Instrumen Isian Observasi Fokus Perilaku Perhatian dan Kepedulian
Kherysuryawan.id – Rubrik isian Observasi Guru Fokus Perilaku Perhatian dan Kepedulian Untuk Kepala Sekolah .
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat
berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan ini admin akan
membahas tentang tahapan kegiatan observasi oleh guru yang akan dilaksanakan
oleh kepala sekolah untuk melakukan penilaian kinerja guru di PMM.
Dalam melakukan observasi, maka kepala sekolah wajib
untuk menyiapkan sebuah instrument yang telah berisi point-point yang akan
dinilai pada saat guru melakukan praktek pembelajaran di kelas. Dalam setiap
fokus perilaku yang akan di nilai oleh kepala sekolah tentunya ada komponen
yang akan menjadi patokan penilaian bagi kepala sekolah.
Berbicara mengenai observasi maka guru harus dapat
menyiapkan semua keperluan yang akan di gunakan saat observasi di kelas
sehingga nantinya kepala sekolah bisa melihat kegiatan mengajar guru dan bisa
melakukan penilaian sesuai dengan fokus perilaku yang akan di kembangkan oleh
masing-masing guru di sekolah.
Sebagai informasi bahwa ada 8 indikator observasi
pembelajaran yang dapat di pilih oleh guru dalam pelaksanaan observasi pembelajaran.
Berikut 8 Indikator observasi pembelajaran dalam
pengelolaan kinerja guru di PMM:
1. Penerapan Disiplin Positif
2. Keteraturan Suasana Kelas
3. Umpan Balik Konstruktif
4. Perhatian dan Kepedulian
5. Ekspektasi pada Peserta Didik
6. Aktivitas Interaktif
7. Instruksi yang Adaptif
8. Instruksi Pembelajaran
Bagi guru yang dalam pelaksanaan observasi pembelajaran
memilih fokus perilaku Perhatian dan Kepedulian, maka tentunya kepala sekolah
nantinya akan menilai sesuai dengan point-point yang ada pada fokus perilaku tersebut.
Berikut ini komponen penilaian yang ada pada Fokus
Perilaku “Perhatian dan Kepedulian”
1. Guru menunjukan empati untuk mendapatkan pemahaman
utuh tentang peserta didik
PERILAKU YANG
DIANJURKAN
- Guru memberikan perhatian penuh Ketika peserta didik berbicara
- Guru mengajukan pertanyaan lanjutan untuk mendapatkan pemahaman
- Guru menunjukan pengertian terhadap sudut pandang peserta didik
PERILAKU YANG
DIHINDARI
- Guru mengabaikan pendapat atau perasaan peserta didik
- Guru memberikan penilaian negarif terhadap pendapat peserta didik
- Guru tidak memberikan kesempatan pada peserta didik menyampaikan pendapat
2. Guru menunjukan pemahamanterhadap kebutuhan, kondisi
dan karakteristik peserta didik
PERILAKU YANG
DIANJURKAN
- Guru melakukan pengamatan terhadap dinamika kelas untuk memahami peserta didik
- Guru melakukan interaksi positif yang menghargai keunikan peserta didik
- Guru meminta pendapat dan umpan balik dari peserta didik
PERILAKU YANG
DIHINDARI
- Guru bertindak berdasarkan asumsi tanpa menggali fakta terkait peserta didik
- Guru bersikap kaku dalam pembelajaranyang mengabaikan kebutuhan peserta didik
- Guru menghindari masukan atau umpan balik dari peserta didik
3. Guru mengakui dan menghargai usaha yang ditunjukan
peserta didik
PERILAKU YANG
DIANJURKAN
- Guru menunjukan minat/keingintahuan terhadap aktivitas yang dilakukan murid
- Guru memberikan pujian terhadap usaha, bukan hasil akhir, yang ditunjukanpeserta didik
- Guru menyampaikan dukungan terhadap usaha peserta didik di depan kelas
PERILAKU YANG
DIHINDARI
- Guru meremehkan usaha-usaha yang dilakukan peserta didik
- Guru memberikan pujian yang terlaluumum atau berlebihan/bombastis
- Guru bersikap terlalu kritis terhadap usaha yang dilakukan peserta didik
Kepala sekolah dalam melakukan observasi pembelajaran
guru di kelas akan membutuhkan sebuah rubrik atau instrument yang sesuai dengan
fokus perilaku yang dipilih oleh guru saat melakukan kegiatan observasi
pembelajaran di kelas.
Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan
membantu untuk memberikan contoh file instrumen isian observasi fokus perilaku
guru pada indikator Perhatian dan Kepedulian. Di dalam instrument yang akan
admin bagikan ini telah di jabarkan komponen penilaian dari setiap indikator
yang akan di nilai baik yang termasuk pada perilaku yang dianjurkan maupun pada
perilaku yang perlu untuk dihindari.
Dengan adanya instrumen / rubrik isian observasi fokus
perilaku guru pada indikator Perhatian dan Kepedulian maka akan memudahkan bagi
kepala sekolah atau tim observer dalam melakukan penilaian kepada guru yang
akan di observasi selama melakukan pembelajaran di kelas.
Baiklah bagi anda yang membutuhkan file instrumen isian observasi
pembelajaran pada fokus perilaku Perhatian dan Kepedulian untuk penilaian
kinerja guru di PMM, maka silahkan dapatkan filenya yang telah admin siapkan
dalam format word di bawah ini :
- Instrumen Observasi Fokus Perilaku Guru pada Indikator Perhatian dan Kepedulian – (DISINI)
- Instrumen Penilaian Oleh KS pada Indikator Perhatian dan Kepedulian – (DISINI)
Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan
bagikan mengenai instrumen observasi fokus perilaku guru pada indikator Perhatian
dan Kepedulian, semoga bisa membantu para kepala sekolah yang akan melakukan
observasi pembelajaran guru di sekolah masing-masing sesuai jadwal pelaksanaan
obervasi yang telah di sepakati bersama di PMM.