Modul Ajar Umpan Balik Konstruktif Untuk PMM

Kherysuryawan.id – Modul Ajar/RPP Terintegrasi Umpan balik konstruktif Untuk Kelengkapan Dokumen Pada Pengelolaan Kinerja di PMM.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, apakah anda seorang guru yang sedang mencari contoh Modul Ajar atau RPP yang telah sesuai dengan indikator Umpan balik konstruktif sebagai pelengkap dokumen di PMM ? jika ya, maka anda sangat tepat mengunjungi website pendidikan ini sebab disini admin kherysuryawan akan memberikan contohnya kepada anda yang membutuhkannya.

 


Seperti kita ketahui bersama bahwasannya saat ini untuk bisa mendapatkan SKP atau sasaran kerja pegawai maka setiap guru di wajibkan untuk membuat Rencana Hasil Kerja (RHK) di aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM). Melalui PMM guru akan memilih jenis RHK yang akan di lakukan dan di prioritaskan sesuai dengan periode masa penilaian kinerja.

 

Sebagai informasi bahwa dalam melakukan pengelolaan kinerja guru maka akan ada beberapa tahapan yang harus di lakukan dan salah satunya ialah melaksanakan perencanaan observasi pembelajaran bersama dengan atasan atau dalam hal ini adalah antara guru dan kepala sekolah.

 

Pada tahap perencanaan observasi pembelajaran, guru harus memilih salah satu dari 8 indikator observasi pembelajaran. Adapun ke 8 indikatotor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1.       Penerapan Disiplin Positif

2.       Keteraturan Suasana Kelas

3.       Umpan balik konstruktif

4.       Perhatian dan kepedulian

5.       Ekspektasi pada peserta didik

6.       Aktivitas interaktif

7.       Instruksi yang adaptif

8.       Indtruksi pembelajaran

 

Dalam melakukan pengelolaan kinerja maka nantinya guru di haruskan mengupload 3 Jenis dokumen pada Pengelolaan Kinerja. Dokumen tersebut mencakup :

1. Dokumen RPP / Modul Ajar

2. Bukti Dukung Pengembangan Kompetensi

3. Bukti Dukung Tugas Tambahan

 

Nah, pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan membahas tentang modul ajar yang menjadi salah satu dokumen yang harus di upload pada perencanaan observasi pembelajaran. Disini admin telah menyiapkan contoh modul ajar yang telah terintegrasi dengan salah satu indikator yang ada dalam perencanaan observasi pembelajaran.

 

Apabila bapak/ibu guru pada saat melakukan perencanaan observasi pembelajaran akan fokus pada indikator Umpan balik konstruktif, maka bapak ibu guru harus menyiapkan modul ajar atau RPP yang sesuai dengan fokus perkembangan perilaku yang ingin di capai oleh peserta didik yaitu tentunya perilaku yang berhubungan dengan Umpan balik konstruktif.

 

Nah, disini admin kherysuryawan telah menyiapkan contoh Modul Ajar/RPP yang telah terintegrasi pada indikator Umpan balik konstruktif Untuk Kelengkapan Dokumen Pada Pengelolaan Kinerja di PMM.

Pada penerapan Umpan balik konstruktif ada 3 fokus perilaku yang yang nantinya akan di observasi, diantaranya yaitu :

Fokus Perilaku 1 : Guru memberikan umpan balik spesifik dan berorientasi tujuan

Guru memberikan umpan balik dengan menyebut spesifik bagian tugas yang dinilai bagus atau perlu perbaikan:

Contoh: Setelah menerima tugas dari peserta didik, guru dapat memberikan umpan balik yang spesifik dengan menyoroti bagian-bagian tertentu dari tugas tersebut. Misalnya, guru bisa mengatakan, "Saya senang dengan cara kamu menyusun argumen dalam paragraf pertama, tetapi bagian analisis data masih perlu diperjelas untuk meningkatkan kejelasan."

Guru menghubungkan umpan balik dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai:

Contoh: Saat memberikan umpan balik, guru dapat menjelaskan bagaimana setiap poin umpan balik terkait dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Misalnya, guru bisa berkata, "Dengan lebih mengembangkan analisis data, kamu akan dapat memperkuat argumenmu dan memperjelas kesimpulan, yang sesuai dengan tujuan pembelajaran kita untuk meningkatkan keterampilan analitis."

 

Guru menggunakan pertanyaan untuk membantu peserta didik memunculkan ide perbaikan:

Contoh: Setelah memberikan umpan balik, guru dapat mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk merangsang pemikiran kritis dan membantu mereka merumuskan ide perbaikan. Misalnya, guru bisa bertanya, "Bagaimana menurutmu kamu bisa lebih jelas dalam menganalisis data? Apa yang bisa kamu tambahkan untuk membuat analisismu lebih kuat?"

 

Fokus Perilaku 2 : Guru memberikan umpan balik yang fokus pada proses atau usaha peserta didik

Guru memberikan umpan balik fokus pada usaha peserta didik untuk refleksi dan perbaikan:

Contoh: Setelah peserta didik menyelesaikan suatu tugas atau proyek, guru memberikan umpan balik yang menekankan pada proses refleksi dan perbaikan yang dilakukan oleh peserta didik. Misalnya, guru bisa berkata, "Saya melihat kamu telah melakukan upaya yang besar dalam menyelesaikan tugas ini. Bagaimana menurutmu proses yang kamu lalui? Apakah ada hal yang ingin kamu perbaiki untuk tugas selanjutnya?"

 

Guru menjelaskan keterkaitan usaha dengan hasil yang mungkin dicapai:

Contoh: Saat memberikan umpan balik, guru menjelaskan kepada peserta didik bagaimana usaha yang mereka lakukan dapat berdampak pada hasil yang dicapai. Misalnya, guru bisa berkata, "Semakin keras kamu bekerja dan semakin banyak waktu yang kamu habiskan untuk mempersiapkan tugas ini, semakin mungkin kamu akan mencapai hasil yang memuaskan. Usaha yang kamu lakukan sangat berdampak pada kualitas hasil akhir."

 

Guru membantu peserta didik melakukan refleksi terhadap usaha yang telah dilakukannya:

Contoh: Guru mengadakan sesi refleksi di kelas di mana peserta didik diminta untuk memikirkan proses kerja mereka dalam menyelesaikan suatu tugas atau proyek. Guru membantu peserta didik untuk mengidentifikasi apa yang telah dilakukan dengan baik dan di mana mungkin ada ruang untuk perbaikan. Misalnya, guru bisa bertanya, "Apa yang menjadi titik terang dalam usaha kamu untuk menyelesaikan tugas ini? Dan apa yang bisa menjadi area yang perlu diperbaiki?"

 

Fokus Perilaku 3 : Guru menunjukkan kesediaan mendiskusikan umpan balik dengan peserta didik.

Guru membuka komunikasi untuk pertanyaan dan klarifikasi lebih lanjut:

Contoh: Setelah memberikan umpan balik kepada peserta didik, guru membuka kesempatan bagi mereka untuk bertanya atau meminta klarifikasi lebih lanjut. Guru menyatakan, "Saya telah memberikan umpan balik terkait tugas yang telah kalian kerjakan. Apakah ada yang ingin ditanyakan atau diperjelas lebih lanjut?"

 

Guru mendengarkan secara aktif tanggapan peserta didik terhadap umpan balik yang diterimanya:

Contoh: Setelah memberikan umpan balik, guru dengan penuh perhatian mendengarkan tanggapan peserta didik. Guru memastikan untuk memberikan ruang kepada mereka untuk mengekspresikan pendapat, perasaan, atau kebingungan terkait dengan umpan balik yang

 

Guru menyediakan waktu untuk mendiskusikan umpan balik selama atau setelah kelas:

Contoh: Guru menyediakan waktu dalam sesi pembelajaran untuk mendiskusikan umpan balik yang diberikan, atau mengatur waktu konsultasi di luar jam pelajaran untuk membahas umpan balik lebih lanjut secara individual atau kelompok. Guru menekankan pentingnya refleksi dan pemahaman terhadap umpan balik tersebut untuk meningkatkan kualitas belajar peserta didik.

 

Nah, jika bapak ibu memilih indikator Umpan balik konstruktif pada saat melakukan observasi praktik pembelajaran maka modul ajar yang harus dibuat juga telah termuat fokus perilaku yang ingin di lakukan.

 

Pada contoh modul ajar yang akan admin bagikan disini didalamnya telah memuat fokus perilaku yang ingin di lakukan saat melakukan observasi pembelajaran khususnya pada indikator penerapan Umpan balik konstruktif. Modul ajar yang akan di bagikan ini kiranya bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru yang ingin membuat modul ajar untuk keperluan di PMM.

 

Bagi bapak/ibu guru yang dalam persiapan observasi penilaian kinerja di PMM memilih indikator penerapan Umpan balik konstruktif dan sedang membutuhkan RPP atau modul ajar yang telah terintegrasi dengan penerapan Umpan balik konstruktif maka bisa melihat contoh sajian modul ajar yang akan di bagikan pada artikel ini.

 

Baiklah di bawah ini sajian file contoh Modul Ajar/RPP yang telah terintegrasi dengan penerapan Umpan balik konstruktif Untuk Kelengkapan Dokumen Pada Pengelolaan Kinerja di PMM.

 

  • Modul Ajar/RPP Terintegrasi Umpan balik konstruktif Untuk Kelengkapan Dokumen Observasi Pembelajaran di PMM - (DISINI)
  • Kumpulan Laporan Bukti Dukung di PMM - (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai contoh modul ajar untuk observasi praktik pembelajaran pada pengelolaan kinerja di PMM. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru yang ingin membuat RPP atau Modul Ajar untuk di upload di PMM pada kegiatan observasi praktik pembelajaran.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel