Modul Ajar Umpan Balik Konstruktif Untuk PMM
Kherysuryawan.id – Modul Ajar/RPP Terintegrasi Umpan balik konstruktif Untuk Kelengkapan Dokumen Pada Pengelolaan Kinerja di PMM.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, apakah anda
seorang guru yang sedang mencari contoh Modul Ajar atau RPP yang telah sesuai
dengan indikator Umpan balik konstruktif sebagai pelengkap dokumen di PMM ?
jika ya, maka anda sangat tepat mengunjungi website pendidikan ini sebab disini
admin kherysuryawan akan memberikan contohnya kepada anda yang membutuhkannya.
Seperti kita ketahui bersama bahwasannya saat ini untuk
bisa mendapatkan SKP atau sasaran kerja pegawai maka setiap guru di wajibkan
untuk membuat Rencana Hasil Kerja (RHK) di aplikasi Platform Merdeka Mengajar
(PMM). Melalui PMM guru akan memilih jenis RHK yang akan di lakukan dan di
prioritaskan sesuai dengan periode masa penilaian kinerja.
Sebagai informasi bahwa dalam melakukan pengelolaan
kinerja guru maka akan ada beberapa tahapan yang harus di lakukan dan salah
satunya ialah melaksanakan perencanaan observasi pembelajaran bersama dengan
atasan atau dalam hal ini adalah antara guru dan kepala sekolah.
Pada tahap perencanaan observasi pembelajaran, guru harus
memilih salah satu dari 8 indikator observasi pembelajaran. Adapun ke 8
indikatotor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Penerapan Disiplin
Positif
2. Keteraturan
Suasana Kelas
3. Umpan balik konstruktif
4. Perhatian
dan kepedulian
5. Ekspektasi pada peserta didik
6. Aktivitas
interaktif
7. Instruksi
yang adaptif
8. Indtruksi
pembelajaran
Dalam melakukan pengelolaan kinerja maka nantinya guru di
haruskan mengupload 3 Jenis dokumen pada Pengelolaan Kinerja. Dokumen tersebut
mencakup :
1. Dokumen RPP / Modul Ajar
2. Bukti Dukung Pengembangan Kompetensi
3. Bukti Dukung Tugas Tambahan
Nah, pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan
membahas tentang modul ajar yang menjadi salah satu dokumen yang harus di
upload pada perencanaan observasi pembelajaran. Disini admin telah menyiapkan
contoh modul ajar yang telah terintegrasi dengan salah satu indikator yang ada
dalam perencanaan observasi pembelajaran.
Apabila bapak/ibu guru pada saat melakukan perencanaan
observasi pembelajaran akan fokus pada indikator Umpan balik konstruktif, maka
bapak ibu guru harus menyiapkan modul ajar atau RPP yang sesuai dengan fokus
perkembangan perilaku yang ingin di capai oleh peserta didik yaitu tentunya
perilaku yang berhubungan dengan Umpan balik konstruktif.
Nah, disini admin kherysuryawan telah menyiapkan contoh
Modul Ajar/RPP yang telah terintegrasi pada indikator Umpan balik konstruktif
Untuk Kelengkapan Dokumen Pada Pengelolaan Kinerja di PMM.
Pada penerapan Umpan
balik konstruktif ada 3 fokus perilaku yang yang nantinya akan di observasi,
diantaranya yaitu :
Fokus Perilaku 1 :
Guru memberikan umpan balik spesifik dan berorientasi tujuan
Guru memberikan
umpan balik dengan menyebut spesifik bagian tugas yang dinilai bagus atau perlu
perbaikan:
Contoh: Setelah menerima tugas dari peserta didik, guru
dapat memberikan umpan balik yang spesifik dengan menyoroti bagian-bagian
tertentu dari tugas tersebut. Misalnya, guru bisa mengatakan, "Saya senang
dengan cara kamu menyusun argumen dalam paragraf pertama, tetapi bagian
analisis data masih perlu diperjelas untuk meningkatkan kejelasan."
Guru menghubungkan umpan balik dengan tujuan pembelajaran
yang hendak dicapai:
Contoh: Saat memberikan umpan balik, guru dapat
menjelaskan bagaimana setiap poin umpan balik terkait dengan tujuan
pembelajaran yang telah ditetapkan. Misalnya, guru bisa berkata, "Dengan
lebih mengembangkan analisis data, kamu akan dapat memperkuat argumenmu dan
memperjelas kesimpulan, yang sesuai dengan tujuan pembelajaran kita untuk
meningkatkan keterampilan analitis."
Guru menggunakan
pertanyaan untuk membantu peserta didik memunculkan ide perbaikan:
Contoh: Setelah memberikan umpan balik, guru dapat
mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk merangsang pemikiran kritis
dan membantu mereka merumuskan ide perbaikan. Misalnya, guru bisa bertanya,
"Bagaimana menurutmu kamu bisa lebih jelas dalam menganalisis data? Apa
yang bisa kamu tambahkan untuk membuat analisismu lebih kuat?"
Fokus Perilaku 2 :
Guru memberikan umpan balik yang fokus pada proses atau usaha peserta didik
Guru memberikan
umpan balik fokus pada usaha peserta didik untuk refleksi dan perbaikan:
Contoh: Setelah peserta didik menyelesaikan suatu tugas
atau proyek, guru memberikan umpan balik yang menekankan pada proses refleksi
dan perbaikan yang dilakukan oleh peserta didik. Misalnya, guru bisa berkata,
"Saya melihat kamu telah melakukan upaya yang besar dalam menyelesaikan
tugas ini. Bagaimana menurutmu proses yang kamu lalui? Apakah ada hal yang
ingin kamu perbaiki untuk tugas selanjutnya?"
Guru menjelaskan
keterkaitan usaha dengan hasil yang mungkin dicapai:
Contoh: Saat memberikan umpan balik, guru menjelaskan
kepada peserta didik bagaimana usaha yang mereka lakukan dapat berdampak pada
hasil yang dicapai. Misalnya, guru bisa berkata, "Semakin keras kamu
bekerja dan semakin banyak waktu yang kamu habiskan untuk mempersiapkan tugas ini,
semakin mungkin kamu akan mencapai hasil yang memuaskan. Usaha yang kamu
lakukan sangat berdampak pada kualitas hasil akhir."
Guru membantu
peserta didik melakukan refleksi terhadap usaha yang telah dilakukannya:
Contoh: Guru mengadakan sesi refleksi di kelas di mana
peserta didik diminta untuk memikirkan proses kerja mereka dalam menyelesaikan
suatu tugas atau proyek. Guru membantu peserta didik untuk mengidentifikasi apa
yang telah dilakukan dengan baik dan di mana mungkin ada ruang untuk perbaikan.
Misalnya, guru bisa bertanya, "Apa yang menjadi titik terang dalam usaha
kamu untuk menyelesaikan tugas ini? Dan apa yang bisa menjadi area yang perlu
diperbaiki?"
Fokus Perilaku 3 :
Guru menunjukkan kesediaan mendiskusikan umpan balik dengan peserta didik.
Guru membuka
komunikasi untuk pertanyaan dan klarifikasi lebih lanjut:
Contoh: Setelah memberikan umpan balik kepada peserta
didik, guru membuka kesempatan bagi mereka untuk bertanya atau meminta
klarifikasi lebih lanjut. Guru menyatakan, "Saya telah memberikan umpan
balik terkait tugas yang telah kalian kerjakan. Apakah ada yang ingin
ditanyakan atau diperjelas lebih lanjut?"
Guru mendengarkan
secara aktif tanggapan peserta didik terhadap umpan balik yang diterimanya:
Contoh: Setelah memberikan umpan balik, guru dengan penuh
perhatian mendengarkan tanggapan peserta didik. Guru memastikan untuk
memberikan ruang kepada mereka untuk mengekspresikan pendapat, perasaan, atau
kebingungan terkait dengan umpan balik yang
Guru menyediakan
waktu untuk mendiskusikan umpan balik selama atau setelah kelas:
Contoh: Guru menyediakan waktu dalam sesi pembelajaran
untuk mendiskusikan umpan balik yang diberikan, atau mengatur waktu konsultasi
di luar jam pelajaran untuk membahas umpan balik lebih lanjut secara individual
atau kelompok. Guru menekankan pentingnya refleksi dan pemahaman terhadap umpan
balik tersebut untuk meningkatkan kualitas belajar peserta didik.
Nah, jika bapak ibu memilih indikator Umpan balik
konstruktif pada saat melakukan observasi praktik pembelajaran maka modul ajar
yang harus dibuat juga telah termuat fokus perilaku yang ingin di lakukan.
Pada contoh modul ajar yang akan admin bagikan disini
didalamnya telah memuat fokus perilaku yang ingin di lakukan saat melakukan
observasi pembelajaran khususnya pada indikator penerapan Umpan balik
konstruktif. Modul ajar yang akan di bagikan ini kiranya bisa menjadi referensi
bagi bapak/ibu guru yang ingin membuat modul ajar untuk keperluan di PMM.
Bagi bapak/ibu guru yang dalam persiapan observasi penilaian
kinerja di PMM memilih indikator penerapan Umpan balik konstruktif dan sedang
membutuhkan RPP atau modul ajar yang telah terintegrasi dengan penerapan Umpan
balik konstruktif maka bisa melihat contoh sajian modul ajar yang akan di
bagikan pada artikel ini.
Baiklah di bawah ini sajian file contoh Modul Ajar/RPP yang
telah terintegrasi dengan penerapan Umpan balik konstruktif Untuk Kelengkapan
Dokumen Pada Pengelolaan Kinerja di PMM.
- Modul Ajar/RPP Terintegrasi Umpan balik konstruktif Untuk Kelengkapan Dokumen Observasi Pembelajaran di PMM - (DISINI)
- Kumpulan Laporan Bukti Dukung di PMM - (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai contoh modul ajar untuk
observasi praktik pembelajaran pada pengelolaan kinerja di PMM. Semoga artikel
ini bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru yang ingin membuat RPP atau
Modul Ajar untuk di upload di PMM pada kegiatan observasi praktik pembelajaran.
Sekian dan Semoga Bermanfaat.