Modul Ajar Keteraturan Suasana Kelas Untuk PMM
Kherysuryawan.id – Modul Ajar/RPP Terintegrasi Keteraturan Suasana Kelas Untuk Kelengkapan Dokumen Pada Pengelolaan Kinerja di PMM.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, apakah anda
seorang guru yang sedang mencari contoh Modul Ajar atau RPP yang telah sesuai
dengan indikator Keteraturan Suasana Kelas sebagai pelengkap dokumen di PMM ?
jika ya, maka anda sangat tepat mengunjungi website pendidikan ini sebab disini
admin kherysuryawan akan memberikan contohnya kepada anda yang membutuhkannya.
Seperti kita ketahui bersama bahwasannya saat ini untuk
bisa mendapatkan SKP atau sasaran kerja pegawai maka setiap guru di wajibkan
untuk membuat Rencana Hasil Kerja (RHK) di aplikasi Platform Merdeka Mengajar
(PMM). Melalui PMM guru akan memilih jenis RHK yang akan di lakukan dan di
prioritaskan sesuai dengan periode masa penilaian kinerja.
Sebagai informasi bahwa dalam melakukan pengelolaan
kinerja guru maka akan ada beberapa tahapan yang harus di lakukan dan salah
satunya ialah melaksanakan perencanaan observasi pembelajaran bersama dengan
atasan atau dalam hal ini adalah antara guru dan kepala sekolah.
Pada tahap perencanaan observasi pembelajaran, guru harus
memilih salah satu dari 8 indikator observasi pembelajaran. Adapun ke 8
indikatotor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Penerapan Disiplin Positif
2. Keteraturan
Suasana Kelas
3. Umpan balik konstruktif
4. Perhatian
dan kepedulian
5. Ekspektasi pada peserta didik
6. Aktivitas
interaktif
7. Instruksi
yang adaptif
8. Indtruksi
pembelajaran
Dalam melakukan pengelolaan kinerja maka nantinya guru di
haruskan mengupload 3 Jenis dokumen pada Pengelolaan Kinerja. Dokumen tersebut
mencakup :
1. Dokumen RPP / Modul Ajar
2. Bukti Dukung Pengembangan Kompetensi
3. Bukti Dukung Tugas Tambahan
Nah, pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan
membahas tentang modul ajar yang menjadi salah satu dokumen yang harus di
upload pada perencanaan observasi pembelajaran. Disini admin telah menyiapkan
contoh modul ajar yang telah terintegrasi dengan salah satu indikator yang ada
dalam perencanaan observasi pembelajaran.
Apabila bapak/ibu guru pada saat melakukan perencanaan
observasi pembelaajran akan fokus pada indikator Keteraturan Suasana Kelas,
maka bapak ibu guru harus menyiapkan modul ajar atau RPP yang sesuai dengan
fokus perkembangan perilaku yang ingin di capai oleh peserta didik yaitu
tentunya perilaku yang berhubungan dengan Keteraturan Suasana Kelas.
Nah, disini admin kherysuryawan telah menyiapkan contoh
Modul Ajar/RPP yang telah terintegrasi pada indikator Keteraturan Suasana Kelas
Untuk Kelengkapan Dokumen Pada Pengelolaan Kinerja di PMM.
Pada penerapan Keteraturan
Suasana Kelas ada 3 fokus perilaku yang yang nantinya akan di observasi,
diantaranya yaitu :
1.
Guru
melakukan komunikasi positif untuk membangun suasana kelas yang kondusif.
Pada saat pembelajaran
berlangsung guru hendaknya membangun komunikasi positif dengan Siswa untuk
membangun suasana kelas yang kondusif sehingga Siswa senang dan nyaman dalam
belajar.
Perilaku yang dianjurkan dalam
membangun keteraturan suasana kelas ini antara lain: guru hendaknya memanggil
murid dengan menyebut Namanya. Inilah salah satu ciri guru mengenal
karakteristik peserta didik. Selain itu guru dapat menyampaikan harapan positif
terhadap kelas.
Terkait kekompakan atau
prestasi yang bisa dibangun oleh anggota kelas. Guru juga harus memiliki
kemampuan untuk mencairkan suasana kelas. Saat kelas sudah mulai mengalami
kejenuhan, di sinilah peran guru amat penting untuk mengembalikan suasana kelas
menjadi kondusif.
Perilaku yang harus dihindari
guru pada saat pembelajaran antara lain: Guru tidak boleh memanggil Siswa
dengan sebutan yang merendahkan. Guru juga tidak diperkenankan menceritakan
keluhan atau persoalan sekolah, hendaknya Siswa hanya belajar tanpa tahu
persoalan sekolah. Guru tidak boleh langsung mengajar tanpa mengkondisikan
suasana kelas terlebih dahulu sampai teratur.
2.
Guru melakukan
strategi pengelompokkan untuk mengaktifkan keterlibatan Siswa
Perilaku yang dianjurkan
antara lain: untuk mengaktifkan keterlibatan Siswa guru harus melakukan
strategi pengelompokan dengan menyampaikan terlebih dahulu tujuan yang harus
dicapai oleh Siswa.
Guru harus menyediakan beragam
peran dalam kelompok agar semua anggota kelompok ikut aktif terlibat. Guru juga
harus mengajak Siswa untuk berinteraksi dan berperan aktif dalam kelompok.
Perilaku yang harus dihindari
guru antara lain: guru tidak boleh mengabaikan dinamika yang terjadi dalam
kelompok. Guru tidak boleh melakukan pengelompokan dengan anggota yang sama
secara terus menerus. Ini dimaksudkan agar semua Siswa dapat berinteraksi
dengan temannya.
3.
Guru membuat dan
mengingatkan aturan atau kesepakatan kelas
Prilaku yang dianjurkan saat
membuat kesepakatan kelas, antara lain: kesepakatan kelas harus disetujui oleh
semua Siswa dan ditempel di kelas. Selain itu guru juga mengajak Siswa untuk
mengingat aturan atau kesepakatan kelas yang telah disepakati.
Guru juga harus mengajak Siswa
menilai seberapa efektif pelaksanaan aturan atau kesepakatan kelas yang telah
disusun.
Perilaku yang harus dihindari
oleh guru, ketika membuat kesepakatan kelas, antara lain: guru menetapkan aturan kelas tanpa
mendiskusikan dengan Siswa.
Selain itu ketika guru menegur
siswa, maka guru harus menyebutkan aturan atau kesepakatan kelas yang telah
disusun bersama. Guru juga tidak boleh melanggar aturan kelas, guru harus jujur
mengakui jika guru sendiri melanggarnya.
Nah, jika bapak ibu memilih indikator Keteraturan Suasana
Kelas pada saat melakukan observasi praktik pembelajaran maka modul ajar yang
harus dibuat juga telah termuat fokus perilaku yang ingin di lakukan.
Pada contoh modul ajar yang akan admin bagikan disini
didalamnya telah memuat fokus perilaku yang ingin di lakukan saat melakukan
observasi pembelajaran khususnya pada indicator penerapan Keteraturan Suasana
Kelas. Modul ajar yang akan di bagikan ini kiranya bisa menjadi referensi bagi
bapak/ibu guru yang ingin membuat modul ajar untuk keperluan di PMM.
Bagi bapak/ibu guru yang dalam persiapan observasi penilaian
kinerja di PMM memilih indikator penerapan Keteraturan Suasana Kelas dan sedang
membutuhkan RPP atau modul ajar yang telah terintegrasi dengan penerapan Keteraturan
Suasana Kelas maka bisa melihat contoh sajian modul ajar yang akan di bagikan
pada artikel ini.
Baiklah di bawah ini sajian file contoh Modul Ajar/RPP yang telah terintegrasi dengan penerapan Keteraturan Suasana Kelas
Untuk Kelengkapan Dokumen Pada Pengelolaan Kinerja di PMM.
- Modul Ajar/RPP Terintegrasi Keteraturan Suasana Kelas Untuk Kelengkapan Dokumen Observasi Pembelajaran di PMM - (DISINI)
- Kumpulan Laporan Bukti Dukung di PMM - (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai contoh modul ajar untuk observasi praktik pembelajaran pada pengelolaan kinerja di PMM. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru yang ingin membuat RPP atau Modul Ajar untuk di upload di PMM pada kegiatan observasi praktik pembelajaran.
Sekian dan Semoga Bermanfaat.