Instrumen Isian Observasi Fokus Perilaku Instruksi yang Adaptif di PMM
Kherysuryawan.id – Rubrik isian Observasi Guru Fokus Perilaku Instruksi yang Adaptif Untuk Kepala Sekolah .
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat
berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan ini admin akan
membahas tentang tahapan kegiatan observasi oleh guru yang akan dilaksanakan
oleh kepala sekolah untuk melakukan penilaian kinerja guru di PMM.
Dalam melakukan observasi, maka kepala sekolah wajib
untuk menyiapkan sebuah instrument yang telah berisi point-point yang akan
dinilai pada saat guru melakukan praktek pembelajaran di kelas. Dalam setiap
fokus perilaku yang akan di nilai oleh kepala sekolah tentunya ada komponen
yang akan menjadi patokan penilaian bagi kepala sekolah.
Berbicara mengenai observasi maka guru harus dapat
menyiapkan semua keperluan yang akan di gunakan saat observasi di kelas
sehingga nantinya kepala sekolah bisa melihat kegiatan mengajar guru dan bisa
melakukan penilaian sesuai dengan fokus perilaku yang akan di kembangkan oleh
masing-masing guru di sekolah.
Sebagai informasi bahwa ada 8 indikator observasi
pembelajaran yang dapat di pilih oleh guru dalam pelaksanaan observasi pembelajaran.
Berikut 8 Indikator observasi pembelajaran dalam
pengelolaan kinerja guru di PMM:
1. Penerapan Disiplin Positif
2. Keteraturan Suasana Kelas
3. Umpan Balik Konstruktif
4. Perhatian dan Kepedulian
5. Ekspektasi pada Peserta Didik
6. Aktivitas Interaktif
7. Instruksi yang Adaptif
8. Instruksi Pembelajaran
Bagi guru yang dalam pelaksanaan observasi pembelajaran
memilih fokus perilaku Instruksi yang Adaptif, maka tentunya kepala sekolah
nantinya akan menilai sesuai dengan point-point yang ada pada fokus perilaku tersebut.
Berikut ini komponen penilaian yang ada pada Fokus
Perilaku “Instruksi yang Adaptif”
Target
Perilaku:
1. Guru melakukan strategi pembelajaran yang responsif terhadap
peserta didik
PERILAKU YANG
DIANJURKAN
- Guru memulai pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan untuk memahami pemahaman awal peserta didik
- Guru melakukan penyesuaian pembelajaran sesuai respon dari peserta didik
- Guru melakukan penyesuaian penjelasan agar lebih relevan dan dipahami peserta didik
PERILAKU YANG
DIHINDARI
- Guru memulai pembelajaran langsung dengan penjelasan materi pelajaran
- Guru menyampaikan materi pelajaran tanpa disesuaikan dengan respon peserta didik
- Guru mengabaikan respon peserta didik dengan meminta mereka diam menyimak
2. Guru
melakukan penyesuaian pembelajaran mengacu kondisi, kebutuhan dan karakteristik
peserta didik
PERILAKU YANG
DIANJURKAN
- Guru menggunakan strategi pembelajaran berdasarkan hasil asesmen awal/diagnosis
- Guru melakukan diferensiasi pembelajaran dengan setidaknya dua metode yang berbeda
- Guru menyediakan dukungan belajar bagi peserta didik yang membutuhkan
PERILAKU YANG
DIHINDARI
- Guru mengabaikan adanya perbedaan karakteristik, kebutuhan dan kondisi awal peserta
- Guru menggunakan hanya satu strategi pembelajaran yang dikuasainya
- Guru menerapkan strategi pembelajaran yang kaku, sebatas menerapkan perangkat ajar
3. Guru merefleksikan praktik pembelajaran yang
melibatkan peserta didik
PERILAKU YANG
DIANJURKAN
- Guru mengkomunikasikan analisis terhadap hasil asesmen formatif
- Guru mengkomunikasikan hasil survei umpan balik terhadap praktik pembelajaran
- Guru memandu diskusi refleksi untuk menilai efektivitas praktik pembelajaran
PERILAKU YANG
DIHINDARI
- Guru menyangkal umpan balik yang disampaikan oleh peserta didik
- Guru melakukan asesmen formatif tanpa mengkomunikasikan hasilnya
- Guru membagikan tugas yang sudah dinilai tanpa ada catatan umpan balik
Kepala sekolah dalam melakukan observasi pembelajaran
guru di kelas akan membutuhkan sebuah rubrik atau instrument yang sesuai dengan
fokus perilaku yang dipilih oleh guru saat melakukan kegiatan observasi
pembelajaran di kelas.
Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan
membantu untuk memberikan contoh file instrumen isian observasi fokus perilaku
guru pada indikator Instruksi yang Adaptif. Di dalam instrument yang akan admin
bagikan ini telah di jabarkan komponen penilaian dari setiap indikator yang
akan di nilai baik yang termasuk pada perilaku yang dianjurkan maupun pada
perilaku yang perlu untuk dihindari.
Dengan adanya instrumen / rubrik isian observasi fokus
perilaku guru pada indikator Instruksi yang Adaptif maka akan memudahkan bagi
kepala sekolah atau tim observer dalam melakukan penilaian kepada guru yang
akan di observasi selama melakukan pembelajaran di kelas.
Baiklah bagi anda yang membutuhkan file instrumen isian observasi
pembelajaran pada fokus perilaku Instruksi yang Adaptif untuk penilaian kinerja
guru di PMM, maka silahkan dapatkan filenya yang telah admin siapkan dalam
format word di bawah ini :
- Instrumen Observasi Fokus Perilaku Guru pada Indikator Instruksi yang Adaptif – (DISINI)
- Instrumen Penilaian Oleh KS pada Indikator Instruksi yang Adaptif – (DISINI)
Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan
bagikan mengenai instrumen observasi fokus perilaku guru pada indikator Instruksi
yang Adaptif, semoga bisa membantu para kepala sekolah yang akan melakukan
observasi pembelajaran guru di sekolah masing-masing sesuai jadwal pelaksanaan
obervasi yang telah di sepakati bersama di PMM.