Instrumen Isian Observasi Fokus Perilaku Perhatian dan Kepedulian

Kherysuryawan.id – Rubrik isian Observasi Guru Fokus Perilaku Perhatian dan Kepedulian Untuk Kepala Sekolah .

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang tahapan kegiatan observasi oleh guru yang akan dilaksanakan oleh kepala sekolah untuk melakukan penilaian kinerja guru di PMM.

 


Dalam melakukan observasi, maka kepala sekolah wajib untuk menyiapkan sebuah instrument yang telah berisi point-point yang akan dinilai pada saat guru melakukan praktek pembelajaran di kelas. Dalam setiap fokus perilaku yang akan di nilai oleh kepala sekolah tentunya ada komponen yang akan menjadi patokan penilaian bagi kepala sekolah.

 

Berbicara mengenai observasi maka guru harus dapat menyiapkan semua keperluan yang akan di gunakan saat observasi di kelas sehingga nantinya kepala sekolah bisa melihat kegiatan mengajar guru dan bisa melakukan penilaian sesuai dengan fokus perilaku yang akan di kembangkan oleh masing-masing guru di sekolah.

 

Sebagai informasi bahwa ada 8 indikator observasi pembelajaran yang dapat di pilih oleh guru dalam pelaksanaan observasi pembelajaran.

Berikut 8 Indikator observasi pembelajaran dalam pengelolaan kinerja guru di PMM:

1. Penerapan Disiplin Positif

2. Keteraturan Suasana Kelas

3. Umpan Balik Konstruktif

4. Perhatian dan Kepedulian

5. Ekspektasi pada Peserta Didik

6. Aktivitas Interaktif

7. Instruksi yang Adaptif

8. Instruksi Pembelajaran

 

Bagi guru yang dalam pelaksanaan observasi pembelajaran memilih fokus perilaku Perhatian dan Kepedulian, maka tentunya kepala sekolah nantinya akan menilai sesuai dengan point-point yang ada pada fokus perilaku tersebut.

 

Berikut ini komponen penilaian yang ada pada Fokus Perilaku “Perhatian dan Kepedulian”

1. Guru menunjukan empati untuk mendapatkan pemahaman utuh tentang peserta didik

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru memberikan perhatian penuh Ketika peserta didik berbicara
  • Guru mengajukan pertanyaan lanjutan untuk mendapatkan pemahaman
  • Guru menunjukan pengertian terhadap sudut pandang peserta didik

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru mengabaikan pendapat atau perasaan peserta didik
  • Guru memberikan penilaian negarif terhadap pendapat peserta didik
  • Guru tidak memberikan kesempatan pada peserta didik menyampaikan pendapat

 

2. Guru menunjukan pemahamanterhadap kebutuhan, kondisi dan karakteristik peserta didik

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru melakukan pengamatan terhadap dinamika kelas untuk memahami peserta didik
  • Guru melakukan interaksi positif yang menghargai keunikan peserta didik
  • Guru meminta pendapat dan umpan balik dari peserta didik

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru bertindak berdasarkan asumsi tanpa menggali fakta terkait peserta didik
  • Guru bersikap kaku dalam pembelajaranyang mengabaikan kebutuhan peserta didik
  • Guru menghindari masukan atau umpan balik dari peserta didik

 

3. Guru mengakui dan menghargai usaha yang ditunjukan peserta didik

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru menunjukan minat/keingintahuan terhadap aktivitas yang dilakukan murid
  • Guru memberikan pujian terhadap usaha, bukan hasil akhir, yang ditunjukanpeserta didik
  • Guru menyampaikan dukungan terhadap usaha peserta didik di depan kelas

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru meremehkan usaha-usaha yang dilakukan peserta didik
  • Guru memberikan pujian yang terlaluumum atau berlebihan/bombastis
  • Guru bersikap terlalu kritis terhadap usaha yang dilakukan peserta didik

 

Kepala sekolah dalam melakukan observasi pembelajaran guru di kelas akan membutuhkan sebuah rubrik atau instrument yang sesuai dengan fokus perilaku yang dipilih oleh guru saat melakukan kegiatan observasi pembelajaran di kelas.

 

Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan membantu untuk memberikan contoh file instrumen isian observasi fokus perilaku guru pada indikator Perhatian dan Kepedulian. Di dalam instrument yang akan admin bagikan ini telah di jabarkan komponen penilaian dari setiap indikator yang akan di nilai baik yang termasuk pada perilaku yang dianjurkan maupun pada perilaku yang perlu untuk dihindari.

 

Dengan adanya instrumen / rubrik isian observasi fokus perilaku guru pada indikator Perhatian dan Kepedulian maka akan memudahkan bagi kepala sekolah atau tim observer dalam melakukan penilaian kepada guru yang akan di observasi selama melakukan pembelajaran di kelas.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan file instrumen isian observasi pembelajaran pada fokus perilaku Perhatian dan Kepedulian untuk penilaian kinerja guru di PMM, maka silahkan dapatkan filenya yang telah admin siapkan dalam format word di bawah ini :

 

  • Instrumen Observasi Fokus Perilaku Guru pada Indikator Perhatian dan Kepedulian – (DISINI)
  • Instrumen Penilaian Oleh KS pada Indikator Perhatian dan Kepedulian – (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan mengenai instrumen observasi fokus perilaku guru pada indikator Perhatian dan Kepedulian, semoga bisa membantu para kepala sekolah yang akan melakukan observasi pembelajaran guru di sekolah masing-masing sesuai jadwal pelaksanaan obervasi yang telah di sepakati bersama di PMM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel