Instrumen Isian Observasi Fokus Perilaku Ekpektasi Pada Peserta Didik di PMM
Kherysuryawan.id – Rubrik isian Observasi Guru Fokus Perilaku Ekspektasi Pada Peserta Didik Untuk Kepala Sekolah .
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat
berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan ini admin akan
membahas tentang tahapan kegiatan observasi oleh guru yang akan dilaksanakan
oleh kepala sekolah untuk melakukan penilaian kinerja guru di PMM.
Dalam melakukan observasi, maka kepala sekolah wajib
untuk menyiapkan sebuah instrument yang telah berisi point-point yang akan
dinilai pada saat guru melakukan praktek pembelajaran di kelas. Dalam setiap
fokus perilaku yang akan di nilai oleh kepala sekolah tentunya ada komponen
yang akan menjadi patokan penilaian bagi kepala sekolah.
Berbicara mengenai observasi maka guru harus dapat
menyiapkan semua keperluan yang akan di gunakan saat observasi di kelas
sehingga nantinya kepala sekolah bisa melihat kegiatan mengajar guru dan bisa
melakukan penilaian sesuai dengan fokus perilaku yang akan di kembangkan oleh
masing-masing guru di sekolah.
Sebagai informasi bahwa ada 8 indikator observasi
pembelajaran yang dapat di pilih oleh guru dalam pelaksanaan observasi pembelajaran.
Berikut 8 Indikator observasi pembelajaran dalam
pengelolaan kinerja guru di PMM:
1. Penerapan Disiplin Positif
2. Keteraturan Suasana Kelas
3. Umpan Balik Konstruktif
4. Perhatian dan Kepedulian
5. Ekspektasi pada Peserta Didik
6. Aktivitas Interaktif
7. Instruksi yang Adaptif
8. Instruksi Pembelajaran
Bagi guru yang dalam pelaksanaan observasi pembelajaran
memilih fokus perilaku Ekspektasi pada Peserta Didik, maka tentunya kepala
sekolah nantinya akan menilai sesuai dengan point-point yang ada pada fokus
perilaku tersebut.
Berikut ini komponen penilaian yang ada pada Fokus
Perilaku “Ekspektasi pada Peserta Didik”
1. Guru mengkomunikasikan harapannya yang tinggi terhadap
masa depan seluruh peserta didik
PERILAKU YANG
DIANJURKAN
- Guru mengenal nama setiap peserta didiknya beserta karakternya
- Guru menyampaikan cita-cita masa depan yang bermakna pada peserta didik
- Guru mendiskusikan harapan positif peserta didik tentang masa depannya
PERILAKU YANG
DIHINDARI
- Guru menyampaikan harapan positif hanya pada peserta didik tertentu saja
- Guru menjelaskan harapan-harapan yang tidak relevan dengan peserta didik
- Guru mengabaikan potensi peserta didik karena lebih focus pada kelemahannya
2. Guru mengkomunikasikan harapan positif terhadap semua
peserta didik secara setara dan tanpa diskriminasi
PERILAKU YANG
DIANJURKAN
- Guru menyampaikan harapan positifnya secara terbuka dan berlaku bagi semua peserta didik
- Guru memberikan dukungan tambahan pada peserta didik yang sudah berusaha meski belum berhasil
- Guru menyebutkan potensi peserta didik meski peserta didik sendiri tidak menyadarinya
PERILAKU YANG
DIHINDARI
- Guru menyampaikan harapan positif hanya pada peserta didik tertentu saja
- Guru mengulang harapan-harapan positif tertentu yang hanya relevan dengan Sebagian peserta didik
- Guru menyebutkan potensi peserta didik yang terlihat menonjol saja
3. Guru memberikan tantangan yang bermakna disertai
motivasi untuk mencapainya
PERILAKU YANG
DIANJURKAN
- Guru berdiskusi dengan peserta didik tentang tujuan hidup/cita-cita mereka
- Menyediakan tantangan belajar yang relevan dengan pembelajaran dan bermakna bagi peserta didik
- Menunjukan keyakinan berulang kali bahwa peserta didiknya mampu mengatasi tantangan belajar
PERILAKU YANG
DIHINDARI
- Memberikan tantangan belajar tapi tidak memberikan motivasi
- Menggunakan hadiah dan hukuman untuk memotivasi murid
- Mengkomunikasikan kompetensi dalam kelas secara berlebihan
Kepala sekolah dalam melakukan observasi pembelajaran
guru di kelas akan membutuhkan sebuah rubrik atau instrument yang sesuai dengan
fokus perilaku yang dipilih oleh guru saat melakukan kegiatan observasi
pembelajaran di kelas.
Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan
membantu untuk memberikan contoh file instrumen isian observasi fokus perilaku
guru pada indikator Ekspektasi pada Peserta Didik. Di dalam instrument yang
akan admin bagikan ini telah di jabarkan komponen penilaian dari setiap indikator
yang akan di nilai baik yang termasuk pada perilaku yang dianjurkan maupun pada
perilaku yang perlu untuk dihindari.
Dengan adanya instrumen / rubrik isian observasi fokus
perilaku guru pada indikator Ekspektasi pada Peserta Didik maka akan memudahkan
bagi kepala sekolah atau tim observer dalam melakukan penilaian kepada guru
yang akan di observasi selama melakukan pembelajaran di kelas.
Baiklah bagi anda yang membutuhkan file instrumen isian observasi
pembelajaran pada fokus perilaku Ekspektasi pada Peserta Didik untuk penilaian
kinerja guru di PMM, maka silahkan dapatkan filenya yang telah admin siapkan
dalam format word di bawah ini :
- Instrumen Observasi Fokus Perilaku Guru pada Indikator Ekspektasi pada Peserta Didik – (DISINI)
- Instrumen Penilaian Oleh KS pada Indikator Ekspektasi pada Peserta Didik – (DISINI)
Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan
bagikan mengenai instrumen observasi fokus perilaku guru pada indikator Ekspektasi
pada Peserta Didik, semoga bisa membantu para kepala sekolah yang akan
melakukan observasi pembelajaran guru di sekolah masing-masing sesuai jadwal
pelaksanaan obervasi yang telah di sepakati bersama di PMM.