Instrumen Isian Observasi Fokus Perilaku Ekpektasi Pada Peserta Didik di PMM

Kherysuryawan.id – Rubrik isian Observasi Guru Fokus Perilaku Ekspektasi Pada Peserta Didik Untuk Kepala Sekolah .

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang tahapan kegiatan observasi oleh guru yang akan dilaksanakan oleh kepala sekolah untuk melakukan penilaian kinerja guru di PMM.

 


Dalam melakukan observasi, maka kepala sekolah wajib untuk menyiapkan sebuah instrument yang telah berisi point-point yang akan dinilai pada saat guru melakukan praktek pembelajaran di kelas. Dalam setiap fokus perilaku yang akan di nilai oleh kepala sekolah tentunya ada komponen yang akan menjadi patokan penilaian bagi kepala sekolah.

 

Berbicara mengenai observasi maka guru harus dapat menyiapkan semua keperluan yang akan di gunakan saat observasi di kelas sehingga nantinya kepala sekolah bisa melihat kegiatan mengajar guru dan bisa melakukan penilaian sesuai dengan fokus perilaku yang akan di kembangkan oleh masing-masing guru di sekolah.

 

Sebagai informasi bahwa ada 8 indikator observasi pembelajaran yang dapat di pilih oleh guru dalam pelaksanaan observasi pembelajaran.

Berikut 8 Indikator observasi pembelajaran dalam pengelolaan kinerja guru di PMM:

1. Penerapan Disiplin Positif

2. Keteraturan Suasana Kelas

3. Umpan Balik Konstruktif

4. Perhatian dan Kepedulian

5. Ekspektasi pada Peserta Didik

6. Aktivitas Interaktif

7. Instruksi yang Adaptif

8. Instruksi Pembelajaran

 

Bagi guru yang dalam pelaksanaan observasi pembelajaran memilih fokus perilaku Ekspektasi pada Peserta Didik, maka tentunya kepala sekolah nantinya akan menilai sesuai dengan point-point yang ada pada fokus perilaku tersebut.

 

Berikut ini komponen penilaian yang ada pada Fokus Perilaku “Ekspektasi pada Peserta Didik”

1. Guru mengkomunikasikan harapannya yang tinggi terhadap masa depan seluruh peserta didik

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru mengenal nama setiap peserta didiknya beserta karakternya
  • Guru menyampaikan cita-cita masa depan yang bermakna  pada peserta didik
  • Guru mendiskusikan harapan positif peserta didik tentang masa depannya

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru menyampaikan harapan positif hanya pada peserta didik tertentu saja
  • Guru menjelaskan  harapan-harapan yang tidak  relevan dengan peserta didik
  • Guru mengabaikan potensi peserta didik karena lebih focus pada kelemahannya

 

2. Guru mengkomunikasikan harapan positif terhadap semua peserta didik secara setara dan tanpa diskriminasi

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru menyampaikan harapan positifnya secara terbuka dan berlaku bagi semua peserta didik
  • Guru memberikan dukungan tambahan pada peserta didik yang sudah berusaha meski belum berhasil
  • Guru menyebutkan potensi peserta didik meski peserta didik sendiri tidak menyadarinya

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru menyampaikan harapan positif hanya pada peserta didik tertentu saja
  • Guru mengulang harapan-harapan positif tertentu yang hanya relevan dengan Sebagian peserta didik
  • Guru menyebutkan potensi peserta didik yang terlihat menonjol saja

 

3. Guru memberikan tantangan yang bermakna disertai motivasi untuk mencapainya

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru berdiskusi dengan peserta didik tentang tujuan hidup/cita-cita mereka
  • Menyediakan tantangan belajar yang relevan dengan pembelajaran dan bermakna bagi peserta didik
  • Menunjukan  keyakinan berulang kali bahwa peserta didiknya mampu mengatasi tantangan belajar

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Memberikan tantangan belajar tapi tidak memberikan motivasi
  • Menggunakan hadiah dan hukuman untuk memotivasi murid
  • Mengkomunikasikan kompetensi dalam kelas secara berlebihan

 

Kepala sekolah dalam melakukan observasi pembelajaran guru di kelas akan membutuhkan sebuah rubrik atau instrument yang sesuai dengan fokus perilaku yang dipilih oleh guru saat melakukan kegiatan observasi pembelajaran di kelas.

 

Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan membantu untuk memberikan contoh file instrumen isian observasi fokus perilaku guru pada indikator Ekspektasi pada Peserta Didik. Di dalam instrument yang akan admin bagikan ini telah di jabarkan komponen penilaian dari setiap indikator yang akan di nilai baik yang termasuk pada perilaku yang dianjurkan maupun pada perilaku yang perlu untuk dihindari.

 

Dengan adanya instrumen / rubrik isian observasi fokus perilaku guru pada indikator Ekspektasi pada Peserta Didik maka akan memudahkan bagi kepala sekolah atau tim observer dalam melakukan penilaian kepada guru yang akan di observasi selama melakukan pembelajaran di kelas.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan file instrumen isian observasi pembelajaran pada fokus perilaku Ekspektasi pada Peserta Didik untuk penilaian kinerja guru di PMM, maka silahkan dapatkan filenya yang telah admin siapkan dalam format word di bawah ini :

 

  • Instrumen Observasi Fokus Perilaku Guru pada Indikator Ekspektasi pada Peserta Didik – (DISINI)
  • Instrumen Penilaian Oleh KS pada Indikator Ekspektasi pada Peserta Didik – (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan mengenai instrumen observasi fokus perilaku guru pada indikator Ekspektasi pada Peserta Didik, semoga bisa membantu para kepala sekolah yang akan melakukan observasi pembelajaran guru di sekolah masing-masing sesuai jadwal pelaksanaan obervasi yang telah di sepakati bersama di PMM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel