperkenalkan budaya yang mereka bawa dari
negara asal. Budaya-budaya tersebut lambat laun diterima oleh masyarakat
setempat sehingga memengaruhi budaya lokal dan membentuk budaya yang merupakan
percampuran dari keduanya. Proses percampuran dua budaya ini disebut sebagai
akulturasi.
Jenis Warisan Budaya
Indonesia memiliki berbagai keragaman warisan budaya. Ada
dua jenis warisan budaya, yaitu warisan budaya benda dan warisan budaya tak
benda.
1. Warisan
budaya benda adalah warisan budaya yang bisa kita lihat dan raba. Contohnya
bangunan, pakaian, makanan, senjata tradisional, alat musik, dan alat-alat
produksi.
2. Warisan
budaya tak benda adalah warisan budaya yang tidak bisa kita raba, namun bisa
kita lihat di sekitar kita. Contohnya musik, tarian, kebiasaan, keterampilan,
bahasa, dan adat istiadat.
Cara Menjaga Warisan Budaya
Warisan budaya tentu akan rusak, bahkan hilang jika kita tidak
menjaganya dengan baik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga
warisan budaya tersebut agar kelak masih bisa dinikmati oleh anak cucu kita.
Berikut ini beberapa cara menjaga warisan budaya!
Pemugaran
Borobudur
Borobudur dibangun pada abad ke-8, yaitu pada masa
Kerajaan Mataram Kuno. Kemudian, candi ini ditemukan oleh Sir Thomas Stamford
Raffles pada abad 19 dalam keadaan rusak parah. Beberapa kali, candi Borobudur
berusaha dibersihkan, sebelum akhirnya dilakukan pemugaran pertama pada tahun
1907. Pemugaran berlangsung sampai sekarang untuk mengembalikan keutuhan dan
kekuatan candi agar Candi Borobudur dapat kokoh berdiri sampai ratusan tahun ke
depan.
Yuk, Belajar
Silat!
Pencak silat merupakan seni bela diri tradisonal dari
berbagai suku di Indonesia dan tersebar melalui kesenian Melayu Nusantara yang
kepopulerannya kalah dari bela diri yang berasal dari negara lain, seperti
karate dan taekwondo. Untuk mengatasinya, dibuatlah upaya-upaya untuk
memunculkan kembali pencak silat di masyarakat, seperti memasukkan pencak silat
sebagai pelajaran di sekolah, mendirikan berbagai klub pencak silat, dan
mengadakan lomba-lomba tingkat nasional maupun internasional.
MATERI INTI
TOPIK A :
1. Ada
dua jenis warisan budaya, yaitu warisan budaya benda dan warisan budaya tak
benda.
2. Warisan
budaya benda berupa warisan budaya yang bisa kita lihat dan bisa kita raba,
seperti gedung, alat musik, dan pakaian adat.
3. Warisan
budaya tak benda adalah warisan budaya yang tidak bisa kita raba, namun bisa
kita lihat di sekitar kita, contohnya musik dan tarian.
4. Warisan
budaya bisa terbentuk karena adanya akulturasi dari budaya lain yang masuk ke
suatu daerah. Seperti Candi Borobudur yang ada pengaruh dari budaya Hindu-Budha
India.
5. Warisan
budaya harus dilestarikan agar tidak rusak atau punah.
6. Pelestarian
warisan budaya dapat dilakukan dengan cara pemugaran dan mempelajari warisan
budaya yang ada.
Topik B: Kondisi Perekonomian di Daerahku
Aktivitas Ekonomi Masyarakat
Aktivitas ekonomi di masyarakat sangat beragam. Ada
pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, perdagangan, jasa, pertambangan,
dan perindustrian. Ada yang bekerja di perkantoran, bank, sawah, ladang,
tempat-tempat perbelanjaan, pabrik, pelabuhan, dan tempat lainnya.
SDA dan Jenis Aktivitas Ekonomi
Kondisi geografis dan sumber daya yang dimiliki suatu
tempat akan sangat berpengaruh kepada jenis aktivitas perekonomian
masyarakatnya. Semakin banyak sumber daya yang dimiliki maka semakin mudah pula
pemenuhan kebutuhan masyarakatnya. Jika kondisinya berlimpah, sumber daya
tersebut akan didistribusikan ke daerah-daerah lain. Sebaliknya, jika di daerah
setempat sumber daya yang diperlukan tidak tersedia atau sedikit maka sumber
daya tersebut akan didatangkan dari tempat lain. Dengan demikian semua
kebutuhan masyarakat setempat dapat terpenuhi.
Saat suatu barang kebutuhan masyarakat dapat diproduksi
di daerah sendiri menggunakan sumber daya alam yang ada maka barang tersebut
dapat dikatakan sebagai barang asli atau barang khas daerah tersebut. Jika
produksinya memiliki kualitas unggul maka akan menjadi produk kebanggaan
daerah.
Faktor Pendukung Kondisi Perekonomian Daerah
Selain kondisi geografis dan kesediaan sumber daya,
faktor lain yang mendukung kondisi perekonomian di suatu daerah diantaranya
yaitu :
1. Bangunan,
jembatan, dan jalan (infrastruktur)
2. Teknologi
3. Sumber
Daya Manusia
MATERI INTI
TOPIK B :
1. Aktivitas
ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi
kebutuhannya.
2. Aktivitas
ekonomi masyarakat terdiri atas bidang pertanian, perkebunan, perikanan,
industri, peternakan, perdagangan, jasa, dan pertambangan.
3. Aktivitas
ekonomi di suatu daerah bergantung pada kondisi geografis, sumber daya alam,
sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana yang ada di daerah tersebut.
4. Aktivitas
ekonomi memengaruhi kondisi perekonomian di suatu daerah.
5. Sumber
daya manusia yang berkualitas sangat membantu meningkatkan kondisi perekonomian
di suatu daerah.
Topik C: Wah, Ternyata Daerahku Luar Biasa!
Produk Unggulan Daerah
Saat kita berwisata ke kota lain, seringkali kita membeli
oleh-oleh ketika hendak pulang. Biasanya, oleh-oleh yang kita beli merupakan
ciri khas daerah tersebut, baik itu berupa makanan ataupun barang. Makanan atau
barang yang dijadikan oleh-oleh merupakan contoh produksi unggulan daerah.
Setiap produk unggulan daerah memiliki kekhasan
tersendiri. Hal ini yang kerap kali membuat kita selalu menghubungkan kota yang
kita kunjungi dengan makanan atau barang yang menjadi ciri khasnya. Di daerah
asalnya produk tersebut sudah sangat terkenal, entah karena rasanya yang enak,
barangnya yang unik dan sangat mencirikan kekhasan daerah, ataupun tempatnya
yang sangat bagus.
Produk Indonesia yang Mendunia
Indonesia memiliki berbagai produk yang mendunia. Berikut
beberapa produk Indonesia yang mendunia.
Rendang
Ternyata, makanan khas Minangkabau ini tidak hanya
terkenal di seluruh Indonesia, tetapi juga dikenal di banyak negara di dunia.
Rendang mulai dikenal melalui wisatawan mancanegara yang datang ke Minangkabau.
Melalui mereka, rendang mulai dikenal di luar negeri. Bahkan, rendang pun
akhirnya dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia versi CNN.
Gamelan
Ternyata, sekumpulan alat musik tradisional ini sudah
dikenal luas di seluruh dunia. Banyak orang asing yang khusus datang untuk
belajar memainkan gamelan. Bahkan, gamelan juga banyak dipelajari di
sekolah-sekolah dan universitas-universitas di luar negeri. Alat musik ini juga
menjadi mata kuliah yang diajarkan para mahasiswanya, seperti di University of
Sydney-Australia.
MATERI INTI
TOPIK C :
1. Setiap
daerah memiliki ciri khas dan keistimewaan atau keunggulan baik itu berupa
hasil warisan budaya, sumber daya alam, atau produk hasil daerah.
2. Ciri
khas, keistimewaan atau keunggulan tersebut membuat daerah yang memilikinya dikenal
masyarakat.
3. Meningkatkan
kualitas produk akan membuat produk tersebut menjadi produk unggulan.
4. Memperkenalkan
hasil budaya, keunggulan sumber daya alam, dan produk-produk unggulan daerah
dapat dilakukan dengan melakukan promosi ke berbagai daerah dan negara,
5. Rendang,
gamelan, dan batik merupakan contoh produk daerah unggulan yang banyak dikenal
di mancanegara.
Demikianlah informasi yang bisa admin sajikan mengenai
ringkasan atau rangkuman materi pelajaran IPAS kelas 5 Bab 7 “Daerahku
Kebanggaanku”. Semoga dengan sajian materi yang telah di sediakan melalui
artikel ini bisa membantu rekan pendidik maupun peserta didik dalam memperolah
bahan pembelajaran yang diharapkan.
Sekian dan semoga bermanfaat.